Connect with us
Vitamin B2, Manfaat Vitamin B2, Khasiat Vitamin B2, Vitamin B, Vitamin B Kompleks

Nutrisi

40 Manfaat dan Khasiat Vitamin B2 untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Vitamin B2 – Vitamin B2 adalah salah satu jenis vitamin yang larut dalam air yang juga biasanya disebut riboflavin. Tubuh manusia memerlukan dosis harian dari vit b2 ini karena tidak bisa disimpan atau ditimbun dalam tubuh sebagai cadangan. Penting untuk mendapatkan asupan riboflavin setiap hari, karena manfaat vitamin B2 berperan penting dalam produksi energi dan merupakan salah satu nutrisi penting bagi tubuh anda. Selain itu vitamin B2 ini juga termasuk dalam vitamin b complex.

Vitamin B2, Manfaat Vitamin B2, Khasiat Vitamin B2, Vitamin B, Vitamin B Kompleks

Riboflavin atau vit B2 membantu dalam proses konversi karbohidrat ke dalam glukosa, sehingga bisa digunakan untuk menjalankan fungsi tubuh. Jenis vitamin b ini juga berperan dalam proses transpor elektron yang menghasilkan energi. Juga membantu memproses asam amino dan lemak. Sebenarnya manfaat vitamin b1 b2 hampir sama.

Kandungan Vitamin B2 :

Sebagai salah satu komponen dari vitamin B kompleks, riboflavin mempunyai ciri khas yang membedakannya dari yang lain. Ciri-ciri tersebut diantaranya ditemukan di whey (bagian bening dari susu) dan putih telur, dapat diproduksi oleh tumbuhan hijau dan fungi, dan berwarna kuning. Adapun kandungan senyawa kompleks yang ada didalamnya tersusun dari unsur-unsur sebagai berikut:

• Karbon
• Nitrogen
• Oksigen
• Hidrogen

Manfaat Vitamin B2 untuk Kesehatan :

1. Mencegah dan mengatasi anemia

Riboflavin dapat bermanfaat untuk semua tahap dalam transportasi oksigen dan produksi sel darah merah. Selain itu, vitamin B2 juga menstimulasi produksi hormon steroid yang membantu produksi sel darah. Jika kurang, akan terjadi anemia yang ditandai dengan keletihan, napas pendek, dan berbagai gejala lain. Konsumsi B2 yang cukup bisa mengatasi gejala ini.

2. Meningkatkan kesehatan mata

Kekurangan riboflavin dapat menyebabkan masalah pada mata. Masalah-masalah ini mencakup katarak dan glaukoma. Semua kondisi ini dapat diatasi menggunakan vitamin B2, di mana pasien menggunakan tetes mata yang mengandung vitamin B2.

3. Meningkatkan energi

Vitamin B2 digunakan untuk menyediakan energi bagi otak, saluran pencernaan, sistem endokrin, dan sistem saraf. Ini terjadi karena penggunaan karbohidrat, protein, dan lemak dibantu oleh vitamin B2 sehingga dapat menghasilkan energi yang cukup. Mempunyai cukup energi adalah faktor penting untuk mempertahankan metabolisme yang baik.

4. Mendukung pertumbuhan dan regenerasi.

Vitamin B2 membantu pertumbuhan di semua bagian tubuh. Ini penting, khususnya pada anak dalam masa pertumbuhan agar pertumbuhan mereka tidak terhambat. Vitamin B kompleks yang satu ini membuat hormon pertumbuhan bekerja aktif. Meskipun tidak bisa bertambah tinggi, orang dewasa yang ingin membentuk otot juga disarankan mengkonsumsi riboflavin dalam dosis tinggi.

5. Melindungi sistem saraf

Seperti vitamin B lainnya, riboflavin bisa melindungi sistem saraf. Kesehatan sistem saraf sangat penting dijaga karena jika tidak, akan rentan terhadap penyakit seperti Alzheimer, sklerosis, depresi, bahkan epilepsi. Selain untuk pencegahan, gejala yang sudah ada juga bisa diredakan dengan suplemen vitamin B2.

