Connect with us
Bersepeda, Manfaat Bersepeda, Khasiat Bersepeda, Bersepeda Sore Hari, Bersepeda Pagi Hari, Gambar Bersepeda

Olahraga

60 Manfaat dan Khasiat Bersepeda untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Bersepeda, Cycling atau Pit-Pitan merupakan olahraga yang digandrungi banyak orang di pedesaan maupun perkotaan. Manfaat bersepeda sebagai salah satu cabang olahraga sangatlah baik untuk kebugaran tubuh. Makanya banyak sekali penggemar olahraga ini. Saking banyaknya orang yang suka, sampai-sampai muncul komunitas sepeda yang disesuaikan dengan jenis sepedanya. Misalnya komunitas sepeda BMX, folding bike, gunung, sepeda tua, bahkan sepeda modifikasi.

Bersepeda, Manfaat Bersepeda, Khasiat Bersepeda, Bersepeda Sore Hari, Bersepeda Pagi Hari, Gambar Bersepeda

Manfaat bersepeda untuk kesehatan rupanya memang banyak. Salah satunya bisa untuk melatih kebugaran tubuh. Gerakan mengayuh sepeda itu ternyata membuat tubuh jadi berkeringat. Otot serta persendian juga terlibat aktif bergerak. Ini amat baik agar tubuh jadi fit. Kemudian, mengayuh sepeda di pagi hari ternyata bisa jadi cara asik untuk berjemur di bawah sinar matahari yang menyehatkan.

Macam-Macam Sepeda dan Jenis Cabang Olahraga Bersepeda :

Jenis dan macam ini maksudnya adalah tren sepeda yang biasanya digandrungi. Namun tren ini tidak sekadar hobi modifikasi maupun touring belaka, tetapi kegiatan kayuh sepedanya memang berdampak pada kesehatan tubuh.

Adapun tren bersepedanya adalah sebagai berikut:

Loading...

• Downhill
• Cross Country
• City Cycling
• Racing BMX
• Artistic Bicycle
• Trials Bicycle
• Enduro Bycycle
• Freeride Bicycle
• Freestyle BMX
• Cyclo Cross
• Track Bicycle
• Triathlon Bicycle
• Time Trial Bicycle
• Low Rider Bike
• Folding Bike
• Old Bike (Retro-Classic-Vintage)

Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan :

1. Mengencangkan Betis

Tumpuan dalam bersepeda adalah otot betis. Sehingga olahraga ini sangat bermanfaat bagi yang menginginkan kaki yang kuat. Bersepeda sangat baik dilakukan di pagi hari selama kurang lebi satu jam. Jika dilakukan secara rutin maka betis anda akan kencang.

2. Meningkatkan Kebugaran Tubuh

Untuk membuat tubuh kita menjadi bugar adalah dengan kita berolahraga. Salah satu lahraga yang membuat tubuh kita bugar adalah bersepeda. Olahraga yang satu ini memang memiliki tumpuan di kaki, tetapi sebenarnya seluruh badan kita bergerak saat kita sedang melakukan olahraga ini. Jadi bagi orang yang ingin badannya bugar bisa lakukan olahraga yang satu ini dengan rutin.

3. Membakar Lemak

Olahraga memang membakar kalori. Salah satu olahraga yang membakar banyak kalori adalah olahraga bersepeda. Saat kita melakukan olahraga ini selama satu jam dengan kecepatan kurang lebih 30 km/jam ada 1000 kalori yang terbakar didalam tubuh kita. Jadi bagi yang ingin membakar lemak di dalam tubuh bisa lakukan ini setiap pagi hari.

4. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Melakukan olahraga dapat mempercepat proses metabolisme energi pada tubuh kita, sehingga makanan yang kita makan akan di ubah menjadi energi bukan malah menggemukkan badan. Salah satu olahraga yang dapat mempercepat proses metabolisme energi didalam tubuh adalah bersepeda.

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Jarang berolahraga karena bekerja dari pagi buta sampai larut malam berdampak tidak baik pada daya tahan tubuh kita, sehingga kita perlu berolahraga walau hanya sebentar setiap harinya. Kita bisa bersepeda untuk tetap menjaga daya tahan tubuh kita. Walau hanya 30 menit setiap pagi itu sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh kita.

Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan Lainnya :

6. Menyehatkan jantung
7. Menguatkan jantung
8. Memperbaiki sistem pernafasan
9. Melancarkan peredaran darah
10. Meningkatkan kecerdasan motorik
11. Mencegah gangguan persendian
12. Menguatkan paha
13. Melatih otot kaki
14. Mencegah kelumpuhan
15. Mengeluarkan keringat
16. Melancarkan metabolisme
17. Mengatasi stress
18. Mengobati depresi
19. Membuat suasana hati selalu ceria
20. Mencegah rematik

Cara Bersepeda untuk Kesehatan :

Mengayuh sepeda demi kesehatan itu ada triknya. Mula-mula harus memilih jenis sepeda yang hendak dipakai harus sinkron dengan kondisi medan jalan yang hendak dilintasi. Kalau memang mau downhill misalnya, maka sepeda gunung atau mountain bike yang cocok dipakai.

Penggunaan mountain bike atau dikenal pula dengan MTB bisa membuat badan lebih ringan dan enak dalam mengayuh. Otot-otot akan bekerja sesuai dengan kapasitasnya. Dan tubuh terhindar dari kelelahan akut.

