Connect with us
Omega 9, Manfaat Omega 9, Khasiat Omega 9

Nutrisi

14 Manfaat dan Khasiat Omega 9 untuk Kesehatan, Kecantikan serta Efek Samping

Manfaat Omega 9 – Omega 9 adalah salah satu golongan lemak tak jenuh tunggal yang memiliki kandungan nutrisi tinggi untuk kesehatan dan kecantikan. Asam lemak ini bisa didapatkan dari luar tubuh misalnya dari berbagai macam makanan. Omega 9 memiliki peranan yang penting bagi kesehatan tubuh terutama untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan menyehatkan jantung. Manfaat omega  juga sangat penting untuk membantu menyeimbangkan kadar kolesterol tubuh.

Omega 9, Manfaat Omega 9, Khasiat Omega 9

Terdapat dua bentuk omega 9 yang bisa kita temukan dengan mudah pada makanan, yakni asam erusik dan asam oleat. Tubuh kita mampu memproduksi asam lemak ini meskipun hanya dalam jumah kecil. Mengkonsumsi sumber makanan yang mngandung omega 3, 6 juga dapat membantu menghasilkan asam lemak omega 9. Manfaat omega 9 yang sangat penting bagi kesehatan tubuh menjadikan kita harus mencukupi asupan asam lemak ini setiap harinya.

Ada dua bentuk omega 9 yang mudah ditemukan pada makanan, yaitu asam oleat dan asam erusik . Tubuh kita bisa memproduksi omega 9 meskipun dalam jumlah yang sangat kecil. Konsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung omega 3 dan omega 6 juga bisa membantu tubuh menghasilkan omega 9. Jadi pada kondisi tertentu tubuh bisa mendapatkan omega 9 dan juga tidak.

Sumber Makanan Kaya Akan Omega 9 :

  • Buah alpukat
  • Minyak alpukat
  • Minyak kacang almond
  • Kacang almond
  • Kacang mete
  • Kacang pikan
  • Biji sawi
  • Kacang macadamia
  • Minyak Zaitun
  • Minyak biji chia
  • Minyak canola
  • Kacang hazelnut
  • Kacang Pistachio
  • Biji bunga matahari
  • Minyak kacang kedelai
  • Kemiri
  • Kacang Tanah

Untuk mendapatkan manfaat penuh dari berbagai sumber makanan tersebut, disarankan untuk mengkonsumsinya dalam keadaan masih segar. Usahakan untuk tidak menyimpan makanan sumber omega 9 tersebut di tempat panas karena berbagai jenis makanan terutama kacang-kacangan dan biji sangat mudah rusak.

Manfaat omega 9 sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh, berikut daftar manfaat omega 9. Konsumsi sumber makanan yang mengandung asam lemak ini juga sangat penting untuk menjaga hari tua kita yang sehat dan tanpa gangguan penyakit.

Manfaat Omega 9 untuk Kesehatan :

1. Membantu menurunkan resiko penyakit kanker

Resiko penyakit kanker akan meningkat jika tubuh kita mengandung banyak kolesterol. Kelebihan kolesterol pada tubuh dapat memicu perkembangan radikal bebas karena sel-sel dalam tubuh tidak dapat melawan sel jahat yang mengakibatkan rusaknya sel sehat.

Salah satu manfaat omega 9 adalah untuk membantu menurunkan resiko penyakit kanker karena tubuh kita mendapatkan kolesterol baik yang dibutuhkan. Jika resiko penumpukan kolesterol jahat rendah maka hal ini juga menjadi salah satu upaya penting untuk menurukan resiko penyakit kanker.

2. Menurunkan resiko kardiovaskular dan stroke

Dalam sebuah study ditemukan bahwa manfaat omega 9 mampu membantu menurunkan resiko penyakit kardiovaskular dan juga stroke. Kedua penyakit ini diakibatkan oleh adanya penumpukan plak pada pembuluh arteri.

