Connect with us
Meloxicam, Manfaat Meloxicam, Khasiat Meloxicam, Dosis Meloxicam, Gambar Meloxicam

Obat

10 Manfaat Meloxicam, Jenis, Kandungan, Dosis, Aturan Pakai, Harga, Serta Efek Samping

Manfaat Meloxicam – Ras nyeri, kaku pada otot sendi, atau peradangan merupakan beberapa penyakit dari sekian permasalahan otot. Sebagai obat, Meloxicam sangat bermanfaat untuk mengatasi penyakit tersebut dan semacamnya. Obat ini juga banyak digunakan dalam mengatasi asam urat dan juga arthritis. Tentu saja manfaat Meloxicam untuk kesehatan tubuh bukan itu saja. Obat ini termasuk dalam golongan yang disebut nonsteroidal anti-inflammatory druig (NSAID). Sesuai namanya, obat ini berfungsi sebagai anti-inflamasi yang cukup ampuh.

Meloxicam, Manfaat Meloxicam, Khasiat Meloxicam, Dosis Meloxicam, Gambar Meloxicam

Sebagai anti inflamasi, kegunaan utama dari obat ini adalah mengatasi masalah otot seperti peradangan, bengkak, dan lainnya. Tidak hanya mengatasi dalam bentuk fisik, sebagai kandungan anti inflamasi, obat ini juga mampu mengatasi rasa sakit dan nyeri akibat penyakit yang diderita. Dalam mengatasi penyakit dengan potensi bersifat kronis seperti arhritis, tanyakan secara mendetail kepada dokter Anda dalam penanganan jangka panjang.

Kandungan Meloxicam :

  • Anti-inflamasi
  • Asam enolat
  • Meloxicam 7,5 mg/15 mg

Dosis Meloxicam :

  • Untuk pemberian kepada orang dewasa terbagi tiga. Dosis awal sebanyak 7.5 mg sekali dama sehari sedangkan untuk dosis pemeliharaan juga berjumlah sama yaitu 7.5 mg.
  • Untuk dosis maksimal orang dewasa, jangan lebih dari 15 mg perhari. Jika terjadi overdosis, bisa menyebabkan efek samping yang berbahaya.
  • Dosis yang baik untuk anak-anak, dalam kasus juvenille rheumatoid arthritis adalah setara atau boleh lebih dengan 2 tahun, yakin 0.125 mg/kg sekali dalam sehari.
  • Maksimal dan jangan lebih diberikan kepada anak-anak adalah 7.5 mg dalam sehari. Pada umumnya, obat ini mengandung 7.5 mg dan juga 15 mg. Gunakan sesuai dengan kebutuhan dan resep dokter.
  • Dengan catatan, informasi dosis di atas bukan lah pengganti informasi. Sebaiknya sebelum itu konsultasi terlebih dahulu kepada dokter.

Aturan Pakai Meloxicam :

  • Penggunaan obat ini hanya untuk masalah-masalah otot seperti rasa nyeri, peradangan otot, atau lainnya. Menggunakan secara berlebihan walaupun dengan pikiran positif sangat tidak dianjurkan. Pemberian dalam sehari hanya 15 mg saja. Jika lebih dari itu, bisa menyebabkan efek samping berbahaya yang bisa berefek pada kesehatan jiwa dan raga.
  • Lebih baik tidak menggunakan obat yang bisa berienteraksi dengan obat ini karena memiliki resiko efek samping yang berbahaya. Khususnya obat NSAID, sebaiknya gunakan obat secara bijak dan jangan sembarangan. Jika perlu, tanyakan kepada dokter Anda obat-obat apa saja yang aman untuk konsumsi bersamaan dengan obat Meloxicam dan mana yang harus dihindari.
  • Jangan memakan obat ketika sedang dalam proses makan karena bisa berientraksi dan akan menimbulkan efek samping. Seperti mengonsumsi alkohol, obat-obatan tertentu, atau ekstrak dari tembakau. Tanyakan terlebih dahulu hal dan makanan apa saja yang harus dihindari ketika dalam masa penyembuhan menggunakan obat ini.
  • Perhatikan penggunaan obat yang baik dan benar dengan masalah penyakit lainnya yang Anda derita. Penggunaan obat dengan penyakit tertentu bisa terjadi intreaksi dan menyebabkan efek samping. Beberapa penyakit tersebut adalah anemia, asma, edema, dehidrasi, penyakit ginjal, dan lainnya. Untuk hal ini, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda.

