Connect with us
Vitamin B4, Manfaat Vitamin B4, Khasiat Vitamin B4

Nutrisi

10 Manfaat dan Khasiat Vitamin B4 untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Loading...

Manfaat Vitamin B4 – Vitamin B4 juga sering disebut dengan istilah kolin (choline), adenin, atau karnitin. Kolin merupakan salah satu anggota vitamin B kompleks. Vitamin B4 mempunyai faktor lipotropik, yaitu kemampuan untuk mencegah akumulasi lemak berlebihan di hati. Walaupun tidak digolongkan sebagai vitamin secara resmi oleh FDA, jangan meremehkan pentingnya vitamin ini karena perannya juga besar untuk kesehatan Anda.

Vitamin B4, Manfaat Vitamin B4, Khasiat Vitamin B4

Adenin merupakan salah satu basa nitrogen penyusun DNA. Juga merupakan bagian dari adenosin trifosfat (ATP), yang penting untuk transpor energi dalam berbagai reaksi. Adenin juga membentuk adenosin yang mempunyai peran penting dalam proses biokimia dalam tubuh. Maka dari itu, vitamin B4 mempunyai sangat banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Fungsi Vitamin B4

Selain sebagai penunjang kesehatan dan kecantikan, vitamin B4 juga merupakan turunan basa purin yang penting untuk berbagai proses dalam tubuh. Juga merupakan bagian dari DNA dan RNA. Fungsi yang dimilikinya adalah:

  1. Sintesis protein.
  2. Penyusun informasi genetik
  3. Mendukung perkembangan dan fungsi normal tubuh

Harga Vitamin B4 (Choline)

Choline 500 Mg = Rp 250.000 – Rp 300.000

Loading...

Manfaat Vitamin B4 untuk Kesehatan

1. Mempertahankan struktur membran sel

Kolin membantu proses sintesis fosfolipid, fosfatidilkolin, dan sfinogomielin yang berperan dalam menjaga struktur membran sel manusia. Jika tidak mendapat cukup vitamin B4, bisa dipastikan kerja sel pada tubuh Anda akan terganggu.

2. Menjaga metabolisme dan fungsi hati

Kekurangan vitamin B4 dapat menyebabkan sindrom metabolik. Beberapa di antaranya yaitu resistensi terhadap insulin, kenaikan kadar serumtrigliserida, tingginya kadar kolesterol, dan obesitas. Selain itu, kekurangan vitamin B4 dapat menyebabkan penyakit lemak hati.

3. Aktivitas sistem saraf dan perkembangannya

Vitamin B4 membantu produksi neuron kolinergik yang dibutuhkan oleh bagian-bagian otak Anda dan sistem saraf simpatetik. Juga membantu otot untuk berfungsi dengan baik, menjaga memori agar tetap tajam, dan membantu proses pembelajaran.

4. Mencegah kanker dan anti inflamasi

Mempunyai kadar vitamin B4 yang cukup dalam tubuh Anda bisa mencegah terjadinya inflamasi karena mendukung adanya protein penanda inflamasi seperti TNF-alfa, IL-6, dan C-Reaktif. Protein penanda ini akan merangsang tubuh Anda untuk mengatasi inflamasi tersebut. Kekurangan vitamin B4 dapat meningkatkan risiko terkena kanker dan kerusakan pada DNA.

5. Pertumbuhan dan perkembangan dini

Vitamin B4 sangat penting untuk ibu hamil dan menyusui, karena berpengaruh besar terhadap perkembangan otak dan sistem saraf janin. Kekurangan vitamin B4 dapat menyebabkan ketidakmampuan belajar dan masalah dengan ingatan. Kolin juga terdapat pada ASI yang membantu pembentukan sistem saraf. Kandungan kolin pada ASI tergantung asupan gizi sang ibu.

6. Mengurangi lemah, letih, lesu

Gejala-gejala ini memang sangat mengganggu bagi aktivitas Anda sehari-hari. Jika sering mengalaminya, Anda bisa menambahkan asupan vitamin B4. Peningkatan kadar vitamin B4 dalam tubuh akan membantu menguranginya.

