Categories: Obat

30 Manfaat Folavit Untuk Kesehatan, Kecantikan dan Suami Istri

Manfaat Folavit – Folavit merupakan salah satu suplemen asam folat yang diproduksi oleh PT Sanbe. Suplemen ini banyak dianjurkan untuk dikonsumsi wanita yang sedang mengikuti program hamil, wanita yang sedang hamil, serta wanita yang sedang menyusui. Dokter biasanya akan meresepkan suplemen ini sebagai suplai tambahan nutrisi yang menunjang kehamilan sehat. Beragam manfaat bisa diperoleh bila kita mengkonsumsi suplemen ini. Terkait dengan kehamilan, berikut ini kami telah merangkum beberapa manfaat konsumsi folavit untuk ibu hamil beserta aturan pakainya.

Folavit merupakan  merek suplemen yang mempunyai kandungan asam folat yang berguna memenuhi kebutuhan asam folat untk kesehatan tubuh. Tiap tablet folavit mempunyai kadar asam folat 400 Ug. Asam folat sendiri adalah vitamin yang tergabung dalam kelompok Vitamin B.

Kandungan Folavit

1. Kalori

Tambahan kalori atau energi dibutuhkan selama hamil untuk perubahan metabolisme yang terjadi, cadangan lemak, jaringan payudara, plasenta serta pertumbuhan dan perkembangan janin. Pada trimester kedua dan ketiga, kebutuhan kalori tambahan mencapai 300 kalori per hari, dibandingkan saat belum hamil. Kemudian, pada akhir kehamilan diperkirakan butuh 80 ribu kalori lebih banyak ketimbang sebelum hamil.

2. Protein

Ibu hamil membutuhkan protein sekitar 60 gram. Ini berarti 10 atau 15 gram lebih tinggi dibandingkan kebutuhan sebelum hamil. Manfaat protein diantaranya untuk membentuk jaringan baru, plasenta, mendukung pertumbuhan serta diferensiasi sel.

3. Lemak

Lemak sebagai sumber kalori utama dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Selain itu, lemak menjadi sumber tenaga yang penting bagi pertumbuhan jaringan plasenta. Pada kehamilan yang normal, kadar lemak pada aliran darah akan meningkat pada akhir trimester ketiga. Tubuh ibu hamil pun menyimpan lemak untuk mendukung persiapan menyusui setelah melahirkan.

4. Karbohidrat

Karbohidrat menjadi sumber utama tambahan kalori yang dibutuhkan selama kehamilan. Karbohidrat memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan janin. Dianjurkan ibu hamil mengonsumsi sumber karbohidrat kompleks seperti nasi, roti, serealia, dan pasta. Karbohidrat kompleks mengandung vitamin dan mineral juga meningkatkan asupan serat yang dianjurkan selama hamil untuk mencegah terjadinya sulit buang air besar dan wasir.

5. Vitamin dan Mineral

Selanjutnya, ibu hamil juga membutuhkan banyak vitamin dan mineral dibandingkan sebelum hamil. Zat ini dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin serta proses diferensiasi sel. Sementara vitamin B1, vitamin B2, niasin, dan asam pantotenat dibutuhkan untuk membantu proses metabolisme energi. Untuk membentuk DNA dan sel-sel darah merah dibutuhkan vitamin b6 dan B12. Vitamin B6 juga berperan penting dalam metabolisme asam amino.

Kemudian, kebutuhan vitamin A dan C juga meningkat sepanjang kehamilan. Begitu juga kebutuhan mineral, terutama magnesium dan zat besi. Dalam hal ini, magnesium dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan jaringan lunak. Zat besi dibutuhkan untuk membentuk sel darah merah dan berguna untuk pertumbuhan dan metabolisme energi dan meminimalkan terjadinya anemia. Kebutuhan zat besi ini mencapai dua kali lipat dibandingkan sebelum hamil.

Manfaat Folavit Untuk Kecantikan

1. Mengurangi munculnya kerutan pada kulit

Mengonsumsi secara teratur asam folat secara cukup tidak hanya mengurangi munculnya tanda-tanda penuaan. Seperti kerutan, garis-garis halus dapat dihindari dengan mengkonsumsi asam folat yang akan memproduksi kolagen di kulit sehingga kulit lebih kencang. Asupan folat direkomendasikan untuk membantu dalam mendetoksifikasi tubuh kita, sehingga mengurangi terjadinya jerawat, dan mengobati jerawat yang muncul.

2. Melindungi kulit dari sinar matahari

Terlalu banyak paparan sinar matahari dapat merusak DNA dalam sel kulit kita sehingga membuat kulit rentan terhadap kanker kulit. Asam folat dapat membalikkan kerusakan kulit akibat sinar matahari.

3. Membuat kulit glowing

Asam folat dapat menyehatkan kulit yang dapat membuat kulit tampil lebih bercahaya atau glowing dan sehat. Tekstur kulit akan lebih lembap dan kenyal, selain itu asam folat dapat menghindari kulit dari iritasi dan ruam pada kulit.

