Connect with us
Paracetamol, Manfaat Paracetamol, Khasiat Paracetamol

Obat

10 Kandungan, Dosis, Fungsi, Manfaat dan Khasiat Paracetamol untuk Kesehatan Serta Efek Samping

Paracetamol merupakan obat berbentuk tablet dan sirup yang sering dimanfaatkan untuk kesehatan, karena dapat mengatasi penyakit nyeri, demam sakit gigi, haid, sakit kepala dan flu. Manfaat paracetamol dikenal luas sebagai obat pereda nyeri (analgesik) dan penurun demam (antipiretik).

Paracetamol, Manfaat Paracetamol, Khasiat Paracetamol, Kandungan, Dosis, Fungsi, Manfaat dan Khasiat Paracetamol untuk Kesehatan Serta Efek Samping

Hampir setiap orang yang merasa sedang sakit akan meminum obat ini. Reaksinya memang cepat dan langsung cespleng untuk meredakan rasa sakit ringan sampai menengah. Demikian juga bila rasa demam sedang melanda. Obat ini sangat mudah didapatkan dan harganya murah. Nama lain dari obat ini yaitu asetaminofen.

Cara kerjanya yaitu menurunkan produksi zat prostaglandin. Prostaglandin ini merupakan senyawa yang dilepaskan oleh tubuh sebagai reaksi akibat adanya kerusakan atau infeksi di dalam tubuh. Prostaglandin yang mengakibatkan terjadi peradangan, rasa nyeri, dan demam. Dengan mengurangi produksi prostaglandin, rasa sakit dan demam bisa jauh berkurang.

Kandungan Paracetamol :

Paracetamol atau asetaminofen merupakan akronim dari N-asetil-para-aminofenol (versi Amerika) atau para-asetil-amino-fenol (versi Inggris). Rumus kimia C8H9NO2, dengan massa molekul 151.163 g/mol. Di pasaran, biasa dikenal dengan banyak nama dagang, antara lain: Biogesic, Panadol, Farmadol, Eterfix, Kamolas, Pamol, Pehamol.

Dosis Paracetamol :

Tersedia kemasan tablet 500 mg, sirup 125 mg/ 5 ml, sirup 160 mg/ 5 ml, sirup 250 mg/ 5 ml, dan suppositoria.

Fungsi Paracetamol :

Fungsinya dari obat ini yaitu sebagai pereda rasa nyeri, demam sakit gigi, haid, sakit kepala dan flu.

Aturan Pakai Paracetamol :

Bentuk tablet 

  • Untuk bayi berumur 2-3 bulan setelah imunisasi, dosisnya sebanyak 60 miligram yang diberikan tiap 4-6 jam dalam sehari.
  • Untuk bayi berumur 3-6 bulan, dosisnya sebanyak 60 miligram yang diberikan tiap 4-6 jam dalam sehari.
  • Untuk bayi berumur 6-24 bulan, dosisnya sebanyak 120 miligram yang diberikan tiap 4-6 jam dalam sehari.
  • Untuk anak-anak berumur 2-4 tahun, dosisnya sebanyak 180 miligram yang diberikan tiap 4-6 jam dalam sehari.
  • Untuk anak-anak berumur 4-6 tahun, dosisnya sebanyak 240 miligram yang diberikan tiap 4-6 jam dalam sehari.
  • Untuk anak-anak berumur 6-8 tahun, dosisnya 240-250 miligram yang diberikan tiap 4-6 jam dalam sehari.
  • Untuk anak-anak berumur 8-10 tahun, dosisnya 240-250 miligram yang diberikan tiap 4-6 jam dalam sehari.
  • Untuk anak-anak berumur 10-12 tahun, dosisnya 480-500 miligram yang diberikan tiap 4-6 jam dalam sehari.
  • Untuk orang dewasa berumur 12-16 tahun, dosisnya 480-750 miligram yang diberikan tiap 4-6 jam dalam sehari.
  • Untuk orang dewasa berumur lebih dari 16 tahun, dosisnya 500-1000 miligram yang diberikan tiap 4-6 jam dalam sehari.

