Connect with us

7 Manfaat Lansoprazole, Jenis, Kandungan, Dosis, Aturan Pakai, Harga, Serta Efek Samping

Obat

7 Manfaat Lansoprazole, Jenis, Kandungan, Dosis, Aturan Pakai, Harga, Serta Efek Samping

Manfaat Lansoprazole – Lansoprazole merupakan obat lambung atau obat esophagus. Obat Lansoprazole akan membantu dalam mengatasi gejala-gejala kerusakan yang diakibatkan oleh asam lambung berlebih, baik asam lambung yang terjadi pada kerongkongan atau juga pada bagian perut. Manfaat lansoprazole lainnya adalah membantu mengatasi dan mencegah tukak lambung serta kanker esofagus yang bisa terjadi akibat asam lambung tersebut.

Lansoprazole, Obat Lambung Ampuh, Obat Lambung Mujarab, Manfaat Lansoprazole, Khasiat Lansoprazole

Cara kerja dari obat ini adalah dengan membantu menurunkan produksi asam yang berlebihan pada lambung tubuh. Beberapa gejala yang bisa diatasi obat ini adalah panas perut, batuk kronis yang tak kunjung sembuh, dan sulit menelan. Obat ini termasuk dalam golongan proton pump inhibitor (PPI). Jika anda mengkonsumsi obat ini, pastikan untuk membaca aturan pakai dan mengikuti resep dokter dengan benar agar tidak terjadi efek samping atau hal yang tidak diinginkan.

Kandungan Lansoprazole :

  • Lansoprazole: 15 mg, 30 mg (Oral dan infus)

Dosis Lansoprazole :

  • Dosis untuk orang dewasa pengidap erosive esophagitis, diberikan dosis awal sebanyak 30 mg secara oral selama 8 minggu sekali sehari. Jika pasien tak bisa menggunakan metode oral, dosis bisa diberikan dengan cara infusi IV 30 mg sehari sekali selama 30 menit dalam 7 hari.
  • Dosis orang dewasa yang mengidap tukak duodenum diberikan sebanyak 15 mg dengan metode oral sekali sehari dengan waktu 30 menit sebelum makan, lanjutkan terapi ini sampai 4 minggu.
  • Untuk pengidap refluks asam lambung, orang dewasa berikan 15 mg dengan metode oral sekali perhari dan lanjutkan terapi ini sampai 8 minggu.
  • Untuk pengidap tukak lambung, berikan obat ini sebanyak 30 mg dengan metode oral dan diberikan 30 menit sebelum makan serta terapi ini harus dilanjutkan selama 4 sampai 8 minggu.
  • Untuk dosis dewasa pengidap penyakit multiple endocrine adenomas, berikan 60 mg dengan metode oral setiap hari dosis maksimal hanya 90 mg dan diberikan secara oral 2 kali sehari.
  • Untuk dosis orang dewasa pengidap mastocytosis sistemik, berikan 60 mg dengan metode oral setiap hari dosis maksimal sampai 90 mg dan dikonsumsi dengan metode oral sebanyak dua kali sehari.
  • Dosis dewasa zollinger-ellison syndrome, berikan sebanyak 60 mg dengan metode oral setiap hari dosis sampai 90 mg sebanyak 2 kali sehari.
  • Dosis orang dewasa akibat infeksi helicobacter lansoprazole sebanyak 30 mg dikombinasikan dengan amoxsicilin 1 g dan clarithromycin sebanyak 500 mg dan diberikan secara oral setiap 12 jam dalam 10 sampai 14 hari.
  • Dosis dewasa pengidap profilaksis ulkus duodenum, diberikan sebanyak 15 mg dengan metode oral berikan obat tersebut setiap 30 menit sebelum makan per hari.
  • Untuk dosis orang dewasa tukak lambung yang disebabkan oleh NSAID berikan 30 mg dengan metode oral selama 8 minggu dan berikan sekali sehari.
  • Untuk dosis orang dewasa profilaksis tukak lambung yang disebabkan NSAID, berikan 15 mg dengan metode oral selama 12 minggu sehari sekali.
  • Untuk dosis anak-anak yang mengidap pneumonia aspirasi, berikan 30 mg pada pukul 21.00 malam dan diberikan sebelum operasi. Pada pukul 05.30, berikan 30 mg pas di hari operasi dosis ini diberikan kepada anak-anak yang berusia 3 sampai 11 tahun.
  • Untuk anak-anak pengidap refluks asam lambung dilakukan terapi jangka pendek sampai 12 minggu. Untuk anak usia 1 sampai 11 tahun atau dengan berat badan kurang dari 30 kg berikan 15 mg saja sekali sehari. Untuk dosis anak yang memiliki berat badan lebih dari 30 kg, berikan 30 mg saja sehari sekali.

