Connect with us
Omega 6, Manfaat Omega 6, Khasiat Omega 6, Kandungan Omega 6

Nutrisi

22 Manfaat dan Khasiat Omega 6 untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Omega 6 – Omega 6 adalah satu satu asam lemak yang memiliki peranan penting untuk menunjang kesehatan tubuh, karena banyaknya kandungan gizi dan nutrisi di dalamnya. Jika tubuh tidak mendapatkan asupan asam lemak yang cukup maka tubuh tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Sama halnya seperti omega 3, asam lemak omega 6 ini merupakan asam lemak esensial.

Omega 6, Manfaat Omega 6, Khasiat Omega 6, Kandungan Omega 6

Omega 6 bisa disintesis menjadi DGLA, GLA dan AA DARI. Ketiga senyawa tersebut yang memiliki peranan paling penting adalah DGLA. Senyawa DGLA yang terdapat didalam tubuh dapat diubah menjadi PGE1 atau prostalglandin tipe 1. PGE 1 ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Berbicara mengenai asam lemak omega 6, kita bisa menemukan sumber makanan kaya omega 6 dengan mudah. Berbagai sumber makanan tersebut seperti ikan salmon, telur, ikan tuna, ayam, minyak ikan dan berbagai makanan lain. Tentu saja, makanan yang mengandung omega 6 tersebut sering kita jumpai bahkan bisa dibeli dengan mudah dipasaran.

Disamping itu semua, manfaat omega 6 memang sangat bagus bagi tubuh kita. Oleh sebab itu, kita disarankan untuk mencukupi kebutuhan omega 6 dalam tubuh setiap harinya agar tubuh selalu sehat dan kebal terhadap gangguan berbagai macam penyakit.

Manfaat Omega 6 untuk Kesehatan :

1. Mencegah resiko gejala stroke

Salah satu manfaat omega 6 adalah untuk mencegah resiko gejala stroke. Bisa anda bayangkan? Bagaimana rasa sakitnya saat gejala stroke menyerang tubuh seseorang. Untuk menghindari gejala penyakit stroke tersebut maka kita bisa memanfaatkan asam linolat. Stroke biasanya diakibatkan oleh penyumbatan pembuluh darah di otak. Dengan adanya penyumbatan ini maka fungsi otak pun akan mengalami penurunan.

Saat gejala stroke tidak segera diatasi maka dapat mengakibatkan kecacatan misalnya seperti lumpuh sebagian atau bahkan lumpuh total. Kasus tekanan darah tinggi juga bisa memicu terjadinya serangan stroke. Dalam sebuah study disebutkan bahwa manfaat omega 6 mampu membantu memperbaiki kerusakan syaraf pada otak sehingga kerusakan tersebut tidak akan berlangsung terus menerus.

2. Membantu menurunkan tekanan darah

Penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan sejenis penyakit kronis yang harus segera diatasi. Jika penyakit hipertensi ini tidak segera ditangani maka dapat mengakibatkan berbagai jenis penyakit lainnya seperti jantung dan juga stroke. Banyak orang yang menderita penyakit tekanan dara tinggi karena pola hidup yang tidak sehat, termasuk mengkonsumsi makanan yang sembarangan. Kandungan asam lemak omega 6 bermanfaat untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi dengan melonggarkan pembuluh darah sehingga tekanan darah menjadi normal.

3. Menyembuhkan penyakit jantung koroner

Salah satu manfaat omega 6 yang tak kalah pentingnya bagi kesehatan tubuh adalah mencegah dan menyembuhkan penyakit jantung koroner. Kebanyakan penyakit kronis ini diakibatkanpenyumbatan atau penyempitan pembuluh darah. Hal ini dipengaruhi oleh tingginya kolesterol dalam tubuh terutama kadar kolesterol jahat. Menumpuknya kolesterol jahat di dalam tubuh juga dapat memicu terjadinya pengerasan kolesterol pada pembuluh darah.

Asam lemak omega 6 bisa dimanfaatkan sebagai penurun kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Bukan hanya itu saja, bagi anda yang mungkin mengalami penyempitan atau penyumbatan pada pembuluh darah, maka anda bisa mengkonsumsi sumber makanan yang mengandung banyak asam linoleat agar kondisi kesehatan tidak semakin buruk.

4. Menyembuhkan rematik

Rematik merupakan gejala penyakit yang terjadi pada persendian manusia. Penderita rematik biasanya mengalami rasa ngilu, linu dan panas pada bagian persendiannya. Gerak mereka yang sedang mengalami rematik juga akan terbatas dan bisa juga mengakibatkan kecacatan apabila tidak segera dilakukan penanganan.

Berbagai study menyatakan bahwa asam linoleat mampu dimanfaatkan sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit rematik dan juga gangguan pada sendi lainnya. Cara kerja dari asam lmak omega 6 ini adalah menekan senyawa yang menjadi pemicu peradangan dan kerusakan pada sendi.

5. Membantu menormalkan kadar gula

Manfaat omega 6 berikutnya adalah untuk menormalkan kadar gula. Kandungan omega 6 juga diyakini mampu membantu menormalkan kadar gula. Bagi anda yang mungkin memiliki kadar gula terlalu tinggi, maka anda bisa mencoba manfaat omega 6 ini untuk membuat kadar gula anda normal kembali.

