Connect with us

10 Manfaat Cefadroxil, Jenis, Kandungan, Dosis, Aturan Pakai, Harga, Serta Efek Samping

Obat

10 Manfaat Cefadroxil, Jenis, Kandungan, Dosis, Aturan Pakai, Harga, Serta Efek Samping

Manfaat Cefadroxil – Cefadroxil merupakan obat antibiotik yang biasa digunakan untuk mengatasi infeksi yang diakibatkan oleh bakteri. Beberapa penyakit tersebut seperti infeksi saluran kemih, pernapasan, kulit, tenggorokan, dan area tubuh lainnya. Manfaat Cefadroxil sebagai antibiotik sangat efektif dalam mengatasi bakteri karena pada dasarnya obat berbahan antibiotik seperti obat ini ampuh dalam mengatasinya.

Cefadroxil, Manfaat Cefadroxil, Khasiat Cefadroxil

Obat ini merupakan golongan antibiotik pada dasarnya sehingga hanya diperuntukkan pada orang-orang yang memiliki masalah infeksi bakteri beserta gejala yang bisa disebabkan. Biasanya gejala-gejala ini juga memiliki induk penyakit yang disebabkan oleh bakteri tadi seperti flu dan pilek.

Kandungan Cefadroxil :

  • Cefadroxil

Dosis Cefadroxil :

  • Dosis terbagi atas dua, pertama dosis untuk orang dewasa dan dosis untuk anak-anak. Untuk dosis orang dewasa, cukup diberikan 1 sampai 2 gram per hari saja dalam satu dosis atau juga bisa dibagi maksimal dua dosis perhari. Dosis ini dikhususkan untuk penderita infeksi kulit, frangitis, tonsilitis, serta infeksi saluran kemih.
  • Sama dengan penyakit-penyakit di atas yang telah disebutkan dalam dosis orang dewasa, untuk dosis anak-anak sama saja. Cukup berikan 30 sampai 50 mg/kg per haru dalam satu dosis atau bisa juga maksimal dua dosis. Untuk takaran obat, bisa diberikan maksimal 100 mg/kg per hari sesuai dengan kebutuhan dan keadaan penyakit pasien.

Aturan Pakai Cefadroxil :

  • Sebelum itu, ikuti anjuran dokter dalam mengkonsumsi segala jenis obat termasuk obat ini. Jangan mengubah dosis sembarangan tanpa intruksi langsung oleh dokter.
  • Disarankan untuk menghabiskan dosis yang telah diberi oleh dokter meski Anda sudah merasa sehat karena kuman atau bakteri tidak akan berhenti berkembang walau tubuh sudah merasa lebih baik.
  • Agar obat bisa bekerja lebih efektif lagi, atur waktu dengan baik. Pastikan untuk mengkonsumsi obat ini pada jam yang sama setiap hari. Jika lupa meminum obat jauh sebelum dosis selanjutnya, jangan gandakan obat. Jika belum terlalu jauh dari dosis yang dilupakan, segera minum obatnya.
  • Jangan berbagi obat jenis antibiotik dengan orang-orang sekitar Anda karena obat yang cocok dengan Anda mungkin tidak cocok dengan orang lain sehingga bisa menyebabkan ketidiakefektifan dalam melawan virus pada orang tersebut.

Jenis Obat Cefadroxil :

  • Kapsul, tersedia dalam bentuk kapsul yang bisa memudahkan dalam pencernaan obat. Bentuk seperti ini akan larut langsung dalam pencernaan dan memudahkan untuk ditelan karena sebagian kasus penyakit pasien seperti flu dan lainnya susah dalam menelan obat jenis tablet.
  • Tablet, tersedia juga dalam bentuk tablet dengan takaran varian yang banyak.
  • Obat sirup, mudah didapat dan ditelan oleh pasien. Jenis ini lebih ditekankan pada pasien yang mempunyai masalah seperti infeksi saluran pernapasan, ISK, dan gangguan jaringan lunak lainnya.

Harga Cefadroxil :

  • Cefadroxil Berno 500mg Cap: Rp.1.674,-/Tablet
  • Cefadroxil Berno D.Syr 60ml 125mg/5ml: Rp 13.415,-/Botol
  • Cefadroxil Hexpharm 500mg Cap: Rp 1.162,-/Tablet

Manfaat Cefadroxil :

1. Mengatasi Infeksi Paru-Paru

Infeksi paru-paru bisa terjadi karena gangguan bakteri yang menyebabkan luka pada bagian paru-paru. Penyakit ini bisa merambat ke organ tubuh lain sekitarnya seperti saluran hidupng, tenggorokan, sinus, dan lainnya. Penyakit ini bisa diatasi menggunakan obat Cefadroxil 500 mg dengan dosis yang pas yang dianjurkan oleh dokter.

