Connect with us
Desloratadine, Manfaat Desloratadine, Kegunaan Desloratadine, Khasiat Desloratadine

Obat

10 Manfaat Desloratadine, Jenis, Kandungan, Dosis, Aturan Pakai, Harga, Serta Efek Samping

Manfaat Desloratadine – Desloratadine merupakan salah satu obat dengan tujuan utama untuk mengatasi alergi. Lebih tepatnya, manfaat Desloratadine ini lebih fokus dalam mengatasi gejala-gejala umum alergi seperti bersin, gatal, mata merah, sesak nafas, dan sebagainya. Obat alergi termasuk dalam kelompok yang dikenal sebagai antihistamin dengan efek samping utama yang harus diperhatikan. Mengantuk menjadi efek samping utama untuk obat ini. Karena itulah, Anda harus benar-benar berhati-hati saat penggunaan.

Aerius Desloratadine, Desloratadine, Manfaat Desloratadine, Kegunaan Desloratadine, Khasiat Desloratadine

Jangan gunakan obat ketika sedang melakukan aktivitas penting seperti mengemudi, menyetrika, dan sebagianya karena efek ngantuk yang dihasilkan oleh obat ini cukup berbahaya.

Kandungan Desloratadine :

  • Clarinex: 0.5mg/mL (473 mL)
  • Generik: 5 mg
  • Clarinex Reditabs: 2.5 mg, 5 mg

Dosis Desloratadine :

  • Untuk penderita alergi rhinitis, dosis awal untuk orang dewasa adalah 5 mg sehari sekali dan dosis pemeliharaan 5 mg sehari sekali.
  • Dosis orang dewasa untuk urticaria sebanyak 5 mg sehari sekali sebagai dosis awal, dan dosis pemeliharaan sebanyak 5 mg sehari sekali.
  • Dosis orang dewasa sebagai dosis eriatric untuk rhinitis adalah 5 mg sehari sekali sebagai dosis awal dilanjutkan 5 mg sehari sekali sebagai dosis pemeliharaan lanjut.
  • Untuk dosis eriatric pada urticaria, dosis awal sebesar 5 mg sehari sekali dan dosis pemeliharaan berikan 5 mg sehari sekali juga.
  • Untuk anak-anak alergi rhinitis, tergantung umu dengan dosis maksimal sebanyak 5 mg sehari sekali.
  • Untuk umur 6 sampai 12 bulan, berikan cukup 1 mg yang diminum sehari sekali.
  • Untuk umur 1 sampai 6 tahun, dosis ditingkatkan menjadi 1.25 mg sehari sekali.
  • Untuk usia 6 tahun sampai 11 tahun, berikan 2.5 mg sehari sekali dan 12 tahun ke atas, berikan cukup 5 mg sehari sekali. Untuk dosis pediatrik pada urticaria, dosis yang diberikan sama takarannya dengan yang di atas.

Aturan Pakai Desloratadine :

  • Ikuti anjuran yang telah diterapkan oleh dokter dan baca baik-baik informasi yang telah diberikan pada kemasan sebelum mengkonsumsi.
  • Konsumsi obat ini setelah makan atau boleh juga sebelum makan. Jangan mengkonsumsi obat di luar kedua hal tersebut.
  • Pastikan memberi jarak kepada dosis pertama dan selanjutnya agar pencernaan dapat berjalan lancar tanpa kendala. Terapkan hal ini setiap hari dan kepada obat lain juga.
  • Jika Anda lupa mengkonsumsi obat, lakukan segera jika jadwal dosis selanjutnya tidak terlalu dekat. Jangan mengkonsumsi obat secara ganda atau double dalam waktu dosis yang sama.
  • Jika gejala alergi sudah reda, hentikan mengkonsumsi obat karena obat Desloratadine secara umum dibuat dalam waktu jangka pendek saja.

Jenis Desloratadine :

  • Dalam bentuk tablet namum mudah dikonsumsi untuk orang penderita alergi ringan sampai berat.
  • Sirop, jenis ini lebih mudah dikonsumsi daripada tablet dan cocok diberikan kepada anak-anak dengan usia muda karena sistem pencernaannya masih terbilang lemah.