Bentuk sirup 125 mg/ 5 ml

  • Untuk bayi berumur 0-1 tahun, dosisnya sebanyak ½ sendok takar 5 ml yang diberikan 3-4 kali sehari.
  • Untuk anak-anak berumur 1-2 tahun, dosisnya sebanyak 1 sendok takar 5 ml yang diberikan 3-4 kali sehari.
  • Untuk anak-anak berumur 2-6 tahun, dosisnya 1-2 sendok takar 5 ml yang diberikan 3-4 kali sehari.
  • Untuk anak-anak berumur 6-9 tahun, dosisnya 2-3 sendok takar 5 ml yang diberikan 3-4 kali sehari.
  • Untuk anak-anak berumur 9-12 tahun, dosisnya 3-4 sendok takar 5 ml yang diberikan 3-4 kali sehari.

Manfaat Paracetamol Untuk Kesehatan :

1. Pereda nyeri

Pada saat tubuh kita terinfeksi virus, akan terjadi pelepasan antibody yang akan menghancurkan virus ini. Bersamaan dengan pelepasan zat prostaglandin yang menimbulkan rasa sakit di tubuh kita. Untuk mengurangi produksi zat prostaglandin inilah, asetaminofen dibutuhkan. Jadi, pada dasarnya, obat ini hanya untuk mengurangi rasa sakit saja, tapi mekanisme penghancuran virus tetap diperankan oleh antibody kita.

2. Penurun demam

Pada saat tubuh terinfeksi virus atau sedang mengalami gangguan, suhu badan bisa tinggi sampai lebih dari suhu normal tubuh yang berkisar di angka 36-37 derajat Celcius. Suhu tinggi ini karena sebagian besar energi dipakai oleh antibody dan berbagai jaringan untuk memerangi virus maupun memperbaiki sel-sel yang rusak. Asetaminofen mirip berperan sebagai pendingin pada mesin.

3. Pereda sakit kepala

Rasa sakit kepala bisa diredakan segera dengan obat ini. Karena produksi zat prostaglandin dihambat oleh asetaminofen. Namun, bila sakit kepala karena luka berat tak cukup hanya diberi obat ini karena reaksinya lambat. Sakit kepala karena flu atau gangguan metabolisme tubuh cukup memakai paracetamol.

4. Pereda migraine atau sakit kepala sebelah

Migraine atau sakit kepala sebelah termasuk nyeri ringan sehingga cukup diberi obat ini sudah bisa menghilangkan rasa sakitnya. Bagi ibu hamil yang seringkali mengalami migraine, boleh mengkonsumsi obat ini. Belum ada bukti konsumsi paracetamol berdampak buruk pada janin yang sedang dikandungnya.

5. Mengurangi sakit pegal-pegal

Sakit pegal-pegal di badan termasuk nyeri ringan. Untuk meredakan nyeri ini bisa langsung meminum obat asetaminofen. Namun, bila rasa pegal-pegal ini karena hanya kelelahan saja, dengan hanya cukup beristirahat saja sudah bisa menghilangkan rasa nyeri ini. Tidak disarankan untuk dikonsumsi setiap kali merasakan sakit di badan.

6. Mengurangi rasa nyeri pada otot-otot

Terkadang otot-otot terasa kaku dan sakit sehingga perlu obat untuk meredakannya. Namun, ada baiknya diteliti terlebih dulu apa penyebab rasa nyeri pada otot-otot ini. Pasalnya, dikit-dikit minum obat paracetamol akan berdampak buruk pada organ hati kita.

7. Toleran untuk pengidap maag dibandingkan dengan aspirin

Selama ini belum ditemukan adanya pelukaan pada dinding lambung akibat konsumsi obat ini. Oleh karena itu, obat ini memang diperbolehkan sebagai obat bagi yang memiliki penyakit maag. Lain halnya dengan aspirin yang berisiko mengiritasi dinding lambung.

