Connect with us
Pasta Gigi, Manfaat Pasta Gigi, Khasiat Pasta Gigi

Obat

26 Manfaat dan Khasiat Pasta Gigi Untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat pasta gigi – Pasta gigi atau odol merupakan obat maupun alat untuk membersihkan gigi yang biasanya digunakan bersamaan dengan sikat gigi. Manfaat pasta gigi yang paling utama tentu membersihkan area seputar mulut kita. Sebagian orang menyebutnya odol, yang pada umumnya berwarna putih. Namun sekarang dijumpai pula yang berwarna hijau bening dan pink bening. Variasi warna tersebut tidak mengurangi fungsi dan manfaat. Variasi warna pada odol terkait dengan penciptaan pasar dari perusahaan yang memproduksi odol. Di benak masyarakat, tentu yang paling laku adalah pasta gigi yang berwarna putih.

Pasta Gigi, Manfaat Pasta Gigi, Khasiat Pasta Gigi

Walaupun banyak variasi warna, namun obat sekaligus pembersih gigi ini banyak sekali manfaatnya. Selain untuk merawat gigi, khasiat pasta gigi untuk rambut, wajah, bibir dan alat kelamin juga ada.

Kandungan Gizi Pasta Gigi :

Komposisi atau kandunagn odol terdiri atas :

  • agen abrasif
  • zat perasa
  • zat pewarna
  • humektan
  • zat pengikat
  • deterjen.

Agen abrasif yaitu berupa bahan kasar yang terdiri atas kalsium karbonat, dikalsium fosfat dihidrat, dan magnesium trisilikat. Zat perasa terdiri atas pemanis buatan atau sakirin. Sekarang, rasanya bervariasi mulai dari rasa mint, permen karet, lemon-lime, bahkan buah-buahan. Zat pewarna terdiri atas titanium dioksida untuk berwarna putih, sedangkan pewarna makanan untuk pasta yang berupa gel. Humektan terdiri atas gliserol dan sorbitol. Zat pengikat berupa koloid hidrofilik. Zat deterjen berupa senyawa natrium lauril sulfat.

Manfaat Pasta Gigi Untuk Kesehatan :

1. Mematikan bakteri dan kuman-kuman penyebab penyakit

Manfaat pasta gigi yaitu dapat membasmi seluruh bakteri dan kuman penyebab penyakit dalam gigi. Komponen kelompok dari agen abrasif yang berperan mematikan bakteri dan kuman-kuman penyebab berbagai penyakit. Senyawa-senyawa kalsium karbonat, dikalsium fosfat dihidrat, dan magnesium trisilikat dalam konsentrasi rendah bisa merusak sel-sel bakteri tanpa merusak sel-sel di organ mulut.

2. Mencegah gigi berlubang

Pasta gigi mengandung kalsium yang akan menambah nutrisi pada gigi sehingga memiliki struktur yang kuat. Gigi tak mudah rapuh dan tak mudah berlubang-lubang. Pasalnya, sekali gigi berlubang, bakteri dan kuman-kuman langsung bercokol di dalam lubang tersebut dan terus berkembang biak.

3. Memutihkan gigi

Odol memutihkan gigi karena mengandung zat pewarna berupa titanium dioksida. Namun, tidak semua gigi yang tak berwarna putih itu berarti tak sehat. Ada juga gigi sehat yang berwarna kekuning-kuningan. Yang terpenting bukan putihnya gigi, tapi sehat tidaknya gigi.

4. Membuat mulut terasa segar

Adanya berbagai komponen agen abrasif, zat perasa, pewarna, humektan, dan zat pengikat membuat mulut terasa lebih segar. Menyikat gigi tanpa pasta gigi memang bisa membuat bersih mulut, tapi tak bisa memberikan kesegaran. Selain membuat mulut terasa segar, juga membuat mulut lebih terasa sehat.

5. Menghilangkan bau mulut

Adanya kandungan zat perasa yang membuat bau mulut lenyap. Rasa mint akan membuat bau mulut terasa segar. Ditambah dengan tidak adanya bakteri yang dapat berkembang biak di rongga mulut yang membuat tidak terbentuknya gas-gas yang berbau busuk.