Aturan Pakai Lansoprazole :

  • Sesuai dengan anjuran dokter, obat ini di konsumsi biasanya cukup sekali sehari dan dimakan sebelum makan. Ikuti aturan dalam kemasan obat yang anda konsumsi jika anda tidak diberikan resep khusus oleh dokter. Jangan pernah untuk meningkatkan dosis atau menggunakan obat ini dengan sering, karena hal tersebut tidak dianjurkan dan bisa menyebabkan efek samping bagi tubuh.
  • Jangan pernah untuk mengunyah kapsul, dokter menyarankan untuk langsung menelan seluruhnya. Jika anda tidak memiliki kemampuan untuk menelan obat kapsul, buka obat tersebut dan larutkan pada makanan lunak agar mudah dalam mengunyah dan menelan. Metode yang sama juga bisa diterapkan dengan jus namun pastikan takaran jus tidak terlalu banyak.
  • Jika diperlukan, penggunaan obat ini diberikan jeda untuk antasida dan jika anda menggunakan sukralfate, makan obat lansoprazole ini minimal 30 menit sebelum anda mengkonsumsi sucralfate.
  • Pastikan untuk mengkonsumsi obat ini secara teratur dengan waktu yang sama setiap hari agar kita mendapat manfaat yang maksimal. Untuk membantu anda, ingatkan diri anda untuk mengkonsumsi obat ini di waktu yang sama.
  • Lanjut mengkonsumsi obat ini sampai resep yang diberikan habis meskipun gejala sudah menghilang setelah beberapa hari anda mengkonsumsi obat ini. Jika anda memakai obat ini secara non resep, jangan dikonsumsi lebih dari 14 hari kecuali dokter yang langsung memberikan resep dan diperbolehkan oleh dokter.
  • Beritahu keadaan anda pada dokter apakah membaik atau makin memburuk. Jika terjadi hal yang tidak diinginkan atau ada masalah yang terjadi pada tubuh anda, segera konsultasi pada dokter anda.
  • Sebelum berobat, ikuti aturan yang diberikan oleh dokter dan jika tanpa resep, ikuti setiap aturan dan petunjuk dalam kemasan obat. Selain dokter, anda juga bisa bertanya kepada apoteker mengenai penggunaan obat yang tepat.

Jenis Obat Lansoprazole :

  • Kapsul, jenis obat yang satu ini cukup aman dan nyaman digunakan oleh pasien yang susah dalam mencerna. Bentuk yang licin akan membantu tubuh dalam melarutkan serbuk yang ada di dalam kapsul. Untuk obat jenis yang satu ini tersedia dalam takaran 30 mg.
  • Tablet, tablet jenis ini banyak ditemukan di apotek dan lebih difokuskan pada pasien yang tidak terlalu memiliki masalah dalam pencernaan. Sama dengan jenis kapsul, obat jenis tablet ini juga memiliki takaran 15 mg sampai 30 mg.
  • Intervena, obat dengan metode infus yang memudahkan pasien dalam mendapatkan manfaat dari obat Lansoprazole. Lebih difokuskan pada pasien yang benar-benar sulit bergerak akibat asam lambung tinggi dan penggunaan jenis ini biasanya langsung diterapkan oleh dokter saja sebagai pemegang izin yang sah.

Harga Lansoprazole :

Harga tergantung di mana Anda membeli, merk obat, berapa takaran obat, jenis dari obat tersebut, dan sebagainya. Namun secara pasaran, Anda bisa menemukan obat ini dengan harga sebagai berikut:

  • Lansoprazole 30 mg: Rp 1.870,-/tablet
  • Lansoprazole Berno 30mg Cap 100s: Rp 2.244,- / Tablet
  • Lansoprazole Hexpharm 30mg: Rp 1.383,- / Tablet
  • Lansoprazole Medikon 30mg Cap 40s: Rp 1.842,- / Tablet

Manfaat Lansoprazole :

1. Membantu dalam menurunkan produksi asam lambung

Pada umumnya bermanfaat dalam mencerna makanan yang akan masuk ke dalam lambung tubuh. Selain itu, asam pada lambung juga membantu dalam membasmi setiap bakteri jahat yang terdapat dalam makanan dan dieksekusi dalam lambung tersebut.

