Connect with us
Vitamin A, Manfaat Vitamin A, Khasiat Vitamin A

Nutrisi

40 Manfaat dan Khasiat Vitamin A untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Vitamin A menjadi salah satu jenis vitamin yang sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan tubuh. Vitamin ini bisa ditemukan di banyak jenis makanan, namun lebih banyak terdapat di buah-buahan. Manfaat vitamin A untuk kesehatan dan kecantikan sangat bagus untuk diterapkan. Cara menggunaannya pun sangat mudah, anda hanya perlu mencari makanan yang mengandung banyak vitamin A. Karena itulah untuk mendapatkan khasiatnya, anda harus tahu betul makanan apa saja yang mengandung vitamin A.

Vitamin A, Manfaat Vitamin A, Khasiat Vitamin A

Tidak hanya membantu dalam kesehatan organ dalam pada tubuh saja, tapi vitamin ini juga bisa membantu dalam menjaga kecantikan luar tubuh agar tetap sehat dan cantik. Meski pada dasarnya vitamin A tak terlalu berpengaruh dalam perawatan kulit jika dibandingkan vitamin C dan E, tapi tetap saja ada sedikit pengaruh yang baik untuk kulit Anda.

Bahan Makanan Mengandung Vitamin A :

1. Melon
2. Aprikot
3. Markisa
4. Jeruk Bali
5. Mangga
6. Pepaya
7. Cherry
8. Tomat
9. Jambu Biji
10. Semangka
11. Plum
12. Persik
13. Jeruk
14. Labu
15. Blackberry
16. Kurma
17. Alpukat
18. Tin
19. Nangka
20. Kiwi
21. Kesemek
22. Anggur
23. Nanas
24. Apel
25. Rasberry

Manfaat Vitamin A Untuk Kesehatan :

1. Membantu Dalam Membersihkan Darah

Darah kotor menjadi salah satu permasalah darah yang cukup berbahaya jika tidak ditindaklanjuti dengan cepat. Masalah darah kotor akan mengakibatkan berbagai masalah atau efek samping yang bisa berakibat pada kulit bahkan jantung Anda. Manfaat dari vitamin A bisa membantu dalam mengatasi masalah darah kotor, dalam artian lain bisa dijadikan sebagai pembersih darah yang sangat alami.

2. Melindungi Kesehatan dari Rongga Hidung

Vitamin A bisa membantu dalam meningkatkan suatu kondisi tubuh sehingga meningkat ke kondisi tubuh yang paling baik. Terutama pada selaput lendri pada rongga hidung, bisa membantu dalam terus menjaga kesehatan rongga hidung agar tetap sehat. Selain itu, kandungan vitamin ini juga bisa membantu dalam menyehatkan sistem pernapasan Anda agar tetap sehat dan bisa menyalurkan oksigen yang berfungsi baik untuk kesehatan tubuh, otak, dan jantung.

3. Meningkatkan Fungsi Reproduksi Pada Pria

Seringkali banyak pria yang mengeluh tentang sistem reproduksinya dirasa kurang kuat. Hal ini bisa menyebabkan berbagai masalah seperti terlambat mendapatkan keturunan dan sebagainya. Kandungan vitamin ini akan membantu dalam mengatasi fungsi reproduksi pria yang lemah sehingga menjadi lebih kuat dan lancar. Pada dasarnya, vitamin ini bisa membuat sperma pada pria lebih kental dan sehat sehingga dapat meningkatkan kemungkinan pembuahan pada rahim wanita.

4. Sehat Untuk Indung Telur Wanita

Vitamin A bisa jadi vitamin yang sangat cocok untuk pasangan yang susah dalam mendapatkan keturunana. Biasanya masalah utamanya hanyalah kesuburan akibat waktu yang kurang tepat. Untuk membantu dalam menyehatkan pihak wanita, vitamin ini bisa membantu dalam menyuburkan indung telur sehingga saat dibuahi oleh sel sperma pada laki-laki, bisa berientraksi dengan sempurna. Vitamin A menjadi vitamin yang cocok untuk dikonsumsi pasangan diawal pernikahan.