Manfaat Pasta Gigi Untuk Kesehatan Lainnya :

6. Menghilangkan plak atau karang gigi

7. Menguatkan gigi

8. Mengurangi panas dalam

9. Mengatasi sariawan

10. Menguatkan gusi

11. Membersihkan sisa-sisa makanan di sekitar gigi

12. Mengurangi rasa pahit akibat sakit

13. Mengurangi rasa mual

14. Sebagai hand sanitizier

15. Mengurangi rasa gatal-gatal di kulit

16. Mematikan jamur di kulit

Cara Memanfaatkan Pasta Gigi Untuk Kesehatan :

Untuk kesehatan seputar area mulut, cara paling gampang memanfaatkan pasta gigi yaitu dengan menyikat gigi dengan sikat gigi. Terapkan cara menyikat gigi yang benar. Mulai dari gerakan atas ke bawah di samping kanan kiri gigi, lalau deretan gigi bagian belakang, menggosok-gosokan sikat gigi di deretan atas gigi atas maupun bawah. Dengan menyikat gigi yang benar akan membuat sisa-sisa makanan di antara sela-sela gigi bisa terbuang. Dengan demikian bakteri dan kuman-kuman tak bisa berkembang biak.

Untuk mengobati jamur dan koreng di kulit bisa dilakukan dengan cara mengoleskan pasta gigi layaknya obat salep. Oleskan odol ke bagian kulit yang terserang jamur dan koreng. Rasanya akan terasa adem dan sedikit panas. Lama kelamaan jamur dan koreng pun lenyap.

Manfaat Pasta Gigi Untuk Kecantikan :

1. Memutihkan kulit

Pasta gigi mampu memutihkan kulit dan tampak lebih bersih. Sangat bagus diterapkan pada bagian kulit wajah. Caranya gampang, yaitu tinggal membuat campuran odol sebanyak satu sendok teh dengan air jus lemon sedikit saja. Gunakan campuran ini sebagai pembersih muka.

2. Menghilangkan rambut-rambut halus di wajah

Odol mampu menghilangkan rambut-rambut halus di wajah. Seringkali pertumbuhan rambut-rambut halus di wajah ini mengganggu penampilan Anda. Hal ini tentu membuat kita tak merasa percaya diri. Nah, untuk menghilangkannya cukup mudah saja. Tinggal membuat ramuan odol, lemon, gula, dan garam. Oleskan campuran ini ke wajah yang berambut sambil dipijit-pijit. Setelah itu dicuci dengan air bersih. Bulu-bulu halus pun akan rontok dengan sendirinya.

3. Mengatasi jerawat

Cara mengatasi jerawat dengan memakai odol sangatlah gampang. Tinggal mengoleskan pasta ke bagian yang berjerawat. Biarkan selama semalam sampai mengering. Esoknya, jerawat akan mengering dan mengempis.

4. Melenyapkan noda-noda di wajah

Noda-noda di wajah bisa merusak penampilan wajah cantik Anda. Segera saja oleskan pasta gigi yang dicampur dengan susu. Oleskan campuran tersebut ke bagian yang bernoda. Niscaya, noda-noda di wajah akan lekas lenyap. Itulah salah satu manfaat pasta gigi untuk wajah yang dapat anda coba dan rasakan.

5. Mencerahkan bagian kulit yang gelap

Bagian tubuh kita seringkali ada yang berwarna lebih gelap. Ini tentu membuat penampilan tubuh menjadi sedikit terganggu. Nah, untuk membuat warna gelap ini sama dengan warna kulit di sekitarnya, bisa memakai odol. Caranya cukup mudah yaitu dengan mencampurkan odol dengan sedikit air, lalu oleskan ke bagian kulit yang berwarna gelap itu. Niscaya, warnanya akan sama dengan warna kulit sekitarnya.

6. Menghilangkan komedo

Cara menghilangkan komedo dengan pasta gigi pepsodent, dipercaya oleh orang sangat mujarab. Manfaat odol untuk wajah tersebut akan terasa jika anda memanfaatkannya secara teratur.

