Categories: Obat

8 Manfaat Entrostop, Jenis, Kandungan, Dosis, Aturan Pakai, Harga, Serta Efek Samping

Manfaat Entrostop – Entrostop merupakan salah satu obat yang dikhususkan untuk mengatasi diare. Sebagai obat diare, Entrostop didesain khusus untuk mengatasi penyakit diare yang sering mengenai banyak orang. Namun selain itu, obat ini juga bisa membantu dalam mencegah dan mengatasi penyakit perut lainnya.

Obat diare paling mujarab ini dikenal memiliki kandungan attapulgite sebanyak 650 mg dengan 50 mg pectin yang bisa berguna untuk penyerapan racun serta bakteri dalam usus. Bakteri dan racun tersebutlah yang bisa membuat sakit perut atau diare. Penderita diare sendiri sering terjadi pada orang rewaja. Namun banyak kasus yang melibatkan remaja bahkan anak-anak.

Kandungan Entrostop :

  • Activated Colloidal Attapulgite: 650 mg
  • Pectin: 50 mg

Dosis Entrostop :

  • Perhatikan dosis dengan baik dan benar karena obat ini terbagi dua, ada yang khusus orang dewasa/remaja dan khusus anak-anak. Untuk orang dewasa di atas 12 tahun, berikan 2 tablet saja setiap setelah BAB dengan jumlah maksimal 12 tablet dalam 24 jam.
  • Untuk obat khusus anak-anak dengan jarak usia 6 sampai 12 tahun, cukup berikan 1 tablet saja setiap setelah buang air besar dengan takaran maksimal 6 tablet dalam 24 jam saja. Lebih dari itu bisa menyebabkan efek samping yang berbahaya untuk tubuh.

Aturan Pakai Obat Entrostop :

  • Untuk memaksimalkan, Anda bisa mengkonsumsi obat ini setelah makan atau sebelum makan juga boleh. Obat ini hanya bertujuan untuk mengatasi racun atau bakteri dan mengurangi frekuensi buang air besar.
  • Pastikan untuk memenuhi asupan cairan tubuh ketika masa mengkonsumsumsi obat ini. Gunanya untuk mencegah dehidrasi selama diare berlangsung karena ketika diare, bisa menyebabkan cairan tubuh terkuras dengan cepat dan banyak.
  • Pastikan obat ini jangan diminum ketika lebih dari dua hari karena obat ini tidak didesain untuk tetap diminum ketika dalam 48 jam kondisi pasien tidak kunjung sembuh. Sebagai antisipasi dan cara mengatasi, segera hubungi dokter terpercaya Anda untuk melakukan pertolongan lebih lanjut.
  • Jika terjadi masalah internal seperti alergi, riawat penyakit, atau interaksi obat, lebih baik tanyakan terlebih dahulu kepada dokter sebelum mengkonsumsi obat.

Jenis Obat Entrostop :

  • Tablet, obat ini tersedia dalam bentuk tablet namun mudah dalam mencernanya. Setiap tablet memiliki kandungan attapulgite sebanyak 650 gram disertai dengan kandungan pectin sebanyak 50 gram. Kedua kandungan aktif tersebut sangat bermanfaat dalam mengatasi masalah diare dan beberapa penyakit sakit perut lainnya.

Harga Obat Entrostop :

Harga tergantung di mana Anda membeli dan jika terdapat variannya, bisa tergantung varian seperti obat khusus anak-anak. Secara umum, Entrostop dijual dengan harga:

  • Entrostop Tablet: Rp 5.400,-/strip.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Omepros untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Entrostop :

1. Mengatasi Diare

Baik itu diare ringan atau diare berat, obat ini tetap dirancang untuk mengatasi masalah diare yang biasanya disebabkan oleh bakteri atau racun yang berhasil masuk ke dalam pencernaan tubuh. Kandungan attapulgite dikenal sebagai salah satu obat yang sering digunakan dalam mengatasi diare karena mampu bekerja untuk memperlambat segala kegiatan dalam usus besar sehingga penyerapan air pada feses lebih banyak.

2. Mengatasi Perut Mulas

Perut mulas terjadi karena banyak hal, gejala umumnya adalah terasa sakit dan rasa ingin buang air besar pada perut. Hal ini juga menjadi salah satu gejala dari diare karena diare cenderung menimbulkan rasa ingin buang air besar dan sakit pada perut. Dalam hal ini, kandungan attapulgite berfungsi lebih baik dari pada pektin.

3. Mengatasi Sindrom Iritasi Usus

Diare sering terjadi karena adanya iritasi pada usus atau begitu juga sebaliknya. Karena itulah, mengkonsumsi obat ini bisa membantu dalam mengatasi iritasi tersebut karena kandungan pektin didesain khusus untuk mengatasi hal tersebut. Pektin sendiri berasal dari buah, lebih tepatnya zat serat pada buah yang memang bagus untuk mengatasi segala permasalah pada pencernaan tubuh manusia.

4. Mengatasi Sembelit

Masalah sembelit tidak harus disebabkan oleh diare. Namun dalam beberapa kasus, sembelit bisa terjadi ketika diare. Sembelit menjadikan tubuh manusia susah dalam membuang feses pada tubuh dan hasilnya akan mengakibatkan sakit perut. Kandungan pektin sangat bermanfaat dalam hal ini karena pada dasarnya pektin adalah serat yang berfungsi mengatasi sembelit.

5. Mampu Menurunkan Kolestrol Tinggi

Kandungan pektin pada obat ini ternyata juga dikenal mampu mengatasi kolestrol tinggi meski penggunaannya secara fokus kepada pektin itu sendiri, tidak menggunakan bahan kombinasi seperti obat ini. Namun jika Anda memiliki masalah diare dan kolestrol tinggi, obat ini bisa memberi pengaruh kepada kedua permasalahan Anda tersebut.