Jenis Meloxicam :

  • Tablet, obat ini hanya tersedia dalam bentuk tablet. Penggunaan jenis ini cocok untuk dikonsomsi kepada pasien karena jenis tablet memiliki interaksi hanyut lebih cepat. Penggunaan obat seperti cocok dalam mengatasi penyakit dengan bekerja sebagai anti-piretik, analgesik, anti-inflamasi, dan juga enzim.

Harga Meloxicam :

Harga untuk obat ini tidak menentu, tergantung jenis, takaran, bentuk, dan lainnya. Berikut ini harga pasaran untuk obat jenis Meloxicam:

  • Meloxicam Novell 15 mg TAB, Rp 1.643,-/tablet
  • Meloxicam 7.5 mg TAB Dexa, Rp 1.337,-/tablet
  • Meloxicam KF 15 mg TAB, Rp 1.860,-/tablet
  • Meloxicam Dexa 15 mg TAB 50s, Rp 1.700,-/tablet
  • Meloxicam 7.5 mg, Rp 947,-
  • Meloxicam IF 15 mg, Rp 1.641,-/tablet

Manfaat Meloxicam :

1. Membatas Produksi Prostagalandin

Manfaat obat meloxicam memiliki sistem dengan cara menghambat enzim untuk membuat prostaglandin. Senyawa ini berbahaya untuk tubuh karena dapat menyebabkan rasa sakit serta peradangan dalam otot. Dengan hilangnya senyawa ini, tubuh lebih menjadi ringan dan setidaknya rasa sakit tidak lagi terlalu terasa. Selain itu, obat ini juga mampu meningkatkan senyawa sehat lainnya untuk mengatasi masalah peradangan atau masalah otot lainnya.

2. Mengatasi Nyeri Pada Sendi

Untuk penderita arthritis sendiri, gejala nyeri sendi sudah menjadi gejala yang paling umum terjadi. Biasanya nyeri terjadi pada area sendi seperti lutut, sikut, dan lainnya. Nyeri ini bisa terjadi kapan saja bahkan ketika Anda sedang tidak melakukan apa-apa. Kandungan anti inflamasi pada obat ini akan membantu dalam mengatasi nyeri pada sendi. Selain itu, prostalanding juga menjadi penyebab nyeri namun obat ini akan menghentikan pembuatannya. Obat untuk nyeri sendi seperti Meloxicam sangat lah ampuh.

3. Mengatasi Pembengkakan

Masalah bengkak pada otot biasanya terjadi karena peradangan dan menjadi salah satu gejala dari arthritis. Pada dasarnya, obat ini memang ditujukan untuk gejala-gejala arthritis sedangkan untuk menyembuhkan arthritis secara langsung, memerlukan perawatan tambahan. Kandungan anti inflamasi pada obat ini membantu dalam mengatasi bengkak pada otot yang biasanya ditandai dengan kulit merah sedikit gelap.

4. Mengatasi Kekakuan Sendi

Saat terjadi kekakuan sendi, tubuh akan sedikit sulit digerakkan dan apabila dipaksakan, bisa menyebabkan rasa sakit. Masalah seperti ini disebabkan karena arthritis. Masalah bisa berasal dari sendi itu dan gangguan pada otot sekitar sendi tersebut. Selain anti inflamasi, kandungan senyawa lainnya dalam obat ini juga ikut membantu.

5. Mengatasi Peradangan Dalam

Peradangan dalam tubuh menyebabkan rasa sakit yang amat ketika disentuh atau ditekan dari luar. Sama seperti pembengkakan, peradangan atau pendarahan dalam tubuh bisa menyebabkan rasa sakit yang disertai dengan kulit menjadi merah layaknya memar. Peradangan untuk penyakit arthritis biasanya terjadi disekitar sendi pada tubuh.

