Connect with us

29 Manfaat dan Khasiat Vitamin D Untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Nutrisi

29 Manfaat dan Khasiat Vitamin D Untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Vitamin D – Pada umumnya Vitamin D dikenal bermanfaat untuk pembentukan tulang dan gigi. Tapi tahukah Anda, manfaat Vitamin D ternyata masih sangat banyak, mulai dari segi kesehatan hingga kecantikan kulit. Dalam dunia medis, Vitamin D dikenal sebagai sunshine vitamin atau vitamin sinar matahari. Karena Vitamin D merupakan satu-satunya vitamin yang dapat diproduksi dengan bantuan sinar matahari.

Vitamin D, Manfaat Vitamin D, Khasiat Vitamin D

Bahan Makanan yang Mengandung Vitamin D

Selain dapat diperoleh dari sinar matahari, sumber Vitamin D juga bisa diperoleh dari beberapa jenis makanan, diantaranya sebagai berikut:

  1. Minyak Hati Ikan Cod
  2. Ikan Salmon
  3. Pisang
  4. Apel
  5. Kentang
  6. Nanas
  7. Jamur Tiram
  8. Kacang Kedelai
  9. Bayam
  10. Daging Sapi
  11. Keju
  12. Susu
  13. Ikan Tuna

Dosis Vitamin D

Vitamin D merupakan salah satu vitamin yang larut dalam lemak sehingga perlu berhati-hati dalam mengonsumsi suplemen yang mengandung Vitamin D agar tidak berdampak buruk bagi kesehatan.

Dosis yang tepat dalam mengonsumsi Vitamin D untuk anak-anak dan dewasa adalah 15 mikrogram per hari. Sedangkan untuk lansia, dosis yang sebesar 20 mikrogram. Untuk batas aman dalam mengonsumsi Vitamin D, pastikan anda tidak mengonsumsi lebih dari 100 mikrogram perhari.

Loading...

Manfaat Vitamin D Untuk Kesehatan

1. Mengurangi penyakit radang usus

Manfaat Vitamin D yang pertama adalah mencegah radang usus karena bersifat anti-inflamasi. Dalam proses mencegah penyakit radang usus, vitamin D menurunkan kadar protein dalam sistem pencernaan sehingga peradangan pada saluran pencernaan menjadi berkurang.

2. Mengurangi resiko diabetes

Vitamin D juga sangat berperan dalam mengurangi resiko diabetes. Hal ini karena vitamin D berperan dalam proses regulasi yang dapat menyehatkan pankreas sehingga dapat memproduksi insulin dengan baik. Dengan stabilnya kadar insulin dalam tubuh maka penyakit Diabetes bisa dicegah. Sebaliknya, jika tubuh kekurangan vitamin D, maka fungsi pankreas untuk menghasilkan insulin akan terganggu sehingga akan memicu diabetes.

3. Mengurangi gejala asma

Manfaat Vitamin D selanjutnya yaitu mengurangi gejala asma dan meningkatkan fungsi paru-paru secara keseluruhan. Banyak penderita asma yang tekah merasakan manfaat dari Vitamin D untuk mengurangi frekuensi kekambuhan. Jika anda mengidap penyakit asma, anda bisa mengatasinya dengan mengonsumsi makanan-makanan yang banyak mengandung vitamin D seperti ikan laut, telur, kedelai, dan hati sapi. Selain mengonsumsi makanan yang tinggi vitamin D, berjemur dibawah sinar matahari di pagi hari juga dapat membantu mengurangi gejala asma.

4. Mencegah penyakit kanker

Penyakit mematikan seperti kanker juga dapat dicegah dengan Vitamin D. Vitamin D dapat membantu menghentikan bahkan membuat sel kanker mati. Dengan asupan Vitamin D yang cukup, sel kanker akan sulit berkembang dan mempengaruhi sistem tubuh.

Berdasarkan hasil penelitian, mengonsumsi Vitamin D secara rutin sebanyak 2.000 IU dapat mengurangi terjadinya kanker sebanyak 50%. Selain itu, Vitamin D alami yang didapat dari sinar matahari juga terbukti dapat mengurangi risiko kanker prostat.

5. Mengobati penyakit alzheimer

Alzheimer adalah penyakit yang mengganggu fungsi otak dalam mengingat sesuatu dan berbagai hal. Vitamin D sangat bermanfaat dalam menstabilkan dan memperbaiki fungsi otak, sehingga sangat baik bagi penderita alzheimer. Selain dapat memperbaiki fungsi otak, Vitamin D juga dapat merangsang kekebalan tubuh dan mengurangi penumpukan protein amiloid-β.