5. Memperkuat Plesentasa Bayi

Vitamin ini bisa membantu dalam meningkatkan keelastisan dari sebuah dinding plasenta. Selain itu, manfaat lain dari vitamin ini adalah membantu dalam menyehatkan sistem pertahanan ibu hamil agar tak terkena peradangan atau lainnya. Selain itu, vitamin A juga sangat sehat dikonsumsi untuk meningkatkan kesehatan dari ibu hamil.

Manfaat Vitamin A Untuk Kesehatan Lainnya :

6. Sehat untuk janin

7. Anti oksidan

8. Meningkatkan kekebalan tubuh

9. Mata lebih sehat

10. Atasi sel kanker

11. Pertumbuhan Sel

12. Mengatasi diare pada anak

13. Mengatasi kekurangan gizi

14. Atasi anemia

15. Sehat pada masa persalinan

16. Memperkuat embrio

17. Memperkuat ibu hamil

18. Menjaga kelancarana sistem pencernaan

19. Memelihara sistem pernapasan

20. Sehat organ tubuh bayi

21. Membantu metabolisme sel Mata

22. Mengurangi resiko mata minus

23. Mencegah resiko terkena rabun senja

Cara Memanfaatkan Vitamin A Untuk Kesehatan :

Pada dasarnya vitamin, tidak hanya vitamin A saja bisa didapat dari buah-buahan atau makanan lainnya. Sekaran ini, pil atau sejenisnya sangat banyak yang mengambil kandungan vitamin ini sehingga untuk mendapatkannya, rasanya sangat mudah. Namun jika ingin yang lebih alami, bisa menggunakan buah-buahan yang kaya dengan vitamin A seperti yang disebutkan di atas.

Manfaat Vitamin A Untuk Kecantikan :

1. Mempercantik Mata

Mata menjadi salah satu panca indera yang sangat penting untuk keseharian. Untuk membantu dalam meningkatkan kesehatan mata, bisa menggunakan vitamin A sebagai salah satu alternatif yang bagus dalam menjaga kesehatan mata. Tidak hanya agar mata bisa melihat dengan jelas dan awet, tapi juga bisa membantu dalam menjaga kecantikan mata seperti terhindar dari masalah mata merah, kantung mata hitam, dan lainnya.

2. Menambah Berat Badan

Kandungan vitamin ini bisa membantu dalam meningkatkan massa otot dan daging pada tubuh. Sangat cocok untuk dikonsumsi oleh orang-orang yang memiliki berat tubuh kurang atau terlalu kurus. Dengan begitu, bisa membuat tampilan tubuh makin bagus dan berisi namun dengan catatan, porsi harus pas dengan tubuh yang ingin dikembangkan agar tak menyebabkan efek samping kegemukan. Selain itu, vitamin ini juga bermanfaat untuk anak-anak yang terkena masalah kekurangan gizi.

3. Menyehatkan dan Mempercantik Rambut

Rambut menjadi mahkota dari perempuan. Karena itu kesehatannya sangat penting untuk terus dijaga. Kandungan vitamin A sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan dan kecantikan rambut Anda. Selain itu, bisa membantu dalam mencegah masalah rambut yang bisa merusak penampilan seperti rambut kering, rambut patah, dan uban. Penggunannya cukup banyak menggunakan vitamin dalam bentuk kemasan yang cukup efektif dan mudah dalam penggunaan.

4. Membuat kulit Tetap Lembab

Manfaat vitamin A sangat banyak, khususnya untuk kulit Anda. Kandungannya akan membantu dalam menyehatkan kelenjar pada kulit. Kelenjar ini berfungsi untuk memberikan cairan yang pas untuk kulit bagian luar sehingga selalu lembab dan terhindar dari masalah kulit kering. Tidak hanya membantu dalam mengatasi kulit kering, vitamin A juga bisa membantu dalam mengatasi kulit keriput yang pada dasarnya disebabkan karena kulit kering akibat ketidakkeefektifan kelenjar kulit pada jaringan kulit.

