Connect with us
Vitamin B3, Manfaat Vitamin B3, Khasiat Vitamin B3

Nutrisi

10 Manfaat dan Khasiat Vitamin B3 untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Loading...

Manfaat Vitamin B3 – Vitamin B3, juga dikenal dengan nama niasin, adalah salah satu dari delapan vitamin B kompleks. Seperti yang lain, vitamin B3 juga larut dalam air. Niasin mempunyai banyak fungsi dalam tubuh, termasuk membantu sistem pencernaan, menjaga kesehatan kulit, dan sistem saraf. Nama niasin (niacin) berasal dari nicotinic acid vitamin. Niasin juga ditemukan dalam berbagai bentuk lain, misalnya niasinamida.

Vitamin B3, Manfaat Vitamin B3, Khasiat Vitamin B3

Niasin bisa ditemukan di beberapa macam bahan makanan seperti ragi, daging, ikan, susu, telur, kacang, sayuran, serta roti dan sereal yang sudah difortifikasi. Tubuh manusia juga bisa memproduksi sendiri niasin menggunakan bahan asam amino triptofan.

Ciri-ciri Vitamin B3 :

Vitamin B3 mempunyai beberapa ciri, antara lain:

  1. Tidak berwarna.
  2. Larut dalam air.
  3. Juga dikenal dengan asam nikotinat, bionik, niasin, dan vitamin PP.

Manfaat Vitamin B3 untuk Kesehatan

1. Mengobati penyakit pellagra

Orang dengan masalah pada pencernaan, otot lemah, dan kulit sensitif mungkin mempunyai suatu penyakit yang disebut pellagra. Penyakit pellagra ini disebabkan oleh defisiensi vitamin B3. Jika menderita penyakit ini,orang tersebut harus diberi vitamin B3 dalam dosis tinggi untuk membantu meringankan gejala-gejalanya.

Loading...

2. Mengurangi risiko penyakit jantung

Vitamin B3 dapat membantu mengatur kadar kolesterol dalam tubuh Anda, dan mengurangi risiko penyakit jantung. Juga bisa mengurangi inflamasi dan tekanan oksidatif yang berbahaya bagi kesehatan jantung karena memberatkan kerja arteri serta menghalangi aliran darah. Niasin dapat melebarkan pembuluh darah sehingga peredarannya menjadi lancar.

3. Memperbaiki kesehatan mental

Suplemen vitamin B3 biasanya digunakan untuk mengobati kelainan psikologis seperti depresi dan kekhawatiran berlebihan. Depresi bisa disebabkan oleh kekurangan vitamin B3. Ini mengakibatkan kekurangan neurotransmiter serotonin yang menyebabkan depresi. Produksi serotonin juga memerlukan asam amino triptofan, yang dibantu produksinya oleh niasin.

4. Membantu mengobati diabetes

Vitamin B3 dikenal dengan kemampuannya mengatasi gula darah tinggi dan gejala-gejala diabetes lainnya. Mayoritas penderita diabetes bisa mengatur kadar HBA1C dalam tubuh mereka dengan bantuan vitamin B3.

5. Meringankan gejala artritis

Suatu riset menyimpulkan bahwa vitamin B3 dapat membantu mengurangi beberapa gejala osteoarthritis, juga membantu pergerakan sendi dan mengurangi kebutuhan akan NSAID. Studi lain yang dilakukan juga menemukan bahwa injeksi vitamin B3 mengurangi inflamasi penyebab artritis. Belum ada kepastian, namun sudah ada bukti yang mendukung.

6. Menurunkan kadar trigliserida

Vitamin B3 sangat menguntungkan untuk lemak darah karena bisa menurunkan kadar trigliserida antara 20 hingga 50 persen. Vitamin B3 menghambat kerja enzim yang berperan dalam sintesis trigliserida. Maka, produksi LDL dan VLDL (kolesterol jahat) menurun. Dalam penggunaan vitamin B3 untuk tujuan ini dibutuhkan dosis tinggi dan tentunya pengawasan ahli.

