Connect with us

10 Manfaat Glibenclamide, Jenis, Kandungan, Dosis, Aturan Pakai, Harga, Serta Efek Samping

Obat

10 Manfaat Glibenclamide, Jenis, Kandungan, Dosis, Aturan Pakai, Harga, Serta Efek Samping

Manfaat Glibenclamide – Glibenclamide adalah obat diabetes tipe 2 yang gunanya untuk mengendalikan kadar gula atau glukosa pada darah yang tinggi. Obat ini juga dikenal sebagai glyburide. Pada diabetes tipe 2, tubuh tak akan bisa menggunakan atau menyimpan glukosa secara baik, karena hal itulah terjadi penumpukan dalam aliran darah. Fungsi obat Glibenclamide adalah mengembalikan atau mengeluarkan insulin lebih banyak sehingga bisa mengikat glukosa dengan baik.

Glibenclamide, Manfaat Glibenclamide, Khasiat Glibenclamide

Untuk memaksimalkan, pasien bisa mencoba untuk merubah gaya hidup menjadi lebih sehat seperti makan-makanan bergizi dan olahraga yang teratur. Dengan membantu dalam mengontrol gula Anda, Anda bisa lebih mencegah penyakit berbahaya akibat gula seperti ginjal rusak, buat, masalah saraf, atau lainnya. Jadi harap perhatikan dosis yang baik dan cara penggunaannya.

Kandungan Glibenclamide :

  • Glibenclamide

Dosis Glibenclamide :

  • Dosis dewasa hanya untuk dosis diabetes tipe 2. Dosis awal sebesar 2.5 mg sebagai standar atau 1.5 mg sebagai micronized. Lakukan secara oral sehari sekali yang dilakukan pada pagi hari dengan sarapan terlebih dahulu.
  • Untuk dosis rumahan, cukup 1.25 sampai 20 mg standar dan untuk micronized cukuap 0.75 sampai 12 mg. Lakukan secara oral dalam 1 atau 2 dosis yang dibagi.
  • Dosis maksimal untuk orang dewasa adalah 20 mg per hari (Standar) dan 12 mg per hari (Micronized).
  • Dosis untuk anak-anak belum ada karena ketentuan untuk anak-anak blum tersedia untuk obat ini. Bisa saja berakibat berbahaya ketika diberikan kepada anak-anak.

Aturan Pakai Glibenclamide :

  • Karena memiliki banyak merek, jangan pernah merubah tanpa konsulitasi kepada dokter terlebih dahulu.
  • Minum obat Glibenclamide dengan sarapan atau makan. Penggunaan biasanya cukup sekali sehari saja, namun untuk pasien khusus, bisa mengkonsumsi sebanyak 2 kali sehari tapi dengan anjuran dokter tentunya.
  • Jika Anda mengkonsumsi obat diabetes lain, lakukan konsulitasi pada dokter dan hentikan jika hal itu dianjurkan oleh dokter.
  • Jika Anda menggunakan colesevelam, gunakan obat ini minimal 4 jam sebelum memakan obat colsevelam tadi.
  • Pastikan untuk mengkonsumsi obat ini secara teratur agar manfaatnya bisa lebih maksimal. Beri tahu dokter jika kondisi makin memburuk, tidak berubah, atau lebih baik.

Jenis Obat Glibenclamide :

  • Tablet, tersedia dalam bentuk tablet yang mudah disimpan dan lebih difokuskan pada pasien dengan penyakit yang kurang berat. Tablet tersedia dengan beberapa varian takaran yaitu 1.25 mg, 1.5 mg, 2.5 mg, 3 mg, 5 mg, dan 6 mg.
  • Oral, sama dengan tablet, jenis obat oral ini juga memiliki varian takaran yang sama dan dikondisikan oleh keadaan pasien.

Harga Glibenclamide :

Secara pasaran, Anda bisa mendapatkan obat ini di apotek dengan harga:

  • Glibenclamide: Rp 233,-/tablet

Manfaat Glibenclamide :

1. Mengontrol Kadar Gula Darah

Kadar gula darah atau rendah tidak baik untuk kesehatan tubuh karena bisa menjadi pemicu banyak penyakit yang masuk ke dalam tubuh. Sedikit ada perbedaan kadar gula pada diabetes tipe 2 di mana tingkat mengontrolnya tentu sedikit sulit dari biasanya. Kandungan yang ada pada obat ini akan terus menekan kadar gula pada darah penderita diabetes tipe 2 sehingga bisa menjadi lebih baik lagi kedepannya.

Loading...

2. Mencegah Kerusakan Ginjal

Ginjal rusak bisa menyebabkan banyak gangguan pada kesehatan tubuh. Penyebab rusaknya ginjal atau gangguan pada ginjal biasanya disebabkan oleh aliran darah, salah satunya adalah kadar gula darah yang tidak seimbang dalam darah. Hal ini juga menjadi efek dari diabetes tipe 2. Karena obat ini langsung mengatasi penyakit diabetes, resiko terjadinya ginjal rusak bisa diperkecil.