Dengan asupan asam lemak omega 9 yang cukup, maka tubuh kita dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan mengurangi kolesterol jahat (LDL) sehingga penumpukan plak pada pembuluh pun berkurang.

3. Membantu menurunkan resiko terjadinya pengerasan arteri

Pengerasan arteri menjadi salah satu pemicu terjadinya serangan stroke dan juga berbagai gangguan jantung lainnya. Penyakit ini dipicu oleh kebiasaan hidup yang buruk serta pola makan yang tidak teratur bahkan mengandung banyak lemak jahat. Penyebab lain dari pengerasan arteri ini juga dipicu oleh pembuluh darah yang dalam kondisi tidak sehat.

Asam lemak omega 9 mempunyai sitem bagus yang mampu mencegah terjadinya penumpukan plak maupun pengerasan arteri untuk menjaga kesehatan tubuh dari gangguan penyakit jantung.

4. Mencegah resiko Alzheimer

Sebuah penelitian menyatakan bahwa asam erusik yang terdapat pada omega 9 mampu membantu menormalkan kembali penumpukan asam lemak di otak yang terjadi pada pasien dengan gejala X-linked adrenoleukodystrophy (ALD). Hal tersebut adalah gangguan genetik yang cukup serius dan dapat mempengaruhi sistem saraf, sumsum tulang belakang dan kelenjar adrenal.

Asam erusik bermanfaat untuk meningkatkan memori serta fungsi kognitif agar menjadi salah satu zat yang sangat dibutuhkan bagi pasien yang mengalami gangguan kemampuan kognitif seperti alzheimer.

5. Membantu meningkatkan penyerapan vitamin

Terdapat berbagai macam vitamin yang memiliki peranan berbeda dan penting bagi tubuh. Vitamin sangat dibutuhkan oleh organ tubuh untuk membantu perkembangan organ tubuh itu sendiri dan juga mambantu mempertahankan fungsi organ secara seimbang.

Manfaat omega 9 dapat membantu tubuh untuk menyerap bermacam-macam vitamin yang masuk ke dalam tubuh. Asam lemak omega 9 sangat berperan penting dalam membuat semua jenis vitamin penting yang dibutuhkan oleh tubuh.

6. Menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh

Asam lemak omega 9 yang diproduksi di dalam tubuh maupun yang diperoleh dari berbagai sumber makanan sangat bermanfaat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol. Kolesterol jahat yang menumpuk pada tubuh merupakan sumber berbagai macam penyakit seperti stroke, jantung, pengerasan pembuluh darah dan berbagai macam penyakit lainnya.

Kolesetrol juga merupakan sejenis lemak yang tidak dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah berlebih sehingga sangat tidak baik jika tubuh kita kelebihan kadar kolesterol.

7. Meningkatkan sistem imum dalam tubuh

Terjadinya penumpukan kolesterol di dalam tubuh memberikan efek yang buruk, salah satunya menjadikan sistem kekebalan tubuh melemah. Jika sistem imun dalam tubuh menurun maka tubuh akan lebih mudah terserang penyakit. Berbeda jika tubuh kita memiliki kadar kolesterol yang normal maka organ jantung akan selalu sehat dan sistem kekebalan tubuh terjaga. Manfaat omega 9 ini sangat penting agar tubuh tidak mudah terserang berbagai virus atau bakteri yang mempengaruhi kondisi kesehatan kita.

8. Membantu meningkatkan respon peradangan

Tubuh yang mengalami peradangan dapat memicu serangan berbagai macam penyakit. Semua bagian di dalam tubuh termasuk darah sekalipun memiliki resiko mengalami peradangan. Namun sebenarnya tubuh kita biasanya akan memberikan respon terhadap peradangan termasuk antibodi dan antisipasi. Manfaat omega 9 dalam tubuh dapat membantu mengirimkan sinyal khusus agar tubuh mampu melawan serangan penyakit tersebut.

