Connect with us
Allopurinol, Obat Asam Urat

Obat

5 Manfaat Allopurinol, Jenis, Kandungan, Dosis, Aturan Pakai, Harga, Serta Efek Samping

Loading...

Manfaat Allopurinol – Allopurinol adalah obat untuk mengurangi produksi asam urat dalam tubuh, atau juga bisa disebut sebagai obat asam urat. Obat ini cukup ampuh dalam menurunkan kadar asam urat pada darah. Kadar asam bisa naik apabila Anda memiliki pola makan yang tidak sehat. Selain itu, asam urat bisa juga meninggi karena disebabkan oleh pengobatan jenis kemoterapi pada pasien yang terkena kanker.

Allopurinol, Obat Asam Urat

Kadar asam yang tinggi akan mengakibatkan penyakit asam urat atau juga disebut sebagai gout. Selain itu, asam tinggi bisa juga menyebabkan penyakit batu ginjal yang berbahaya untuk tubuh. Obat ini tak boleh digunakan sembarangan dan harus mengikuti resep dokter karena harus diperiksa terlebih dahulu seperti apa asam urat pada darah pasien.

Kandungan Allopurinol :

  • Allopurinol (100 mg, 300 mg, 500 mg)

Dosis Allopurinol :

  • Untuk orang dewasa asam urat ringan, berikan dosis awal sebanyak 100 mg perhari. Setelah itu bisa ditingkatkan menjadi 200 sampai 300 mg perhari.
  • Untuk asam urat sedang sampai berat di orang dewasa, berikan 100 mg perhari, dan bisa ditingkatkan menjadi 400 sampai 600 mg perhari.
  • Untuk dosis pemeliharaan orang dewasa, minimal berikan 100 – 200 mg perhari dan maksimal cukup 800 mg perhari tergantung keadaan pasien.
  • Hyperuricemia yang diinduksi oleh obat kanker di mulai 1 – 2 hari sebelum kemoterapi yakni dosis awal metode oral sebanyak 600 sampai 800 mg (8 sampai 12 jam sehari).
  • Intravena (IV), berikan 200 sampai 400 mg/m2 perhari. Tidak boleh melebihi 600 mg/m2 perhari. Bisa diberikan dalam infuse tunggal atau dosis terbagi setiap 12 jam yang dimulai sebelum kemoterapi, lebih tepatnya 1 atau 2 hari sebelumnya.
  • Untuk dosis modifikasi atau untuk gangguan ginjal, bersihan kreatine (CrCl) 10 – 20 ml permenit sebanyak 200 mg perhari. CrCl 3 – 10 ml permenit 100 mg sehari, dan CrCl kurang dari 3 ml per menit berikan 100 mg sehari dengan catatan, interval diperpanjang.
  • Dosis anak-anak asam urat tinggi, 10 mg/kgBB perhari sebagai dosis awal setiap 12 jam sekali. Maksimal hanya 600 mg perhari. Hyperuricemia yang diinduksi obat, dosis peroral perhatikan umur anak. Kurang dari 6 tahun cukup 150 mg sehari dibagi setiap 8 jam, untuk anak 6 sampai 10 tahun berikan 300 mg perhari, untuk anak lebih dari 10 tahun, dosis ditingkatkan menjadi 600 sampai 800 mg perhari dengan catatan dimulai 1 atau 2 hari sebelum kemoterapi.
  • Sedangkan untuk dosis anak intravena (IV), berikan dosis awal 200 mg/m2 sehari. Mulai 1 atau 2 hari sebelum kemoterapi dilakukan.

