Connect with us

10 Manfaat Ibuprofen, Jenis, Kandungan, Dosis, Aturan Pakai, Harga, Serta Efek Samping

Obat

10 Manfaat Ibuprofen, Jenis, Kandungan, Dosis, Aturan Pakai, Harga, Serta Efek Samping

Manfaat Ibuprofen – Menurut WHO, obat Ibuprofen adalah salah satu obat penting dan menjadi dasar dalam dunia medis. Ibuprofen merupakan obat rasa nyeri yang termasuk dalam jenis non-steroidal anti-infammatory drug. Obat ini memiliki banyak manfaat dan semuanya tertuju untuk penyakit yang akibat rasa nyeri atau memiliki nyeri ketika pasien terkena penyakit tersebut seperti demam, sakit kepala, atau lainnya.

Ibuprofen, Manfaat Ibuprofen, Khasiat Ibuprofen, Fungsi Ibuprofen, Kandungan Ibuprofen

Fungsi obat Ibuprofen secara utama memang lah untuk mengurangi sakit pada tubuh. Biasanya mengakibatkan hilang kesadaran atau efek lainnya. Ketika Anda sakit, nyeri, atau memiliki gangguan peradangan, tubuh secara otomatis akan menghasilkan zat bernama prostaglandin. Zat ini kemudian dihentikan oleh zat yang ada pada obat Ibuprofen.

Kandungan Ibuprofen :

  • Ibuprofen: 400mg

Dosis Ibuprofen :

  • Untuk penutupan duktus arteriosus untuk dosis anak-anak, dbagi menjadi 3 kali pemberian sekurangnya 15 menit. Dengan dosis awal 10 mg/kg, kemudian diberikan dosis masing-masing 5 mg/kg.
  • Dosis meredakan rasa sakit untuk orang dewasa. Berikan 400 sampai 800 mg setiap 6 jam sekali dengan dosis maksimal hanya 3.2 gram.
  • Untuk demam pada orang dewasa, dosis pertama berikan 400 mg saja. Diikuti dosis 400 mg setiap 4 sampai 6 jam sekali atau 100 sampai 200 mg setiap 4 jam sekali. Maksimalnya cukup 3.2 gram perhari.
  • Dosis demam (Oral), berikan 200 sampai 400 mg per 4 sampai 6 jam sekali untuk orang dewasa. Anak-anak usia 6 sampai 12 tahun, berikan 10 mg/kg setiap 6 sampai 8 jam. Dosis maksimal untuk anak-anak adalah 40 mg/kg.
  • Osteorathirits dan rheumatoid arthirits untuk orang dewasa berikan 400 sampai 800 mg tiap 6 sampai 8 jam.
  • Untuk nyeri haid pada wanita, berikan 200 sampai 400 mg setiap 4 sampai 6 jam. Dosis maksimalnya adalah 1.2 sampai 2.4 gram perhari.

Aturan Pakai Ibuprofen :

  • Baca apa saja informasi yang ada pada kemasan obat, jangan sampai terlewat info yang penting.
  • Minum obat ini biasanya setiap 4 atau 6 jam perhari. Gelas air berisis 240 ml, kecuali dokter mengizinkan takaran berbeda.
  • Setelah minum obat, jangan langsung berbaring, tunggu sekitar 10 menit atau lebih.
  • Jika sakit perut saat mengkonsumsi obat, makan lah atau barengi dengan susu.
  • Pada anak kecil, dosis tergantung dari berat badan. Ikuti anjuran dokter dan banyak berapa berat badan yang pas untuk dosis tertentu, jika tertera dalam kemasan.

Jenis Obat Ibuprofen :

  • Suspension, sebagian pasien anak akan suka dengan obat jenis cari dan hal ini menjadi salah satu alasan kenapa obat jenis ini tercipta.
  • Oral, jenis oral juga memudahkan untuk mengkonsumsi karena pasien dengan penyakit seperti yang telah disebutkan di atas kadan susah dalam mencerna obat. Untuk obat oral dan juga suspension, tersedia 100mg/5 mL.

Harga Ibuprofen :

(Harga tergantung jenis, di mana Anda membeli, takaran, dan berbagai factor lain)

  • Ibuprofen 400 mg Indo Farma (Normal): Rp 27.680,-
  • Ibuprofen Harga Mediscastore: Rp 22.554,-
  • Harga hemat: Rp 5.126,-

Manfaat Ibuprofen :

1. Mengatasi Demam

Demam biasanya terjadi pada anak, namun bisa juga menyerang orang dewasa. Kandungan obat ini bisa membantu dalam mengatasi demam karena juga berfungsi sebagai anti bacterial yang mengusir bakteri penyebab demam dan juga bisa mengatasi segala masalah gejala demam yang terjadi.

Loading...

