Connect with us
Amlodipine, Manfaat Amlodipine, Khasiat Amlodipine

Obat

10 Manfaat Amlodipine, Jenis, Kandungan, Dosis, Aturan Pakai, Harga, Serta Efek Samping

Loading...

Manfaat Amlodipine – Salah satu obat hipertensi atau tekanan darah tinggi terbaik adalah Amlodipine. Manfaat Amlodipine sangat baik dalam mengatasi penyakit hipertensi, bahkan sampai ke gejala-gejalanya. Jenis obat ini juga diketahui mampu mengatasi serangan dari angina pectoris atau yang dikenal sebagai angin duduk. Cara kerja dari Amlodipine adalah dikonsumsi secara tersendiri atau bisa dikombinasikan dengan obat yang lain.

Amlodipine, Manfaat Amlodipine, Khasiat Amlodipine

Karena bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah, obat Amlodipine juga bisa membantu mengatasi penyakit yang disebabkan oleh hipertensi seperti masalah ginjal, serangan jantung, sampai stroke. Efek dari obat ini mampu mengatasi hipertensi karena cara kerja obat yang ampuh. Obat ini akan melemaskan dinding kemudian melebarkan pembuluh darah dalam bentuk diameter sehingga aliran darah dapat terjaga.

Kandungan Amlodipine :

  • Amlodipine

Dosis Amlodipine :

  • Dosis untuk orang dewasa dengan hipertensi biasa cukup berikan 5 mg secara oral sebagai dosis awal. Untuk dosis pemeliharaan, berikan 5 – 10 mg sekali sehari per oral.
  • Untuk orang dewasa angina pektoris, berikan 5 10 mg secara oral sehari sekali. Atau untuk penyakit kronis, berikan 10 mg untuk efek memadai.
  • Dosis biasa untuk penyakit arteri koroner cukup 5 – 10 mg secara oral sehari sekali. Dalam studi klinis, pasien dengan penyakit arteri koroner memerlukan 10 mg obat Amlodipine.
  • Untuk dosis anak umur 6 – 17 tahun, cukup berikan 2.5 – 5 mg secara oral sehari sekali. Dengan catatan, dosis yang lebih dari 5 mg belum pernah detiliti bagaimana efek samping atau manfaatnya.
  • Aturan Pakai Amlodipine :
  • Pastikan untuk melakukan konsultasi dengan dokter. Ikuti arahan dokter terkait dosis dan aturan pakai yang benar, biasanya diberikan resep sekali sehari.
  • Gunakan obat ini secara teratur agar manfaatnya lebih terasa. Pastikan untuk tetap meminum obat meski Anda sudah merasa lebih baik karena pada umumnya orang yang memiliki hipertensi tidak merasakan sakit yang berlebih.
  • Untuk penyakit angina, obat ini wajib diminum secara teratur dengan waktu yang sama setiap hari, tidak boleh digunakan senaknya meski penyakit tiba-tiba kambuh di luar jam minum obat.

Jenis Obat Amlodipine :

  • Tablet, tersedia dalam bentuk tablet dan lebih ditujukan untuk pasien yang memiliki masalah hipertensi biasa. Namun itu tergantung dengan keinginan pasien. Jumlah takaran untuk jenis ini adalah 2.5 mg, 5 mg, dan 10 mg.
  • Oral, jenis ini memudahkan pasien dalam mengkonsumsi karena bentuknya yang mudah ditelan. Sama dengan tablet, jenis ini juga memiliki varian takaran yaitu 2.5 mg, 5 mg, dan 10 mg.