Aturan Pakai Allopurinol :

  • Minum obat setelah makan agar terhindar dari sakit perut.
  • Ikuti aturan dan resep dokter untuk pasien khusus.
  • Jika dosis lebih dari 300 mg perhari, Anda perlu melakukan pembagian dosis agar mencapai jumlah yang baik untuk tubuh. Konsultasi pada dokter untul hal ini.
  • Untuk hasil maksimal, obat ini bagus diminum dengan air putih 240 ml setiap dosisnya.
  • Didasarkan pada kondisi medis pasien serta respon pada obat, gunakanlah obat ini dengan teratur. Pastikan untuk meminum setiap dosis pada waktunya.
  • Beri tahu dokter jika kondisi tidak membaik atau semakin memburuk. Ikuti anjuran dokter dan jika memiliki keluhan atau pertanyaan, segera hubungi dokter Anda.

Jenis Obat Allopurinol :

  • Tablet, jenis obat ini banyak diapotek dan cukup baik untuk pasien yang memiliki penyakit asam urat ringan atau berat. Obat jenis ini tersedia dalam beberapa takaran yakni 100 mg dan 300 mg.
  • Oral, jenis obat yang bagus untuk pasien yang memiliki penyakit susah dalam pencernaan obat. Sama dengan tablet, obat ini juga tersedia dalam takaran 100 mg dan juga 300 mg.

Harga Allopurinol :

Harga tergantung jenis, takaran, dan di mana Anda membeli obat ini. Secara global, Anda bisa mendapatkan obat ini dengan harga sebagai berikut:

  • Allopurinol Tablet 100 mg: 2.200,-/strip
  • Allopurinol Tablet Urica 300 mg: Rp 35.000,-
  • Omeric Allopurinol 300: 78.000,-
  • Omeric Allopurinol 100: Rp 32.500,-

Manfaat Allopurinol :

1. Mengatasi Gejala Gout

Gout merupakan penyakit bentuk artritis yang bisa menyebabkan rasa sakit bahkan secara tiba-tiba pada persendian. Beberapa gejala atau efek samping pada penyakit ini adalah memerah, hangat, bengkak, dan sakit yang tiba-tiba. Biasanya terkena oleh pria di atas 40 tahun dengan ciri utama bengkak pada persendian. Hal seperti ini bisa diatasi menggunakan obat ini.

Loading...

2. Mengatasi Asam Urat

Asam urat atau juga bisa disebut gout merupakan penyakit yang bisa menyebabkan nyeri yang sakit, bengkak di persendian. Obat ini memiliki kandungan yang sehat dalam mengatasi akar langsung dari asam urat ini. Tentu saja sebagai tindakan pembantu agar efek obat ini lebih maksimal, sebaiknya Anda menerapkan hidup sehat.

3. Menghentikan pengendapakan kalsium oksalat

Oksalat merupakan asam organic yang biasa ditemukan pada hewan dan juga manusia. Asam ini membawa mineral yang tidak bisa dicerna oleh tubuh sehingga bisa menyebabkan gangguan kesehatan.

4. Membantu Mengatasi Volisitemia Vera

Penyakit ini merupakan gangguan pada sumsung tulang belakang. Penyakit ini bisa dibilang langka karena sering dialami oleh pria saja dibandinkan perempuan. Gejala yang bisa dihasilkan adalah lemas, pusing, mimisan, keringat berlebihan, sendi bengkak, asma, dan lainnya. Semua itu termasuk gejalanya bisa diatasi menggunakan obat ini.

5. Mengatasi Asam Urat Berlebihan

Produksi berlebihan asam urat antara lain keganasan, terapi sitostatik, dan juga polisitemia vera. Beberapa gejala dari penyakit ini sangat buruk bagi kesehatan. Zat pada obat ini bisa membantu dalam mengatasi setiap gejala pada asam urat dan asam urat itu sendiri.

Penempatan Obat Allopurinol :

  • Simpan pada tempat yang sejuk, tapi bukan di dalam freezer. Bisa diletakkan di dalam kulkas dengan keadaan suhu tidak kurang dari 10 derajat. Suhu yang disarankan adalah 20 – 30 derajat.
  • Jangan tempatkan pada suhu ruangan panas atau terkena langsung oleh matahari karena bisa mengganggu kualitas obat.
  • Jauhkan dari balita dan wanita hamil serta sejenisnya.

