Connect with us
Kandungan Gizi dan Nutrisi Vitamin B

Nutrisi

50 Manfaat dan Khasiat Vitamin B untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Vitamin B merupakan kandungan nutrisi yang larut dalam air serta memiliki peranan penting dalam metabolisme sel dalam tubuh. Vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah kecil, tapi vital perannya. Zat mikronutrien ini berperan sebagai aktivator berbagai fungsi dalam proses metabolisme tubuh dan jaringan-jaringan tubuh. Bila sampai tak tercukupi kebutuhannya, akan mengakibatkan berbagai macam gangguan kesehatan dan penyakit.

Vitamin B, Manfaat Vitamin B, Khasiat Vitamin B

Salah satu penyakit yang terkenal karena kekurangan vitamin ini yaitu beri-beri. Tak hanya untuk kesehatan saja, zat ini juga berperan penting untuk kecantikan. Terutama kecantikan kulit. Seperti apa sajakah itu? Simak uraian berikut ini.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Vitamin B :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Vitamin B

Vitamin B yang dibutuhkan oleh tubuh ada sebanyak 8, biasa disebut juga dengan B kompleks. Terdiri atas thiamin, riboflavin, niacin, pantotehnic acid, pyridoxine, biotin, folic acid, cobalamin.

Manfaat Vitamin B Untuk Kesehatan :

1. Memperkuat fungsi-fungsi syaraf

Vitamin B memang terkenal manfaatnya untuk membantu perkembangan sel-sel syaraf beserta memperkuat fungsi-fungsi syaraf. Itulah kenapa asupan zat mikronutrien ini harus terpenuhi sejak dini kalau ingin anak Anda cerdas. Zat thiamin, riboflavin, niacin, pyridoxine saling bekerja sama untuk membangun sel-sel syaraf supaya tetap sehat dan memperkuat fungsi-fungsinya.

2. Membantu proses metabolisme tubuh

Terutama membantu aktivasi berbagai macam sintesa zat-zat dalam proses metabolisme tubuh. Zat-zat komplek yang masih berupa molekul besar harus dirombak dengan bantuan vitamin. Misalnya saja, perombakan karbohidrat, protein, dan lemak menjadi senyawa-senyawa yang lebih sederhana supaya bisa dimanfaatkan oleh tubuh.

3. Membantu fungsi sistem pencernaan

Usus memerlukan zat stimulant yang bisa mengoptimalkan penyerapan sari-sari makanan serta gerak refleks peristaltic usus. Pyridoxine banyak membantu usus dalam penyerapan sari-sari makanan dan memperlancar proses perombakan makanan menjadi feses.

4. Menambah produksi eritrosit

Folic acid dan cobalamin membantu proses peningkatan produksi eritrosit. Proses pembentukan eritrosit terjadi di hati dan sumsum pada tulang. Sel-sel darah merah yang rusak dirombak dan sebagian diperbaiki menjadi sel-sel darah merah yang sehat. Dengan bantuan kedua senyawa tersebut, proses produksi eritrosit atau sel darah lebih optimal dan cepat.

5. Membantu sintesa lemak

Lemak, protein, dan karbohidrat harus dirombak supaya bisa diserap oleh tubuh. Perombakan lemak butuh energi yang besar dibandingkan dengan perombakan protein dan karbohidrat. Dengan bantuan senyawa biotin, energi yang dibutuhkan untuk perombakan lebih hemat. Seperti yang kita ketahui bersama, lemak mampu menghasilkan energi yang besar, dua kali lipat dari energi yang dihasilkan oleh protein dan karbohidrat.

Manfaat Vitamin B Untuk Kesehatan Lainnya :

6. Membantu perombakan glukosa menjadi energi

7. Menjaga fungsi kardiovaskular

8. Menjaga fungsi otot

9. Menjaga fungsi usus

10. Menjaga fungsi mata

11. Membantu perombakan lemak menjadi energi

12. Mencegah diare

13. Mencegah pembengkakan di lidah

14. Menurunkan emosi

15. Menaikkan nafsu makan

16. Menambah kebugaran tubuh

17. Meningkatkan produksi hormon steroid

18. Membantu metabolisme asam amino

19. Mencegah halusinasi

20. Mencegah lidah pecah-pecah

21. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

22. Mencegah insomnia

23. Mencegah anemia

24. Mencegah linu otot

25. Mencegah kerusakan syaraf pada janin

26. Membantu perkembangan sel dan sintesa DNA pada janin

27. Mencegah penurunan berat badan secara drastic

28. Menambah kebuagaran tubuh

29. Memproduksi dan menunjang sel mielen yang berperan sebagai pelindung sel-sel syaraf

30. Menambah kemampuan mental

31. Mencegah degenerai sel-sel syaraf tepi

32. Mencegah kerusakan organ hati

Cara Memanfaatkan Vitamin B Untuk Kesehatan :

Sekarang sudah tersedia vitamin B dalam bentuk ekstrak tunggal yang biasa dikemas dalam bentuk kapsul. Dalam bentuk senyawa tunggal ini, kerja vitamin lebih efektif dan optimal. Hanya saja, pemakaiannya harus di bawah pengawasan dokter. Dosis yang diberikan harus tepat. Tidak boleh sampai berlebihan karena bisa mengakibatkan gangguan fungsi berbagai macam metabolisme dan gangguan berbagai macam jaringan tubuh.

Cara aman konsumsi vitamin B yaitu mengkonsumsi beragam bahan makanan. Baik makanan yang berasal dari tumbuhan maupun hewan. Kadar vitamin ini di dalam bahan makanan sangat sedikit sehingga aman dikonsumsi. Hanya saja, kita harus makan dengan beragam makanan. Karena tak ada satu pun bahan makanan yang mengandung lengkap semua vitamin B.