Loading...

Tapi saat lambung mengalami masalah seperti lapisan pelindung dinding lambung yang rusak atau fungsi yang kurang baik sehingga bisa menyebabkan asam lambung tersebut melukai lambung atau bahkan bisa merambat ke organ tubuh sekitar lambung.

Obat ini mampu membantu dalam menurunkan takaran asam lambung yang diproduksi langsung oleh tubuh sehingga bisa membantu dalam mengurangi gejala gejala naiknya asam lambung yang bisa menyebabkan rasa sakit pada tubuh.

2. Mengatasi rusak pada lambung

Salah satu akibat dari asam lambung yang berlebihan adalah terjadinya iritasi pada lambung. Dan jika iritasi ini terus-menerus terjadi, maka bisa menyebabkan kerusakan pada lambung, baik itu ringan atau kerusakan parah. Dengan mengkonsumsi obat ini, bisa membantu dalam mengatasi kerusakan kerusakan yang diakibatkan oleh asam lambung berlebih sehingga lambung pun bisa menjadi sehat kembali dan berfungsi sebagaimana mestinya.

3. Mengatasi timbulnya tukak lambung

Obat lansoprazole juga bisa membantu dalam mencegah terjadinya tukak lambung. Tukak lambung ini adalah luka yang terjadi pada dinding lambung yang diakibatkan oleh terkikisnya dinding lambung akibat asam. Dengan adanya produksi asam yang berlebihan, bisa menyebabkan tukak lambung semakin parah dan begitu juga sebaliknya, jika asam lambung ini bisa ditekan semaksimal mungkin, maka timbulnya luka pada dinding lambung bisa diatasi.

4. Membantu mengatasi kerusakan pada kerongkongan atau esofagus

Selain juga bisa menimbulkan beberapa masalah pada lambung itu sendiri, asam lambung juga bisa menyebabkan kerusakan pada organ lain yaitu salah satunya kerongkongan. Jika dibiarkan terus-menerus, maka bisa menimbulkan penyakit yang cukup serius. Dengan kandungan obat ini maka semua hal itu bisa diatasi dan kerusakan pada kerongkongan atau esofagus pun tidak akan terjadi.

5. Membantu dalam mencegah kanker esofagus

Dengan mengkonsumsi obat ini sesuai dengan dosis yang dianjurkan oleh dokter mengerti tentang petunjuk serta cara pakai yang benar dan tepat, .obat ini juga mampu dalam mengatasi kanker esofagus. Kanker esofagus atau kerongkongan adalah kanker yang terjadi pada kerongkongan. Banyak yang bisa menyebabkan kanker ini dan salah satunya adalah asam lambung yang terlalu berlebihan sehingga naik ke kerongkongan anda.

Untuk membantu dalam mencegah penyakit ini agar tidak menyerang anda, perhatikan gaya hidup anda, pastikan tidaklah buruk dan penyakit ini juga menyerang beberapa orang dengan usia di atas 55 tahun dan cenderung yang terkena adalah pria.

6. Membantu dalam meredakan efek dari asam lambung

Efek lain atau gejala asam lambung cukup banyak dan hal itu bisa sangat mengganggu. Saat asam lambung naik dan merusak lambung, maka akan timbul gejala-gejala yang bisa memberikan rasa sakit seperti heartburn dan juga perut akan terasa panas seperti terbakar. Gejala-gejala yang sering terasa adalah sulit menelan dan juga batuk yang tidak kunjung sembuh. Ada beberapa gejala kecil yang lain mungkin terjadi dan semua itu bisa disembuhkan dengan obat lansoprazole.

7. Mengatasi kerusakan organ lain

Asam lambung juga bisa menyebabkan kerusakan pada organ-organ lain khususnya organ sekitar lambung itu sendiri. Obat ini akan mengatasi pusat masalah dari asam lambung sehingga membantu dalam mencegah asam lambung naik dan merusak organ-organ tubuh yang lain. Jika anda memiliki masalah terkait dengan organ lain yang sedang bermasalah, lakukan konsultasi pada dokter dan pastikan untuk mendapat jawaban yang paling benar.

