Connect with us

10 Manfaat Combantrin, Jenis, Kandungan, Dosis, Aturan Pakai, Harga, Serta Efek Samping

Obat

10 Manfaat Combantrin, Jenis, Kandungan, Dosis, Aturan Pakai, Harga, Serta Efek Samping

Manfaat Combantrin – Sebagai obat cacingan, Combantrin dikenal cukup ampuh dikalangan masyarakat dalam mengatasi cacing kremi yang menyerang tubuh. Jenis obat ini juga dikenal sebagai pyrantel yang merupakan obat jenis anthelmintics. Manfaat Combantrin banyak digunakan sebagai alternative dalam mengatasi cacingan dan segala gejala infeksi akibat penyakit tersebut.

Combantrin, Manfaat Combantrin, Khasiat Combantrin

Biasanya cacingan disebabkan oleh cacing kremi. Namun untuk masalah infeksi bisa disebabkan oleh berbagai jenis cacing seperti cacing gelang, cacing tambang, bahkan infeksi bisa terjadi karena lebih dari satu jenis cacing dalam waktu bersamaan. Dengan kandungan ampuh mengatasi cacing dan infeksinya, obat ini hadir sebagai salah satu pencegahan dan pengatasian penyakit cacingan.

Kandungan Combantrin :

  • Pirantel Base: 250 mg

Dosis Combantrin :

  • Karena cacingan merupakan penyakit yang tidak tetap, ada baiknya masalah dosis dibincangkan bersama dokter Anda. Namun sebagai dasar batas wajar dan direkomendasikan, ikuti dosis-dosis ini dengan baik dan benar.
  • Untuk anak usia lebih dari 2 tahun, gunakan dosis tunggal dan diulang dalam 2 sampai 3 minggu. Penggunaan dosis yang tepat untuk anak usia dini perlu diamati oleh dokter.
  • Untuk dosis lain, harus diikuti berat badan pasien atau umur pasien sebagai patokan pemberian dosis. Usia 2-6 tahun cukup ½ – 1 tablet sekali minum sedangkan untuk usia 6 – 12 tahun, berikan 1 – 1 ½ sekali minum. Untuk usia di atas 12 tahun, bisa diberikan dengan maksimun 2 tablet.

Aturan Pakai Combantrin :

  • Untuk metode oral, konsumsi obat ini melalui mulut Anda dengan dosis dan arahan yang sudah diberikan oleh dokter.
  • Pastikan untuk membaca baik-baik label sebelum menggunakan obat Combantrin ini.
  • Lakukan juga konsultasi kepada dokter tentang apapun informasi pada label yang menurut Anda tidak jelas.
  • Mengkonsumsi obat ini tidak harus dalam keadaan perut kenyang.

Jenis Obat Combantrin :

  • Tablet (Bisa dikunyah), penggunaan jenis ini bersifat mudah dikonsumsi oleh anak-anak dan lebih banyak ditujukan untuk anak-anak saja. Untuk jenis ini tersedia dalam beberapa takaran yaitu 100, 250, dan 250 mg.
  • Suspensi, untuk jenis suspensi pada Combantrin terdapat varian 50 mg/mL.
  • Tablet, jenis yang paling banyak terdapat di obat-obat lain begitu juga dengan Combantrin ini. Untuk jenis tablet, hanya tersedia dua varian yaitu 125 mg dan 250 mg.

Harga Combantrin :

Harga Combantrin tergantung dari takaran, jenis, dan di mana Anda membeli. Secara umum, Anda bisa mendapatkan obat ini dengan harga sebagai berikut:

  • Combantrin 250 mg str, Rp 14.641,-/strip
  • Combantrin 125 mg str, Rp 14.762,-/strip
  • Combantrin Anak (Rasa Jeruk) 10 mL, Rp 18.788,-/botol

Baca Juga: Manfaat Feminax, Jenis, Kandungan, Dosis, Aturan Pakai, Harga, Serta Efek Samping

Loading...

Manfaat Combantrin :

1. Mengatasi Infeksi Cacing Parasit

Cacing parasit memiliki banyak jenis, bahkan banyak yang bisa menyebabkan efek buruk bagi tubuh. Salah satunya adalah infeksi karena cacing parasit. Infeksi ini menyebabkan kerusakaan pada beberapa bagian tubuh yang biasanya ditandai dengan warna feses yang sedikit berbeda dari biasanya. Tergantung jenis cacing parasitnya, cacing gelang bisa sangat membahayakan.

2. Mengatasi Penyakit Cacing Kremi

Penyakit cacing kremi biasanya terjadi pada anak-anak. Cacing ini berukuran kecil dengan ukuran bisa mencapai 10 mm. Biasanya penyebab penyakit ini karena korban yang selalu bermain tanah sehingga mengundang bibit cacing ini. Kremi dikatakan berbahaya bagi anak karena bisa membuat anak tidak nafsu makan dan menyerap nutrisi pada tubuh anak. Selain itu, pengembanbiakan secara kecil dan cepat menjadi keunggulan cacing ini.

