Connect with us

25 Manfaat dan Khasiat Jalan Kaki untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Cara Melakukannya

Olahraga

25 Manfaat dan Khasiat Jalan Kaki untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Cara Melakukannya

Jalan kaki merupakan aktivitas olahraga ringan yang dapat dilakukan oleh berbagai kalangan karena banyak manfaat. Selain tidak memerlukan keahlian khusus, aktivitas ini juga tidak membutuhkan pakaian atau peralatan yang harganya mahal. Kita hanya membutuhkan sepatu olahraga dan juga celana training agar terasa nyaman. Namun olahraga ringan ini juga bisa dilakukan bahkan tanpa menggunakan alas kaki sekalipun.

Jalan Kaki, Manfaat Jalan Kaki, Khasiat Jalan Kaki

Jalan kaki, khususnya dipagi hari menjadi kegiatan yang lumrah dilakukan setiap orang yang memiliki jiwa sehat. Aktivitas ini memiliki banyak manfaat yang luar biasa terlebih di pagi hari udaranya masih sejuk dan cuaca tidak panas. Namun sayangnya, masih banyak yang enggan melakukan aktivitas menyehatkan ini karena berbagai alasan seperti merasa masih mengantuk dan terasa dingin. Padahal manfaat jalan kaki ini sangat melimpah.

Dalam sebuah riset dinyatakan bahwa melakukan olahraga ringan jalan kaki sekitar 25 mil per minggu memberikan potensi berumur lebih panjang dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukannya. Manfaat olahraga ringan ini selain bagus untuk kesehatan tubuh juga berpotensi untuk mempercantik penampilan. Adapun beberapa manfaat dan khasiat jalan kaki lainnya yaitu:

Manfaat Jalan Kaki untuk Kesehatan :

1. Membantu menyehatkan jantung

Kinerja jantung erat kaitannya dengan sistem peredaran darah. Di sisi lain, penyakit jantung merupakan salah satu jenis penyakit kronis yang sangat ditakuti banyak orang. Ternyata dengan melakukan jalan kaki secara rutin dapat membantu mencegah terjadinya serangan jantung. Dengan rutin melakukan aktivitas olahraga ringan ini maka jantung kita akan terus memompa darah dengan optimal sehingga peredaran darah ke seluruh tubuh pun akan berjalan lancar. Lakukanlah olahraga ringan ini setiap pagi untuk menambah kinerja organ jantung kita dengan menghirup udara yang masih segar dan bersih tanpa polusi.

Loading...

2. Membantu menurunkan tekanan darah

Manfaat jalan kaki selanjutnya adalah untuk mengurangi kelengketan sel darah sehingga tekanan darah menjadi normal. Jika sel darah terus lengket akan mengakibatkan penggumpalan dan pembekuan darah yang dapat menyumbat pembuluh darah.

3. Membuat paru-paru menjadi lebih sehat

Olahraga ringan ini bisa dilakukan dengan tempo yang lambat maupun cepat. Aktivitas ini juga bermanfaat untuk menyehatkan organ paru-paru apabila dilakukan dengan tempo cepat. Dengan paru-paru yang sehat maka udara dalam tubuh akan terpompa dengan baik dan menjadikan aktivitas ini terasa tidak terlalu memberatkan. Selain itu, berjalan kaki di pagi hari juga akan membuat paru-paru lebih bersih karena udaranya masih segar.

4. Mencegah resiko stroke

Dalam sebuah penelitian terbaru dinyatakan bahwa melakukan aktivitas jalan kaki secara rutin selama 20 jam dalam kurun waktu satu minggu dapat membantu mencegah resiko serangan stroke hingga 2/3 kali. Hal inilah yang membuat orang-orang pada zaman dahulu tidak banyak yang terkena serangan stroke. Selain pengaruh dari konsumsi makanan, pola hidup mereka juga sedikit banyak berbeda dari zaman sekarang karena mereka cenderung berjalan kaki saat berpergian.

5. Mencegah dimensia

Dimensia merupakan penyakit yang ditandai akibat fungsi otak yang menurun di usia lanjut. Namun penurunan fungsi otak ini terkadang juga dialami oleh wanita dan pria dewasa. Sehingga mereka akan lama dalam berfikir bahkan mengalami kepikunan. Jalan kaki merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghindari dan menyembuhkan penyakit dimensia. Karena jalan kaki ini diyakini dapat mengurangi resiko dimensia hingga 40 %. Anda bisa mengajak orang tua dan orang-orang tercinta untuk melakukan aktivitas olahraga ringan ini setiap pagi untuk mencegah resiko penyakit dimensia.

