Connect with us
Vitamin B12, Manfaat Vitamin B12, Khasiat Vitamin B12

Nutrisi

50 Manfaat dan Khasiat Vitamin B12 untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Vitamin B12 – Vitamin B12 atau Kobalamin adalah sebuah vitamin yang larut dalam air. Menjadi salah satu anggota golongan vitamin B kompleks yang amat penting bagi tubuh. Manfaat vitamin B12 untuk kesehatan sangat berpengaruh dalam proses pembentukan sel, terutama sel darah merah. Sedangkan Kkhasiat kobalamin untuk kecantikan efektif untuk mengangkat sel kulit mati dan menggantinya dengan sel baru yang lebih sehat dan baik.

Vitamin B12, Manfaat Vitamin B12, Khasiat Vitamin B12

Kobalamin atau vitamin B12 memiliki formula ikatan kimia C63H88C0N14O14P. Sering dijuluki sebagai vitamin pertumbuhan atau vitamin ajaib. Sebab selain berguna dalam merangsang reproduksi sel, ternyata vitamin ini juga baik sekali dalam meningkatkan stamina. Orang yang memiliki aktivitas padat dan melelahkan sehari-harinya sering direkomendasikan untuk konsumsi kobalamin.

Bahan Makanan Mengandung Vitamin B12 :

Memang bentuk sintetisnya diproduksi oleh pabrik farmasi menjadi obat atau suplemen siap makan. Namun sebenarnya ada banyak sumber-sumber makanan yang mengandung vitamin B kompleks, di antaranya:

• Daging Sapi
• Daging Ayam
• Susu
• Yoghurt
• Telur
• Kepiting
• Kerang
• Ikan Sarden
• Ikan Salmon
• Ikan Tuna

Manfaat untuk Kesehatan Vitamin B12 :

1. Menambah Jumlah Sel Darah Merah

Khasiat vitamin B12 bisa menambah jumlah sel darah merah. Ini cocok sekali untuk mereka yang memiliki kelainan atau penyakit kekurangan sel darah merah. Untuk mengonsumsi vitamin ini, bisa diperoleh melalui makanan maupun membeli sintesisnya dalam bentuk tablet vitamin di apotik.

2. Mencegah Kerusakan Syaraf Otot

Selain itu, manfaat vitamin B12 juga baik sekali dalam menjaga syaraf-syaraf otot agar tidak gampang rusak. Misalnya syaraf mata, gerak dan otak. Maka vitamin ini banyak direkomendasikan untuk mereka yang mengalami masalah syaraf terjepit, gangguan mata miopi yang sangat parah maupun kelumpuhan dan stroke.

3. Membantu Proses Metabolisme Energi

Metabolisme energi adalah proses penyerapan sari-sari makanan, gizi dan nutrisinya untuk kemudian diubah menjadi energi yang dibutuhkan tubuh dalam beraktivitas. Proses ini amat penting bagi manusia agar selalu mengalami pertumbuhan fisik yang baik. Kerusakan metabolisme energi pada orang yang terkena busung lapar atau gizi buruk misalnya, bisa pelan-pelan diobati dengan konsumsi vitamin B12.

4. Mengaktifkan Asam Folat

Asam Folat adalah nama lain dari vitamin B9. Antara kedua jenis vitamin B kompleks ini rupanya saling mempengaruhi. Di mana kobalamin atau vitamin B12 ini berfungsi dalam mengaktifkan vitamin B9. Makanya antara kedua jenis vitamin ini biasanya dikonsumsi secara bersamaan untuk suatu keperluan terapi medis.

5. Membantu Pembentukan Sel-Sel Tubuh

Kemudian, manfaat vitamin B12 juga baik sekali dalam merangsang pembentukan sel-sel tubuh. Ini karena kemampuannya dalam mempercepat pembentukan membran sel, tiap kali ada sel yang rusak dan mati. Maka tak heran bilamana kobalamin menjadi salah satu vitamin utama dalam usaha reproduksi dan regenerasi sel.