Manfaat Vitamin B2 untuk Kesehatan Lainnya :

6. Membantu menyerap mineral
7. Mencegah kanker
8. Mencegah radikal bebas yang masuk kedalam tubuh
9. Mencegah kerusakan DNA
10. Penting untuk pertumbuhan tubuh
11. Membantu sel saraf yang rusak
12. Mengatur aktivitas kelenjar tiroid
13. Membantu memproduksi energi
14. Membantu sel darah merah
15. Melindungi sistem saraf
16. Melindungi mata
17. Membantu memperlambat perkembangan AIDS
18. Melindungi saluran pencernaan
19. Bagi ibu hamil, melindungi janin dalam kandungan
20. Meningkatkan kekebalan tubuh
21. Membantu memperbaiki jaringan dalam tubuh
22. Membantu penyerapan vitamin lainnya dalam tubuh

Cara Memanfaatkan Vitamin B2 untuk Kesehatan :

Bahan makanan yang paling kaya dengan riboflavin adalah ekstrak ragi. Bahan makanan lain yang mengandung vitamin B kompleks yang satu ini dalam kadar tinggi adalah produk olahan susu, sayuran berdaun, dan organ dalam hewan. Biji-bijian sereal yang tidak diproses juga merupakan sumber B2 yang umum digunakan.

Biji-bijian sereal yang sudah diproses tidak lagi mengandung banyak vitamin B2 karena nutrien ini terkandung di lapisan-lapisan terluar pada biji. Karena itu, banyak produsen sereal yang menambahkan vitamin B2 pada produk mereka. Namun, Anda lebih baik memilih yang asli karena bahan alami selalu lebih baik.

Selain dari makanan, sebaiknya bahan berupa cairan juga difortifikasi dengan vitamin B2. Contohnya saus, minuman, dan produk susu. Sayangnya penambahan vitamin B jenis ini murni sulit dilakukan karena tidak dapat larut dalam air sepenuhnya. Maka dari itu, produsen makanan sering menggunakan riboflavin-5′-fosfat untuk tambahan bahan makanan dan suplemen kesehatan karena lebih mudah larut dalam air.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Vitamin B1 untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Vitamin B2 untuk Kecantikan

1. Menjaga kekuatan rambut

Riboflavin bersama dengan vitamin B kompleks lainnya dapat mencegah rontok dan menjaga kekuatan akar rambut. Jika Anda memiliki masalah rambut rontok,

2. Membantu menurunkan berat badan

Karena bisa membantu dalam proses metabolisme tubuh, secara otomatis vitamin jenis ini akan bermanfaat bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Pembentukan energi dari bahan makanan dipengaruhi oleh vitamin B2 khususnya dalam tahapan transpor elektron. Maka dari itu, energi dari makanan lebih cepat terbakar dan tidak tertimbun menjadi lemak.

3. Menjaga elastisitas kulit

Vitamin B2 juga penting untuk menjaga kadar kolagen dalam tubuh. Semakin banyak kolagen dalam tubuh, kuku dan kulit Anda akan semakin halus. Ini akan membantu mempertahankan elastisitas kulit dan mencegah keriput.

4. Mencegah jerawat

Ternyata riboflavin mempunyai khasiat dapat mencegah jerawat yang membandel di kulit. Tentu saja jerawat selalu menjadi mimpi buruk khususnya para wanita. Riboflavin akan meningkatkan sekresi lendir kulit dan dapat membersihkan pustula kulit.

5. Mencegah peradangan pada jerawat

Selain mencegah jerawat, ternyata vitamin B2 ini mempunyai peran dalam mencegah peradangan pada jerawat. Hal ini nantinya akan membuat kulit anda tidak merah dan akan tetap lembut seperti sediakala.

Manfaat Vitamin B2 untuk Kecantikan Lainnya :

6. Mencegah penyakit kulit
7. Mencegah eksim
8. Mencegah peradangan pada kulit
9. Mencegah dermatitis
10. Menjaga kelembaban kulit agar tetap lembut
11. Meningkatkan kesehatan rambut
12. Mencegah penuaan dini
13. Mencegah keriput lebih awal
14. Mengencangkan kulit wajah
15. Mencegah rambut rontok dan membantu folikel pada rambut
16. Menjaga kesehatan kuku

Cara Memanfaatkan Vitamin B2 untuk Kecantikan

Mendapatkan riboflavin dari bahan makanan alami sebenarnya sangat menguntungkan, karena kebanyakan yang mengandung vitamin B2 juga bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan Anda secara keseluruhan.

Contohnya adalah sayuran seperti asparagus, jamur, dan peterseli yang pastinya mengandung berbagai vitamin lainnya. Berbagai sayuran ini dapat Anda konsumsi dalam jumlah banyak tanpa takut berlebihan karena tentu semua sayuran rendah kalori.

