Connect with us

10 Manfaat Simvastatin, Jenis, Kandungan, Dosis, Aturan Pakai, Harga, Serta Efek Samping

Obat

10 Manfaat Simvastatin, Jenis, Kandungan, Dosis, Aturan Pakai, Harga, Serta Efek Samping

Manfaat Simvastatin – Simvastatin merupakan obat untuk menurunkan kolestrol atau lemak jahat pada tubuh seperti LDL dan trigliserida. Obat ini juga membantu dalam meningkatkan kolestrol baik (HDL) dalam darah sehingga membatu kesehatan tubuh. Obat ini juga banyak digunakan dibarengi dengan diet sehat karena kedua fungsinya tadi benar-benar bagus dalam keadaan ini.

Simvastatin, Manfaaat Simvastatin, Khasiat Simvastatin, Kandungan Simvastatin, Fungsi Simvastatin, Obat Simvastatin

Sebagai obat yang membantu dalam menurunkan kolestrol, Anda bisa memaksimalkan manfaat obat ini melalui cara hidup Anda. Rajinlah berolahraga dan terapkan diet sehat yang aman untuk kesehatan tubuh. Kalau perlu, hentikan kebiasan merokok sampai tubuh benar-benar sudah ideal menurut Anda jika dalam proses diet.

Kandungan simvastatin :

  • simvastatin

Dosis simvastatin :

  • Dosis untuk obat ini dalam pencegahan penyakit jantung adalah 5 sampai 40 mg sekali oral sekali sehari yang dilakukan pada malam hari.
  • Sedangkan untuk dosis penderita jantung koroner, atau yang beresiko terkenal penyakit ini, cukup 10 sampai 20 mg sekali oral sehari yang dilakukan pada malam hari. Lakukan bersamaan dengan diet dan olahraga.
  • Dosis untuk penurunan risiko kardiovaskular, bisa diberikan sekitar 5 sampai 40 mg oral sehari sekali di malam hari.
  • Untuk penderita homozygous, berikan maksimal 40 mg oral pada malam hari sehari sekali.
  • Untuk dosis anak-anak usia 18 tahun ke bawah, harap diketahui dengan cermat bahwa belum ada kepastian obat ini aman dan efektif mengatasi kolestrol.

Aturan Pakai simvastatin :

  • Saat pemakaian, sebaiknya hindari gaya hidup berbahaya seperti makan makanan berlemak, meningkatkan konsumsi serat, jangan merokok, dan tetap berolahraga. Pastikan olahraga dan dietnya teratur.
  • Obat ini bisa dikonsumsi pada malam hari, baik itu sesudah makan atau sebelum makan.
  • Jika telat memakan obat dan jeda untuk meminum obat selanjutnya masih tidak jauh, segara minum obatnya. Tapi apabila tidak, jangan pernah untuk menggandakan dosis dalam waktu yang sama.
  • Untuk menghindari kerusakan yang bisa terjadi pada tubuh dan organ seperti hati serta trigliserida, pastikan untuk menghindari minuman alkohol atau minuman keras lainnya.
  • Dokter menyarankan pasien untuk selalu memantai kondisi tubuh, dosis obat, dan kinerja dari obat tersebut. Pastikan untuk tetap mengikuti intruksi dokter dengan benar.

Jenis Obat simvastatin :

  • Tablet, penggunaan jenis ini dijadikan umum karena pada umumnya target obat ini adalah pasien berusia 18 tahun ke atas. Tersedia dalam berbagai varian takaran mulai dari 5mg, 10 mg, 20 mg, 40 mg, dan 80 mg.

Harga simvastatin :

Untuk harga terdapat beberapa varian tergantung jumlah takaran dan di mana Anda membeli. Secara pasaran, Anda bisa mendapatkan obat ini dengan harga:

  • Simvastatin: Rp 20.777,-

Manfaat simvastatin :

1. Membantu Menurunkan Kolestrol

Kolestrol merupakan metabolit yang didalamnya mengandung yang namanya lemak sterol. Sterol ini dimteukan di membran sel dalam plasma darah. Kolestrol juga dikenal sebagai jenis khusus dari lipid dengan sebutan steroid. Kemunculannya bisa memicu banyak penyakit yang cukup berbahaya, bahkan bisa mengacu ke kesehatan jantung jika tidak segera ditangani. Kandungan yang ada pada obat ini membantu dalam menurunkan kolestrol.

Loading...

2. Kurangi Resiko Serangan Jantung

Serangan jantung sering kali dikaitkan dengan adanya kolestrol atau lemak jahat yang menumpuk sekitar jantung. Itu sebabnya, penderita serangan jantung lebih rentang terjadi pada orang yang memiliki beban tubuh lebih berat. Kondisi ini bisa juga disebabkan karena pasokan darah pada jantung terhambat. Namun dalam hal ini, lemak lah yang menjadi pelaku utama dibandingkan dengan masalah hipertensi yang terpaut dengan darah.