Manfaat Vitamin B12 untuk Kesehatan Lainnya :

6. Menyembuhkan anemia
7. Mengatasi gizi buruk
8. Mencegah sariawan
9. Mengatasi mulut kering
10. Menguatkan tulang
11. Mengatasi cyanocobalamin
12. Membuat badan bugar
13. Mencegah kanker
14. Mencegah kerusakan otak
15. Membantu sintesis DNA
16. Mencegah kerusakan sel-sel tubuh
17. Menambah nafsu makan
18. Mengatasi kelelahan akut
19. Mempercepat penyembuhan luka
20. Meningkatkan kadar hemoglobin

Cara Memanfaatkan Vitamin B12 untuk Kesehatan :

Ada banyak sekali merek dagang vitamin B12 yang dikeluarkan oleh pabrik farmasi. Suplemen kobalamin ini pun bisa ditebus di apotek tanpa resep dokter. Namun perhatikan baik-baik soal aturan pakainya, karena vitamin ini termasuk obat keras yang bila disalahgunakan dosisnya bisa berakibat fatal.

Pada pemakaian awal vitamin ini biasanya orang akan merasa sedikit pusing, mual dan tidak enak badan. Memang beginilah reaksi awal dari penggunaan vitamin B kompleks, termasuk B12 ini. Untuk itu, cara paling enak dan aman konsumsi vitamin ini sebenarnya dengan mendapatkannya dari sumber-sumber makanan yang alami.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Vitamin A untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat untuk Vitamin B12 Kecantikan :

1. Menggemukkan Badan

Ada mitos beredar bahwa jika ingin gemuk, maka banyaklah konsumsi makanan yang mengandung vitamin B kompleks. Ini memang benar karena sekelompok vitamin ini memang berfungsi dalam pertumbuhan. Salah satunya adalah vitamin B12 yang direkomendasikan oleh ahli gizi agar rutin diberikan kepada mereka yang kekurangan berat badan.

2. Membuat Kulit Jadi Lembab

Dengan banyak konsumsi buah dan sayuran yang mengandung vitamin B12 memberikan dampak yang baik untuk kulit. Seluruh kulit tubuh terasa lembab dan kenyal. Ini terjadi karena manfaat vitamin B12 sanggup untuk mengatur kadar cairan dalam tubuh. Maka tak heran bila kobalamin ini baik untuk penyembuhan kulit kering.

3. Mencegah Munculnya Jerawat

Mengonsumsi vitamin B12 sangat ampuh mencegah jerawat muncul. Sebab vitamin ini efektif dalam mengeluarkan sumbatan kotoran maupun minyak yang lama terperangkap di wajah dan seringkali menjadi sarang bakteri penyebab jerawat. Ada baiknya coba menggunakan jenis sayuran maupun buah-buahan yang mengandung kobalamin ini secara rutin tiap hari, hingga jerawat benar-benar musnah.

4. Memutihkan Kulit

Manfaat vitamin B12 bagus pula buat memutihkan kulit. Sebab khasiat kobalamin yang bisa meregenerasi sel kulit. Vitamin ini ampuh dalam mengangkat sel kulit mati dan menggantinya sel-sel baru. Maka tak heran bilamana kulit jadi tampak lebih putih dari sebelumnya. Sebab memang mengalami regenerasi dan peremajaan.

5. Menghaluskan Kulit

Selain memutihkan, dampak pemakaian vitamin B12 juga membuat kulit jadi lebih halus. Sama skemanya dengan pemutihan di atas, faktor regenerasi sel kulitlah yang membuat kulit jadi lebih halus daripada sebelumnya. Cocok sekali untuk mereka yang sangat memperhatikan kecantikan tubuh, terutama kulit wajah dan badan.