2. Mengatasi Peradangan Pada Tubuh

Peradangan bisa juga disebut sebagai pendarahan yang terjadi pada beberapa area penting pada tubuh seperti tenggorokan, mulut, kulit, bahkan organ dalam tubuh. Rasa nyeri yang diakibatkan oleh peradangan tersebut juga bisa menyebabkan gangguan yang cukup merepotkan. Obat ini akan membantu dalam meredakan sakit dan membantu mengatasi langsung peradangan yang terjadi.

3. Mengatasi Sakit Kepala

Sakit kepala juga bisa menyebabkan nyeri, khususnya bagian kepala. Beberapa jenis sakit kepala seperti migraine bahkan bisa menyebabkan sakit yang teramat karena hanya focus pada satu titik. Sebagai obat anti nyeri, Ibuprofen sangat ampuh mengatasinya.

4. Mengatasi Sakit Gigi

Sakit pada gigi bisa disebabkan dari hal-hal spele sekalipun, seperti kekurangan vitamin. Gusi akan sakit dan menyebabkan sakit pada bagian dalam mulut. Biasanya disebabkan karena bakteri atau kuman yang menggrogoti gigi. Rasa sakit akibat hal tersebut bisa diatasi menggunakan obat ini. Sebagai tindak pencegahan agar tidak terjadi sakit gigi lagi, rajin-rajinlah sikat gigi.

5. Mengatasi Sakit Punggung

Sakit punggung sering dirasakan oleh lansia karena ketikdamampuannya lagi dalam bergerak. Hal ini juga bisa dirasakan oleh orang dewasa bahkan remaja karena otot atau saraf bagian punggung sedang bermasalah. Hal tersebut bisa menyebabkan sakit pinggang atau punggung. Untuk mengatasi nyeri yang terjadi Anda bisa menggunakan obat ini sebagai pemecah masalah utama.

6. Mengatasi Arthirits

Penyakit ini juga dikenal sebagai peradangan sendi dan bisa mempengaruhi bagian sendi pada tubuh. Bahkan bisa menyebabkan nyeri ketika bergerak. Jenis penyakit ini yang terkenal adalah osteoarthirits atau OA yang juga menjadi salah satu penyakit yang bisa diatasi oleh obat ini. Beberapa gejala yang diakibatkan oleh penyakit ini adalah rasa sakit ketika sedang bergerak (Olahraga) bagi pasien yang mengidap penyakit ini.

7. Mengatasi Nyeri Haid

Nyeri ketika haid atau bisa juga disebut sebagai dismenorea merupakan kram pada otot yang dirasakan pada bagian bawah perut. Biasanya nyeri ini muncul ketika mengalami mensturasi atau sebelum terjadinya menstruasi. Beberapa gejala yang dirasakan oleh pasien adalah sakit hingga punggung bahkan bisa menjalar sampai ke paha. Hal ini bisa mengganggu aktivitas sehari-hati. Hal ini lah yang menyebabkan beberapa wanita sulit untuk berakitivas dan terjadinya gangguan emosional.

8. Mengatasi Sakit Akibat Luka

Luka yang dimaksudkan adalah luka ringan seperti tidak sengaja tersayat pisau, tergores, atau lecet akibat jatuh. Biasanya hal tersebut akan menyebabkan sakit yang harus segera diatasi. Obat ini memiliki antiseptic yang cukup ampuh mengatasi sakit akibat luka-luka ringan tadi dan bisa Anda terapkan. Pastikan mengerjakannya secara hati-hati karena bisa menyebabkan infeksi luka.

9. Mengatasi Bengkak Pada Bagian Tubuh

Banyak penyebab dari bengkak dan bisa diatasi menggunakan obat ini. Bengkak ini bisa terjadi pada bagian tubuh manapun seperti mata, bibir, pipi, tangan, kaki, atau lainnya. Semua pada umumnya akan mengakibatkan sakit. Anda bisa mengobati sakit tersebut dengan obat ini, namun untuk perawatan tambahan agar secara fisik bengkak bisa berhenti, perlu perawan tambahan yang harus Anda lakukan.

10. Mengatasi Influenza

Penyakit ini bisa terjadi karena disebabkan oleh infeksi pada saluran pernapasan. Biasanya disebabkan oleh bakteri yang bernama influenza dan mudah dalam menyebar. Penularan virus tersebut bisa terjadi melalui udara, tangan ke tangan, atau berdekatan dengan orang batuk atau bersin yang kebetulan sedang mengalami influenza. Penyakit ini lebih banyak ditemukan di lingkungan padat penduduknya karena mudah dalam penyebaran. Obat ini bisa membantu dalam mengatasi penyakit ini secara menyeluruh.

