Connect with us

23 Manfaat Listerine, Jenis, Kandungan, Dosis, Aturan Pakai, Harga, Serta Efek Samping

Obat

23 Manfaat Listerine, Jenis, Kandungan, Dosis, Aturan Pakai, Harga, Serta Efek Samping

Manfaat Listerine – Listerine merupakan salah satu merk obat kumur yang berfungsi sebagai antiseptik dengan kegunaan yang utama sebagai penghilang bau mulut dan mampu mencegah berbagai penyakit mulut. Sebagai obat kumur, obat ini dianjurkan untuk Anda yang memiliki keluhan yang ada pada mulut Anda. Keluhan paling banyak adalah mulul terasa tidak segar dengan bau nafas tak sedap.

Listerine, Manfaat Listerine, Khasiat Listerine, Listerine Gigi, Listerine Gusi, Listerine Mulut, Listerine Kumur

Penggunaan obat ini bisa Anda lakukan setiap hari, baik itu ketika sedang mandi atau di saat mulut terasa kurang segar. Meski hanya digunakan sebagai obat kumur, tetap saja penggunaan berlebihan bisa berbahaya karena mengandung zat aktif sensitif dan sebaiknya Anda lakukan sewajarnya saja.

Kandungan Listerine :

  • Thymol: 0,64 mg dalam 1 mL
  • Methyl Salicylate: 0.6 mg dalam 1 mL
  • Menthol: 0.42 mg dalam 1 mL
  • Eucalyptol 0.92 mg dalam 1 mL

Dosis Listerine :

  • Dosis untuk orang dewasa adalah sebanyak 20 ml setiap pagi dan malam hari. Penggunaan berlebih atau jauh dari angka tersebut bisa menyebabkan efek samping.
  • Sedangkan untuk anak-anak, tidak disarankan sama sekali untuk digunakan karena rawan tertelan. Obat ini tidak didesain untuk diminum, hanya digunakan sebagai obat kumur sehingga anak di bawah usia 10 tahun dengan tingkah yang masih ceroboh, tidak disarankan untuk menggunakan obat ini.

Aturan Pakai Obat Listerine :

  • Pertama, pastikan Anda mengetahui siapa saja golongan yang bisa menggunakan obat ini. Pastikan orang tersebut tidak memiliki alergi terhadap bahan aktif pada obat tersebut dan hindarkan penggunaan kepada anak kecil.
  • Pada umumnya, gunakan hanya 2 kali dalam sehari, yaitu saat pagi dan malam hari. Penggunaan pagi hari bisa dilakukan setelah mandi dan pada malam hari bisa digunakan ketika ingin tidur.
  • Penggunaan obat yang benar adalah dengan cara digunakan sebagai air kumur (Tidak dicampur apapun) dan lakukan kurang lebih selama 30 detik dan pastikan mengenai setiap area gigi pada mulut agar terjamin kebersihannya. Penggunaan kumur lebih dari 30 detik boleh saja, namun tetap perhatikan cara penggunaan yang baik.
  • Obat ini tidak didesain untuk diminum, jadi pastikan untuk tidak tertelan ketika penggunaan berlangsung. Apabila hal tersebut terjadi, segera hubungi dokter Anda dan lakukan pertolongan pertama secepat mungkin.

Jenis Obat Listerine :

Obat cair, Listerine tersedia dalam bentuk kemasan botol dengan cairan Listerine didalamnya. Kandungan didalamnya membuat mulut tetap segar dan bentuk cair merupakan bentuk yang paling ideal sebagai obat kumur. Sebagai obat kumur, kandungan didalamnya tidak membuat rasa buruk dari obat ini.

  • Listerine Gum Care.
  • Obat Kumur Listerine Multi Protect Zero Antiseptic.
  • LISTERINE® ZERO Antiseptic Mouthwash.
  • Obat kumur Listerine Cool Mint.
  • Listerine Obat Kumur Perlindungan Gigi dan Gusi.
  • Obat kumur Listerine Fresh Citrus.
  • Listerine Green Tea Mouthwash.
  • Listerine Obat Kumur Antiseptik Original.
  • Listerine Obat Kumur Multi Protect.
  • Listerine Obat Kumur Pencegahan Karang Gigi.
  • LISTERINE® FRESHBURST® Antiseptic Mouthwash

Harga Listerine :

Harga obat ini tergantung ukuran, jenis, dan di mana Anda membeli. Secara umum, Listerine bisa Anda temukan dengan harga pasaran sebagai berikut:

Loading...
  • Obat Kumur Listerine (Biasa): Rp 15.000,-/botol
  • Listerine Cool Mint: Rp 33.000,-/botol

Manfaat Listerine :

1. Membuat Mulut Menjadi Bersih

Kandungan dalam obat ini akan membuat mulit menjadi bersih dan jauh dari segala jenis kuman yang bisa menyebabkan bau mulut bahkan gigi berlubang. Faktanya, menyikat gigi dengan odol hanya bisa membuat mulut menjadi bersih sekitar 25% saja. Untuk memaksimalkan, obat kumur mulai bermunculan yang bisa membantu sampai 100% mulut menjadi bersih dan segar.

2. Menjaga Gigi Tetap Putih

Manfaat Listerine yang lain adalah membuat gigi tetap putih dan terjaga kesehatannya. Lapisan gigi yang kuning akan perlahan terkelupas ketika terkena kandungan pada obat ini. Penggunaan obat kumur lebih efektif sebagai pembersih gigi lebih efektif daripada menyikat karena dengan berkumur, bisa mencakup area gigi manapun.

3. Membunuh Bakteri

Sesuai dengan hasil penelitian, obat ini mampu membunuh segala jenis bakteri yang ada pada mulut. Semuanya tergantung berapa lama Anda berkumur. Karena itulah dianjurkan untuk Anda berkumur selama 30 detik karena waktu tersebut akan digunakan untuk membunuh segala bakteri pada mulut.

4. Mengatasi Radang Gusi

Radang gusi merupakan penyakit yang terjadi pada gusi di mana gusi akan terlihat berdarah. Masalah ini bisa disebabkan oleh bakteri mulut sehingga cara paling ampuh untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan obat ini.

5. Menghilangkan Bau Mulut

Bau mulut terjadi ketika masih ada sisa makanan yang kemudian mengundang para kuman untuk hinggap di gigi Anda. Hal tersebut akan membuat Anda menjadi tidak percaya diri dan bisa mengganggu diri Anda sendiri. Dengan menggunakan obat ini, para kuman yang ada pada sela-sela gigi Anda akan terusir keluar bersamaan dengan air bekas kumuran Anda.

6. Memperbaiki Email Gigi

Email gigi sangat berguna untuk tetap membuat gigi menjadi lebih sehat, kuat, putih, dan tidak mudah berlubang. Obat kumur juga mengatasi gigi berlubang, gigi kuning, gigi hitam, dan sebagainya yang pada umumnya disebabkan karena email gigi yang sedang bermasalah.

7. Membantu Mengatasi Ketombe

Daripada membersihkan ketombe dengan peralatan dan harga yang mahal, lebih baik kalian menggunakan cara yang terbilang mudah dam murah yaitu menggunakan lesterine. Cara mudah, cukup gunakan listerine sebagai obat oles untuk kepala Anda yang memiliki ketombe berlebih.

8. Membersihkan Sikat Gigi

Kandungan yang ada pada obat ini tidak hanya bisa membantu kuman yang ada mulut, tapi juga bisa membersihkan kuman yang berada pada sikat gigi. Sebagai sikat gigi yang sering digunakan untuk setiap hari, Anda bisa menggunakan cara ini agar tetap menjaga kebersihan dari sikat gigi Anda yang bisa digunakan kembali tanpa harus membeli yang baru.

9. Menghilangkan Kutu Pada Peliharaan

Kutu yang ada pada peliharaan sering menjadi keluhan bagi pemiliknya karena kerap mengganggu. Ada cara yang lebih ampuh dan mudah dalam mengatasi hal tersebut, yaitu menggunakan obat kumur ini karena memiliki kandungan yang tidak disukai oleh kutu pada hewan peliharaan Anda. Dengan cara itu, bulu hewan Anda akan menjadi lebih baik.

10. Menghilangkan Bau Sampah

Untuk penggunaan obat ini dalam mengatasi bau sampah atau bau-bau dari tempat lain, bisa menggunakan cara yang kreatif dengan cara berikan kertas yang sudah dicelupkan pada listerine kemudian letakkan pada dalam tempat sampah atau tempat-tempat di mana Anda mau menghilangkan bau busuknya.