Harga Amlodipine :

Harga tergantung di mana Anda membeli, jenis, dan takaran obat. Harga pasaran yang bisa Anda temukan adalah:

  • Amlodipine 5 mg: Rp 1.231,-/tablet
  • Amlodipine 10 mg: Rp 2.170,-/tablet

Manfaat Amlodipine :

1. Menghambat Saluran Kalsium

Disebut juga sebagai calcium channel blocker merupakan proses pelebaran pembuluh darah sehingga membantu dalam melancarkan darah. Dengan manfaat ini, aliran darah bisa kembali normal dan lancar yang bisa membantu mengatasi hipertensi. Selain itu, dengan lancarnya aliran darah juga bisa membantu dalam mengatasi berbagai penyakit yang diakibatkan oleh hipertensi.

Loading...

2. Sebagai Obat Hipertensi

Hipertensi merupakan penyakit tinggi darah di mana darah akan dipoma dalam jumlah banyak ke jantung. Hal ini membuat kemampuan jantung tak bisa menahan sehingga akan ditampung di dinding arteri. Ketika jumlah darah terlalu tinggi, komplikasi bisa terjadi terkait darah dan kapasitasi dari arteri. Manfaat obat ini mengatasi segala penyebab hipertensi.

3. Mengatasi Nyeri Dada

Nyeri dada dalam hal ini disebabkan oleh angin duduk. Angin duduk merupakan kondisi yang ditandai nyeri pada otot-otot jantung karena kurangnya pasokan darah yang masuk. Hal ini terjadi karena terjadi penyempitan pada pembuluh darah dan penyakit ini bisa menyerang kapan diimanapun secara tiba-tiba. Beberapa gejalah dari penyakit ini adalah sesak nafas, mual, merasa gelisa, pusing, dan lemas.

4. Mencegah Serangan Jantung

Tidak untuk mengatasi, namun lebih efektif dalam mencegah karena serangan jantung bisa terjadi akibat hipertensi atau masalah yang terjadi pada pembuluh darah. Kandungan yang ada pada obat ini akan membantu dalam menyehatkan aliran darah sehingga resiko terjadinya serangan jantung dapat dihindair.

5. Mencegah Stroke

Sejak dulu stroke memang selalu dikaitkan dengan darah karena aliran darah yang bermasalah bisa menyebabkan stroke. Hipertensi bisa menjadi penyebab stroke yang cukup berbahaya karena penyakit ini menyerang langsung ke saraf. Obat ini dikenal mampu mengatasi hipertensi yang artinya bisa juga dijadikan sebagai tindak pencegahan penyakit stroke yang ampuh.

6. Membantu Mencegah Masalah Ginjal

Beberapa penyakit ginjal bisa disebabkan karena ada masalah dalam aliran darah. Bagaimana pun, organ ginjal memerlukan darah untuk tetap bekerja sebagaimana mestinya. Dengan kandungan Amlodipine yang bisa membantu melebarkan pembuluh darah dan melancarkannya, aliran darah ke ginjal pun lancar tak ada masalah. Dengan ini, beberapa penyakit ginjal bisa dihindari.

Penempatan Obat Amlodipine :

  • Tempatkan pada tempat sejuk, maksimal 30 derajat agar khasiat dan kualitas dari obat bisa terjaga dengan baik.
  • Pastikan untuk tidak terkena sinar matahari langsung atau cahaya yang terlalu terang dan bersuhu panas.
  • Untuk berhati-hati, jauhkan dari jangkauan balita dan hewan peliharaan Anda.
  • Jika tidak bisa digunakan lagi, obat jangan dibuang ke saluran pembuangan toilet yang mengarah langsung ke sungai atau perairan yang bebas dijamah oleh orang banyak dan juga hewan yang tinggal di sana.

Peringatan Amlodipine :

  • Untuk pasien ibu hamil, lakukan konsultasi pada dokter terlebih dahulu meski belum adanya penelitian yang membenarkan tentang resiko ibu hamil mengkonsumsi obat ini. Untuk ibu hamil kategori C, bisa dikatakan beresiko.
  • Pastikan tidak meminum obat secara sembarangan dalam artian lain tidak boleh diminum di saat penyakit kambuh di luar jam meminum obat.
  • Beberapa obat mungkin bisa menghasilkan interaksi obat dan lakukan konsulitasi dokter terkait hal ini. Beberapa jenis obat yang harus Anda perhatikan adalah simvastatin seperti zocor, sicor, vytorin, dan juga obat lain dalam kategori obat jantung dan tekanan darah.