3. Mampu Mencegah Resiko Stroke

Stroke juga bisa menjadi penyakit yang diakibatkan karena hehadiran kolestrol ini. Kondisi ini terjadi ketika pasokan darah terganggu akibat berbagai masalah seperti penyumbatan. Darah tersebut akan menuju ke sistem syaraf utama yaitu otak. Jika terjadi penyumbatan darah ke otak, otak akan kehilangan asupan oksigen nutrisi yang diperlukan oleh otak. Karena itulah, sel otak menjadi mati dan terjadi stroke.

4. Meningkatkan HDL Dalam Darah

Meski termasuk kolestrol, namun berbeda dengan kolestrol jahat, HDL dikenal sebagai kolestrol yang baik. Berbeda dengan lemak jahat, HDL memiliki nilai protein yang tinggi sedangkan lemak jahat memiliki kolestrol tinggi. Kandungan obat ini berfungsi untuk meningkatkan HDL dalam darah sehingga membantu mencukupi asupan nutrisi ke seluruh tubuh dan sebisa mungkin untuk mengurangi takaran nilai lemak jahat yang ada di sepanjang arteri pembuluh darah.

5. Menghambat HMG-CoA

Zat tersebut lah yang bertanggung jawab untuk perubahan menjadi asam mevalonat. Dengan menghambat HMG-CoA, bisa membantu dalam menurunkan kadar kolestrol tubuh dan meningkatkan LDL yang bisa membantu meningkatkan sel-sel terhadap hati serta jaringan ekstrahepatik. Kandungan pada obat ini berfungsi dalam hal tersebut, mengatasi mulai dari yang terkecil agar tidak terulang kembali.

Penempatan Obat simvastatin :

  • Seperti obat tablet lainnya, perhatikan penyimpanan yang baik untuk obat ini. Jangan letakkan obat pada tempat yang bersuhu tinggi. Minimal memiliki suhu di bawah 30 derajat agar kualitas obat juga bisa terjaga.
  • Jauhkan dari sinar cahaya langsung karena panas cahaya matahari secara langsung bisa mencapai lebih dari 30 derajat.
  • Pastikan untuk menjauhkan dari jangkauan balita, anak-anak, wanita hamil, wanita menyusui untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.
  • Jika masa obat sudah lagi tak berlalu, harap dibuang pada tempat yang benar-benar aman dari jangkauan. Jangan buang obat sembarangan, seperti di toilet yang mengarah langsung ke perairan seperti laut, sungai, danau, dan lainnya karena bisa saja menyebabkan pencemaran air dan kerugian pada beberapa makhluk hidup.

Peringatan simvastatin :

  • Bisa berdampak buruk bagi wanita yang sedang humur dan bisa mencegah kehamilan semasa menggunakan obat ini. Gunakan kontrasepsi yang efektif dalam penggunaan obat simvastatin yang baik dan benar.
  • Tidak diperbolehkan mengkonsumsi buah atau jus karena bisa menyebabkan kadar simvastatin meninggi dalam darah.
  • Untuk penderita gangguan ginjal, gangguan hati, kelenjar troid tidak aktif, atau nyeri otot harap berhati-hati dalam mengkonsumsi obat ini.
  • Lakukan konsultasi pada dokter jika sebelumnya Anda sempat mengkonsumsi minuman keras atau semacamnya.
  • Upaya Pencegahan Penyalahgunaan Obat :
  • Lakukan konsultasi pada dokter terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi obat untuk mencegah kesalahgunaan obat.
  • Jika terjadi efek seperti nyeri, otot kaku, lelah, urine gelap, reaksi alergi, atau overdosis, segera hubungi dokter karena semua yang disebutkan menjadi efek samping atau akibat penyalahgunaan obat simvastatin.

Efek Samping simvastatin :

Efek samping bisa terjadi ketika pasien mengkonsumsi secara berlebihan atau adanya intraksi obat:

1. Sakit kepala

2. Gangguan pada sistem pencernaan

3. Terjadinya konstipasi

4. Gangguan ketika tidur (Sulit tidur)

5. Penipisan pada rambut

6. Terjadinya ruam pada kulit

7. Otot menjadi kram

8. Daya ingat berkurang atau lebih sering bingung

9. Kadar gula darah meningkat

10. HbA1C pada pemeriksaan darah

11. Gangguan ginjal

12. Urine terjadi terganggu

13. Kulit kuning

14. Gangguan pada hati

15. Selera makan berkurang

Baca Juga: Manfaat Desloratadine, Jenis, Kandungan, Dosis, Aturan Pakai, Harga, Serta Efek Samping

Perhatikan dosis yang baik dan benar serta ikuti tata cara konsumsi agar tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya untuk tubuh. Pastikan untuk menjadi konsumen yang bijak agar manfaat simvastatin bisa dikeluarkan secara maksimal.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Obat

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top