Manfaat Omega 6 untuk Kesehatan Lainnya :

6. Membantu menurunkan kolesterol

7. Manfaat omga 6 untuk menyembuhkan maag

8. Menjaga Kelenturan otot

9. Manfaat omega 6 untuk mengatasi asma

10. Meningkatkan stamina

11. Manfaat omega 6 untuk menguatkan sendi

12. Menjaga daya tahan tubuh

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Omega 3 untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Omega 6 untuk Kecantikan :

1. Membantu meregenerasi sel

Manfaat omega 6 sangatlah penting untuk membantu menjaga kesehatan kulit. Asam lemak omega 6 ini bermanfaat untuk meregenerasi sel kulit agar bebas dari masalah kulit. Kekurangan asupan omega 6 sangat berdampak buruk bagi kesehatan kulit. Kurangnya asam lonileat ini dapat membuat kulit menjadi kasar dan kering.

2. Menjaga kesehatan rambut

Manfaat omega 6 bukan hanya untuk menjaga kesehatan kulit saja, namun juga untuk menyehatkan rambut. Dengan asupan omega 6 yang cukup, rambut akan menjadi indah dan tidak mudah rontok. Bagi seorang wanita kecantikan dari dalam bisa dilakukan dengan mencukupi asupan omega 6 untuk menjaga kesehatan rambut maupun kulit.

3. Mengatasi kulit kusam

Bagi anda yang mengalami masalah kulit nampak kusam, anda tidak perlu khawatir karena anda bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi sumber makanan yang mengandung omega 6. Manfaat omega 6 dipercaya mampu  mengatasi masalah kulit kusam dan menjadikannya nampak sehat dan cerah.

4. Mengatasi kulit bersisik

Dalam beauty forum yang dilaksanakan pada tahun 2003 silam, dinyatakan bahwa kekurangan asam linoleat dapat mengakibatkan kulit yang kasar dan bersisik. Oleh sebab itu, bagi anda yang mungkin sedang khawatir karena kulit yang bersisik maka anda bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi manfaat omega 6 secara wajar.

Sumber Makanan Kaya Akan Omega 6 :

1. Telur ayam

Telur ayam sangat mudah didapatkan dimana saja. Dengan mengkonsumsi telur ayam maka kita telah mencukupi kebutuhan omega 6 sebanyak 40-250 mg.

2. Kacang kenari

Salah satu sumber asam lemak omega 6 yang baik adalah kacang kenari. Dalam secangkir kacang kenari terkandung sekitar 2.600 mg omega 6.

3. Ikan salmon

Ikan salmon mengandung asam lemak omega 6 sebanyak 1.600 mg.

4. Ikan tuna

Sama halnya seperti ikan salmon, ikan tuna mengandung asam linoleat yang cukup tinggi yakni sebanyak 1.100 mg.

5. Biji rami

Biji rami merupakan sumber makanan yang mengandung banyak omega 6 yang bagus untuk menjaga kesehatan tubuh.

6. Biji chia

Semua biji-bijian memiliki kandungan omega 3 dan 6 yang cukup tinggi. Biji chia yang dikonsumsi secara rutin dengan cara dikunyah dapat membantu mencukupi kebutuhan omega 6 dalam tubuh.

7. Minyak ikan

Minyak ikan sudah dipercaya bagus untuk meningkatkan kesehatan otak pada janin maupun bayi. Minyak ikan memiliki kandungan omega 3 dan 6 yang lumayan tinggi.

Kebutuhan Omega 6 per Hari :

Asam linoleat sangatlah dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Oleh sebab itu kita disarankan untuk mencukupi kebutuhan omega 6 setiap harinya agar tubuh selalu sehat dan kebal dari berbagai macam serangan penyakit. Tubuh kita membutuhkan 6 gram asam linoleat setiap harinya untuk menjaga kesehatan.

Efek Kekurangan Omega 6 :

Kekurangan asam linoleat memberikan dampak negatif karena fungsi tubuh tidak dapat bekerja dengan baik. Beberapa efek samping jika tubuh kekurangan omega 6 diantaranya :

1. Menyebabkan gangguan metabolisme

Efek samping pertama yang terjadi jika tubuh kekurangan asupan omega 6 adalah menyebabkan gangguan metabolisme. Metabolisme merupaka sistem dalam tubuh yang bermanfaat untuk mengatur seluruh fungsi tubuh. Jika sistem metabolisme tubuh terganggu maka tubuh tidak dapat menjalankan fungsinya dengan semestinya.

2. Mengakibatkan penyakit jantung

Salah satu manfaat omega 6 adalah untuk mengatur kardiovaskular. Jika kebutuhan asam linoleat tidak tercukupi maka hal ini berpengaruh pada pengaturan kardiovaskular. Saat kardiovaskular tidak bekerja dengan baik maka hal ini dapat mengakibatkan gangguan jantung termasuk jantung koroner.