Penempatan Obat Lansoprazole :

  • Tidak peduli apapun itu, pastikan untuk menyimpan obat tersebut pada suhu ruangan kamar yang tidak lebih dari 30 derajat karena bisa merusak kualitas dari obat tersebut.
  • Jauhkan dari sinar cahaya langsung seperti sinar matahari karena juga bisa merusak kualitas obat.
  • Perhatikan kelembaban dari tempat yang anda pilih, jangan tempatkan obat tersebut dengan kelembaban tinggi dan paling disarankan untuk menempatkan obat pada tempat yang benar-benar kering. Dengan catatan, setiap merk obat beda juga cara penempatannya.
  • Jika anda masih bingung bagaimana cara menempatkan obat ini dengan baik dan benar, anda bisa membaca petunjuk cara penyimpanan obat yang baik yang biasanya diberikan pada kemasan obat. Jika perlu, anda bisa bertanya pada apoteker atau dokter anda tentang bagaimana cara menyimpan obat yang sedang anda konsumsi.
  • Pastikan untuk menjauhkan obat-obatan dari jangkauan hewan peliharaan atau anak-anak. Walaupun dikatakan aman untuk wanita hamil dan menyusui, pastikan untuk jangan gegabah.
  • Jangan pernah menyiram obat ini ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan yang lain kecuali memang diinstruksikan langsung oleh dokter atau orang-orang yang mengerti akan cara membuang obat.
  • Jika obat ini tak lagi memiliki masa berlaku atau telah habis masa berlakunya, maka jangan buang di sembarangan tempat seperti toilet yang mengarah langsung ke perairan bebas. Anda bisa berkonsultasi dengan perusahaan-perusahaan yang membuang limbah lokal tentang bagaimana cara yang aman dalam membuang obat kadaluarsa tadi.

Peringatan Lansoprazole :

  • Sebelum menggunakan lansoprazole, ada beberapa hal penting yang harus anda perhatikan dan anggap ini sebagai peringatan. Yang pertama, beritahu kepada dokter anda apakah anda memiliki alergi pada obat lansoprazole atau tidak. Sebagai tindak lebih lanjut, beritahu juga tentang alergi yang anda tidak baik itu alergi obat-obatan atau alergi lain.
  • Pastikan juga untuk memberitahu kepada dokter anda tentang obat non resep, obat resep, suplemen, vitamin, atau obat-obat herbal yang anda rencanakan untuk dikonsumsi.
  • Jika anda menggunakan antasida yang dikombinasikan dengan lansoprazole, tanyakan pada dokter apakah hal itu bisa dilakukan dan baik untuk kesehatan tubuh.
  • Beritahu kepada dokter jika seandainya anda atau anda memang pernah menderita kadar magnesium yang rendah pada darah atau gejala penyakit hati.
  • Jika anda memiliki rencana untuk menggunakan lansoprazole non resep, katakan pada dokter jika panas tubuh atau heartburn sudah berlangsung selama kurang lebih 3 bulan. Jika anda mengalami gejala-gejala seperti kepala terasa melayang, mual dan pusing, nyeri pada pundak atau tetap, anda mungkin memiliki penyakit yang cukup serius yang tidak bisa diatasi dengan obat non resep. Jika memang anda memiliki keluhan seperti itu, menghadap dokter dan meminta resep terbaiknya adalah jalan yang bisa anda pilih.
  • Beritahu kepada dokter jika anda sedang hamil, khususnya bagian sudah berjalan beberapa bulan terakhir, ibu yang sedang menyusui, atau wanita yang sedang berencana hamil. Pastikan untuk menghubungi dokter anda dan meminta saran jika anda akan berencana hamil.
  • Jika anda memiliki umur kurang lebih 50 tahun, tanyakan pada dokter apakah menggunakan lansoprazole non resep ataupun resep itu aman untuk di usia tersebut. Beberapa resiko yang bisa terjadi pada usia tersebut adalah diare berat akibat bakteri atau tulang yang patah di pergelangan tangan jika anda seorang lansia dengan umur sekitar kurang lebih 50 tahun.
  • Jika anda mengidap phenylketonuria, atau sebuah keadaan turunan yang mengharuskan anda melakukan diet khusus dalam mencegah retardasi mental. Anda harus benar-benar tahu apakah tablet larut oral mengandung aspartame.
  • Untuk obat lansoprazole untuk ibu hamil dan menyusui apakah aman atau tidak, obat ini masuk ke dalam kategori B yang artinya tidak beresiko pada beberapa penelitian yang dilakukan, diantaranya adalah US food and drug administration. Selain itu, belum diketahui apakah obat ini masuk ke dalam asi atau bisa membahayakan bayi yang sedang menyusui. Disarankan untuk tidak mengkonsumsi obat ini tanpa persetujuan dokter.
  • Perhatikan apakah obat yang akan anda konsumsi memiliki interaksi pada obat lain. Hal ini bisa mengubah kinerja obat atau bahkan bisa meningkatkan risiko efek samping yang akan terjadi. Beberapa obat lain yang anda harus perhatikan adalah obat yang mengandung iron, ampicillin, atazanavir, clarithromycin, digoxin, ketoconazole, methotrexate, tacrolimus, warfarin, atau suplemen dan vitamin yang mengandung iron.
  • Beberapa obat-obat tertentu tidak boleh di dimakan atau diminum bersamaan dengan alkohol atau makanan-makanan yang bisa menyebabkan interaksi obat. Untuk kasus obat ini, alkohol dan juga tembakau tidak boleh dikonsumsi bersamaan. Melakukan konsultasi pada dokter terkait hal ini.
  • Ada juga yang disebut interaksi oleh kondisi kesehatan pasien. Beberapa kondisi kesehatan yang harus anda perhatikan sebelum mengkonsumsi obat ini adalah diare, kadar magnesium rendah pada darah, osteoporosis, kejang, masalah hati, dan juga PKU.

