Connect with us

10 Manfaat Captopril, Jenis, Kandungan, Dosis, Aturan Pakai, Harga, Serta Efek Samping

Obat

10 Manfaat Captopril, Jenis, Kandungan, Dosis, Aturan Pakai, Harga, Serta Efek Samping

Manfaat Captopril – Captopril dikenal sebagai obat penurun tekanan darah tinggi yang cukup populer di kalangan masyarakat karena memang ampuh dalam mengatasi darah tinggi pada pasien. Jenis obat darah tinggi ini sering diresepkan dan mudah didapat karena banyak dijual dengan harga yang relatif murah. Manfaat Captopril pun cukup banyak, dikhususkan dalam mengatasi gejala dan pusat dari penyakit tekanan darah tinggi tersebut.

Captopril, Manfaat Captopril, Khasiat Captopril

Sayangnya banyak pasien yang mengeluh karena efek dari penggunaan obat ini bisa menyebabkan batuk. Obat ini termasuk dalam golongan ACE inhibitor yang artinya obat ini bekerja dengan menginkat ensim angiotensin-converting. Gunanya untuk menekan angiotensin I menjadi angiotensin II sehingga membantu mengatasi tekanan darah tingi.

Kandungan Captopril :

  • Captopril: 12.5 mg (Tablet 12.5 mg)
  • Captopril 50 mg (Tablet 50 mg)

Dosis Captopril :

  • Pemberian dosis yang tepat tergantung dari keadaan pasien. Semua itu dilihat dari tingkat parahnya penyakit serta respon tubuh pada obat. Untuk pasien dewasa, perhatikan penyakit dan dosis yang harus diberikan.
  • Untuk penyakit hipertensi, berikan sekitar 12.5mg. Sedangkan pasien yang menderita nefropati diabetes, berikan sekitar 75 sampai 100 mg.
  • Pasien yang memiliki penyakit gagal jantung berikan 6.25 sampai 12.5 mg saja. Sedangkan pasien yang baru saja melewati krisis serangan jantung, berikan dengan takaran yang sama sekitar 6.25 sampai 12.5 mg saja.
  • Khusus untuk penderita gagal jantung, serangan jantung, dan hipertensi bisa ditingkatkan dosisnya hingga 25 mg perhari oleh dokter.
  • Sedangkan pasien dengan tingkat penyakit wajar yang tanpa resep dokter, harap perhatikan dosis yang tepat. Lebih baik berikan pada pasien dalam keadaan perut kosong minimal 1 jam sebelum makan. Bisa diminum 2 sampai 3 kali sehari.

Aturan Pakai Captopril :

  • Lebih baik dikonsumsi dengan perut kosong karena dianjurkan oleh dokter secara langsung.
  • Pastikan untuk mengkonsumsi obat ini secara teratur agar efek yang dirasakan bisa lebih maksimal.
  • Pastikan juga minum air mineral secara teratur dengan jadwal yang sama setiap hari. Terus minum air walau tekanan darah Anda mulai turun sehingga kondisi tekanan darah tinggi Anda bisa membaik.
  • Jangan berhenti jika belum pada waktunya. 2 minggu adalah waktu yang dibutuhkan obat menampakkan hasil yang lebih optimal.
  • Untuk masalah gagal jantung, mungkin memakan waktu perawatan bisa mencapai hingga 1 bulan atau lebih.

Jenis Obat Captopril :

  • Tablet, penggunaan tablet dijadikan jenis dari obat ini karena umumnya jenis tablet menjadi jenis bentuk obat yang mudah dikonsumsi, baik dalam bidang penjualan dan penggunaan.

Harga Captopril :

Untuk harga tergantung di mana Anda membeli dan berapa takarannya. Secara umum, Anda bisa mendapatkan obat Captopril dengan harga berikut:

  • Captopril IF 25 mg TAB: Rp 176,-/tablet
  • Captopril Indofarma 12.5 mg TAB: Rp 151,-/tablet
  • Captopril IF 50 mg TAB: Rp 288,-/tablet

Baca Juga: Manfaat NEO Rheumacyl, Jenis, Kandungan, Dosis, Aturan Pakai, Harga, Serta Efek Samping

Loading...

Manfaat Captopril :

1. Membantu Mengatasi Hipertensi

Hipertensi atau bisa juga disebut sebagai tekanan darah tinggi merupakan sebuah penyakit yang mempengaruhi kesehatan darah dalam tubuh. Biasanya hipertensi bisa menjadi gejala dari sebuah penyakit atau bisa juga menjadi penyebab dari berbagai penyakit akibat hipertensi. Beberapa gejala yang bisa dirasakan oleh penyakit ini adalah sakit kepala, pusing, lemah, dan lainnya. Kandungan dalam obat ini membantu dalam mengatasi hipertensi.

