Connect with us

35 Manfaat dan Khasiat Jogging untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Olahraga

35 Manfaat dan Khasiat Jogging untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Jogging sering diartikan sebagai aktivitas lari kecil yang bertujuan untuk menjaga kesehatan tubuh. Salah satu olahraga bisa anda lakukan pagi, siang, sore dan malam hari. Banyak juga yang menyebut jogging dengan istilah lari santai. Sedangkan menurut seorang pakar di bidang jogging yakni Dr. George Sheehan menyatakan bahwa jogging merupakan aktivitas berlari dengan kecepatan sekitar 9,7 km/ jam atau di bawah 6 mil/ jam. Jika kecepatan diluar batas tersebut maka sudah bisa berubah menjadi aktivitas lari.

Jogging, Manfaat Jogging, Khasiat Jogging, Jalan Kaki, Jalan Santai

Sekarang ini jogging dianggap sebagai kebutuhan primer bagi masyarakat. Selain termasuk aktivitas yang tidak berat, lari ringan ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Banyak juga yang menganggap aktivitas olahraga menyehatkan ini mampu menambah kecantikan demi penampilan yang maksimal.

Durasi Jogging yang Tepat :

Aktivitas jogging dapat dilakukan secara rutin setiap hari dengan durasi 20-30 menit. Hal ini tergantung pada kondisi tubuh anda dan juga waktu luang yang anda miliki. Meskipun baik untuk kesehatan, namun olahraga ini tidak dianjurkan untuk dilakukan dalam durasi yang berlebihan.

Manfaat Jogging untuk Kesehatan :

1. Membantu menurunkan berat badan

Jenis olahraga lari ringan ini sangat efektif untuk pncapaian program diet atau penurunan berat badan. Jogging membakar banyak kalori dalam tubuh dengan cepat serta mampu meningkatkan sistem metabolism tubuh.

Loading...

Jogging dijadikan sebagai aktivitas yang mampu membakar lemak berlebih yang menumpuk di dalam tubuh terutama pada bagian pinggang, pinggul dan juga perut. Dengan demikian tubuh akan menjadi sehat, langsing dan nampak lebih padat.

2. Membantu meningkatkan stamina

Melakukan olahraga jogging secara rutin memberikan dampak positif bagi tubuh salah satunya untuk meningkatkan stamina. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2008 oleh seorang peneliti asal Universitas Georgia menyatakan bahwa mereka yang rutin melakukan aktivitas jogging memiliki energi meningkat hingga 65%.

Bagi anda yang merasa letih dan lesu saat bekerja, maka cobalah untuk melakukan olahraga inidi sela-sela waktu luang anda agar stamina menjadi lebih fit dan bersemangat.

3. Menurunkan resiko terkena penyakit

Saat kita melakukan jogging maka sistem imun dalam tubuh akan meningkat. Hal ini akan membuat kita merasa aman dan terlindungi dari ancaman berbagai macam penyakit atau virus.

Banyak yang sudah membuktikan bahwa aktivitas olahraga ringan ini sangat bagus untuk menjaga tubuh dari berbagai serangan penyakit kronis seperti stroke, kanker, jantung, osteoporosis, hipertensi dan juga diabetes.

4. Menghilangkan stress dan membuat kita menjadi lebih bahagia

Rajin melakukan jogging akan mengubah mood kita menjadi lebih baik. Olahraga diyakini dapat memberikan rasa bahagia. Selain itu, pekerjaan yang menumpuk dan membuat pikiran kita terasa penat juga mampu dihapuskan dengan melakukan aktivitas olahraga lari ringan ini.

Olahraga lari ringan ini mampu memberikan rasa nyaman, menghilangkan kejenuhan, membuat pikiran menjadi tenang dan menghindarkan kita dari gangguan stress.

Hormon endorfin akan diproduksi secara cukup saat kita melakukan olahraga lari ringan ini. Hormon inilah yang akhirnya menjadikan kita merasa lebih bahagia dan jauh dari yang namanya stress.

