Connect with us
Feminax, Manfaat Feminax, Khasiat Feminax, Kandungan Feminax, Feminax Tablet

Obat

10 Manfaat Feminax, Jenis, Kandungan, Dosis, Aturan Pakai, Harga, Serta Efek Samping

Manfaat Feminax – Feminax merupakan salah satu merek obat dengan fungsi utama untuk mengatasi nyeri haid serta kram pada perut. Manfaat Feminax yang utama ini ditujukan untuk perempuan yang sering mengalami keluhan nyeri berlebihan ketika haid mereka datang. Obat ini dapat ditemukan dengan mudah karena bisa ditemukan secara bebas dengan kemasan berisi 4 tablet siap minum. Obat nyeri haid ini tidak hanya mengatasi masalah haid, namun juga berfungsi sebagai obat kram perut.

Feminax, Manfaat Feminax, Khasiat Feminax, Kandungan Feminax, Feminax Tablet

Penggunaan obat haid harap mengikuti resep yang telah diberikan atau ikuti panduan penggunaan yang baik dan benar pada kemasan obat karena jika tejadi overdosis, banyak efek samping yang akan terjadi. Obat ini baik dikonsomsi setelah makan maupun sebelum makan agar kandungannya lebih meresap untuk mengatasi dua permasalahan utama yaitu nyeri haid dan juga kram pada perut.

Kandungan Feminax :

  • Paracetamol: 500 mg
  • Ekstrak Hiosiami: 19 mg
  • Curcumae domesticae rhizoma
  • Tamarind demosticae rhizoma
  • Kampulferiae galanga rhizoma
  • Polygalea tenuifoliae radix

Dosis Feminax :

  • Untuk orang dewasa sendiri, dosis umumnya adalah 1 – 2 tablet dalam 3 kali sehari. Karena memiliki efek yang cukup besar, banyak yang merekomendasikan obat ini sebaiknya tidak diberikan kepada anak khususnya anak berusia di bawah 10 tahun.
  • Sedangkan untuk umur 10 – 18 tahun, sebaiknya dosisnya harus pas agar tidak terjadi overdosis. Sesuaikan dosis dengan berat badan anak. Untuk anak yang memiliki berat kurang dari 25 kg, berikan ½ tablet dalam 3 kali sehari, sedangkan berat 25 sampai 35 kg, berikan ¾ tablet dalam 3 kali sehari, dan di atas berat 35 kg, cukup berikan 1 tablet dalam 3 kali sehari.
  • Perhatikan dosis dengan seksama, pastikan berat badan dan dosis seimbang serta ikuti panduan yang tertera dalam kemasan.

Aturan Pakai Feminax :

  • Obat ini hanya digunakan untuk penderita nyeri haid dan juga keram pada otot, lebih tepatnya digunakan untuk wanita saja.
  • Dosis yang baik tidak boleh lebih dari 2 tablet untuk orang dewasa, sedangkan untuk anak-anak usia 10 sampai 18 tahun maksimal diberikan 1 tablet saja tergantung golongan berat badan yang sudah dijelaskan di atas.
  • Pada umumnya, resep penggunaan untuk obat Feminax adalah 3 x 1, tiga kali dalam satu hari. Namun takarannya berbeda sesuai dengan usia dan berat badan si pengguna. Lebih dari resep, bisa menyebabkan efek samping.
  • Minum obat setelah makan atau bisa juga sebelum makan agar obat cepat larut bersama makanan sehingga hasilnya lebih efektif.
  • Jangan mengkonsumsi obat ketika Anda selesai melakukan kegiatan berat, sedang mabuk, tidak enak badan, dan lainnya. Hindari juga dikonsumsi oleh balita dan simpan pada tempat yang benar-benar aman.

Jenis Feminax :

  • Tablet minum, obat ini tersedia dalam bentuk tablet dan dijual bebas kemudian dikonsumsi oleh konsumen sesuai dengan aturan pakai dan dosis yang aman. Jenis yang satu ini lebih cepat larut ketika sudah berada dalam perut.
  • Sachet, Feminax juga memiliki beberapa varian lain dalam bentuk sachet (12 g) dengan komposisi utama yaitu kunyit, asam jawa, kencur, dan ginseng cina. Namun jenis tablet lebih banyak ditemukan dan digunakan oleh konsumen.