5. Mencerahkan Kulit

Kulit kusam atau kulit hitam biasanya menjadi masalah yang cukup serius, apalagi jika sudah mengganggu penampilan Anda di muka umum. Salah satu manfaat dari vitamin A adalah bisa membantu dalam mencerahkan kulit serta meningkatkan kesehatannya. Selain itu, kandungan ini bisa membantu dalam mencegah berbagai penyakit kulit karena juga bersifat anti septik. Beberapa masalah yang bisa diatasi adalah kulit kering dan lainnya. Meski tidak sefektif vitamin C dan E, namun vitamin A juga berefek pada kulit.

Manfaat Vitamin A untuk Kecantikan Lainnya :

6. Membuat Kulit Kencang

7. Menhilangkan bekas noda jerawat

8. Mengatasi Penyakit Kulit

9. Menghilangkan Flek Hitam

10. Menghilangkan Kerutan pada Kulit

11. Menyembukan Bekas Luka

12. Menyamarkan Bekas Luka

13. Memperbaiki Sel Kulit Mati

14. Merangsang Tumbuhnya kolagen

15. Melembabkan Mata

16. Mengatasi Kulit Kusam

Cara Memanfaatkan Vitamin A Untuk Kecantikan :

Banyak sekarang produk kecantikan yang mengandung vitamin A sebagai salah satu kandungan utamanya. Penggunaannya bisa dengan cara menggunakan produk-produk tersebut. Jika ingin lebih alami, bisa menggunakan buah-buahan dengan cara dimakan langsung atau dijadikan sebagai masker untuk buah yang bisa dijadikan masker.

Efek Samping Vitamin A :

Beberapa efek samping bisa terjadi jika berlebihan seperti:

1. Gangguan pada mata

2. Gangguan sistem pencernaan

3. Menyebabkan kanker

4. Osteoporosis

5. Limpa rusak

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Vitamin B untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Menggunakan porsi yang pas untuk mengkonsumsi vitamin ini bisa menarik manfaat vitamin A untuk kesehatan dan kecantikan. Namun anda juga harus paham, selain kaya dengan khasiat, ternyata jenis nutrisi ini juga memiliki efek samping.

Continue Reading

Lainnya dari Nutrisi

Terbaru

Masker Madu, Manfaat Masker Madu, Khasiat Masker Madu
Cream Temulawak, Manfaat Cream Temulawak, Khasiat Cream Temulawak
Gula Aren, Manfaat Gula Aren, Khasiat Gula Aren
Ampas Kopi, Manfaat Ampas Kopi, Khasiat Ampas Kopi
Masker Putih Telur, Manfaat Masker Putih Telur, Khasiat Masker Putih Telur
Ever E, Manfaat Ever E, Khasiat Ever E
Klorofil, Manfaat Klorofil, Khasiat Klorofil
Soman, Manfaat Soman, Khasiat Soman
Bawang Lanang, Manfaat Bawang Lanang, Khasiat Bawang Lanang
Kerjasama, Manfaat Kerjasama, Khasiat Kerjasama
BUncis, Manfaat Buncis, Khasiat Buncis
Pajak, Manfaat Pajak, Jenis Pajak
Intan, Manfaat Intan, Khasiat Intan, Permata
Milagros, Manfaat Milagros, Khasiat Milagros
Lari, Manfaat Lari, Khasiat Lari
Akar Manis, Manfaat Akar Manis, Khasiat Akar Manis
Akar Wangi, Manfaat Akar Wangi, Khasiat Akar Wangi, Tanaman Akar Wangi
Adem Ati, Manfaat Adem Ati, Khasiat Adem Ati
Buah Kesemek, Kesemek, Manfaat Kesemek, Efek Samping Kesemek, Tanaman Kesemek
Daun Wortel, Manfaat Daun Wortel, Khasiat Daun Wortel
To Top