Manfaat Pasta Gigi Untuk Kecantikan Lainnya :

7. Melenyapkan keriput-keriput di wajah

8. Mengatasi kulit berminyak

9. Melenyapkan noda-noda di tubuh

10. Menghilangkan kerutan

Cara Memanfaatkan Pasta Gigi Untuk Kecantikan

Perlakuan perawatan kecantikan untuk kulit layaknya kita mengaplikasikan olesan cream dan masker wajah. Bahan-bahan yang dicampurkan sangatlah sederhana. Bisa cukup sedikit air saja atau boleh dicampur dengan jus buah. Pemakaian ini disesuaikan dengan keperluan. Misalnya untuk mencerahkan wajah, maka bahan campuran yang dipakai yaitu jus lemon atau jus tomat.

Bila untuk mengatasi jerawat atau noda-noda hitam di wajah, cukp mengoleskan odol ke bagian yang tampak bernoda atau kulit yang tampak berwarna gelap. Yang terpenting jangan sampai berlebihan.

Efek Samping Pasta Gigi

Selama pemakaian pasta gigi pada ambang batas wajar, tak akan menimbulkan masalah pada kesehatan kita. Baru setelah pemakaiannya berlebihan, terasa akan ada gangguan pada kesehatan kita. Gangguan-gangguan kesehatan akibat pemakaian yang berlebihan, antara lain:

1. Deterjen, senyawa sodium lauryl sulfate menyebabkan sariawan pada mulut.

2. Agen perasa seperti peppermint, spearmint, carvone, menthol bisa menyebabkan alergi di rongga mulut.

3. Fluoride yang tertelan bisa mengakibatkan diare pada anak-anak.

4. Triclosan menjadi sumber penyebab alergi pada rongga mulut.

5. Propolis, azulene, hexylresorcinol, dipenten, cocamidopropyl juga menyebabkan aler di rongga mulut.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Kapsida untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat pasta gigi memang tak hanya untuk menjaga kesehatan area mulut saja, tapi bisa juga untuk kecantikan. Bahkan untuk pengganti salep antibakteri dan jamur pun bisa dipakai. Selama pemakaiannya dalam dosis wajar, tak akan menimbulkan gangguan kesehatan yang berarti bagi tubuh kita.

Continue Reading

Lainnya dari Obat

Terbaru

Daging Sapi, Manfaat Daging Sapi, Khasiat Daging Sapi
Daging Kuda, Manfaat Daging Kuda, Khasiat Daging Kuda
Ikan Cakalang, Manfaat Ikan Cakalang, Khasiat Ikan Cakalang
Mandi Susu, Manfaat Mandi Susu Khasiat Mandi Susu
Daging Katak, Manfaat Daging Katak, Khasiat Daging Katak
Telur Ikan, Manfaat Telur Ikan, Khasiat Telur Ikan
Kulit Buaya, Manfaat Kulit Buaya, Khasiat Kulit Buaya
Daging Buaya, Manfaat Daging Buaya, Khasiat Daging Buaya
Daging Bulus, Manfaat Daging Bulus, Khasiat Daging Bulus
Thaharah, Manfaat Thaharah, Khasiat Thaharah
Daging Belibis, Manfaat Daging Belibis, Khasiat Daging Belibis
Omega 9, Manfaat Omega 9, Khasiat Omega 9
Kulit Sapi, Manfaat Kulit Sapi, Khasiat Kulit Sapi , Jaket Kulit Sapi , Kulit Sapi Basah, Kulit Sapi Kering
kulit kambing, Jaket kulit kambing, Kaligrafi kulit kambing, manfaat kulit kambing, Khasiat kulit kambing, Motif Macan kulit kambing
Ikan Hiu, Manfaat Ikan Hiu, Khasiat Ikan Hiu
Tidur Siang, Manfaat Tidur Siang, Khasiat Tidur Siang
Desloratadine, Manfaat Desloratadine, Kegunaan Desloratadine, Khasiat Desloratadine
Lemak, Manfaat Lemak, Khasiat Lemak
Omega 3, Manfaat Omega 3, Khasiat Omega 3
Omega 6, Manfaat Omega 6, Khasiat Omega 6, Kandungan Omega 6
To Top