Cara Memanfaatkan Vitamin B4 untuk Kesehatan

Vitamin B4 dapat ditemukan pada berbagai bahan makanan sehari-hari. Hampir semua jenis buah dan sayuran mengandung vitamin B4. Anda juga bisa memperoleh asupan vitamin B4 dari madu, bee pollen, royal jelly, dan propolis. Selain makanan, vitamin B4 juga terkandung dalam herba seperti cengkeh, jahe, rosehip, sarsaparilla, dan thyme.

Salah satu bahan makanan hewani yang paling banyak mengandung vitamin B4 adalah telur. Satu buah kuning telur dapat memberi Anda asupan 115 miligram vitamin B4. Sangat disarankan untuk menambahkan telur ke dalam diet Anda karena selain kandungan vitamin B4 ini, telur juga sumber protein yang baik. Kuning telur juga dapat diolah menjadi es krim, vla, atau smoothie agar terasa lezat.

Anda juga dapat mengkonsumsi hati sapi untuk mencukupi kebutuhan vitamin B4. Namun perlu diperhatikan bahwa sapi itu harus berkualitas baik, berasal dari peternakan terpercaya, dan memakan rumput. Jika tidak menyukainya dalam bentuk makanan, sudah tersedia hati sapi dalam bentuk bubuk atau kapsul.

Produk susu dari sapi yang diberi makan rumput seperti susu segar dan yogurt bisa memberi Anda sekitar 40 miligram vitamin B4. Usahakan selalu memilih susu yang belum dipasteurisasi atau disterilisasi agar semua nutrisinya masih lengkap, termasuk vitamin B4. Perlu diingat bahwa vitamin mudah rusak jika terpapar panas.

Kacang-kacangan seperti kacang garbanzo dan kacang lima bisa mengandung 70 miligram vitamin B4 dalam satu gelas. Selain itu, biji bunga matahari dan labu juga merupakan sumber vitamin B4 yang baik. Dalam biji-bijian tersebut terkandung 60 miligram vitamin B4. Namun hindari mengkonsumsi kacang dalam jumlah banyak karena kandungan lemaknya, walaupun baik, bisa berdampak buruk dalam jumlah besar.

Jika memungkinkan, pilihlah sumber karbohidrat kompleks untuk konsumsi sehari-hari. Contoh karbohidrat kompleks yaitu beras merah, oatmeal, roti gandum, dan pasta whole grain. Vitamin B4 terkandung dalam jumlah yang bervariasi dalam karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks juga menjaga kesehatan karena melatih sistem pencernaan agar tidak “manja”, juga memberi rasa kenyang lebih lama.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Vitamin B1 untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Vitamin B4 untuk Kecantikan

1. Menjaga kesehatan kulit

Vitamin B4 berperan banyak dalam produksi membran sel kulit, khususnya bagian yang menyangkut lemak. Ini dibutuhkan untuk mendapatkan kulit yang sehat dan sel yang berfungsi sebagaimana mestinya.

2. Mempertahankan elastisitas kulit

Kolin dapat menjaga kadar vitamin B lainnya pada tubuh Anda,yang berperan dalam produksi energi, kolagen, dan elastin. Ketiga unsur tersebut adalah protein yang berfungsi menjaga kulit Anda tetap kencang dan halus. Vitamin B juga mengandung antioksidan yang menjaga elastisitas kulit dan mencegah kerusakan sel kulit akibat radikal bebas.

Cara Memanfaatkan Vitamin B4 untuk Kecantikan

Tentunya Anda menginginkan makanan yang selain memberi asupan vitamin B4, juga membantu Anda menjaga kecantikan. Salah satu contohnya adalah sayuran krusifer antara lain seperti brokoli, kubis, dan kembang kol. Satu gelas sayuran ini bisa mengandung 65 miligram vitamin B4. Berbagai sayuran itu juga bermanfaat bagi diet Anda karena mengandung banyak serat.