6. Mampu Mencegah Kanker Usus

Kanker usus adalah salah satu penyakit kanker yang menyerang usus. Masalah ini bisa terjadi dibarengi dengan diare yang dirasakan. Kandungan pektin pada obat ini akan membantu dalam mengatasi masalah kanker usus ini, namun tetap saja obat ini lebih ditekankan untuk mengatasi masalah diare pada umumnya.

7. Mengatasi Racun

Pektin merupakan kandungan aktif yang memang ditujuan untuk mengatasi racun yang masuk ke dalam tubuh. Racun ini lah yang menjadi penyebab diare terjadi. Dalam kasus pribadinya, pektin dipercaya bisa mengatasi keracunan akibat logam berat seperti timbal dan strontium.

8. Mengatasi Dehidrasi

Ketika diare terjadi dan Anda buang air besar, sebagian besar yang keluar adalah cairan saja. Baik it paktin atau kandungan lain pada obat ini akan membantu dalam memadatkan feses sehingga mengurangi cairan yang keluar dalam tubuh. Selain itu, obat ini juga membantu mengurangi frekuensi BAB Anda.

Baca Juga: Manfaat Ranitidine, Jenis, Kandungan, Dosis, Aturan Pakai, Harga, Serta Efek Samping

Penempatan / Cara Menyimpan Obat Entrostop :

  • Pastikan simpan pada suhu ruangan rendah atau sejuk, pastikan tempat tersebut tidak panas dan jauh dari sinar matahari langsung. Jauhkan dari jangkauan balita serta perhatikan instruksi yang benar pada kemasan obat Entrostop untuk lebih lengkapnya.
  • Jauhkan dari jangkauan anak-anak, karena bisa berdampak tidak baik bagi anak tersebut.

Peringatan :

  • Meski obat ini diklaim aman untuk ibu hamil dan menyusui, tetap konsulitasi pada dokter terlebih dahulu. Pastikan juga penggunaan tidak lebih dari 48 jam jika tak ada efek apapun.
  • Untuk pasien yang sedang mengalami panas dalam dan diare secara bersamaan, tidak diperbolehkan mengkonsumsi obat. Segera lakukan pengobatan ke dokter.

Upaya Pencegahan Penyalahgunaan Obat :

  • Jika terjadi hal yang tidak dinginkan, segera lakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan cara menghubungi dokter ahli. Pastikan untuk berhenti mengkonsumsi obat ketika 48 jam tidak memiliki gejala kesembuhan apapun.
  • Jika selama mengkonsumsi obat tubuh sudah bisa dikatakan lebih baik atau sembuh, hentikan mengkonsumsi obat dan jangan dilanjutkan. Ingat juga sebelum melakukan konsumsi obat untuk penderita alergi atau sedang mengkonsumsi obat lain untuk berbicara kepada dokter terlebih dahulu.

Efek Samping Entrostop :

Beberapa efek samping bisa terjadi ketika terjadi overdosis atau kesalahgunaan obat seperti:

1. Mengakibatkan konstipasi

2. Menyebabkan perut menjadi kembung

3. Sakit maag berkepanjangan

4. Mengakibatkan mual dan muntah

5. Menyebabkan kram pada perut

6. Sakit perut

Baca Juga: Manfaat Feminax, Jenis, Kandungan, Dosis, Aturan Pakai, Harga, Serta Efek Samping

Ikuti instruksi dokter atau dalam kemasan yang telah tertera. Jika Anda termasuk pasien yang unik dan sedikit berbeda, lebih baik lakukan konsultasi dokter terlebih dahulu agar manfaat Entrostop ini bisa dirasakan dengan maksimal. Ingat jauhkan dari anak-anak atau balita karena jika tidak tahu penggunaan bisa berdampak negatif.

Share

Recent Posts

54 Manfaat Kencur untuk Penyakit, Wajah, Kulit dan Bayi

Manfaat Kencur - Kencur merupakan salah satu jenis tanaman yang termasuk keluarga jahe dan mampu dijadikan bahan obat-obatan serta tergolong…

2 bulan ago

50 Manfaat Air Putih Bagi Pengobatan, Tubuh, Wajah, Diet, Keputihan dan Promil

Manfaat Air Putih - Air putih merupakan sebuah zat cair yang mempunyai molekul hidrogen dan oksigen. Air ini mempunyai warna…

2 bulan ago

20 Manfaat Hewan Bagi Manusia, Lingkungan dan Kehidupan

Manfaat Hewan - Manusia tidak bisa bertahan hidup seorang diri. Dalam upaya memenuhi seluruh kebutuhan hidupnya manusia akan memanfaatkan makhluk…

2 bulan ago

20 Manfaat Facial Wajah, Pengertian, Cara Melakukan, Harga dan Efek Samping

Manfaat Facial Wajah - Facial wajah kini menjadi hal yang sangat penting untuk merawat wajah supaya tampak lebih segar dan…

2 bulan ago

34 Manfaat Air Mani Pria untuk Kesehatan, Kecantikan dan Wanita

Manfaat Air Mani Pria - Air mani atau yang juga disebut dengan istilah semen adalah cairan putih yang keluar saat…

2 bulan ago

99 Manfaat Olahraga di Pagi, Sore dan Malam Hari untuk Kesehatan

Manfaat Olahraga - Manfaat olahraga secara umum sudah banyak diketahui oleh masyarakat, namun masih sangat sedikit yang mengatahui manfaat olahraga…

2 bulan ago