Upaya Pencegahan Penyalahgunaan Obat :

  • Sebagai tindak pencegahan, beritahu dokter jika Anda memiliki alergi atau obat dan obat no resep yang hendek diminum.
  • Konsultasi ke dokter jika Anda memiliki penyakit hati atau gagal jantung.
  • Konsultasi ke dokter jika Anda sedang hamil, menyusui, atau berencana untuk hamil dan menyusui. Jika misalnya Anda hamil ketika sedang mengkonsumsi Amlodipine, segera hubungi dokter Anda.

Efek Samping Amlodipine :

Efek samping bisa terjadi jika mengkonsumsi obat secara berlebihan atau kesalahgunaan dalam mengkonsumsi obat. Efek sampingnya adalah:

1. Kepala pusing, bisa sangat hebat

2. Tubuh merasa lelah dan lemas

3. Sakit perut yang hebat

4. Sering merasa mual

5. Tubuh agak hangat

6. Kulit menjadi kemerahan

7. Efek samping terasa geli

Baca Juga: Manfaat Feminax, Jenis, Kandungan, Dosis, Aturan Pakai, Harga, Serta Efek Samping

Untuk mengeluarkan manfaat Amlodipine dengan maksimal, pastikan untuk tetap mengikuti dosis dan cara pemakaian yang benar. Pastikan untuk terus melakukan konsultasi dan perhatikan peringatan serta tulisan lain yang penting dalam kemasan obat, jadilah konsumen yang bijak.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Obat

Terbaru

Pasar Modal
Puasa Arafah, Manfaat Puasa Arafah, Khasiat Puasa Arafah
Bunga Kamboja, Manfaat Bunga Kamboja, Pohon Kamboja, Khasiat Bunga Kamboja, Bunga Kamboja Kuning, Bunga Kamboja Putih
Puasa Mutih, Manfaat Puasa Mutih, Khasiat Puasa Mutih, Dalil Puasa Mutih
Undur Undur, Manfaat Undur Undur, Khasiat undur Undur
Puasa Asyura, Manfaat Puasa Asyura, Khasiat Puasa Asyura, Sejarah Puasa Asyura
Minum Sperma, Manfaat Minum Sperma, Minum Sperma Berkhasiat, Minum Sperma Bagi Wanita
Sholat Hajat, Manfaat Sholat Hajat, Khasiat Sholat Hajat
Gotong Royong, Manfaat Gotong Royong, bentuk Gotong Royong, gambar Gotong Royong, Gotong Royong Picture
Sedekah, Manfaat Sedekah, Khasiat Sedekah, Dalil Sedekah, Gambar Sedekah
Masker Spirulina, Manfaat Masker Spirulina
Berkeringat, Manfaat Berkeringat, Khasiat Berkeringat
Hidup Rukun, Manfaat Hidup Rukun, Khasiat Hidup Rukun
Hutan Mangrove, Manfaat Hutan Mangrove, Khasiat Hutan Mangrove
Laut, Lautan, Pantai
Semut Jepang, Manfaat Semut Jepang, Khasiat Semut Jepang
Tembakau, Manfaat Tembakau, Khasiat Tembakau, Daun Tembakau, Tanaman Tembakau
Daun Rambutan, Manfaat Daun Rambutan, Khasiat Daun Rambutan
Daun Landep, Manfaat Daun Landep, Khasiat Daun Landep
Daun Lidah Mertua, Manfaat Daun Lidah Mertua, Khasiat Daun Lidah Mertua, Tanaman Lidah Mertua
DMCA.com Protection Status
To Top