Connect with us
Vitamin B5, Manfaat Vitamin B5, Khasiat Vitamin B5, Vitamin B Kompleks, Vit B 5

Nutrisi

11 Manfaat dan Khasiat Vitamin B5 untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Vitamin B5 – Vitamin B5 dikenal juga dengan nama asam pantotenat. Vitamin B5 mempunyai banyak sekali manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Contohnya, vitamin B5 bisa membantu meringankan gejala asma, rambut rontok, alergi, stres dan kecemasan, penyakit pernapasan, dan masalah jantung. Selain itu vitamin B5 juga bisa meningkatkan imunitas, mengurangi osteoartritis, gejala penuaan, dan meningkatkan daya tahan terhadap infeksi.

Vitamin B5, Manfaat Vitamin B5, Khasiat Vitamin B5, Vitamin B Kompleks, Vit B 5

Vitamin B5 dikenal karena manfaatnya dalam menangani masalah mental serius seperti stres dan kecemasan. Pola makan yang sehat harus mengandung jumlah B5 dalam kadar yang cukup untuk menjaga kesehatan. Vitamin B5 berperan dalam berbagai fungsi tubuh, termasuk produksi neurotransmiter dan pembentukan steroid. Jenis vitamin b kompleks ini penting untuk berbagai aspek kesehatan Anda.

Kebutuhan Vitamin B5 Harian untuk Berbagai Usia

Orang dengan kelompok usia yang berbeda tentunya mempunyai kebutuhan yang berbeda, seperti di bawah ini:

• 6 bulan: 1.7 miligram
• 7 bulan – 1 tahun: 1.8 miligram
• 4 – 8 tahun: 3 miligram
• 9 – 13 tahun: 4 miligram
• 14 – 19 tahun ke atas: 5 miligram
• Ibu hamil: 6 miligram
• Ibu menyusui: 7 miligram

Loading...

Manfaat Vitamin B5 untuk Kesehatan

1. Stimulasi hormon

Vitamin B5 mempunyai sifat menstimulasi yang merangsang pelepasan hormon dari berbagai kelenjar dalam tubuh. Juga memastikan semuanya seimbang dan berfungsi sebagaimana mestinya. Vitamin B5 berperan dalam berbagai proses enzimatik dalam tubuh.

2. Meringankan stres

Depresi bisa menjadi akibat dari kekurangan vitamin B5. Orang yang mengalami perasaan down terus menerus sebaiknya meningkatkan asupan vitamin B5 untuk mengurangi gejalanya. Namun jangan langsung menyimpulkan depresi disebabkan oleh kekurangan vitamin B5, konsultasikan ke dokter dahulu. Vitamin B5 mengatur hormon yang berpengaruh terhadap perasaan.

3. Kesehatan jantung

Jantung merupakan salah satu organ dalam tubuh yang paling penting karena berfungsi untuk memompa darah serta menyalurkan nutrisi ke seluruh tubuh. Vitamin B5 bisa menjaga kesehatan jantung karena mempertahankan lemak baik dan menghilangkan lemak berlebih, sehingga menjaga pembuluh darah bebas kolesterol

4. Menjaga stamina

Vitamin B5 penting untuk mendukung proses metabolisme dalam tubuh. Dengan vitamin B5, lemak dan karbohidrat kompleks dapat dipecah sehingga bisa dimanfaatkan untuk memberi energi pada tubuh. Pelepasan energi dari proses metabolisme yang cepat membantu menjaga fungsi tubuh dan pikiran. Selain itu, gejala kelelahan juga dapat teratasi.

5. Menjaga kesehatan sistem imun

Tubuh Anda membutuhkan sistem imun yang kuat untuk mencegah datangnya penyakit. Vitamin B5 membantu dalam segala mekanisme yang dilakukan tubuh untuk mencegah penyakit. Berbagai riset sedang dilakukan untuk mendalami pengaruh vitamin B5 terhadap kenaikan jumlah sel darah putih yang berfungsi memerangi penyakit.

6. Menjaga jumlah hemoglobin

Jika tidak memiliki kadar hemoglobin yang cukup dalam tubuh Anda, maka Anda akan menderita kekurangan darah atau anemia. Vitamin B5 berperan penting dalam regenerasi sel, termasuk sel darah merah. Dengan bantuan vitamin B5, elemen lain seperti zat besi dan tembaga bisa lebih mudah memproduksi sel darah merah sehingga anemia dapat dicegah.

7. Sintesis kolesterol

Vitamin B5 berperan dalam sintesis kolesterol baik dan membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Penelitian menunjukkan bahwa pantetin bisa menurunkan kadar trigliserida dalam darah, juga mengurangi timbunan lemak.

8. Mencegah artritis rheumatoid

Beberapa studi menunjukkan bahwa orang yang menderita artritis rheumatoid semuanya menunjukkan kekurangan vitamin B5. Menambahkan asupan vitamin B5 dalam pola makan Anda terbukti bisa mengurangi inflamasi yang disebabkan artritis jenis ini, juga membantu meredakan rasa sakit.

Cara Memanfaatkan Vitamin B5 untuk Kesehatan

Cara paling sederhana untuk memastikan Anda mendapat cukup vitamin B5 adalah melalui konsumsi makanan. Terdapat banyak sekali jenis makanan yang mengandung vitamin B5, jadi hampir tidak mungkin seseorang mengalami kekurangan.