Manfaat Vitamin B12 untuk Kecantikan Lainnya :

6. Mengatasi komedo
7. Menghilangkan bekas luka
8. Memudarkan noda hitam bekas jerawat
9. Mengatasi flek hitam
10. Mengeluarkan komedo
11. Membantu mengelupas sel kulit mati
12. Mencegah bibir pecah-pecah
13. Mengatasi kulit kering
14. Menurunkan berat badan
15. Membantu mencapai berat badan ideal
16. Mencerahkan wajah
17. Membuat kulit fresh
18. Meremajakan kulit
19. Mencegah penuaan dini
20. Mencegah munculnya keloid pada bekas luka

Cara Memanfaatkan Vitamin B12 untuk Kecantikan :

Tidak ada cara yang lebih aman dalam konsumsi vitamin B12 selain melalui bahan-bahan alami. Sebab jenis vitamin ini meskipun larut dalam air, namun penggunaannya alangkah baiknya dikonsultasikan dulu ke dokter. Sebab kalau konsumsi asal-asalan dosisnya juga riskan overdosis.

Biasanya para dokter gizi maupun dokter kecantikan meresepkan obat ini sesuai dengan berat badan maupun tingkat keparahan kerusakan sel kulit yang sedang terjadi. Jangan sampai overdosis vitamin B12 karena efeknya menyiksa tubuh.

Efek Samping Vitamin B12 :

Memang banyak sekali manfaat dan khasiat vitamin B12 untuk kesehatan serta kecantikan. Namun ada banyak pula efek samping yang bisa saja terjadi sebagai akibat konsumsi kobalamin secara tidak benar maupun oleh mereka yang alergi. Berikut adalah efek sampingnya:

1. Overdosis
2. Penyempitan pembuluh darah
3. Pantangan bagi penderita leber karena bisa merusak syaraf optik
4. Alergi
5. Ketergantungan
6. Dehidrasi
7. Kram Otot
8. Pembengkakan Tubuh
9. Sering Kencing
10. Diare

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Vitamin C untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Dari sekian banyak efek samping di atas, biasanya yang terjadi adalah diare. Ini pada penggunaan tahap awal dengan menggunakan produk sintetis dari kobalamin ini. Sedangkan kalau mendapatkan asupan vitamin B12 dari bahan makanan alami, efek di atas tidak pernah terjadi.

Continue Reading

Lainnya dari Nutrisi

Terbaru

Daging Sapi, Manfaat Daging Sapi, Khasiat Daging Sapi
Daging Kuda, Manfaat Daging Kuda, Khasiat Daging Kuda
Ikan Cakalang, Manfaat Ikan Cakalang, Khasiat Ikan Cakalang
Mandi Susu, Manfaat Mandi Susu Khasiat Mandi Susu
Daging Katak, Manfaat Daging Katak, Khasiat Daging Katak
Telur Ikan, Manfaat Telur Ikan, Khasiat Telur Ikan
Kulit Buaya, Manfaat Kulit Buaya, Khasiat Kulit Buaya
Daging Buaya, Manfaat Daging Buaya, Khasiat Daging Buaya
Daging Bulus, Manfaat Daging Bulus, Khasiat Daging Bulus
Thaharah, Manfaat Thaharah, Khasiat Thaharah
Daging Belibis, Manfaat Daging Belibis, Khasiat Daging Belibis
Omega 9, Manfaat Omega 9, Khasiat Omega 9
Kulit Sapi, Manfaat Kulit Sapi, Khasiat Kulit Sapi , Jaket Kulit Sapi , Kulit Sapi Basah, Kulit Sapi Kering
kulit kambing, Jaket kulit kambing, Kaligrafi kulit kambing, manfaat kulit kambing, Khasiat kulit kambing, Motif Macan kulit kambing
Ikan Hiu, Manfaat Ikan Hiu, Khasiat Ikan Hiu
Tidur Siang, Manfaat Tidur Siang, Khasiat Tidur Siang
Desloratadine, Manfaat Desloratadine, Kegunaan Desloratadine, Khasiat Desloratadine
Lemak, Manfaat Lemak, Khasiat Lemak
Omega 3, Manfaat Omega 3, Khasiat Omega 3
Omega 6, Manfaat Omega 6, Khasiat Omega 6, Kandungan Omega 6
To Top