Connect with us
Vitamin B1, Vitamin B Kompleks, Manfaat Vitamin B1

Nutrisi

35 Manfaat dan Khasiat Vitamin B1 untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Vitamin B1 – Vitamin B1, atau juga dikenal dengan sebutan Tiamina atau Thiamine, adalah salah satu jenis vitamin dari 12 vitamin B kompleks. Seperti halnya vitamin yang lain, B1 sangat penting untuk menjaga kestabilan sistem regulasi tubuh. Manfaat vitamin B1 tidaklah sedikit, maka jika kekurangan vitamin ini, tubuh tidak akan bisa bekerja dengan maksimal. Maka penting bagi semua orang untuk memperhatikan kecukupan vitamin tersebut.

Vitamin B1, Vitamin B Kompleks, Manfaat Vitamin B1

Thiamine berpengaruh dalam banyak fungsi tubuh, termasuk sistem saraf, jantung, dan otot. Juga keberadaan vitamin ini penting untuk aliran elektrolit keluar masuk sel saraf dan otot. Proses yang melibatkan enzim, seperti metabolisme karbohidrat, juga didukung adanya vitamin B1. Vitamin ini dinamakan B1 karena merupakan bagian B kompleks yang pertama kali ditemukan.

Kandungan Vitamin B1 :

Thiamine adalah sebuah senyawa organik larut dalam air. Seperti senyawa organik pada biasanya, thiamine ini disusun oleh berbagai komponen, yaitu:

• Karbon
• Nitrogen
• Oksigen
• Hidrogen

Manfaat Vitamin B1 untuk Kesehatan :

1. Mengobati penyakit jantung

Karena berpengaruh pada kerja otot jantung, jenis vitamin B ini dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit yang berhubungan dengan ini. Banyak obat untuk mengatasi masalah jantung yang mengandung vitamin B1 jika Anda perhatikan komposisinya.

2. Mengobati kelainan metabolisme

Di dunia ini banyak ditemukan kelainan metabolisme, entah prosesnya berjalan terlalu cepat atau lambat. Biasanya kelainan ini disebabkan oleh kesalahan fungsi kelenjar tiroid, sehingga penderitanya mengalami kegemukan atau sebaliknya, hiperaktivitas metabolisme. Fungsi vitamin B1 ini banyak digunakan dalam pengobatannya.

3. Solusi untuk penyakit mata

Beberapa penyakit mata akut seperti katarak dan glaukoma dapat dibantu penyembuhannya dengan vitamin B1. Walau tak seketika menyembuhkan, penggunaan vitamin B1 paling tidak, bisa mencegah penyakit mata bertambah parah.

4. Mencegah mabuk darat, laut, atau udara

Banyak orang mengalami kejadian tak menyenangkan yang disebabkan mabuk saat berkendara. Tentunya para penderita ingin mencegah hal itu terjadi. Vitamin B1 telah terbukti mampu mencegah terjadinya mabuk. Maka, perbanyaklah konsumsi vitamin B1 sebelum bepergian agar tak mabuk di perjalanan.

5. Memperbaiki fungsi kognitif pasien Alzheimer

Penyakit Alzheimer atau sering disebut pikun tentunya sangat mengganggu bagi para penderitanya maupun keluarga mereka. Beberapa riset telah membuktikan bahwa thiamine dapat membantu meringankan gejalanya karena memperbaiki fungsi sel-sel otak. Pasien Alzheimer dapat lebih lancar beraktivitas setelah diberi vitamin B1.

Manfaat Vitamin B1 Untuk Kesehatan Lainnya :

6. Mencegah stres
7. Memperkuat memori
8. Mengontrol mood
9. Memperbaiki sel-sel otak
10. Memperbaiki sel-sel mata
11. Baik untuk mata
12. Membantu memproduksi sel darah merah
13. Memperlancar metabolisme tubuh
14. Memperbaiki sistem pencernaan
15. Memperlancar sistem pencernaan
16. Meningkatkan nafsu makan
17. Mencegah katarak
18. Membantu dalam perkembangan selubung mielin
19. Menambah stamina karena membantu memproduksi energi
20. Memperbaiki fungsi jantung
21. Mencegah dan mengobati penyakit jantung

Cara Memanfaatkan Vitamin B1 untuk Kesehatan :

Mendapatkan thiamine sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan. Tanpa suplemen vitamin pun, Anda bisa mendapatkan asupan thiamine dari makanan sehari-hari. Beberapa sumber makanan yang banyak mengandung vitamin B1 adalah daging sapi, hati, susu bubuk, kacang-kacangan, jeruk, telur, biji-bijian, dan ragi.