6. Mengatasi Gerakan Sendi Terbatas

Karena kaku dan beberapa efek dari otot sekitar sendi, ada batasan tersendiri untuk penderita arthritis dalam menggerakan tubuh yang dominan digerakkan dengan adanya sendi seperti lutut, sikut, pergelangan kaki, dan tangan. Anti inflamasi bermanfaat untuk mengatasi peradangan sekitar sendi dan ikut membantu dalam memperlancar gerak sendi tersebut.

7. Atasi Merah pada Kulit Luar area Sendi

Kulit luar yang dimaksud adalah lutut, sikut, dan area sendi lainnya. Gejala ini sama seperti ketika terjadi memar pada kulit. Tidak menutup kemungkinan, area kemerahan ini juga berpotensi bengkak, sulit digerakkan, dan sakit. Di gejala arthritis satu ini, anti inflamasi pada obat Meloxicam sangat bermanfaat dalam mengatasi segalanya.

8. Mengatasi Osteoarthritis

Penyakit ini merupakan bagian dari arthritis atau bisa juga disebut sebagai penyakit lapisan tulang rawan sendi. Penyakit ini akan memberikan rasa sakit dan sulit dalam bergerak. Dalam kasus terburuknya, penyakit ini bisa menyebabkan pergeseran tulang sehingga menyebabkan bentuk tulang menjadi berantakan. Biasanya pasien yang terkena penyakit ini kurang lebih berusia 40 tahun ke atas.

9. Mengatasi Rheumatoid Arthritis

Merupakan jenis dari arthritis dan lebih menyerang kepada otot sekitar persendian. Pelindung luar sendi menjadi tempat pertama yang akan dipengaruhi oleh penyakit ini. Kemudian akan menjalar sekitar otot dan menjadi peradangan yang cukup berbahaya. Dalam kasus paling berbahayanya, hal ini bisa menyebabkan patah tulang dan memicu masalah jaringan dan organ lainnya.

10. Atasi Pergeseran Tulang

Pergeseran tulang atau rawan tulang bisa terjadi ketika penyakit ini sudah mencapai level berbahaya, bahkan bisa terjadi mulai dari anak-anak sampai orang tua. Anti inflamasi pada obat ini membantu dalam mengatasi masalah otot yang memicu pergeseran tulang.

Cara Menyimpan Obat Meloxicam :

Jangan sampai meletakkan obat ini di tempat dengan suhu tinggi karena bisa mempengaruhi kualitasnya. Pastikan meletakkan di area bersuhu kamar atau boleh lebih sejuk lagi, misalnya di dalam kulkas temperatur tidak terlalu rendah. Jauhkan juga dari jangkauan anak-anak atau orang-orang yang tidak sedang memiliki riawat penyakit apapun.

Jangan letakkan obat di area yang rendah dengan kemasan terbuka karena cuaca bisa mempengaruhi kefektifan obat. Jika terlihat sudah tidak layak digunakan, sebaiknya di buang saja meski pada dasarnya obat memiliki daya tahan lama. Jangan letakkan obat pada suhu yang tidak seimbang seperti kelembapan yang terlalu tinggi atau tempat kering yang memiliki suhu panas berlebihan.

Peringatan :

Dalam kemasan tablet obat ini biasanya terdapat penyampaian peringatan yang sebaiknya Anda baca dan jangan diremehkan. Untuk mencapai manfaat yang baik, pastikan tidak mengabaikan peringatan yang tercantum seperti:

1. Hindari dari wanita yang sedang hamil, menyusui, atau baru melahirkan

2. Untuk anak-anak, tanyakan dosis yang baik kepada dokter

3. Konsumsi hanya setelah makan atau sebelum makan

4. Jangan mengkonsumsi obat ini saat sedang mengemudi

5. Hindari waktu konsomsi di jam-jam yang padat

6. Hindari konsumsi obat setelah melakukan olahraga berat atau pekerjaan berat

7. Hati-hati untuk penderita tukak lambung, polip hidung, diabetes, asma, dan gangguan pencernaan

8. Jangan dikonsomsi bagi penderita alergi obat anti inflamasi

9. Sebelum konsumsi, ikuti saran dokter dan beritahu dokter sebelum menjalankan pengobatan

10. Jangan mengkonsumsi dengan dosis yang tidak diberikan dokter

11. Jika terjadi alergi atau gejala overdosis, segera hubungi dokter

Upaya Pencegahan Penyalahgunaan Obat :