Harga Feminax :

Setiap varian, takaran, dan bentuk memiliki harga yang hampir semua berbeda. Untuk obat Feminax sendiri, harga pasarannya adalah:

  • Feminax lancar haid 12 g 15s (Sachet), Rp 11.385,-
  • Feminax TAB STR 4s (Tablet), Rp 2.508,-/strip

Manfaat Feminax :

1. Atasi Ras Sakit Ketika Haid

Nyeri haid memang sudah menjadi hal yang wajar untuk para wanita, namun karena banyak mengeluh, beberapa obat pun dikeluarkan untuk membantu mengurangi rasa nyeri yang terjadi ketika haid termasuk obat ini. Nyeri haid juga bisa disebut sebagai dismenorea.

2. Mengatasi Masuk Angin

Tidak hanya nyeri haid, obat ini juga membantu dalam mengatasi masuk angin dengan kandungan katif paracetamol dan juga hiosiami. Untuk varian sugar free, tentu saja kandungannya sangat berefek untuk masuk angin.

3. Obat Sakit Kepala

Obat ini juga bisa menjadi obat penyamar rasa sakit untuk sakit kepala karena mengandung kandungan paracetamol yang salah satu manfaatnya adalah mengatasi pening pada kepala dan masalah sakit kepala lainnya.

4. Atasi Kram Pada Perut

Kram ketika haid memang susah untuk dihindari dan banyak orang yang beralih ke obat-obatan untuk mengatasi masalah tersebut. Tidak hanya kram akibat haid, obat ini juga bisa digunakan untuk kram otot pada perut biasa. Hal ini bisa terjadi dengan bantuan kandungan kunyit yang terdapat pada bentuk sachetnya.

5. Sebagai Anti Radang

Kandungan asam jawa bermanfaat untuk mengatasi radang pada tubuh yang menyebabkan memar dan juga rasa sakit serta gejala radang lainnya seperi bengkak.

6. Atasi Perut Mulas

Mulas bisa terjadi karena banyak hal dan bisa diatasi menggunakan obat ini karena mengandung zat tanaman kencur yang bermanfaat mengobati mulas.

7. Atasi Sembelit

Sembelit merupakan penyakit yang melibatkan pencernaan sehingga menjadi tak lancar dan terjadi penyumbatan. Kandungan kunyit pada sachet obat ini membantu dalam mengatasi sembelit yang bisa menyebabkan sakit perut dahsyat.

8. Obat Diare

Kunyit juga dikenal sebagai obat diare yang mampu mengatasi rasa sakit akibat penyakit diare serta membantu dalam pencegahan diare yang berlanjut.

9. Sebagai Obat Kembung

Penggunaan obat kembung bisa diterapkan dengan obat ini karena kandungan kunyit bisa membantu masalah kembung, sakit akibat kembung, dan meredakan volume gas dalam perut.

10. Menghilangkan Sakit Area Perut

Tidak hanya terjadi karena haid, sakit perut bisa juga terjadi karena beberapa alasan namun salah satu obat yang pas untuk masalah tersebut adalah Feminax dengan kandungan sehat yang memang dikhususkan mengatasi sakit perut.

Baca Juga: Manfaat Ranitidine, Jenis, Kandungan, Dosis, Aturan Pakai, Harga, Serta Efek Samping

Cara Menyimpan Obat Feminax :

Simpan obat pada tempat yang aman dari jangkauan anak-anak berusia 10 tahun ke bawah dan orang-orang yang tidak memiliki penyakit apapun. Perhatikan suhu ruangan, pastikan sejuk dan tidak terlalu panas karena bisa merusak kualitas obat baik tablet ataupun sachet.