8. Obat bisul

Dengan ditumbuk halus, lalu dioleskan pada bisul akan mempercepat pengeringannya. Praktik pengobatan ini banyak dilakukan oleh masyarakat desa yang pada awalnya coba-coba. Ternyata hasilnya bisa menyembuhkan sekaligus mengeringkannya. Namun, butuh penelitian lebih lanjut dari para ahli medis karena bisa saja mengakibatkan efek samping pada tubuh.

9. Obat koreng basah

Sama halnya dengan bisul, koreng basah yang diakibatkan bakteri bisa sembuh dengan menaburkan gerusan obat ini. Pengalaman orang yang pernah mempraktekkan, rasanya sangat perih pada mulanya, lalu berangsur-angsur adem. Selanjutnya koreng basah tampak mengering dan sembuh. Inipun masih perlu penelitian lebih lanjut dari ahli medis.

10. Obat mabok karena kebanyakan makan daging kambing

Sehabis menyantap daging kambing terlalu banyak biasanya akan merasa pening. Ini disebut mabok daging. Untuk mengatasinya, cukup meminum panadol atau sejenisnya. Dalam seketika rasa pening telah hilang. Namun, berhati-hatilah dengan kondisi tubuh Anda karena hal ini bisa memicu penyakit-penyakit lainnya muncul. Misalnya saja, hipertensi, risiko jantung koroner, stroke, dll.

Efek Samping Paracetamol :

Selama pemakaian obat ini sesuai dengan aturan pakai, tidak akan terjadi iritasi pada lambung, tidak mempengaruhi pada kekentalan darah, dan tidak mempengaruhi fungsi ginjal. Baru ada efek sampingnya bila dikonsumsi lebih dari 2.000 miligram per hari. Gangguan yang terjadi yaitu risiko lambung teritasi, kekentalan darah meningkat, fungsi ginjal terganggu, kerusakan organ hati.  Gejala-gejala lainnya mungkin adanya ruam-ruam, pembengkakan, sesak nafas, tekanan darah rendah, denyut jantung lebih cepat, produksi sel-sel darah putih menurun.

Harga Paracetamol :

Paracetamol Tablet 500MG = Rp 1.641,- / Strip

Paracetamol Sirup 120MG/5ML = Rp 6.420,- / Botol

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Jelly Gamat Gold G Sea Cucumber untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Selain manfaatnya yang banyak bagi manusia, perlu diwaspadai penggunaannya. Tidak semua rasa sakit pada tubuh kita harus diberi obat ini. Ada kalanya dengan cukup beristirahat sudah bisa meredakan rasa nyeri di tubuh. Pada dasarnya, tubuh kita sendiri yang akan melawan bibit-bibit penyakit. Obat ini hanya membantu proses penyembuhannya saja. Sebagai pertolongan pertama, obat ini direkomendasikan selalu ada di kotak P3K Anda.

Continue Reading

Lainnya dari Obat

Terbaru

Kapur Sirih, Manfaat kapur Sirih, Khasiat Kapur Sirih
Tidur tanpa celana dalam, Manfaat Tidur tanpa celana dalam, Khasiat Tidur tanpa celana dalam
Plank, Manfaat Plank, Khasiat Plank
Angkak, Manfaat Angkak, Khasiat Angkak
Daun Cempaka Putih
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh, Khasiat Sholat Subuh
Baking Powder, Manfaat Baking Powder, Khasiat Baking Powder
ASI, Manfaat ASI, Khasiat ASI
Surat Al Iklas, Manfaat Surat Al Iklas, Khasiat Surat Al Iklas
Melia Biyang, Manfaat Melia Biyang, Khasiat Melia Biyang
BB Cream, Manfaat BB Cream, Khasiat BB Cream
Brotowali, Manfaat Brotowali, Khasiat Brotowali
Asmaul Husna, Manfaat Asmaul Husna, Khasiat Asmaul Husna
Bunga Melati, Manfaat Bunga Melati, Khasiat Bunga Melati
Daun Sisik Naga, Manfaat Daun Sisik Naga, Khasiat Daun Sisik Naga
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Klorofil K Link, Manfaat Klorofil K Link, Khasiat Klorofil K Link
Daun Keji Beling, Manfaat Daun Keji Beling, Khasiat Daun Keji Beling
To Top