2. Mengatasi Infeksi Bakteri Pada Bagian Kepala

Beberapa infeksi bisa terjadi karena bakteri pada bagian kepala. Khususnya untuk bagian telinga, hidung, sampai menjalar ke bagian tenggorokan. Atau bisa juga disebut penyakit otitis media, faringitis, dan juga tongsilitis. Kandungan anitbiotik yang ada didalam obat ini akan membantu dalam mengatasi berbagai infeksi yang terjadi pada bagian muka pasien.

Loading...

3. Mengatasi Infeksi Bakteri Bagian Kulit atau Jaringan Lunak

Kulit dan segala jaringan lunak lainnya sering menjadi sasaran empuk bakteri mengenainya. Karena itulah perlu penanganan khusus dalam menjaga kesehatan di area tersebut. Beberapa penyakit diantaranya adalah selulitis, mastitis, abses, dan erisipelas.

4. Mengatasi Infeksi Bakteri Pada Ginjal

Ginjal merupakan salah organ yang penting pada tubuh. Namun bisa terkena infeksi bakteri yang mengakibatkan terganggunya kesehatan ginjal. Zat antibiotik pada obat ini akan membantu dalam mengatasi dan mencoba mencegah infeksi ginjal lebih berlanjut. Penyakit yang disebabkan oleh bakteri pada ginjal salah satunya adalah pieloneftritis.

5. Mengatasi Infeksi Pada Saluran Kemih

Infeksi terjadi pada area saluran kemih yang bisa menyebabkan beberapa efek berbahaya bagi kesehatan tubuh. Kandungan antibiotik pada obat ini mampu membantu mengatasi infeksi akibat bakteri yang ada pada saluran kemih pasien. Ikuti dosis yang tepat oleh dokter, karena penyakit ini cukup serius.

6. Infeksi Kandungan

Salah satu hal yang berbahaya untuk wanita yang sedang mengandung karena bisa menyebabkan infeksi pada kandungan. Untuk masalah yang satu ini tidak cukup dengan sekedar mengkonsumsi obat saja, tapi lakukan konsultasi oleh dokter tentang perihal yang Anda alami.

7. Mengatasi Infeksi Tulang dan Sendi

Bakteri bisa juga menyerang tulang dan sendi pada tubuh. Beberapa masalah tulang akan muncul akibat infeksi ini dan menyebabkan terganggunya kesehatan tulang serta kegiatan Anda sehari-hari. Tubuh akan menjadi susah untuk bergerak dan sering terasa nyeri pada persendian tubuh. Beberapa penyakit yang menggrogoti tulang dan sendi adalah osteomielitis dan spetic arthritis.

Penempatan Obat Cefadroxil :

  • Berguna untuk segala jenis obat ini, simpan pada ruangan bersuhu kamar atau sejuk, maksimal 30 derajat agar kualitas obat tidak rusak.
  • Jauhkan dari jangkauan balita dan wanita hamil, mengandung, atau menyusui. Pastikan juga jauh dari jangkauan hewan peliharaan.
  • Jika sudah habis masa berlakunya, buang obat tidak di dalam toilet yang mengarah langsung ke perairan seperti sungai atau lautan.
  • Jangan simpan di freezer atau dibekukan.
  • Jauhkan dari sinar matahari dan jangan sampai disimpan di dalam kamar mandi.

Peringatan Cefadroxil :

  • Beri tahu pada dokter Anda dan terus berhati-hati dalam menggunakan obat ini jika sebelumnya Anda pernah memiliki reaksi terhadap alergi pada antibiotik lainnya.
  • Harap hati-hati saat menggunakan obat ini jika Anda termasuk pasien yang mengidap penyakit gangguan ginjal.
  • Jika terjadi gejala-gejala akibat overdosis atau keadaan semakin memburuk, hentikan pemakaian obat dan segera hubungi dokter Anda secepat mungkin.
  • Untuk mencegah entraksi obat, jangan meminum minuman keras dan makanan yang bisa memicu intraksi obat terjadi. Lakukan juga konsultasi pada dokter untuk hal ini.

Upaya Pencegahan Penyalahgunaan Obat :

  • Hubungi dokter untuk memberitahunya tentang keluhan yang terjadi jika gejala overdosis terjadi.
  • Sebagai tindak pencegahan yang tepat, istirahat dan minum obat sesuai dengan dosis yang tepat.

Efek Samping Cefadroxil :

Beberapa efek samping bisa terjadi akibat overdosis seperti:

1. Diare

2. Sakit perut

3. Gangguan pencernaan

4. Peradangan lidah

5. Mual

6. Bisa menyebabkan muntah

Baca Juga: Manfaat Ibuprofen, Jenis, Kandungan, Dosis, Aturan Pakai, Harga, Serta Efek Samping

Untuk menggali manfaat Cefadroxil yang lebih baik, ikuti apa kata dokter dan pastikan untuk memerhatikan info-info di atas agar tidak terjadi kesalahgunaan obat kedepannya. Lihat dosis Cefadroxil yang tepat, jangan sampai overdosis dan semacamnya. Perhatikan juga golongan pasien seperti apa saja yang tidak boleh menggunakan obat ini karena bisa menyebabkan efek samping berbahaya, khususnya untuk wanita hamil.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Obat

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top