Manfaat Folavit untuk Kecantikan Lainnya

4. Mengontrol breakout

5. Mampu Mengobati Penyakit Anemia

6. Mampu Mencegah Bayi Lahir dalam Wujud Cacat

7. Mampu Mengatasi Dampak Langsung Konsumsi Alkohol

8. Mengobati Infeksi

9. Mampu Mengobati Diare

Manfaat Folavit untuk Suami Istri

1. Masalah kesuburan

Jika untuk wanita hamil folavit digunakan untuk mencegah terjadinya cacat pada janin yang ada dalam kandungan, lain halnya dengan pria. Folavit yang mengandung asam folat, sangat bermanfaat untuk pria yang memiliki masalah kesuburan atau infertilitas. Sebab, sejatinya obat ini adalah suplemen makanan yang dibutuhkan oleh semua orang tidak terkecuali pria.

2. Membuat sperma lebih berkualitas

Manfaat lain dari asam folat yang ada pada khasiat ketumbar pada pria  adalah dapat membuat sperma menjadi lebih berkualitas. Sperma yang sehat dan kuat memiliki peluang yang besar untuk melakukan pembuahan terhadap sel telur. Oleh karena itu, bagi suami yang ingin merencanakan kehamilan, disarankan untuk mengkonsumsi asam folat agar sperma-nya lebih berkualitas.

3. Mengurangi resiko kelainan pada sperma

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan pada Human Reproduction pada tahun 2008 mengatakan bahwa pria yang mengkonsumsi asam folat setiap hari dapat menurunkan resiko terjadinya kelainan pada sperma sebanyak 20%-30%.

Manfaat Folavit untuk Suami Istri Lainnya

4. Mengurangi potensi sperma yang tidak normal

5. Meningkatkan jumlah sperma

6. Mencegah mandul

7. Mengurangi depresi

8. Mencegah Alzheimer

9. Mencegah down syndrome

10. Memproduksi sel darah merah

11.Terhindar dari penyakit jantung

Efek Samping dan Bahaya Folavit

  1. Penurunan berat badan mendadak dan mengurangi nafsu makan.
  2. Tastelessness, lidah merah atau sakit.
  3. Anemia bersama dengan pusing, dan sesak napas.
  4. Masalah janin selama awal kehamilan.
  5. Libido rendah.
  6. Gangguan suasana hati.
  7. Kulit gatal atau iritasi.
  8. Reaksi alergi seperti muncul ruam merah, gatal, pembengkakan, mata berair, hingga sesak napas. Reaksi ini bisa muncul pada pasien yang memiliki alergi terhadap asam folat atau kandungan lainnya dalam suplemen.
  9. Gangguan pencernaan meliputi perut kembung, mual, muntah, sakit perut.
  10. Gangguan sistem saraf pusat yang berdampak pada kesulitan tidur, sulit konsentrasi, cemas, mudah marah, bingung, hingga depresi.

Nah, sebenarnya folavit merupakan suplemen yang familiar di telinga kita. Dilihat dari manfaat folavit, tak heran kalau suplemen ini sangat laris di pasaran. Manfaat folavit akan kita bahas dan ulas pada kesempatan kali ini. Folavit adalah suplemen yang memiliki kandungan asam folat. Sebagaimana kita ketahui bahwa asam folat sangat berguna bagi pertumbuhan dan kecerdasan otak. Terlebih bagi anak dan ibu hamil. Banyak dokter yang menyarankan agar ibu hamil mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat demi perkembangan otak janin.

Suplemen folavit bukanlah suplemen yang dosisnya sesuai resep dokter, bahkan suplemen ini dijual bebas di pasaran. Walaupun folavit memiliki banyak manfaat di dalamnya. Sebagai konsumen, kita tetap perlu konsultasi kepada ahlinya. Untuk pemakaian rutin, kita dapat berkonsultasi pada dokter atau tim medis lain.

Share

Recent Posts

54 Manfaat Kencur untuk Penyakit, Wajah, Kulit dan Bayi

Manfaat Kencur - Kencur merupakan salah satu jenis tanaman yang termasuk keluarga jahe dan mampu dijadikan bahan obat-obatan serta tergolong…

2 bulan ago

50 Manfaat Air Putih Bagi Pengobatan, Tubuh, Wajah, Diet, Keputihan dan Promil

Manfaat Air Putih - Air putih merupakan sebuah zat cair yang mempunyai molekul hidrogen dan oksigen. Air ini mempunyai warna…

2 bulan ago

20 Manfaat Hewan Bagi Manusia, Lingkungan dan Kehidupan

Manfaat Hewan - Manusia tidak bisa bertahan hidup seorang diri. Dalam upaya memenuhi seluruh kebutuhan hidupnya manusia akan memanfaatkan makhluk…

2 bulan ago

20 Manfaat Facial Wajah, Pengertian, Cara Melakukan, Harga dan Efek Samping

Manfaat Facial Wajah - Facial wajah kini menjadi hal yang sangat penting untuk merawat wajah supaya tampak lebih segar dan…

2 bulan ago

34 Manfaat Air Mani Pria untuk Kesehatan, Kecantikan dan Wanita

Manfaat Air Mani Pria - Air mani atau yang juga disebut dengan istilah semen adalah cairan putih yang keluar saat…

2 bulan ago

99 Manfaat Olahraga di Pagi, Sore dan Malam Hari untuk Kesehatan

Manfaat Olahraga - Manfaat olahraga secara umum sudah banyak diketahui oleh masyarakat, namun masih sangat sedikit yang mengatahui manfaat olahraga…

2 bulan ago