Tetapi jika Anda perlu mengatur kadar kolesterol, meningkatkan metabolisme, mengurangi stres, dan menjaga kesehatan mental, perbanyaklah konsumsi susu, sereal, sayuran, dan daging merah karena itulah bahan makanan yang paling banyak mengandung vitamin B5.

Jamur adalah salah satu bahan makanan alami yang mengandung vitamin B5 dan nutrien lainnya. Beberapa jenis jamur mengandung 3.59 miligram vitamin B5, atau 36 persen kebutuhan harian Anda. Jamur putih mencukupi kebutuhan harian sebanyak 34 persen dan jamur tiram 11 persen. Karena kebanyakan jamur tumbuh secara liar, perhatikan keamanan jenis yang Anda konsumsi.

Satu buah telur dapat mengandung 0.7 miligram atau 7 persen kebutuhan harian Anda. Agar mencukupi kebutuhan vitamin B5 Anda terasa lebih nikmat, masukkanlah telur rebus atau orak-arik dalam daftar menu harian.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Vitamin B4 untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Vitamin B5 untuk Kecantikan

1. Menjaga kesehatan kulit dan rambut

Vitamin B5 adalah stimulator dan penyeimbang hormon di seluruh tubuh. Fungsi ini menjaga pigmen rambut sehingga tidak cepat memutih. Selain itu, juga menjaga kulit tetap kencang dan terlihat sehat untuk jangka waktu panjang.

2. Mencegah penuaan dini

Konsumsi vitamin B5 yang cukup menunjukkan hasil yang menyenangkan, yaitu mengurangi munculnya kerutan dan bintik-bintik penuaan pada wajah. Jika mulai muncul gejala seperti ini, perbanyaklah konsumsi vitamin B5 Anda sehingga tidak bertambah parah.

3. Menyembuhkan luka

Mempunyai sebuah luka tentunya mengganggu penampilan Anda, apalagi jika terletak di tepat yang tidak bisa ditutupi. Kabar baiknya, vitamin B5 dapat mempercepat penyembuhan luka. Penelitian menunjukkan bahwa vitamin B5 membantu tubuh melawan bakteri, sehingga bermanfaat bagi penyembuhan luka dan pembekuan darah.

Cara Memanfaatkan Vitamin B5 untuk Kecantikan

Vitamin B5 mempunyai fungsi sebagai humektan. Humektan bisa melembabkan permukaan kulit sekaligus menghantarkan kelembaban serta nutrisi ke lapisan dalam kulit. Beberapa humektan dapat meningkatkan kemampuan kulit untuk hidrasi.

Jika digunakan dalam bentuk krim atau lotion pada wajah, vitamin B5 menstabilkan fungsi kulit sebagai pembatas sehingga jumlah air yang menguap dari kulit berkurang. Dengan begitu, wajah Anda akan menjadi lebih lembab. Kehalusan dan elastisitas kulit Anda juga akan menjadi lebih baik. Vitamin B5 ideal untuk mengatasi kulit kering, bersisik, dan kasar.

Menggunakan produk kecantikan yang mengandung vitamin B5 mempunyai manfaat lebih dari hanya melembabkan. Selain melembabkan, juga bisa menjadi penyembuh dan pelindung. Saat diaplikasikan ke kulit, produk yang mengandung vitamin B5 bisa mengurangi gatal atau ruam kemerahan. Luka yang diobati dengan vitamin B5 memiliki penampilan yang lebih kuat dan elastis setelah sembuh.

Selain menggunakan produk kecantikan yang mengandung B5, Anda tidak boleh melupakan konsumsi makanan alami yang mengandung vitamin B5. Jika Anda hanya mengandalkan produk kecantikan dan tidak merawat diri Anda dari dalam, manfaat yang Anda rasakan tidak akan maksimal.

Efek Samping Vitamin B5

Vitamin B5 sebenarnya tidak berbahaya jika dikonsumsi dalam batas wajar. Toksisitas vitamin B5 rendah, dan overdosis tidak akan menimbulkan kematian. Tetapi karena vitamin B5 berpengaruh terhadap metabolisme dan sistem saraf, ada beberapa efek samping yang ditimbulkan jika terlalu banyak dikonsumsi, seperti:

• Diare
• Mual
• Dehidrasi
• Pembengkakan
• Masalah sendi
• Edema/penimbunan air pada pergelangan kaki, tangan, dan wajah
• Peningkatan trigliserida
• Penumpukan kalsium pada arteri dan pembuluh darah
• Depresi
• Pendarahan

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Vitamin B3 untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Salah satu vitamin B Compleks yang larut olah air ini sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Walaupun banyak bermanfaat bagi kulit, namun jika terlalu mengkonsumsi berlebihan maka akan mengakibatkan dampak buruk.

Advertisements

Continue Reading

Lainnya dari Nutrisi

RSS Khasiat terbaru

Terbaru

Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Menggunakan Jilbab, Manfaat Menggunakan Jilbab, Berjilbab, Berhijab
Pasar Modal
Puasa Arafah, Manfaat Puasa Arafah, Khasiat Puasa Arafah
Bunga Kamboja, Manfaat Bunga Kamboja, Pohon Kamboja, Khasiat Bunga Kamboja, Bunga Kamboja Kuning, Bunga Kamboja Putih
Puasa Mutih, Manfaat Puasa Mutih, Khasiat Puasa Mutih, Dalil Puasa Mutih
To Top