Beberapa makanan sumber karbohidrat juga telah difortifikasi dengan vitamin ini. Seringkali, Anda akan menemukan beras, pasta, roti, sereal, dan tepung yang difortifikasi vitamin tersebut. Usahakan selalu memilih bahan makanan yang terfortifikasi ini agar asupan B1 Anda terjamin.

Selalu pastikan setiap makanan Anda mengandung bahan-bahan yang disebutkan di atas agar Anda terhindar dari kekurangan vitamin B1. Jika ingin lebih yakin bahwa Anda telah memenuhi kebutuhan thiamine harian Anda, konsumsilah suplemen tambahan.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Vitamin B12 untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Vitamin B1 untuk Kecantikan :

1. Mengurangi Tanda-tanda penuaan

Orang yang kekurangan vitamin apa pun biasanya menunjukkan tanda penuaan dini, bahkan mereka yang masih muda sekali pun. Oleh karena itu, jika terlanjur mengalami gejalanya, sebaiknya cegah sebelum terlambat dengan mengkonsumsi vitamin ini dengan cukup dan teratur.

2. Menjaga kesehatan rambut

Karena vitamin jenis ini adalah bagian dari B kompleks yang membantu proses metabolisme bahan makanan, kekurangan thiamine akan menyebabkan rambut kurang nutrisi. Terlebih bagian folikel rambut tidak akan mendapatkan cukup nutrisi.

3. Membantu menurunkan berat badan

Kabar baik untuk Anda yang sedang diet. Vitamin B1 telah terbukti dapat membantu menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan kandungan didalamnya mampu mempercepat metabolisme dan memecah sel lemak.

4. Menjaga kecantikan kulit

Vitamin B1 juga membantu regenerasi sel kulit sehingga Anda bisa selalu tampil dengan kulit yang bersih, sehat, dan berkilau. Jika Anda mengalami luka, tidak perlu khawatir karena proses pemulihannya akan relatif cepat.

5. Membantu proses pertumbuhan rambut

Bagi Anda yang mempunyai masalah rambut rontok atau rambut yang susah tumbuh, Anda bisa mengkonsumsi B1 untuk memulihkannya. Hal ini berkaitan dengan sirkulasi darah yang baik disebabkan karena konsumsi B1 secara teratur. Sehingga nantinya sirkulasi darah penyuplai oksigen ke folikel rambut pada bagian kepala akan membantu pertumbuhan rambut.

Manfaat Vitamin B1 Untuk Kecantikan Lainnya :

1. Membuat kulit lebih sehat
2. Mengurangi penuaan dini
3. Menghaluskan rambut
4. Membantu regenerasi sel mati pada kulit dengan cepat
6. Menjaga kesehatan kuku
7. Mencegah keriput pada wajah
8. Melembabkan kulit
9. Mencegah kulit kering
10. Mencegah minyak berlebih pada kulit
11. Membuat rambut tampak berkilau
12. Meminimalkan jerawat

Cara Memanfaatkan Vitamin B1 untuk Kecantikan

Anda disarankan rutin memakan bahan makanan yang menjadi sumber vitamin B1. Beberapa bahan makanan sumber vitamin ini juga baik untuk diet dan menjaga bentuk tubuh sehingga Anda bisa mendapatkan banyak manfaat sekaligus.

Produk hewani yang paling banyak mengandung vitamin B adalah ikan. Tidak hanya vitamin B, ikan juga diketahui memiliki kadar protein yang tinggi. Jadi, protein dan vitamin B dalam ikan bisa memberi manfaat bagi kecantikan Anda. Ikan yang disarankan untuk dikonsumsi adalah salmon, trout, tuna, dan kod.

Selain produk hewani, vitamin B1 juga banyak ditemukan di beberapa buah-buahan serta sayuran. Contoh buah yang banyak mengandung vitamin B adalah alpukat, delima, kurma, semangka, dan buah beri. Sedangkan sayuran sumber vitamin B adalah bayam, kentang, dan labu. Jangan lupa, kacang-kacangan seperti kedelai dan kacang merah juga merupakan sumber vitamin B.