Cara Memanfaatkan Vitamin B3 untuk Kesehatan

Vitamin B3 atau niasin dapat ditemukan pada banyak jenis makanan, khususnya daging, ikan, roti,dan sereal. Konsumsilah makanan-makanan ini setiap hari agar kebutuhan vitamin B3 Anda terpenuhi.

Selain merupakan salah satu sumber protein terbaik, ternyata dada ayam juga bahan makanan dengan kadar vitamin B3 tertinggi. Konsumsi dada ayam dapat memenuhi 59 persen dari kebutuhan vitamin B3 harian Anda. Di posisi kedua,ada ikan tuna kaleng yang memenuhi 53 persen kebutuhan harian Anda. Setelah itu, daging sapi menempati posisi ketiga dengan kemampuan memenuhi 33 persen kebutuhan.

Semua orang membutuhkan vitamin B3, namun mayoritas bisa mendapatkan cukup vitamin B3 dari makanan saja. Tetapi jika Anda kekurangan atau bisa mendapat keuntungan dari dosis tinggi vitamin B3, dokter mungkin akan merekomendasikan untuk mengkonsumsi suplemen vitamin B3.

Suplemen vitamin B3 umumnya akan direkomendasikan untuk orang dengan kadar kolesterol tinggi dan risiko penyakit jantung yang tidak bisa diobati dengan statin. Suplemen niasin mengandung kadar jauh lebih tinggi daripada yang ditemukan pada makanan. Bahkan dosis ini diukur dalam gram, bukan miligram.

Karena mengkonsumsi vitamin B3 dalam dosis tinggi mempunyai banyak efek samping, konsultasikanlah ke ahli jika Anda membutuhkannya.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Vitamin B1 untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Vitamin B3 untuk Kecantikan

1. Melindungi kulit dari sinar inframerah

Vitamin B3 melindungi kulit Anda dari panas matahari. Bersama dengan efek merusak dari sinar UV, sinar inframerah mengaktifkan radikal bebas dan menstimulasi produksi sel pigmen berlebihan. Jika pigmentasi Anda dipengaruhi oleh hormon, panas bisa menjadi masalah besar. Vitamin B3 telah terbukti membantu dalam hal ini.

2. Mengurangi risiko hiperpigmentasi

Perpindahan pigmen dari sel pembuatnya ke permukaan kulit Anda dikenal dengan istilah tan. Tetapi setelah beberapa lama, proses ini akan terganggu dan bisa menyebabkan kulit Anda berwarna tidak merata, bukannya kulit gelap yang eksotis. Vitamin B3 bisa mencegah masalah ini dengan cara mengurangi kecepatan melanin ke permukaan kulit.

3. Mencerahkan kulit

Meskipun antioksidan secara umum mencegah kerusakan yang disebabkan tekanan oksidatif, vitamin B3 berada satu langkah di depan karena bisa memperbaiki kerusakan yang sudah terjadi. Kulit yang terpapar radikal bebas lama kelamaan akan terlihat kusam dan tidak bercahaya. Dengan vitamin B3, efek ini dapat ditangani.

4. Mengatur kadar minyak

Kulit sebenarnya bisa mengatur sendiri tingkat kelembabannya dengan minyak alami. Tetapi pada sebagian orang, kadar minyak ini berlebih dan mengakibatkan kulit berminyak. Daripada mencoba menghilangkan minyak itu dan memperparah masalah kulit, aplikasi vitamin B3 pada kulit dapat membantu mengurangi masalah.

Cara Memanfaatkan Vitamin B3 untuk Kecantikan

Untuk mengatasi masalah kulit dan mencegahnya, Anda bisa menemukan banyak serum, krim, maupun lotion yang dilengkapi dengan niasinamida (salah satu bentuk vitamin B3). Kebanyakan merek menawarkan produk yang mengandung niasinamida untuk mencerahkan kulit, namun seperti yang Anda baca sebelumnya, vitamin ini bermanfaat untuk kesehatan kulit secara keseluruhan.