Manfaat Bersepeda untuk Kecantikan :

1. Membuat Tubuh Langsing

Tubuh gemuk adalah salah satu masalah yang sering dialami oleh pria maupun wanita. Badan gemuk ini sering kali membuat diri kita menjadi tidak percaya diri. Banyak orang yang melakukan diet agar badannya langsing. Tetapi diet tanpa di imbangi dengan olahraga akan percuma. Oleh karenanya kita membutuhkan olahraga yang dapat melangsingkan tubuh, salah satunya adalah bersepeda

2. Menghindari Penuaan Dini

Penuaan dini adalah masalah yang terjadi jika kita terlihat lebih tua dibandingkan dengan umur kita yang sebenarnya. Ini akan sangat merugikan bagi kalangan muda yang mempunyai masalah ini. Solusinya adalah dengan bersepeda secara rutin setiap pagi, selain itu di imbangi dengan asupan buah yang cukup.

3. Mengencangkan Badan

Manfaat bersepeda ampuh buat mengencangkan badan, membuat badan jadi sintal dan ideal. Kulit yang kendur bisa jadi elastis namun kencang lagi. Sehingga memberikan efek peremajaan yang membuat badan jadi lebih awet muda.

4. Membuat Tubuh Seksi

Olahraga bersepeda ampuh membuat badan jadi seksi, sebab jenis olahraga ini melatih kekuatan otot bagian bagian bawah. Pinggang, pinggul, paha dan betis terus terstimulus pergerakannya. Selain itu punggung, lengan, pundak dan tangan juga terus berusaha mengimbangi.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Ketika bersepeda sebaiknya pilihlah saat di mana matahari masih bersinar sehat, yaitu jam pagi antara jam 6-10. Supaya paparan sinar mentari yang terik tak merusak kulit, namun justru memperbaiki kualitas kulit. Selain itu, mengayuh sepeda saat sore ketika matahari hendak terbenam juga pilihan yang tepat. Sebab bisa membuat pikiran tenang.

Manfaat Bersepeda untuk Kecantikan Lainnya :

6. Menghitamkan kulit sehingga eksotis
7. Menguatkan rahim
8. Menguatkan otot punggung
9. Mengencangkan otot dada
10. Membuat lengan jadi kuat
11. Membesarkan paha
12. Membuat pantat jadi seksi
13. Mencegah kanker kulit
14. Membuka pancaran aura
15. Membuat badan fresh
16. Menguatkan otot vagina
17. Menjaga berat badan tetap ideal
18. Mencegah obesitas
19. Baik saat diet
20. Membuat wajah jadi awet muda

Cara Bersepeda untuk Kecantikan :

Sama saja dengan untuk kesehatan, hanya saja bersepeda dengan kecantikan harus paham waktu yang tepat. Waktu terbaik buat kayuh sepeda yakni di pagi hari saat sinar matahari masih aman dan melimpah nutrisi buat kulit.

Selain itu, teknik dalam mengayuh sepeda, memilih jenis sepeda dan lintasan juga sangat mempengaruhi pegerakan kayuhan kaki pada pedal sepeda. Yang mana gerakan ini sangat mempengaruhi bentuk pinggul, pinggang, punggung, dada dan pantat. Untuk itu mesti dilakukan dengan benar.

Efek Samping Bersepeda :

Efek Samping Bersepeda

Di bawah ini adalah beberapa efek samping dan dampak yang bisa terjadi bilamana bersepeda di kala tubuh tidak fit maupun mengayuh sepeda dalam kondisi pikiran dan mental sedang down. Sejatinya, meski terlihat ringan, sebenarnya sepeda adalah jenis olahraga yang ekstrim dan butuh persiapan fisik yang matang.

1. Kaki Pegal
2. Kram Telapak Kaki
3. Nyeri Paha
4. Punggung Sakit
5. Pinggang Lelah
6. Lemas
7. Heat Stroke
8. Kecelakaan
9. Fraktur Tulang dan Gigi
10. Kematian
11. Nyeri Pundak
12. Dehidrasi
13. Pingsan
14. Kelelahan Akut
15. Lecet dan Berdarah
16. Memar
17. Masuk Angin
18. Iritasi Mata
19. Hipotensi
20. Mengubah Postur Tubuh Jadi Bungkuk

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Yoga untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Melihat banyaknya resiko yang mungkin terjadi bilamana olahraga bersepeda, maka selayaknya seseorang mesti mempersiapkan segala sesuatunya dengan safety. Selain persiapan fisik, mengecek sepeda dan memakan pakaian, alas kaki serta atribut lainnya sangatlah penting demi keselamatan, kelancaran, kesehatan dan keamanan.

Advertisements

Continue Reading
3 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lainnya dari Olahraga

RSS Khasiat terbaru

Terbaru

Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Menggunakan Jilbab, Manfaat Menggunakan Jilbab, Berjilbab, Berhijab
Pasar Modal
Puasa Arafah, Manfaat Puasa Arafah, Khasiat Puasa Arafah
Bunga Kamboja, Manfaat Bunga Kamboja, Pohon Kamboja, Khasiat Bunga Kamboja, Bunga Kamboja Kuning, Bunga Kamboja Putih
Puasa Mutih, Manfaat Puasa Mutih, Khasiat Puasa Mutih, Dalil Puasa Mutih
To Top