2. Mengatasi Cacing Gelang

Penyakit ini disebabkan karena cacing gelang yang berada dalam tubuh dengan panjang bisa mencapai 30 cm. Juga biasa terkena oleh anak-anak karena memakan makanan yang sudah terdapat telur cacing didalamnya. Infeksi cacing gelang bisa menyebabkan berbagai gejala seperti kekurangan gizi, pucat, lesu, perut buncit, dan terlihat lemah setiap beraktivitas.

3. Mengatasi Infeksi Cacing Cambuk

Cacing cambuk memang berukuran cukup kecil sekitar 1-2 mm saja, sangat kecil jika dibandingkan dengan jenis cacing lainnya. Meski begitu, cacing ini bisa berkembang biak dengan cepat dan bisa meninfeksi bagian sel otot rangka lurik sehingga efek yang bisa dirasakan korban adalah nyeri pada otot dan bisa menimbulkan demam.

4. Mengatasi Infeksi Usus Kecil

Masalah cacingan bisa menyebabkan infeksi pada usus kecil Anda sehingga di area tersebut, akan terjadi pendarahan yang bisa berpengaruh pada keluarnya feses. Kandungan anti cacing didalam obat akan membantu dalam membunuh setiap cacing dan secara perlahan membantuk pembentukan sel untuk mengatasi infeksi usus kecil yang sedang terjadi.

5. Membantu Mengatasi Penyakit Karena Daging

Daging memiliki reputasi buruk dalam menyebarkan cacing karena banyak orang yang mencuci daging tidak secara bersih yang bisa menyebabkan telur cacing masuk ke dalam tubuh. Kandungan pada obat ini membantu dalam mengatasi segala penyakit yang disebabkan cacing rumahan dalam daging.

6. Sebagai Pengontrol Untuk Anak

Jika Anda mendapati anak yang memiliki gejala terkena cacingan, segera lakukan perawatan menggunakan obat ini yang bisa juga dimanfaatkan sebagai pengontrol. Hal ini bisa dilakukan ketika gejala mulai terjadi dan jangan ditunggu sampai cacing sudah merajalela di dalam tubuh Anak karena semakin lama dibiarkan, semakin menjadi cacing di dalam tubuh.

Penempatan Obat Combantrin :

  • Baik itu jenis Combantrin apapun, letakkan pada suhu sejuk, bisa di dalam kulkas atau di mana pun yang memiliki suhu rendah. Jauhkan dari sinar matahari langsung karena bisa menyebabkan kualitas obat menjadi menurun.
  • Jauhkan dari jangkauan hewan peliharaan. Untuk anak yang baru lahir atau ibu yang sedang hamil, sebaiknya konsultasi terlebih dahulu pada dokter.

Peringatan Combantrin :

  • Jangan dikonsumsi jika Anda memiliki teaksi alergi pada pyrantel atau bahan-bahan dalam obat ini.
  • Jangan dikonsumsi buat Anda yang memiliki reaksi alergi terhadap obat lain, hewan, atau apapun jenis alergi Anda. Bisa dikonsumsi, tapi konsulitasi terhadap dokter terlebih dahulu karena pengaruh alergi bisa menyebabkan intraksi obat yang berbahaya untuk kesehatan tubuh.
  • Untuk anak-anak, pastikan untuk konsultasi pada dokter karena jenis cacing bisa saja berbeda dari yang diketahui dan sudah berapa lama anak tersebut mengidap cacingan karena pada umumnya anak susah mengaku.
  • Lakukan juka konsulitasi lebih lanjut kepada dokter jika pasien yang akan ditangani adalah lansia karena cacingan anak dan lansia bisa sedikit berbeda.

Upaya Pencegahan Penyalahgunaan Obat :

  • Sebagai tindak pencegahan, lebih baik konsultasi pada dokter tentang alergi atau masalah kesehatan lain yang ada pada diri Anda untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.

Efek Samping Combantrin :

Beberapa efek samping di bawah ini bisa terjadi karena overdosis atau kesalahan penggunaan obat.

1. Diare

2. Pusing

3. Sakit kepala

4. Mual

5. Kram pada perut

6. Muntah

7. Reaksi alergi parah

8. Gatal-gatal

9. Asma

10. Bengkak pada wajah

Baca Juga: Manfaat Meloxicam, Jenis, Kandungan, Dosis, Aturan Pakai, Harga, Serta Efek Samping

Sebagai himbauan, cacingan biasanya terjadi pada anak kecil karena di usia ini, anak-anak tidak memandang mana yang bersih mana yang kotor. Sebagai orang tua, Anda harus bijak menjaga anak Anda agar terhindar dari penyakit cacingan dan gunakan obat cacingan yang baik dan benar sesuai prosedur yang ada untuk mengeluarkan manfaat Combantrin yang baik.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Obat

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top