9. Menjaga respon syaraf

Syaraf mempunyai peranan yang sangat penting terutama dalam hal memberikan respon pada jaringan tubuh, keseimbangan otot dan juga otak. Manfaat omega 9 dapat membantu tubuh dalam menjaga respon syaraf terutama dalam membentuk kecerdasan otak dan ingatan yang baik. Apabila dibandingkan dengan asam lemak omega 3 dan 6, mungkin asam lemak omega 9 ini hanya berperan kecil. Namun dibalik peranananya yang lebih kecil dari omega 3 dan omega 6 tersebut, asam lemak ini mampu mendukung kesehatan syaraf baik bagi anak-anak maupun orang tua.

10. Menurunkan resistensi insulin

Awalnya sebuah penelitian menyatakan bahwa tikus yang mengkonsumsi lemak tak jenuh tunggal memiliki sensitivitas insuulin yang meningkat. Kemudian, dalam penelitian lain disebutkan bahwa orang yang mengkonsumsi makanan dengan asam lemak tak jenuh yang tinggi memliki resiko yang rendah terhadap peradangan dari pada mereka yang tidak. Terjadinya peradangan dalam tubuh menjadi salah satu penyebab serangan penyakit kronis yang sulit untuk diatasi, salah satunya penyakit diabetes.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Omega 6 untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Omega 9 untuk Kesehatan Lainnya :

11. Meningkatkan energi

12. Menurunkan resiko Arthritis

13. Menjaga suasana hati

14. Menjaga keseimbangan tubuh

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Omega 3 untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Efek Samping Omega 9 :

Konsumsi omega 9 yang berlebihan dapat menyebabkan efek negatif seperti keracunan, mimisan, mual, bau mulut, sendawa, dada seperti terbakar, tinja yang lunak dan timbulnya bercak kemerahan dikulit. Bagi anda yang mungkin mengalami gejala ketidaknyamanan setelah mengkonsumsi omega 9 maka segera kunjungi klinik atau dokter terdekat.

Continue Reading

Lainnya dari Nutrisi

Terbaru

Daging Sapi, Manfaat Daging Sapi, Khasiat Daging Sapi
Daging Kuda, Manfaat Daging Kuda, Khasiat Daging Kuda
Ikan Cakalang, Manfaat Ikan Cakalang, Khasiat Ikan Cakalang
Mandi Susu, Manfaat Mandi Susu Khasiat Mandi Susu
Daging Katak, Manfaat Daging Katak, Khasiat Daging Katak
Telur Ikan, Manfaat Telur Ikan, Khasiat Telur Ikan
Kulit Buaya, Manfaat Kulit Buaya, Khasiat Kulit Buaya
Daging Buaya, Manfaat Daging Buaya, Khasiat Daging Buaya
Daging Bulus, Manfaat Daging Bulus, Khasiat Daging Bulus
Thaharah, Manfaat Thaharah, Khasiat Thaharah
Daging Belibis, Manfaat Daging Belibis, Khasiat Daging Belibis
Omega 9, Manfaat Omega 9, Khasiat Omega 9
Kulit Sapi, Manfaat Kulit Sapi, Khasiat Kulit Sapi , Jaket Kulit Sapi , Kulit Sapi Basah, Kulit Sapi Kering
kulit kambing, Jaket kulit kambing, Kaligrafi kulit kambing, manfaat kulit kambing, Khasiat kulit kambing, Motif Macan kulit kambing
Ikan Hiu, Manfaat Ikan Hiu, Khasiat Ikan Hiu
Tidur Siang, Manfaat Tidur Siang, Khasiat Tidur Siang
Desloratadine, Manfaat Desloratadine, Kegunaan Desloratadine, Khasiat Desloratadine
Lemak, Manfaat Lemak, Khasiat Lemak
Omega 3, Manfaat Omega 3, Khasiat Omega 3
Omega 6, Manfaat Omega 6, Khasiat Omega 6, Kandungan Omega 6
To Top