Beberapa upaya pencegahan yang harus dihindari dari obat ini adalah dengan memerhatikan peringatan-peringatannya. Dalam hal ini, penggunaan obat oleh pasien terkena alergi atau wanita hamil sangat tidak dianjurkan karena memiliki efek yang sangat berbahaya. Jika terjadi gejala yang tidak diinginkan, segera lakukan pertolongan pertama dan bawa pasien ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Efek Samping Meloxicam :

Setiap obat pasti memiliki efek samping tersendiri karena ulah sendiri yang tidak mengikuti saran dokter. Biasanya terjadi saat pasien mengalami intreaksi obat, overdosis, atau akibat alergi yang sebelumnya tidak diketahui. Beberapa efek samping obat Meloxicam adalah:

1. Tubuh tiba-tiba menjadi lemas dan tidak berenergi

2. Tubuh menjadi lelah

3. Terasa mual atau muntah

4. Perut menjadi sakit

5. Pada bagian feses akan berubah menjadi warna gelap

6. Mengeluarkan darah pada feses

7. Sulit dalam bernafas (asma)

8. Kejang-kejang pada sebagian atau seluruh tubuh

9. Keadaan terburuk, bisa menyebabkan koma

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Folavit untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Untuk bisa menarik manfaat obat Meloxicam, sebaiknya ikuti resep dokter dan segala peringatan pada obat itu karena semuanya akan baik-baik saja selama Anda mengikuti segala aturan pemakaian yang Anda. Jika terjadi hal yang tidak dinginkan, maupun itu hal kecil, segera hubungi dokter karena gejala kecil bisa menjadi pertanda penyakit besar.

Continue Reading

Lainnya dari Obat

Terbaru

Daging Sapi, Manfaat Daging Sapi, Khasiat Daging Sapi
Daging Kuda, Manfaat Daging Kuda, Khasiat Daging Kuda
Ikan Cakalang, Manfaat Ikan Cakalang, Khasiat Ikan Cakalang
Mandi Susu, Manfaat Mandi Susu Khasiat Mandi Susu
Daging Katak, Manfaat Daging Katak, Khasiat Daging Katak
Telur Ikan, Manfaat Telur Ikan, Khasiat Telur Ikan
Kulit Buaya, Manfaat Kulit Buaya, Khasiat Kulit Buaya
Daging Buaya, Manfaat Daging Buaya, Khasiat Daging Buaya
Daging Bulus, Manfaat Daging Bulus, Khasiat Daging Bulus
Thaharah, Manfaat Thaharah, Khasiat Thaharah
Daging Belibis, Manfaat Daging Belibis, Khasiat Daging Belibis
Omega 9, Manfaat Omega 9, Khasiat Omega 9
Kulit Sapi, Manfaat Kulit Sapi, Khasiat Kulit Sapi , Jaket Kulit Sapi , Kulit Sapi Basah, Kulit Sapi Kering
kulit kambing, Jaket kulit kambing, Kaligrafi kulit kambing, manfaat kulit kambing, Khasiat kulit kambing, Motif Macan kulit kambing
Ikan Hiu, Manfaat Ikan Hiu, Khasiat Ikan Hiu
Tidur Siang, Manfaat Tidur Siang, Khasiat Tidur Siang
Desloratadine, Manfaat Desloratadine, Kegunaan Desloratadine, Khasiat Desloratadine
Lemak, Manfaat Lemak, Khasiat Lemak
Omega 3, Manfaat Omega 3, Khasiat Omega 3
Omega 6, Manfaat Omega 6, Khasiat Omega 6, Kandungan Omega 6
To Top