Peringatan :

  1. Jika setelah 5 hari rasa nyeri tidak juga hilang, segera hubungi dokter karena bisa saja terjadi hal yang tidak diinginkan.
  2. Jangan meminum obat yang melebihi dosis tanpa izin dokter.
  3. Pemberian untuk penderita penyakit jantung, hati, miastenia gravis, ginjal, dan lainnya memerlukan perhatian khusus.
  4. Dalam varian sugar free (sachet), harap berhati-hati dengan pemanis buatan aspartam.
  5. Tidak disarankan untuk dikonsomsi bagi orang yang suka mengkonsumsi anti koagulan, alkohol, anti muskarinik, kloramfenikol, fenobarbital, dan semacamnya.

Upaya Pencegahan Penyalahan Obat:

Selain meminum air yang banyak, Anda harus perhatikan juga hal yang harus dilakukan untuk mencegah penyalahgunaan obat. Perhatikan dosis yang diberikan oleh dokter, jangan sampai kelebihan dalam memberikan dosis agar terhindari dari overdosis. Jika terjadi gejala-gejala yang diluar dugaan, secepatnya hubungi dokter Anda.

Efek Samping Feminax :

Sama seperti obat-obat lainnya, efek samping dari obat feminax juga bisa terjadi dan sebaiknya Anda harus memerhatikan hal ini karena efek samping bisa sangat membahayakan. Berikut ini beberapa bahaya obat feminax diantaranya adalah:

1. Mulut menjadi kering

2. Reaksi pada darah

3. Midriasis

4. Reaksi pada hipersensitivitas

5. Retensi pada urin

6. Aritmia

7. Impotens

8. Hipotensi postural

9. Gangguan mental kejiwaan

Baca Juga: Manfaat Meloxicam, Jenis, Kandungan, Dosis, Aturan Pakai, Harga, Serta Efek Samping

Perhatikan dosis dengan benar agar tidak terjadi efek samping yang telah disebutkan. Semua aspek perlu diperhatikan untuk mengeluarkan manfaat obat Feminax dengan maksimal. Gunakanlah obat untuk haid ini secara benar dan jangan disalah gunakan.

Continue Reading

Lainnya dari Obat

Terbaru

Daging Sapi, Manfaat Daging Sapi, Khasiat Daging Sapi
Daging Kuda, Manfaat Daging Kuda, Khasiat Daging Kuda
Ikan Cakalang, Manfaat Ikan Cakalang, Khasiat Ikan Cakalang
Mandi Susu, Manfaat Mandi Susu Khasiat Mandi Susu
Daging Katak, Manfaat Daging Katak, Khasiat Daging Katak
Telur Ikan, Manfaat Telur Ikan, Khasiat Telur Ikan
Kulit Buaya, Manfaat Kulit Buaya, Khasiat Kulit Buaya
Daging Buaya, Manfaat Daging Buaya, Khasiat Daging Buaya
Daging Bulus, Manfaat Daging Bulus, Khasiat Daging Bulus
Thaharah, Manfaat Thaharah, Khasiat Thaharah
Daging Belibis, Manfaat Daging Belibis, Khasiat Daging Belibis
Omega 9, Manfaat Omega 9, Khasiat Omega 9
Kulit Sapi, Manfaat Kulit Sapi, Khasiat Kulit Sapi , Jaket Kulit Sapi , Kulit Sapi Basah, Kulit Sapi Kering
kulit kambing, Jaket kulit kambing, Kaligrafi kulit kambing, manfaat kulit kambing, Khasiat kulit kambing, Motif Macan kulit kambing
Ikan Hiu, Manfaat Ikan Hiu, Khasiat Ikan Hiu
Tidur Siang, Manfaat Tidur Siang, Khasiat Tidur Siang
Desloratadine, Manfaat Desloratadine, Kegunaan Desloratadine, Khasiat Desloratadine
Lemak, Manfaat Lemak, Khasiat Lemak
Omega 3, Manfaat Omega 3, Khasiat Omega 3
Omega 6, Manfaat Omega 6, Khasiat Omega 6, Kandungan Omega 6
To Top