6. Membantu menurunkan berat badan

Manfaat ini paling banyak digemari wanita karena aktivitas jalan kaki dapat menurunkan berat badan dengan cepat dan tidak melelahkan. Selain berat badan yang ideal, degan melakukan aktivitas olahraga ini badan akan terasa sehat dan bugar. Oleh sebab itu, cara sehat ini dapat dijadikan sebagai tips diet alami tanpa harus menyiksa badan.

7. Memperkuat sistem imun

Aktivitas olahraga ini juga berkhasiat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Dengan melakukan aktivitas ini setidaknya 3 kali dalam kurun waktu satu minggu dapat membantu menambah kebugaran tubuh. Kondisi tubuh yang sehat dan bugar akan menjadikan sistem kekebalan tubuh meningkat dan tubuh pun akan terhindar dari berbagai serangan penyakit.

8. Mencegah terjadinya osteoporosis

Osteoporosis merupakan penyakit pengeroposan tulang yang biasanya dialami oleh mereka yang sudah lanjut usia. Namun sekarang ini sudah banyak yang mengalami osteoporosis meskipun masih berumur 40 an. Dengan melakukan aktivitas olahraga ini akan membantu mencegah terjadinya pengeroposan tulang yang sangat dihindari semua orang. Lakukan aktivitas ini secara rutin di atas 5000 langkah per hari diiringi dengan konsumsi kalium yang cukup untuk menyehatkan tulang.

9. Membantu fungsi otak untuk melepaskan hormon endorfin

Endorfin merupakan hormon yang menjadikan seseorang merasa bahagia. Hormon ini diproduksi oleh bagian bawah otak yakni kelenjar pituitary. Sama halnya seperti morphine, namun hormon ini mempunyai kekuatan hingga 200 kali lebih tinggi dari morphine. Oleh sebab itu, hormon tersebut sangat ampuh untuk menjadikan perasaan seseorang menjadi lebih berenergi, nyaman dan berbahagia.

10. Membantu meningkatkan konsentrasi

Berjalan kaki ternyata juga memiliki manfaat penting untuk mengoptimalkan kekuatan otak dan menjadikan kita semakin bisa fokus dan berkonsentrasi dalam segala tindakan.

Manfaat Jalan Kaki untuk Kesehatan Lainnya :

11. Membantu meningkatkan sistem metabolisme tubuh

12. Seperti melakukan meditasi

13. Mengobati sakit asma

14. Membantu membakar lemak dalam tubuh

15. Mengurangi resiko sakit diabetes tipe 2

16. Menjaga kualitas tidur nyenyak

17. Mencegah dan mengobati kanker

18. Membantu meningkatkan produksi vitamin D

19. Memperkuat otot kaki

20. Melindungi fungsi otak

Manfaat Jalan Kaki untuk Kecantikan :

1. Mencegah timbulnya jerawat

Jerawat merupakan momok yang sangat mengganggu penampilan prima seseorang. Dengan melakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki ternyata dapat menjadikan kulit semakin sehat dan terlindungi dari masalah jerawat. Ini dikarenakan aktivitas olahraga jalan kaki dapat mencukupi kebutuhan oksigen dalam kulit sehingga kulit menjadi lebih sehat dan bersih.

2. Melembabkan kulit

Selain terhindar dari jerawat, aktivitas olahraga ini juga bagus untuk membuat kulit menjadi lebih lembab dan bercahaya.

3. Menjaga postur tubuh

Memiliki tubuh yang ideal adalah impian setiap orang terutama wanita. Dengan rutin melakukan olahraga ringan ini maka berat badan kita menjadi ideal karena lemak dapat terbakar dengan baik melalui keringat yang keluar karena tubuh terus bergerak.

Cara Melakukan Jalan Kaki yang Benar Setelah Makan :

Cara Melakukan Jalan Kaki yang Benar Setelah Makan

Jalan kaki setelah kita mengkonsumsi makan juga dibutuhkan untuk memperbaiki sistem pencernaan dan juga pembakaran kalori yang tepat. Jalan kaki disini bukan dimaksudkan dengan langsung melakukan aktivitas berjalan, namun kita menunggu jeda sekitar 15 menit setelah makan. Baru setelah jeda tersebut kita bisa berjalan dengan durasi yang wajar sekitar 15 menit.

Namun bagi penderita diabetes disarankan untuk mulai berjalan setelah beristirahat lebih lama yakni sekitar 2 jam setelah makan. Hal ini bertujuan untuk menunggu kerja insulin dalam menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Bersepeda untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Berjalan kaki di pagi hari ternyata merupakan aktivitas yang memberikan manfaat besar bagi kesehatan dan juga kecantikan. Lelah yang mungkin dirasakan saat kita melakukan olahraga ini sebanding dengan manfaat yang akan kita dapatkan. Karena termasuk olahraga ringan yang menyehatkan maka disarankan untuk selalu melakukan aktivitas olahraga ini secara rutin disetiap ada kesempatan.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Olahraga

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top