Penempatan Obat Ibuprofen :

  • Berlaku untuk semua jenis obat ini, pastikan untuk menepatkan obat Ibuprofen pada tempat yang sejuk, namun tidak terlalu dingin. Suhu yang disarankan adalah di bawah 30 derajat.
  • Jangan letakkan obat ini di area kamar mandi karena bisa terjangkau oleh siapapun dan suhu lembab yang tidak baik untuk kualitas suatu obat. Pastikan untuk menempatkan pada tempat yang benar-benar kering.
  • Pastikan untuk jauh dari sinar matahari langsung atau sinar-sinar lain yang bisa menyebebabkan panas sehingga tidak cocok untuk obat.
  • Jauhkan dari hewan peliharaan, balita yang masih sangat kecil, serta untuk pasien special seperti wanita hamil dan semacamnya, lakukan konsulitasi dengan dokter.
  • Jika obat tidak bisa digunakan lagi, jangan buang pada toilet yang mengarah langsung ke perairan. Anda bisa menguburkannya atau segala cara pemusnahan yang tidak merugikan pihak lain.

Peringatan :

  • Ada beberapa obat yang bisa menyebabkan Ibuprofen tidak akan efektif atau berfungsi seperti sidofovir, ketorolac, aspirin, warfarin, dan segala jenis obat diuretic.
  • Beberapa penyakit yang tidak disaranakan untuk mengkonsumsi obat ini adalah gagal jantung, penyakit hati yang sudah akut, memiliki riawat peradangan, luka di area saluran pencernaan dan memiliki riawat alergi pada obat jenis NSAID seperti Ibuprofen ini.
  • Jika pasien sudah memiliki beerapa gejala setelah mengkonsumsi obat Ibuprofen seperti asma, gangguan ginjal, gangguan hati, dan lupus, segera beri tahu dokter tentang keadaan pasien dengan detail.
  • Berhati-hati untuk pasien yang memiliki riawat penyakit crhon’s dan juga hipertensi. Lakukan konsulitasi pada dokter sebelum mengkonsumsi obat.
  • Berhati-hati juga untuk pasien yang memiliki gangguan jantung (Baik itu kronis atau bukan) dan pasien yang mengalami gangguan angina pectoris karena keduanya saling berhubung.
  • Apapun penyebabnya, lakukan konsultasi pada dokter jika Anda pasien yang pernah memiliki gangguan pendarahan pada bagian perut karena diklaim tidak cocok untuk mengkonsumsi obat yang satu ini.
  • Ikuti resep dokter yang diberikan. Jika berbeda dari dosis biasa, biasanya dokter memberikan berebeda pada pasien tergantung pada pengamatannya dalam bekerja.

Upaya Pencegahan Penyalahgunaan Obat :

  • Sebagai pencegahan yang cukup ampuh, lakukan hidup mandiri yang sehat sehingga tidak terkena penyakit. Melakukan perawatan pun tidak akan sesering mungkin.
  • Jika terlanjur sakit dan ingin berobat, pastikan untuk melakukan konsulitas pada dokter sebelum Anda berobat karena setiap pasien tidak selalu memiliki penyakit yang sama. Setiap pasien memiliki masa lalu yang berbeda dan mungkin hal itu yang menyebabkan pasien diperlakukan secara khusus, diberikan dosis khusus, dan semacamnya.
  • Jika pasien tetap saja tidak ada perubahan setelah lama mengkonsumsi obat, segera melapor pada dokter Anda.
  • Jika terjadi efek samping akibat overdosis atau kesalahgunaan dalam obat, segera konsulitasi pada dokter dan segera hentikam pemberian obat secepatnya.

Efek Samping Ibuprofen :

Setiap obat memiliki potensi untuk mengakibatkan pasien terkena efek samping. Berikut adalah efek samping Ibuprofen yang umum disebabkan karena overdosis, intraksi obat, atau kesalahgunaan dalam menggunakan obat:

1. Mual dan muntah

2. Perut menjadi kembung

3. Gangguan nyeri pada ulu hati

4. Gangguan pada system pencernaan tubuh

5. Diare berat

6. Gangguan konstipasi

7. Sakit pada bagian kepala (Bisa terjadi migraine)

8. Terjadi gangguan tukak lambung

9. Bisa menyebabkan muntah darah

10. Warna feses atau tinja menjadi hitam, beberapa kasus disertai dengan darah

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Omepros untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Lakukan konsulitasi pada dokter jika Anda merasa ada perbedaan pada diri Anda. Jangan samakan diri Anda dengan orang lain, karena virus berjenis sama pun kadang berbeda infeksinya, apalagi pasien. Untuk mengeluarkan manfaat Ibuprofen yang baik dan maksimal, perhatikan dosis yang diberikan, pastikan mengikuti aturan pakai, dan sekali lagi tetap konsulitasi pada dokter Anda.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Obat

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top