Banyak juga buah-buahan yang bisa Anda konsumsi sebagai sumber vitamin ini. Misalnya alpukat, beri, dan labu. Alpukat sendiri bisa menjadi sumber lemak nabati yang sehat dalam diet Anda. Buahberi, selain mengandung vitamin B2, juga mengandung antioksidan yang mencegah penuaan dini. Labu bisa diolah menjadi berbagai makanan yang lezat, namun sehat.

Sumber protein hewani juga bisa Anda konsumsi sebagai sumber vitamin B2. Contohnya ikan, daging ayam, sapi, dan telur. Tentunya Anda membutuhkan protein dalam jumlah yang cukup untuk mempertahankan metabolisme tubuh dan mencegah obesitas.

Aneka kosmetik di pasaran juga banyak yang sudah dilengkapi dengan kandungan riboflavin. Jika Anda melihat komposisi dari krim, serum, lotion, atau produk kecantikan lainnya, kemungkinan besar akan ditemukan kandungan riboflavin.

Efek Samping Vitamin B2

Dalam kondisi normal, riboflavin aman untuk dikonsumsi. Sangat kecil kemungkinan overdosis karena tubuh dapat menyerap hingga 27 miligram vitamin B2 dan sisanya dibuang dalam urine. Tetapi untuk pasien dalam pengobatan kanker, antidepresan, dan gout, riboflavin bisa mengganggu kerja obat.

Selain itu, dosis yang terlalu tinggi dari vitamin B2 dapat menyebabkan gejala seperti :

• Gatal-gatal
• Mati rasa
• Ruam pada kulit
• Sensitivitas pada cahaya
• Urine berwarna jingga

Harga Vitamin B2 :

  1. Nature’s Way Vitamin B2, 100 mg Riboflavin, 100 Capsules = Rp 126.000
  2. Vitamin B2 100 High Strength Riboflavin Good Health Best Value = 58.396
  3. 100g Vitamin B2 Riboflavin food grade USA imported = 332.550

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Vitamin B12 untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Dengan mengetahui efek samping mengenai riboflavin diatas, tentu saja sudah seharusnya Anda bijak dalam mengkonsumsi vitamin B1. Karena terlepas dari semua manfaatnya untuk kecantikan dan kesehatan, tentu saja jika dikonsumsi berlebihan akan memberikan efek samping tertentu. Selain itu bagi ibu hamil dan menyusui, jika ingin mengkonsumsi vitamin ini harus sesuaikan dengan anjuran dokter.

Continue Reading

Lainnya dari Nutrisi

Terbaru

Daging Sapi, Manfaat Daging Sapi, Khasiat Daging Sapi
Daging Kuda, Manfaat Daging Kuda, Khasiat Daging Kuda
Ikan Cakalang, Manfaat Ikan Cakalang, Khasiat Ikan Cakalang
Mandi Susu, Manfaat Mandi Susu Khasiat Mandi Susu
Daging Katak, Manfaat Daging Katak, Khasiat Daging Katak
Telur Ikan, Manfaat Telur Ikan, Khasiat Telur Ikan
Kulit Buaya, Manfaat Kulit Buaya, Khasiat Kulit Buaya
Daging Buaya, Manfaat Daging Buaya, Khasiat Daging Buaya
Daging Bulus, Manfaat Daging Bulus, Khasiat Daging Bulus
Thaharah, Manfaat Thaharah, Khasiat Thaharah
Daging Belibis, Manfaat Daging Belibis, Khasiat Daging Belibis
Omega 9, Manfaat Omega 9, Khasiat Omega 9
Kulit Sapi, Manfaat Kulit Sapi, Khasiat Kulit Sapi , Jaket Kulit Sapi , Kulit Sapi Basah, Kulit Sapi Kering
kulit kambing, Jaket kulit kambing, Kaligrafi kulit kambing, manfaat kulit kambing, Khasiat kulit kambing, Motif Macan kulit kambing
Ikan Hiu, Manfaat Ikan Hiu, Khasiat Ikan Hiu
Tidur Siang, Manfaat Tidur Siang, Khasiat Tidur Siang
Desloratadine, Manfaat Desloratadine, Kegunaan Desloratadine, Khasiat Desloratadine
Lemak, Manfaat Lemak, Khasiat Lemak
Omega 3, Manfaat Omega 3, Khasiat Omega 3
Omega 6, Manfaat Omega 6, Khasiat Omega 6, Kandungan Omega 6
To Top