Efek Kelebihan Omega 6 :

Apapun yang jumlahnya berlebih pastilah tidak bagus untuk kesehatan. Hal ini juga berlaku saat tubuh kelebihan asam linoleat. Berikut ini beberapa dampak negatif saat tubuh kita kekurangan asupan omega 6 :

1. Mengakibatkan gangguan pencernaan

Efek samping pertama yang terjadi saat tubuh kekurangan omega 6 adalah dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Saat sistem pencernaan terganggu maka hal ini dapat berpengaruh pada kesehatan lambung dan juga usus. Rasa sakit atau infeksi dapat membuat tubuh menjadi tidak nyaman. Kelebihan asupan omega 6 dapat membuat sistem pencernaan terganggu karena tekstur omega 6 lebih tebal jika dibandingkan dengan tekstur asam lemak yang lain. Oleh sebab itu, konsumsi asam lemak yang berlebih dapat membuat kerja usus menjadi lebih berat.

2. Terjadi penyumbatan pada pembuluh darah

Kelebihan asam lemak omega 6 dalam tubuh juga dapat mengakibatkan penyumbatan pada pembuluh darah. Saat pembuluh darah tersumbat maka hal ini dapat mengganggu aliran darah yang menuju ke seluruh organ dalam tubuh. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa darah adalah komponen penting bagi setiap organ yang jika tidak dapat mengalir secara lancar dapat mengalami gangguan fungsi.

Asam linoleat berlebih dapat mengakibatkan penyumbatan pembuluh darah karena sifat omega 6 yang tidak mampu dicerna akan menempel pada pembuluh darah dan terjadi penyumbatan jika asupannya belebihan.

3. Mengakibatkan stroke

Pembuluh darah yang mengalami penyumbatan maka dapat mengakibatkan aliran darah ke otak lambat laut dapat menurun. Hal ini dapat mengakibatkan gejala stroke. Penyakit stroke ini tidak bisa dianggap reeg karena dapat membuat kualitas hidup seseorang semakin menurun. Jika kesehatan menurun, maka gerak tubuh menjadi terbatas. Stroke juga bisa memicu kelumpuhan dan menyebabkan kematian akibat terjadinya pendarahan pada otak. Pembuluh darah yang mengalami penyumbatan lama kelamaan juga dapat pecah dan mengakibatkan pendarahan.

4. Gangguan Arthritis

Kelebihan asam linoleat juga dapat memicu terjadinya penyakit arthritis. Gejala ini merupakan suatu penyakit kronis dan berlaku seumur hidup. Penyakit ini juga bisa menyerang pria maupun wanita. Pasien yang menderita penyakit arthritis dapat mengalami pembengkakan sendi dan juga terasa kaku. Hal ini akan mengakibatkan gerakan tubuh menjadi susah untuk dikontrol. Jika tidak ditangani dengan segera maka dapat menyebabkan kerusakan jaringan.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Lemak untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Banyak sekali manfaat omega 6 bagi tubuh yang mengharuskan kita selalu mencukupi kebutuhan asam lemak ini setiap harinya. Semakin kita sadar akan pentingnya nutrisi dan gizi yang harus dipenuhi dalam tubuh maka tubuh kita pun akan semakin sehat dan bugar.

Continue Reading

Lainnya dari Nutrisi

Terbaru

Daging Sapi, Manfaat Daging Sapi, Khasiat Daging Sapi
Daging Kuda, Manfaat Daging Kuda, Khasiat Daging Kuda
Ikan Cakalang, Manfaat Ikan Cakalang, Khasiat Ikan Cakalang
Mandi Susu, Manfaat Mandi Susu Khasiat Mandi Susu
Daging Katak, Manfaat Daging Katak, Khasiat Daging Katak
Telur Ikan, Manfaat Telur Ikan, Khasiat Telur Ikan
Kulit Buaya, Manfaat Kulit Buaya, Khasiat Kulit Buaya
Daging Buaya, Manfaat Daging Buaya, Khasiat Daging Buaya
Daging Bulus, Manfaat Daging Bulus, Khasiat Daging Bulus
Thaharah, Manfaat Thaharah, Khasiat Thaharah
Daging Belibis, Manfaat Daging Belibis, Khasiat Daging Belibis
Omega 9, Manfaat Omega 9, Khasiat Omega 9
Kulit Sapi, Manfaat Kulit Sapi, Khasiat Kulit Sapi , Jaket Kulit Sapi , Kulit Sapi Basah, Kulit Sapi Kering
kulit kambing, Jaket kulit kambing, Kaligrafi kulit kambing, manfaat kulit kambing, Khasiat kulit kambing, Motif Macan kulit kambing
Ikan Hiu, Manfaat Ikan Hiu, Khasiat Ikan Hiu
Tidur Siang, Manfaat Tidur Siang, Khasiat Tidur Siang
Desloratadine, Manfaat Desloratadine, Kegunaan Desloratadine, Khasiat Desloratadine
Lemak, Manfaat Lemak, Khasiat Lemak
Omega 3, Manfaat Omega 3, Khasiat Omega 3
Omega 6, Manfaat Omega 6, Khasiat Omega 6, Kandungan Omega 6
To Top