11. Mengatasi jerawat

Penggunaan manfaat lain untuk obat ini adalah mengatasi jerawat dan mencegah jerawat datang lagi karena kandungan didalamnya dipercaya bisa mengatasi jerawat. Caranya cukup mudah, campur sedikit obat ini bersama dengan air kemudian oles pada muka Anda.

12. Mengatasi Efek Gigitan Serangga

Salah satu kandungan dari obat ini bisa membantu dalam mengatasi gigitan pada serangga. Biasanya efek yang disebabkan serangga adalah gatal, bengkak, dan kulit terlihat memerah. Semua gejala itu bisa diatasi menggunakan obat ini dengan cara mencampurkan sedikit obat ini ke kapas kemudian oles secara perlahan ke luka gigitan serangga yang Anda alami.

13. Mengatasi Bau Badan

Bau badan biasanya menjadi keluhan yang cukup banyak oleh orang-orang karena benar-benar mengganggu ketika berpergian ke luar rumah. Bau badan dikeluarkan dari bau ketek. Untuk mengatasinya, siapkan obat ini kemudian celupkan kapas ke dalam wadah lain yang berisikan obat ini kemudian oles pada bagian kulit yang menyebabkan bau badan seperti ketek dan lainnya.

14. Membersihkan Toilet

Karena memiliki antiseptik yang bagus, obat ini juga bisa dijadikan sebagai pembersih toilet yang cukup ampuh. Cara penggunaannya cukup mudah dengan cara mencampur obat ini dengan air kemudian gunakan sebagai air pel dan gosokkan pada area toilet yang Anda anggap perlu dibersihkan.

15. Mengatasi Gatal Pada Kaki

Gatal pada kaki sering sangat mengganggu mengingat kaki sulit dijangkau tangan dan sulit digaruk. Cara yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan obat ini yang memang mampu mengatasi segala jenis kuman. Cukup siapkan wadah ember kemudian isi dengan air. Campurkan sedikit listerine didalamnya dan celupkan kaki Anda sejenak.

16. Mengatasi Bau Kaki

Bau pada kaki biasanya disebabkan karena sering menggunakan kaos kaki. Namun sebenarnya bau kaki disebabkan oleh kotoran pada kaki seperti kuku kaki yang kotor, cela-cela kaki kotor, dan lainnya. Semua itu bisa mengundang kuman yang akhirnya menyebabkan bau kaki menyengat. Untuk mengatasinya, campurkan obat ini dengan ember yang berisi air kemudian celupkan kaki Anda sembari digosok-gosok agar kuman hilang semua.

17. Mengatasi Sakit Gigi

Sakit gigi bisa disebabkan oleh kuman yang sedang menggorogoti gigi Anda. Salah satu dalam mengatasi hal tersebut bisa menggunakan obat ini. Siapkan listerine dan oleskan pada tangan Anda kemudian oleskan pada gigi yang dirasa sakit. Bisa juga mengoleskan pada gusi sekitar gigi yang sakit untuk hasil yang maksimal. Tapi ingat jangan sampai tertelan, cukup diamkan sejenak dan lakukan secara rutin sampai gigi tidak sakit lagi.

18. Mengatasi Infeksi

Infeksi terjadi pada luka-luka luar seperti terkena sayatan pisau atau luka-luka lainnya baik itu luka berat maupun kecil. Semuanya berpotensi terkena infeksi karena pengaruh dari kuman-kuman luar. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan listerine sebagai antiseptik yang cukup ampuh dengan cara mengoles pada luka yang terinfeksi menggunakan kapas.

19. Mengatasi Kuman Pada Pakaian

Sering kali kuman pada pakaian juga membuat pakaian Anda menjadi terlihat lebih kotor dan bahkan bisa mengeluarkan bau tak segar. Obat ini bisa digunakan sebagai campuran ke mesin cuci Anda agar kuman mati pada pakaian Anda. Penggunaan seperti ini bisa dicampur dengan diterjen lain karena pada dasarnya obat ini hanya membantu menghilangkan kuman, bukan untuk membuat pakaian Anda menjadi bersih.

20. Mengatasi Memar

Memar terjadi akibat adanya luka pada kulit yang menjalar sampai ke jaringan otot. Ciri utama dari memar adalah kulit terlihat hitam agak kebiruan, bengkak, dan sakit jika disentuh. Dalam hal ini, gunakan listerine sebagai obat anti septik untuk mengatasi memar dengan cara mengoleskan pada kapas dan aplikasikan pada memar Anda secara lembut agar tidak terlalu sakit ketika ditekan.