Peringatan :

  • Pastikan untuk melakukan konsultasi pada dokter terkait masalah yang Anda hadapi ketika mengkonsumsi obat.
  • Jika Anda memiliki masalah penyakit lain, konsultasi pada dokter.
  • Jika Anda memiliki obat lain untuk dikonsumsi, konsultasi pada dokter.

Upaya Pencegahan Penyalahgunaan Obat :

  • Jika pasien tidak kunjung sembuh dan memperburuk keadaan, segera hubungi dokter Anda untuk penaganan lebih lanjut. Pastikan untuk mengkonsumsi obat sesuai jadwal dan dosis yang tepat.
  • Sebagai tindak pencegahan, perhatikan pola hidup Anda. Terapkan pola hidup yang baik khusus pada pola makan karena asam urat berawal dari makanan yang tidak sehat.

Efek Samping Allopurinol :

Efek samping bisa terjadi jika pasien mengkonsumsi secara berlebihan, intraksi obat, atau kesalahgunaan obat. Beberapa gejala yang diakibatkan antara berikut:

1. Sakit perut

2. Agitasi

3. Gusi berdarah

4. Kulit pucat

5. Memar

6. Nyeri dada

7. Urine keruh

8. Koma

9. Bingun

10. Demam

Baca Juga: Manfaat Omeprazole, Jenis, Kandungan, Dosis, Aturan Pakai, Harga, Serta Efek Samping

Perhatikan dosis dan jadwal yang tepat untuk obat ini agar manfaat Allopurinol bisa dikeluarkan dengan baik. Perhatikan juga kondisi Anda dan jika Anda berhasil sembuh dari penyakit ini, pastikan untuk menerapkan pola hidup sehat agar terhindar kembali dari penyakit ini dan penyakit lainnya yang disebabkan oleh pola hidup buruk.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Obat

Terbaru

Pasar Modal
Puasa Arafah, Manfaat Puasa Arafah, Khasiat Puasa Arafah
Bunga Kamboja, Manfaat Bunga Kamboja, Pohon Kamboja, Khasiat Bunga Kamboja, Bunga Kamboja Kuning, Bunga Kamboja Putih
Puasa Mutih, Manfaat Puasa Mutih, Khasiat Puasa Mutih, Dalil Puasa Mutih
Undur Undur, Manfaat Undur Undur, Khasiat undur Undur
Puasa Asyura, Manfaat Puasa Asyura, Khasiat Puasa Asyura, Sejarah Puasa Asyura
Minum Sperma, Manfaat Minum Sperma, Minum Sperma Berkhasiat, Minum Sperma Bagi Wanita
Sholat Hajat, Manfaat Sholat Hajat, Khasiat Sholat Hajat
Gotong Royong, Manfaat Gotong Royong, bentuk Gotong Royong, gambar Gotong Royong, Gotong Royong Picture
Sedekah, Manfaat Sedekah, Khasiat Sedekah, Dalil Sedekah, Gambar Sedekah
Masker Spirulina, Manfaat Masker Spirulina
Berkeringat, Manfaat Berkeringat, Khasiat Berkeringat
Hidup Rukun, Manfaat Hidup Rukun, Khasiat Hidup Rukun
Hutan Mangrove, Manfaat Hutan Mangrove, Khasiat Hutan Mangrove
Laut, Lautan, Pantai
Semut Jepang, Manfaat Semut Jepang, Khasiat Semut Jepang
Tembakau, Manfaat Tembakau, Khasiat Tembakau, Daun Tembakau, Tanaman Tembakau
Daun Rambutan, Manfaat Daun Rambutan, Khasiat Daun Rambutan
Daun Landep, Manfaat Daun Landep, Khasiat Daun Landep
Daun Lidah Mertua, Manfaat Daun Lidah Mertua, Khasiat Daun Lidah Mertua, Tanaman Lidah Mertua
DMCA.com Protection Status
To Top