Konsumsi buah-buahan juga dapat memberi Anda asupan vitamin B4 yang cukup sekaligus menjaga kecantikan. Selain vitamin B4, tentunya dalam aneka buah-buahan terkandung berbagai macam mineral dan vitamin lainnya. Buah juga bisa menjadi alternatif camilan yang sehat dan tidak berpengaruh buruk terhadap berat badan maupun kesehatan Anda secara keseluruhan.

Madu juga bisa Anda pilih sebagai pemanis untuk berbagai makanan dan minuman. Daripada menggunakan gula tebu yang tidak memiliki manfaat bagi kesehatan, lebih baik menggunakan madu. Selain lebih alami dan tidak banyak diproses, kandungan nutrien di dalamnya bisa meningkatkan kecantikan Anda.

Efek Samping Vitamin B4

Tidak ada efek samping yang diketahui dari vitamin B4, kecuali jika dikonsumsi dalam dosis yang sangat tinggi (5.000 hingga 10.000 miligram). Sangat disarankan untuk konsultasi terlebih dahulu dengan ahli kesehatan sebelum memakai vitamin B4 dalam dosis tinggi. Jika dikonsumsi dalam dosis tinggi, vitamin B4 dapat menyebabkan gejala seperti:

  1. Diare
  2. Mual
  3. Bau amis pada urine (trimethylaminuria)

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Vitamin B2 untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Dengan mengetahui efek samping mengenai kolin diatas, tentu saja sudah seharusnya Anda bijak dalam mengkonsumsi vitamin B4. Karena terlepas dari semua manfaatnya untuk kecantikan dan kesehatan, tentu saja jika dikonsumsi berlebihan akan memberikan efek samping tertentu. Selain itu bagi ibu hamil dan menyusui, jika ingin mengkonsumsi vitamin ini harus sesuaikan dengan anjuran dokter.

Continue Reading

Lainnya dari Nutrisi

Terbaru

Pasar Modal
Puasa Arafah, Manfaat Puasa Arafah, Khasiat Puasa Arafah
Bunga Kamboja, Manfaat Bunga Kamboja, Pohon Kamboja, Khasiat Bunga Kamboja, Bunga Kamboja Kuning, Bunga Kamboja Putih
Puasa Mutih, Manfaat Puasa Mutih, Khasiat Puasa Mutih, Dalil Puasa Mutih
Undur Undur, Manfaat Undur Undur, Khasiat undur Undur
Puasa Asyura, Manfaat Puasa Asyura, Khasiat Puasa Asyura, Sejarah Puasa Asyura
Minum Sperma, Manfaat Minum Sperma, Minum Sperma Berkhasiat, Minum Sperma Bagi Wanita
Sholat Hajat, Manfaat Sholat Hajat, Khasiat Sholat Hajat
Gotong Royong, Manfaat Gotong Royong, bentuk Gotong Royong, gambar Gotong Royong, Gotong Royong Picture
Sedekah, Manfaat Sedekah, Khasiat Sedekah, Dalil Sedekah, Gambar Sedekah
Masker Spirulina, Manfaat Masker Spirulina
Berkeringat, Manfaat Berkeringat, Khasiat Berkeringat
Hidup Rukun, Manfaat Hidup Rukun, Khasiat Hidup Rukun
Hutan Mangrove, Manfaat Hutan Mangrove, Khasiat Hutan Mangrove
Laut, Lautan, Pantai
Semut Jepang, Manfaat Semut Jepang, Khasiat Semut Jepang
Tembakau, Manfaat Tembakau, Khasiat Tembakau, Daun Tembakau, Tanaman Tembakau
Daun Rambutan, Manfaat Daun Rambutan, Khasiat Daun Rambutan
Daun Landep, Manfaat Daun Landep, Khasiat Daun Landep
Daun Lidah Mertua, Manfaat Daun Lidah Mertua, Khasiat Daun Lidah Mertua, Tanaman Lidah Mertua
DMCA.com Protection Status
To Top