Harga Desloratadine :

Harga tergantung jenis dan dimana Anda membeli, perhatikan aturan pakai dan dosis yang telah ditetapkan baik oleh dokter atau informasi dalam kemasan:

  • Aerius (Desloratadine) 5 mg TAB, Rp 11.023,-/tablet
  • Destavaell 5 mg FC TAB 30s (Desloratadine), Rp. 8.118.-/tablet

Manfaat Desloratadine :

1. Mengatasi Bersin-Bersin

Gejala paling umum yang terdapat pada sistem pernapasan manusia. Gejala ini merupakan gejala alergi yang berpengaruh pada sistem pernapasan yang membuat rangsangan untuk selalu bersin ketika berdekatan, menciuam, atau memakan hal yang menjadi pusat alergi. Manfaat obat ini akan membantu dalam mengatasi gejala paling umum ini.

2. Atasi Palpitasi

Palpitasi atau berdebar-debar merupakan gangguan atau gejala alergi yang terjadi pada jantung dan juga sistem pembuluh darah manusia. Jika berdekatan dengan hal yang dianggap sebagai pusat alergi, jantung akan merespon dengan detak yang lebih kencang dan membuat pasien menjadi tidak nyaman.

3. Mengatasi Masalah Sistem Pencernaan

Banyak yang mengakibatkan masalah pada sistem pencernaan seperti misalnya alergi. Gejala alergi ini bisa menyebabkan GERD, diare, kembung, nyeri perut, maag, sampai muntah-muntah.

4. Mengatasi Gatal-Gatal pada Kulit

Gatal pada kulit menjadi gejala yang sering terlihat pada penderita alergi, baik yang masih anak-anak atau orang dewasa. Gatal biasanya disertai dengan kulit memerah dan terjadi ketika seseorang memakan makanan yang menjadi pusat alerginya. Selain mengkonsumsi obat, atasi gejala ini dengan cara menghindari pusat alergi.

5. Mengatasi Post Nasal Drip

Istilah tersebut sama halnya dengan lendir berlebihan di tenggorokan. Hal ini karena lendir berlebihan turun dari pangkal hidung ke tonggorokan akibat efek alergi yang ditimbulkan suatu makanan atau hal yang dianggap alergi.

6. Gangguan Pada Telinga

Sering kali banyak gangguan yang terjadi pada telinga ketika sedang mengalami alergi. Hal ini banyak ditemukan kepada penderita alergi orang dewasa. Telinga akan sering terasa gatal, berdenging, telinga merah, dan sebagainya ketika berdekatan dengan pusat alergi.

7. Atasi Gejala Alergi Saluran Kemih

Sering ingin kencing dan tidak bisa mengontorl kandung kemih juga merupakan gelaja alergi pada sesuatu hal. Salah satu manfaat dari obat Desloratadine yaitu bisa membantu dalam mengatasi gejala seperti ini.

8. Sakit Kepala dan Gangguan Saraf

Gejala alergi juga sering menyerang sistem saraf pada tubuh dan mengakibatkan efek seperti sakit kepala dan sebagainya. Gangguan ini bisa menyebabkan stress kapada pasien dan menjadi trauma berlebih kepada alergi.

9. Gangguan Mental dan Emosi

Mental dan emosi juga bisa menjadi gejala alergi dan bisa diatasi dengan obat ini. Pasien akan cenderung lebih suka marah-marah atau melakukan hal-hal yang berkaitan dengan emosi dan mental pasien.

10. Gangguan Pada Mata

Nyeri pada mata, mata berair, mata merah, mata kabur, dan mata gatal menjadi efek dari alergi. Pada umumnya, kandungan obat Desloratadine akan membantu gejala satu ini karena merupakan gejala yang umum terjadi.