Upaya Pencegahan Penyalahgunaan Obat :

  • Sebagai tindak pencegahan yang benar-benar baik, anda seharusnya menerapkan gaya hidup yang bermutu karena asam lambung meninggi biasanya disebabkan oleh gaya hidup yang buruk.
  • Jika anda sudah terlanjur terkena penyakit ini, pastikan untuk segera berobat agar gejala-gejala tidak merambat ke organ tubuh lainnya seperti kerongkongan dan bisa menyebabkan kanker.
  • Ikuti petunjuk dengan baik dan benar bisa dari dokter, kemasan obat, atau situs terpercaya di dalam internet. Dengan catatan anda harus mengerti betul bagaimana keadaan anda dan obat seperti apa yang cocok untuk anda.
  • Jika terjadi masalah atau gejala yang tidak diinginkan, konsultasi pada dokter anda. Jika selama mengkonsumsi obat tidak terjadi apapun atau kondisi pasien malah menjadi buruk, maka segera hubungi dokter anda untuk diberikan peninjauan lebih lanjut.
  • Jika terjadi interaksi obat, hentikan pemakaian obat dan segera berobat ke dokter dan mendapat pengobatan pertama di sana. Interaksi obat biasanya terjadi karena makanan atau minuman (Obat lain, suplemen, vitamin, dan sebagainya) yang tidak cocok disandingkan dengan obat ini.

Efek Samping Lansoprazole :

Efek samping biasanya terjadi akibat kesalahan gunaan obat dan juga overdosis ketika mengkonsumsi suatu obat. Seperti obat-obat pada umumnya, lansoprazole juga bisa menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi tubuh dan efek samping yang bisa timbul tersebut adalah:

1. Sakit kepala

2. Diare ringan

3. Nyeri dan rasa mual pada perut

4. Susah dalam buang air besar

5. Rasa pusing pada kepala

6. Rasa menyantap pada otot

7. Tersedak atau sering batuk

8. Diare berat yang mengeluarkan air encer atau bahkan darah

9. Jantung terasa berdenyut kencang

10. Gelisah dan rasa bingung yang kuat

11. Otot terasa keras dan lemah

12. Bisa menyebabkan kejang-kejang pada tubuh

Baca Juga: Manfaat Omeprazole, Jenis, Kandungan, Dosis, Aturan Pakai, Harga, Serta Efek Samping

Untuk mengeluarkan manfaat lansoprazole yang baik dan maksimal, pastikan untuk mengikuti apa yang dikatakan oleh dokter jika anda mendapatkan resep dari dokter. Jika anda mengkonsumsi obat non resep, pastikan anda memperhatikan dengan betul bagaimana cara mengkonsumsi, dosis yang tepat, dan juga penyimpanan obat yang baik sehingga kualitas obat tidak terganggu. Sebagai tindakan pencegahan penyakit asam lambung ini, bisa diatasi dengan memperbaiki pola hidup yang sehat. Mengkonsumsi obat asam lambung adalah sikap untuk mengatasi bukan mencegah.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Obat

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top