Manfaat Vitamin B Untuk Kecantikan :

1. Membantu kesehatan kulit

Riboflavin berperan dalam menjaga kesehatan kulit. Cukup dengan mengkonsumsi vitamin B2 dosis 1,2 mg untuk wanita sudah bisa menjaga kesehatan kulit. Sel-sel dan jaringan kulit membutuhkan riboflavin untuk melancarkan berbagai macam sintesa. Terutama perbaikan sel-sel kulit yang rusak dan yang sudah tua untuk digantikan sel-sel sehat dan muda.

2. Menyehatkan mata dan tampak lebih jernih

Riboflavin mencegah peradangan pada mata. Terutama dari benda-benda yang berterbangan akibat polusi. Peradangan mata akan membuat kita peka terhadap cahaya dan juga membuat kornea berwarna merah. Dengan asupan riboflavin yang cukup, membantu kesehatan mata dan mampu membuang materi-materi yang mengganggu mata secara alami.

3. Mencegah kerontokan rambut

Biotin merupakan salah satu jenis vitamin B yang mencegah kerontokan rambut. Karena ia membantu proses metabolisme dalam sintesa lemak di berbagai jaringan tubuh, termasuk jaringan di kulit kepala. Seperti kita ketahui bersama, jaringan kulit kepala dipenuhi oleh lemak yang perlu dirombak menjadi senyawa yang lebih sederhana. Dengan bantuan biotin, perombakan lebih lancar sehingga tak terbentuk penumpukan lemak tak sehat di rambut. Penumpukan lemak tak sehat inilah yang membuat rambut gampang rontok.

4. Memperhalus kulit

Bersama-sama dengan jenis vitamin B lainnya, memperlancar proses metabolisme dai dalam sel-sel dan jaringan kulit. Terutama dalam peremajaan sel-sel kulit. Sel-sel rusak, sel-sel tua, dan sel-sel mati digantikan oleh sel-sel kulit muda yang sehat. Dengan demikian kulit akan tampak lebih bercahaya dan halus.

5. Mencegah kulit kusam dan kasar

Kulit kusam dan kasar ini disebabkan oleh adanya lapisan sel-sel yang rusak dan mati. Lapisan ini perlu dibuang dan digantikan oleh sel-sel baru yang sehat. Dengan terpenuhinya asupan vitamin akan mempercepat proses peremajaan sel-sel sehingga kulit kusam dan kasar pun tersingkir.

Manfaat Vitmamin B Untuk Kecantikan Lainnya :

6. Mencegah kemunculan jerawat

7. Membuat wajah tampak bersinar

8. Menjaga kesehatan kuku

9. Melenyapkan bagian kulit yang gelap

10. Melembabkan bibir

11. Memerahkan bibir

12. Membantu pengikisan gigi yang berwarna hitam

Cara Memanfaatkan Vitamin B Untuk Kecantikan :

Konsumsi dalam bentuk suplemen berupa kapsul. Hanya saja, butuh pengawasan dari dokter karena tidak boleh sampai berlebihan. Cara lainnya yang aman yaitu konsumsi beragam bahan makanan seperti sayur mayur yang berdaun hijau, kacang panjang, meniran, ikan salmon, pisang, tempe, dll. Penuhi menu 4 sehat 5 sempurna tiap hari.

Efek Samping Vitamin B :

Efek Samping Vitamin B

Bila konsumsi berlebihan akan mengakibatkan banyak efek samping. Terutama gangguan proses metabolisme di dalam tubuh. Yang sangat terasa tentu badan terasa lesu, loyo, emosi tak stabil, sulit konsentrasi, mudah stress, dan lain-lain.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Vitamin E untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat vitamin B sangat banyak bagi tubuh kita. Terutama dalam hal activator berbagai macam metabolisme. Sekarang sudah tersedia dalam bentuk suplemen sehingga cara mengkonsumsinya lebih mudah. Hanya saja, tubuh kita butuh dosis yang tepat sehingga butuh pengawasan dari dokter.

Continue Reading

Lainnya dari Nutrisi

Terbaru

Masker Madu, Manfaat Masker Madu, Khasiat Masker Madu
Cream Temulawak, Manfaat Cream Temulawak, Khasiat Cream Temulawak
Gula Aren, Manfaat Gula Aren, Khasiat Gula Aren
Ampas Kopi, Manfaat Ampas Kopi, Khasiat Ampas Kopi
Masker Putih Telur, Manfaat Masker Putih Telur, Khasiat Masker Putih Telur
Ever E, Manfaat Ever E, Khasiat Ever E
Klorofil, Manfaat Klorofil, Khasiat Klorofil
Soman, Manfaat Soman, Khasiat Soman
Bawang Lanang, Manfaat Bawang Lanang, Khasiat Bawang Lanang
Kerjasama, Manfaat Kerjasama, Khasiat Kerjasama
BUncis, Manfaat Buncis, Khasiat Buncis
Pajak, Manfaat Pajak, Jenis Pajak
Intan, Manfaat Intan, Khasiat Intan, Permata
Milagros, Manfaat Milagros, Khasiat Milagros
Lari, Manfaat Lari, Khasiat Lari
Akar Manis, Manfaat Akar Manis, Khasiat Akar Manis
Akar Wangi, Manfaat Akar Wangi, Khasiat Akar Wangi, Tanaman Akar Wangi
Adem Ati, Manfaat Adem Ati, Khasiat Adem Ati
Buah Kesemek, Kesemek, Manfaat Kesemek, Efek Samping Kesemek, Tanaman Kesemek
Daun Wortel, Manfaat Daun Wortel, Khasiat Daun Wortel
To Top