Baca Juga: Manfaat Ranitidine, Jenis, Kandungan, Dosis, Aturan Pakai, Harga, Serta Efek Samping

Penempatan Obat Desloratadine :

Pastikan untuk menempatkan obat Desloratadine pada tempat yang aman yakni jauh dari gangguan anak-anak, orang yang sehat, dan jauhkan dari hewan-hewan pengganggu. Pastikan suhu ruangan tidak lebih dari 50 derajat, karena bisa menyebabkan kualitas obat menjadi jelek.

Peringatan :

Perhatikan peringatan pada kemasan obat dan pastikan Anda telah membaca. Untuk obat ini, peringatan-peringatan yang harus Anda perhatikan adalah:

1. Jangan mengkonsumsi obat ketik berkendara

2. Tidak Disarankan untuk ibu hamil dan menyusui

3. Tidak disarankan mengkonsumsi obat selain Desloratadine

4. Tidak disarankan mengkonsumsi alkohol

5. Tidak disarankan untuk penderita penyakit hati

6. Tidak untuk penderita ginjal

7. Hati-hati pada fenilketonuria

Upaya Pencegahan Penyalahgunaan Obat :

Jika terjadi sesuatu, segera beri tahu dokter dan segera lakukan pertolongan pertama kepada pasien. Sebagai tindak pencegahan, perhatikan pasien yang memiliki riawat sakit ginjal, wanita hamil, menyusui, reaksi obat, pemabuk, dan pastikan resep diberikan oleh dokter sudah benar.

Efek Samping Desloratadine :

Beberapa efek samping bisa terjadi ketika berlebihan menggunakan obat seperti:

1. Pusing

2. Sakit kepala

3. Nyeri pada hati

4. Mual dan muntah

5. Diare dan sakit perut

6. Badan lemas

7. Nyeri otot

8. Mulut kering

9. Sulit tidur

10. Ngantuk berat

11. Halusinasi

12. Kejang otot

13. Jantung berdebar kencang

Baca Juga: Manfaat Meloxicam, Jenis, Kandungan, Dosis, Aturan Pakai, Harga, Serta Efek Samping

Perhatikan resep dokter dengan benar untuk mengeluarkan manfaat obat Desloratadine dengan baik untuk mengatasi gejala-gejala alergi Anda. Pada umumnya, semua jenis gejala alergi bisa di atasi oleh obat ini.

Continue Reading

Lainnya dari Obat

Terbaru

Daging Sapi, Manfaat Daging Sapi, Khasiat Daging Sapi
Daging Kuda, Manfaat Daging Kuda, Khasiat Daging Kuda
Ikan Cakalang, Manfaat Ikan Cakalang, Khasiat Ikan Cakalang
Mandi Susu, Manfaat Mandi Susu Khasiat Mandi Susu
Daging Katak, Manfaat Daging Katak, Khasiat Daging Katak
Telur Ikan, Manfaat Telur Ikan, Khasiat Telur Ikan
Kulit Buaya, Manfaat Kulit Buaya, Khasiat Kulit Buaya
Daging Buaya, Manfaat Daging Buaya, Khasiat Daging Buaya
Daging Bulus, Manfaat Daging Bulus, Khasiat Daging Bulus
Thaharah, Manfaat Thaharah, Khasiat Thaharah
Daging Belibis, Manfaat Daging Belibis, Khasiat Daging Belibis
Omega 9, Manfaat Omega 9, Khasiat Omega 9
Kulit Sapi, Manfaat Kulit Sapi, Khasiat Kulit Sapi , Jaket Kulit Sapi , Kulit Sapi Basah, Kulit Sapi Kering
kulit kambing, Jaket kulit kambing, Kaligrafi kulit kambing, manfaat kulit kambing, Khasiat kulit kambing, Motif Macan kulit kambing
Ikan Hiu, Manfaat Ikan Hiu, Khasiat Ikan Hiu
Tidur Siang, Manfaat Tidur Siang, Khasiat Tidur Siang
Desloratadine, Manfaat Desloratadine, Kegunaan Desloratadine, Khasiat Desloratadine
Lemak, Manfaat Lemak, Khasiat Lemak
Omega 3, Manfaat Omega 3, Khasiat Omega 3
Omega 6, Manfaat Omega 6, Khasiat Omega 6, Kandungan Omega 6
To Top