Tentu saja Anda disarankan mengolah bahan makanan di atas menjadi lebih menarik dan mengundang selera. Misalnya jika Anda tidak suka ikan, bisa dicari berbagai resep atau inspirasi masakan yang membuatnya lebih lezat. Jika menurut Anda mengkonsumsi kacang kedelai tanpa diolah terasa tidak enak, buatlah menjadi susu kedelai.

Tetapi ingat, usahakan hindari menggunakan metode menggoreng untuk memasak bahan makanan Anda karena kombinasi minyak dan panas akan merusak segala kandungan vitamin di dalamnya. Manfaatnya menjadi tidak bisa Anda rasakan. Untuk memastikan bahwa Anda telah mendapatkan cukup vitamin B1, konsumsilah suplemen B kompleks.

Efek Samping Vitamin B1

Selama ini, tidak ada efek samping yang diketahui dari vitamin B1. Vitamin ini bisa larut dalam air sehingga kemungkinan overdosis sangat kecil hingga tidak ada. Seandainya Anda kelebihan mengkonsumsi vitamin B1 pun, itu tetap aman dan tidak berbahaya bagi kesehatan. Bagi beberapa orang yang mempunyai alergi khusus terhadap vitamin B1, mungkin mereka bisa mengalami reaksi alergi dan iritasi kulit.

Harga Vitamin B1 :

VITAMIN B1 IPI 50’S/TUBE = Rp 5.038,- / Tube
VITAMIN B1 50MG TAB KF = Rp 1.804,- / Strip
VITAMIN B1 100MG TAB KF = Rp 2.739,- / Strip

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Vitamin B untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Itulah berbagai manfaat, kandungan, dan efek samping yang bisa dirasakan ketika mengkonsumsi vitamin B1. Berbagai manfaat thiamine ini tentu saja bisa dirasakan secara sempurna dengan konsumsi yang tidak berlebih dan juga teratur. Ternyata vitamin B1 bermanfaat juga bagi kesehatan Ibu hamil. Tidak hanya itu saja, anda juga harus paham betul fungsi vitamin B1 B6 B12. 

Continue Reading

Lainnya dari Nutrisi

Terbaru

Daging Sapi, Manfaat Daging Sapi, Khasiat Daging Sapi
Daging Kuda, Manfaat Daging Kuda, Khasiat Daging Kuda
Ikan Cakalang, Manfaat Ikan Cakalang, Khasiat Ikan Cakalang
Mandi Susu, Manfaat Mandi Susu Khasiat Mandi Susu
Daging Katak, Manfaat Daging Katak, Khasiat Daging Katak
Telur Ikan, Manfaat Telur Ikan, Khasiat Telur Ikan
Kulit Buaya, Manfaat Kulit Buaya, Khasiat Kulit Buaya
Daging Buaya, Manfaat Daging Buaya, Khasiat Daging Buaya
Daging Bulus, Manfaat Daging Bulus, Khasiat Daging Bulus
Thaharah, Manfaat Thaharah, Khasiat Thaharah
Daging Belibis, Manfaat Daging Belibis, Khasiat Daging Belibis
Omega 9, Manfaat Omega 9, Khasiat Omega 9
Kulit Sapi, Manfaat Kulit Sapi, Khasiat Kulit Sapi , Jaket Kulit Sapi , Kulit Sapi Basah, Kulit Sapi Kering
kulit kambing, Jaket kulit kambing, Kaligrafi kulit kambing, manfaat kulit kambing, Khasiat kulit kambing, Motif Macan kulit kambing
Ikan Hiu, Manfaat Ikan Hiu, Khasiat Ikan Hiu
Tidur Siang, Manfaat Tidur Siang, Khasiat Tidur Siang
Desloratadine, Manfaat Desloratadine, Kegunaan Desloratadine, Khasiat Desloratadine
Lemak, Manfaat Lemak, Khasiat Lemak
Omega 3, Manfaat Omega 3, Khasiat Omega 3
Omega 6, Manfaat Omega 6, Khasiat Omega 6, Kandungan Omega 6
To Top