2. Menangani Gagal Jantung

Gagal jantung merupakan kondisi pasien yang bermasalah dalam otot jantung. Otot ini akan sangat lemah sehingga tidak cukup kuat untuk mengompa darah ke seluruh tubuh. Akibat terburuk dari penyakit ini tentu saja adalah kematian karena hilangnya fungsi jantung yang penting untuk tubuh. Kandungan yang ada Captopril ikut membantu dalam mengatasi dan mencegah masalah gagal jantung.

3. Mencegah Komplikasi Setelah Serangan Jantung

Banyak komplikasi yang bisa terjadi pasca pasien terkena penyakit jantung dan hal ini bisa membahayakan pasien untuk kedepannya. Kandungan yang ada pada obat ini akan membantu dalam mencegah komplikasi yang bisa terjadi seperti jantung pecah, serangan susulan, gagal jantung, aritmia dan lainnya. Obat ini lebih bagus dalam hal mencegah daripada mengatasinya.

4. Mencegah dan Mengatasi Nefropati Diabetik

Masalah ini adalah komplikasi akibat diabetes tipe 1 atau tipe 2. Tapi tidak semua orang yang memiliki penyakit diabetes akan terkena penyakit komplikasi ini. Kandungan yang aman untuk tubuh pada obat ini juga bisa bermanfaat dalam mengatasi penyakit ini. Untuk sebagai tindakan pencegahan alami, sebaiknya Anda rawat dengan betul ginjal dan penyakit diabetes Anda agar tidak terjadi komplikasi seperti ini.

Penempatan Obat Captopril :

  • Simpan pada ruangan yang sejuk, disarankan untuk menyimpan segala jenis obat pada ruangan dengan suhu tidak lebih dari 30 derajat.
  • Jauhkan dari jangkauan golongan orang yang tidak boleh mengkonsumsinya seperti anak kecil atau wanita hamil dan menyusui.
  • Jika sudah tidak bisa digunakan, jangan buang obat di toilet yang mengarah ke perairan bebas jamah seperti sungai atau laut. Jauhkan juga pada hewan peliharaan.

Peringatan Captopril :

  • Jangan berikan pada wanita yang sedang hamil dan menyusui atau wanita yang sedang merencanakan untuk hamil karena janin dan untuk ibu si janin bisa saja terpengaruh dengan kandungan di dalam obat Captopril.
  • Harap berhati-hati bagi pasien dengan penderita gangguan ginjal termasuk juga orang-orang yang sedang menjalani cuci darah. Hindari juga untuk pasien yang memiliki masalah diabetes, gangguan hati, dehidrasi, diare, lupus, angioedme, stenosis aorta, dan pasien yang pernah menjalani transplantasi ginjal.
  • Pastikan sebelum menggunakan obat ini, Anda harus benar-benar mengerti akibatnya. Karena itu, pastikan untuk melakukan konsulitasi pada dokter sebelum menggunakan obat. Gejala efek samping umum untuk obat ini adalah pusing.
  • Lakukan juga konsulitasi pada dokter terkait alergi yang Anda idap jika ada dan pastikan Anda tidak memiliki gangguan alergi apapun terhadap bahan obat yang akan Anda gunakan.

Upaya Pencegahan Penyalahgunaan Obat :

  • Jika kesehatan semakin memburuk ketika mengkonsumsi obat, maka hentikan dan beritahu kepada dokter Anda tentang kondisi Anda sekarang.
  • Jangan pernah mengkonsumsi obat ini lebih dari anjuran dokter dengan alasan apapun. Pastikan sebelumnya Anda sudah berkonsultasi pada dokter.
  • Jika terjadi hal yang tak dinginkan, segera hubungi dokter Anda dan berikan pertolongan pertama yang baik dan benar. Dosis menjadi kuncinya karena beda penyakit, beda juga dosis yang diperlukan untuk obat ini.

Efek Samping Captopril :

Efek samping bisa terjadi karena kesalahgunaan dalam menggunakan obat dan bisa diakibatatkan oleh intraksi obat akibat alergi atau intraksi obat lain dalam tubuh. Berikut efek sampingnya:

1. Pusing

2. Batuk kering

3. Gangguan indra pengecap

4. Detak jantung tidak stabil (Lebih cepat)

5. Ruam merah pada kulit

6. Sakit pada dada

7. Hiptensi

8. Rambut menjadi rontok

9. Sulit tidur (Insomnia)

10. Mulut menjadi kering

11. Diare atau konstipasi

Baca Juga: Manfaat FG Troches, Jenis, Kandungan, Dosis, Aturan Pakai, Harga, Serta Efek Samping

Perhatikan dosis dengan baik dan benar karena obat ini tidak hanya berfungsi untuk penurun darah tinggi saja namun juga bereaksi pada penyakit lain terkait aliran darah Anda. Karena itulah perhatikan dosis dengan seksama dan ikuti anjuran dokter untuk mengeluarkan manfaat Captopril dengan maksimal.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Obat

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top