21. Pembersih Penahan Gigi

Jika Anda menggunakan penahan gigi, bersihkan secara berskala agar kuman tidak berkumpul di penahan gigi Anda. Karena umumnya kebersihkan penahan gigi hanya bisa bertahan beberapa jam saja, setelah itu kuman akan bersemayang didalamnya. Cara pembersihannya cukup mudah, oleskan pada penahan gigi Anda.

22. Obat Resesi Gusi

Merupakan infeksi yang terjadi pada gusi yang bisa menyebabkan masalah serius pada gusi Anda. Untuk membantu dalam mengatasi hal ini, cukup gunakan obat ini sebagai alat kumur seperti biasanya dan lakukan selama 30 detik. Tapi setelah itu, Anda dihimbau untuk menghentikan hal-hal yang bisa memicu penyakit Anda kembali kambuh seperti merokok, makan atau minum, atau lainnya dalam jangka dekat karena efek obat ini tidak akan maksimal.

23. Sebagai Pembersih Layar

Baik itu layar hp, laptop, atau PC, Anda bisa menggunakan listerine sebagai pembersih layar monitor dengan cara membersihkan dengan lap yang dicampur obat ini.

Penempatan / Cara Menyimpan Obat Listerine :

Pastikan untuk menyimpan obat pada tempat yang sejuk, minimal memiliki suhu ruangan normal. Jauhkan dari jangkauan anak-anak, wanita hamil, dan pastikan tidak terkena oleh cahaya matahari langsung. Jauhkan juga pada hewan perliharan dan apabila sudah tidak bisa digunakan, buang pada tempatkan, jangan buang ke saluran pembuangan yang menuju langsung ke sungai atau lautan.

Peringatan :

  • Listerine merupakan obat kumur, jadi gunakan sebagai mana mestinya yaitu hanya menggunakannya sebagai obat kumur. Jika obat sampai masuk ke dalam perut, bisa menyebabkan efek samping yang berbahaya untuk tubuh.
  • Jauhkan dari jangkauan ibu hamil, anak kecil, hewan peliharaan, kalau perlu ibu yang sedang menyusui karena apabila setetes obat masuk ke dalam perut maka bisa menyebabkan efek samping pada tubuh.

Upaya Pencegahan Penyalahgunaan Obat :

  • Selalu konsultasi kepada dokter Anda dan pastikan mengikuti aturan pemakaian yang benar ketika akan menggunakan obat ini. Aturan tersebut sudah tertera dengan jelas pada kemasan obat berserta dengan peringatan-peringatan yang harus Anda baca baik-baik.
  • Apabila terjadi overdosis, segera hubungi dokter Anda dan lakukan penanganan medis dengan cepat. Pastikan juga sebelum menggunakan obat dan Anda sedang memiliki masalah internal terkait alergi atau apapun itu, tanyakan terlebih dahulu kepada dokter sebelum menggunakan obat tersebut.

Efek Samping Listerine :

Beberapa efek samping bisa menyebabkan masalah serius karena kurangnya perhatian konsumen pada obat. Untuk obat kumur ini, tertelan dan overdosis bisa menyebabkan efek samping seperti:

1. Iritasi berbahaya pada sariawan

2. Bisa menyebabkan mual

3. Iritasi pada bagian lambung

4. Menyebabkan muntah-muntah

5. Panas pada area tenggorokan

6. Sakit teramat pada perut

7. Bisa menyebabkan diare

8. Menyebabkan berkeringat yang abnormal

9. Bisa menyebabkan demam, baik demam ringan atau tinggi

10. Mampu mengakibatkan gangguan pada sistem pendengaran

11. Jika sering tertelan, bisa menyebabkan sakit kepala

12. Menyebabkan gangguan hati

13. Membuat pikiran berhalusinasi

14. Membuat tubuh menjadi kejang-kejang

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Pasta Gigi Untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Penggunaan yang baik untuk obat kumur adalah dengan menggunakan sesuai kegunaannya. Tidak untuk ditelan karena untuk mengeluarkan manfaat Listerine yang sesungguhnya, cukup digunakan secara rutin dengan cara berkumur, jangan sampai tertelan karena pada dasarnya obat ini tidak didesain cocok untuk organ dalam tubuh. Pastikan juga Anda benar-benar memerhatikan tempat penyimpanan dan golongan siapa saja yang sebaiknya tidak menggunakan obat ini.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Obat

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top