Manfaat Vitamin D Untuk Kesehatan Lainnya

6. Memaksimalkan fungsi usus dalam menyerap nutrisi, fosfor dan kalsium

7. Mencegah penyakit osteomalaci yang menyebabkan sistem otot dan tulang rapuh

8. Menjaga kadar kalsium dalam tubuh agar tetap seimbang

9. Mencegah dan mengurangi gejala artritis.

10. Mengurangi risiko hipertensi

11. Membantu mengurangi ketegangan dan stres

12. Mengurangi nyeri pada tubuh

13. Membantu mengurangi infeksi saluran pernafasan.

14. Membantu mengatasi depresi

15. Membantu mencegah kejang dan preeklampsia

16. Membantu memperbaiki fungsi ginjal.

17. Membantu program penurunanan berat badan

18. Membantu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terserang flu

19. Membantu mencegah dan mengurangi gejala sklerosis

20. Mencegah rabun jauh

21. Melindungi tubuh dari radiasi tingkat rendah

22. Membantu pemulihan terhadap penyakit Tuberkulosis

23. Berperan dalam meningkatkan mental

24. Mengurangi risiko penyakit jantung

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Vitamin B2 untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Vitamin D Untuk Kecantikan

1. Mencegah kanker kulit

Manfaat vitamin D untuk kecantikan yang tidak terbantahkan yaitu mencegah pertumbuhan sel kanker pada kulit. Kanker sendiri ialah pertumbuhan suatu sel yang tidak normal dan merusak sel atau jaringan yang terdapat didalam tubuh. Vitamin D sangat berperan dalam memperbaiki sel dan jaringan tubuh yang rusak.

Ilmuwan berpendapat bahwa Vitamin D yang didapat melalui sinar matahari dapat menjadi penyebab terjadinya kanker kulit. Jadi, untuk mencegah kanker kulit, lebih dianjurkan untuk memanfaatkan vitamin D dalam bentuk supplement.

2. Membantu pertumbuhan rambut

Makanan yang banyak mengandung vitamin D dapat membantu pertumbuhan rambut. Vitamin D sendiri sangat berperan dalam fase pertumbuhan rambut. Dalam prosesnya, Vitamin D akan diubah menjadi calcidiol dan dikonversi oleh calcitriol ginjal. Mengonsumsi Vitamin D secara rutin juga dapat mencegah kerontokan rambut.

3. Mengandung antioksidan

Salah satu manfaat dari Vitamin D untuk kecantikan adalah sebagai antioksidan. Vitamin D mengandung antioksidan yang dapat membantu mengatasi berbagai masalah kulit seperti kulit kusam, noda hitam dan penuaan dini. Untuk mendapatkan manfaat antioksidan dalam Vitamin D, anda bisa langsung mengonsumsi makanan yang tinggi vitamin D atau supplement Vitamin D.

Namun perlu diingat, bila Anda ingin mengonsumsi suplemen atau menggunakan krim Vitamin D, lebih baik berkonsultasi dengan dokter kulit terlebih dahulu.

4. Membantu mengobati psoriasis

Vitamin D juga dapat mengatasi masalah kulit seperti psoriasis. Untuk mengobati psoriasis, jenis Vitamin D yang dapat digunakan biasanya berupa cream atau suplemen. Vitamin D juga dapat mencegah infeksi kulit sekaligus memperbaiki kerusakan sel kulit.

5. Stretch mark

Masalah kulit lainnya yang bisa diatasi dengan Vitamin D adalah stretch mark. Stretch mark biasanya dialami oleh wanita hamil atau ibu pasca persalinan. Stretch mark biasanya terjadi pada bagian paha, perut dan betis. Dengan menggunakan cream yang mengandung Vitamin D secara rutin setiap hari, akan membantu menyamarkan stretch mark.

Efek Samping Vitamin D

Selain memiliki manfaat yang cukup banyak, Vitamin D ternyata juga memiliki efek samping. Hal ini disebabkan karena Vitamin D larut dalam lemak. Biasanya efek samping muncul akibat mengonsumsi Vitamin D berupa suplemen secara berlebihan.

Beberapa efek samping yang sering terjadi akibat kelebihan Vitamin D adalah sebagai berikut:

  1. Mual muntah
  2. Nafsu makan berkurang
  3. Mulut kering
  4. Sakit kepala
  5. Penumpukan kalsium dalam tubuh
  6. Kerusakan ginjal
  7. Penyakit jantung

Jika anda lebih suka mengonsumsi Vitamin D dalam bentuk suplemen, pastikan anda memperhatikan dosis yang aman. Dan janganlah mengonsumsi suplemen lain yang juga mengandung vitamin D untuk menghindari efek samping.

Itulah berbagai manfaat, dosis dan efek samping Vitamin D yang perlu anda ketahui. Walaupun Vitamin D ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, tetapi anda juga harus memperhatikan batas aman dalam mengonsumsinya untuk menghindari overdosis.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Nutrisi

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top