3. Kebutaan

Sistem mata bisa terpengaruh pada diabetes atau masalah darah. Sejak dulu, diabetes memang dikenal sebagai salah satu penyakit yang bisa menimbulkan efek samping kebutaan bagi penderitanya. Kandungan yang ada pada obat ini membantu langsung mengatasi akarnya yaitu diabetes. Dalam hal ini, diabetes tipe 2 bisa lebih berakibat fatal pada kesehatan mata.

4. Mengatasi Gangguan Saraf

Gangguan saraf atau masalah saraf juga menjadi efek dari penyakit diabetes dan bisa berbahaya bagi tubuh. Tidak hanya sistem otak saja, saraf punggung juga bisa dilibas oleh adanya diabetes, dalam hal ini diabetes tipe 2 juga lebih besar pengaruhnya terhadap gangguan saraf. Karena itulah, tetap perhatikan dosis yang baik dan benar sesuai dengan anjuran dokter.

5. Cegah Resiko Kehilangan Kaki

Seperti yang kita ketahui, diabetes tahap lanjut memiliki resiko kehilangan kaki lebih besar. Hal ini karena penyakit arteri parifer di mana aliran darah ke kaki bisa lebih parah. Pasien cenderung menerima luka dari kaki, meski hanya luka kecil tetapi bisa berkembang menjadi tak bisa disembuhkan sehingga kaki pasien harus diamputasi. Untuk mengatasinya, konsumsi obat yang tepat dan pastikan Anda tetap menjaga kaki Anda dengan memberikan alas yang tepat.

6. Mengatasi Masalah Gangguan Seksual

Gangguan seksual juga bisa menjadi efek dari diabetes itu sendiri. Kandungan aktif yang ada pada obat Glibenclamide membantu dalam mencegah diabetes dan mengatasi resiko terjadinya gangguan seksual yang bisa mengganggu hubungan rumah tangga Anda.

7. Atasi Serangan Jantung

Pasien dengan diabetes tipe 2 juga cenderung terkena serangan jantung. Hal ini karena adanya aktivitas abnormal pada aliran darah sehingga sampai ke jantung. Dengan mengontrol gula darah bersama obat ini, bisa membantu dalam mencegah serangan jantung.

8. Mencegah Stroke

Stroke terjadi karena adanya gangguan pada saraf. Gangguan saraf bisa disebabkan oleh diabetes seperti yang dijelaskan di atas. Semuanya terhubung dan Anda harus benar hati-hati dalam persoalan mengontrol gula darah dalam tubuh.

Penempatan Obat Glibenclamide :

  • Letakkan pada suhu kamar atau suhu di bawah 30 derajat. Pastikan untuk tidak terkena paparan matahari secara langsung karena panasnya bisa lebih dari 30 derajat.
  • Jauhkan dari jangkauan hewan peliharaan atau balita karena tidak cocok untuk obat ini. Dan jika obat sudah tak layak pakai, buang pada tempatnya, tidak ke toilet yang mengarah langsung ke perairan bebas.

Peringatan Glibenclamide :

  • Beri tahu dokter tentang obat atau vitamin apa saja yang akan Anda gunakan bersamaan dengan obat ini.
  • Pastikan Anda tidak memiliki gangguan alergi terhadap bahan obat ini.
  • Beritahu dokter ketika Anda hamil, berencana hamil, atau sedang menyusui.
  • Untuk penderita diabetes tipe 2 dan sedang mengkonsumsi obat ini, hindari sinar matahari dan gunakan tabir surya.

Upaya Pencegahan Penyalahgunaan Obat :

  • Jika terjadi efek samping, segera beritahu dokter tentang kondisi Anda dan biarkan dokter memberikan pertolongan pertama untuk Anda.

Efek Samping Glibenclamide :

Efek samping berikut ini bisa terjadi karena overdosis, kesalahgunaan obat, intraksi obat, alergi, dan semacamnya:

1. Kejang-kejang

2. Penurunan kesadaran tubuh

3. Rendahnya kadar gula pada darah

4. Menyebabkan demam

5. Mual dan muntah

6. Diare berat

7. Gangguan pada hati

8. Penurunan sel darah jenis apapun

9. Bisa menimbulkan berat badan berlebih

Baca Juga: Manfaat Feminax, Jenis, Kandungan, Dosis, Aturan Pakai, Harga, Serta Efek Samping

Untuk mengeluarkan manfaat Glibenclamide dengan sempurna, perhatikan dosis yang baik, cara penggunaan yang tepat, dan selalu berkonsulitasi pada dokter sekecil apapun keluhan Anda karena diabetes tidak selalu membuat pasien merasa kesakitan.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Obat

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top