Pilihlah kosmetik yang mengandung paling tidak 10 persen niasinamida untuk hasil optimal. Beberapa merek mungkin mencantumkannya secara langsung, tetapi tidak sedikit juga yang menutupi informasi ini. Jika tidak ada informasi langsung, pilihlah kosmetik yang mencantumkan niasinamida di awal daftar komposisi.

Waktu terbaik untuk mengaplikasikan kosmetik yang mengandung vitamin B3 adalah kapan pun Anda mau. Karena sifat dari vitamin B3 adalah pelindung, maka disarankan untuk menggunakannya di bawah krim pelembab dan tabir surya saat Anda pergi ke luar rumah. Lebih baik lagi jika krim atau serum malam Anda juga mengandung niasinamida.

Efek Samping Vitamin B3

Jika Anda mendapatkan vitamin B3 hanya dari makanan, sangat kecil kemungkinan terjadi overdosis. Lain halnya jika mengkonsumsi suplemen, apalagi dalam dosis tinggi. Beberapa macam efek samping bisa terjadi. Gejala-gejala di bawah sering terjadi pada orang yang mengkonsumsi dosis tinggi dan dengan kondisi medis tertentu:

  • Mual atau muntah
  • Reaksi pada kulit atau ruam
  • Sakit kepala
  • Reaksi alergi (beberapa suplemen niasin mengandung histamin yang merangsang reaksi alergi).
  • Masalah jantung (misalnya detak jantung tidak teratur)
  • Gula darah tinggi
  • Gejala penyakit hati
  • Gejala penyakit gout
  • Tekanan darah rendah
  • Luka pada lambung atau usus

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Vitamin B2 untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Vitamin B3 dapat dimanfaatkan dalam segi kecantikan untuk mengobati jerawat, kulit kasar dan beberapa keluhan kulit lainnya. Akan tetapi, karena potensi efek samping atau dampak buruk, Anda harus memakai vitamin B3 dalam pertimbangan dan pengawasan dokter.

Continue Reading

Lainnya dari Nutrisi

Terbaru

Pasar Modal
Puasa Arafah, Manfaat Puasa Arafah, Khasiat Puasa Arafah
Bunga Kamboja, Manfaat Bunga Kamboja, Pohon Kamboja, Khasiat Bunga Kamboja, Bunga Kamboja Kuning, Bunga Kamboja Putih
Puasa Mutih, Manfaat Puasa Mutih, Khasiat Puasa Mutih, Dalil Puasa Mutih
Undur Undur, Manfaat Undur Undur, Khasiat undur Undur
Puasa Asyura, Manfaat Puasa Asyura, Khasiat Puasa Asyura, Sejarah Puasa Asyura
Minum Sperma, Manfaat Minum Sperma, Minum Sperma Berkhasiat, Minum Sperma Bagi Wanita
Sholat Hajat, Manfaat Sholat Hajat, Khasiat Sholat Hajat
Gotong Royong, Manfaat Gotong Royong, bentuk Gotong Royong, gambar Gotong Royong, Gotong Royong Picture
Sedekah, Manfaat Sedekah, Khasiat Sedekah, Dalil Sedekah, Gambar Sedekah
Masker Spirulina, Manfaat Masker Spirulina
Berkeringat, Manfaat Berkeringat, Khasiat Berkeringat
Hidup Rukun, Manfaat Hidup Rukun, Khasiat Hidup Rukun
Hutan Mangrove, Manfaat Hutan Mangrove, Khasiat Hutan Mangrove
Laut, Lautan, Pantai
Semut Jepang, Manfaat Semut Jepang, Khasiat Semut Jepang
Tembakau, Manfaat Tembakau, Khasiat Tembakau, Daun Tembakau, Tanaman Tembakau
Daun Rambutan, Manfaat Daun Rambutan, Khasiat Daun Rambutan
Daun Landep, Manfaat Daun Landep, Khasiat Daun Landep
Daun Lidah Mertua, Manfaat Daun Lidah Mertua, Khasiat Daun Lidah Mertua, Tanaman Lidah Mertua
DMCA.com Protection Status
To Top