5. Membantu memperbaiki nafsu makan

Metabolisme tubuh yang meningkat saat kita melakukan olahraga jogging, menjadikan nafsu makan kita menjadi meningkat. Setelah kita melakukan olahraga, biasanya kita akan merasa lapar dan cenderung ingin menyantab sesuatu yang mengenyangkan. Namun jangan lupa, bahwa kita harus makan dengan ukuran secukupnya.

6. Melawan proses penuaan

Seiring dengan bertambahnya usia menjadikan kepadatan tulang dan otot kita semakin berkurang. Dengan rutin melakukan olahraga ini menjadikan tulang dan otot terjaga, bahkan mampu memperlambat resiko penuaan dini.

7. Meningkatkan sistem metabolisme tubuh

Rajin melakukan aktivitas jogging sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Olahraga ini jika dilakukan terutama dipagi hari sangat bagus untuk menjaga kesehatan jantung dan juga melancarkan sirkulasi darah.

8. Menjadikan kita lebih percaya diri

Jogging akan membuat postur tubuh kita menjadi lebih ideal. Selain itu, tubuh yang sehat akan menjadikan penampilan kita nampak bugar dan bercahaya. Secara tidak langsung, aktivitas olahraga ini mampu meningkatkan kepercayaan diri seseorang karena merasa tampil sempurna saat berinteraksi dengan orang lain.

Dengan tampilan yang sempurna, serta semangat yang membara karena terbentuk mood bahagia setelah olahraga maka hal ini akan menjadikan kondisi jiwa seseorang menjadi jauh lebih baik.

9. Membantu meningkatkan konsentrasi

Menurut pendapat dari para pakar, jogging mampu meningkatkan daya pikir seseorang. Dengan olahraga ini maka pikiran kita dapat berkonsentrasi dengan lebih baik.

Selain itu, para atlet pun juga berpendapat bahwa aktivitas olahraga ini mampu membuat daya konsentrasi mereka meningkat saat melakukan perlombaan.

10. Menyehatkan sistem pernafasan

Melakukan lari ringan terutama di pagi hari dapat memberikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan jantung anda. Udara pagi yang masih bersih sangat bagus untuk sistem pernafasan sehingga pasokan oksigen dalam tubuh dapat terpenuhi dengan baik.

Manfaat Jogging untuk Kesehatan Lainnya :

11. Membuat kita menjadi lebih bersemangat sepanjang hari

12. Membantu mencegah resikosesak nafas

13. Melancarkan siklus menstruasi

14. Mendapatkan banyak teman serta memperluas jaringan sosial

15. Memperkuat tulang kaki

16. Memperbaiki kualitas tidur

17. Memperbesar betis secara alami

18. Lebih tahan banting

19. Menjadikan paha nampak lebih berisi

20. Menjadikan tubuh mampu mengidentifikasi gejala berbagai macam penyakit

21. Membantu mengontrol sekaligus mencegah diabetes

22. Meningkatkan daya tahan tubuh

23. Membantu mencegah resiko penyakit kanker

24. Menjaga kesehatan jantung

25. Menjadikan tulang selalu kuat

26. Membantu menjaga perkembangan otot

27. Menjadikan tubuh terlihat bugar

28. Membentuk tubuh menjadi ideal

29. Memperpanjang harapan hidup

Manfaat Jogging untuk Kecantikan :

1. Menjadikan kulit tampak lebih cerah

Banyak yang beranggapan bahwa aktivitas jogging dapat memperpanjang usia, namun bukti nyata dari manfaat jogging yang sudah dirasakan banyak orang adalah mendapatkan kulit yang cerah. Hal ini karena aktivitas ini menjadikan sirkulasi darah berjalan dengan lancar sehingga metabolisme sel dalam tubuh pun menjadi baik. Karena khasiat alami ini banyak yang rajin melakukan olahraga ini demi mendapatkan kulit yang tampak cerah dan bersinar. Hal ini akan lebih baik jika kita menjalani pola hidup sehat lainnya seperti mengkonsumsi buah dan sayur segar.

2. Menghilangkan jerawat

Olahraga ini menjadi salah satu olahraga praktis yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah jerawat. Melakukan lari ringan secara rutin setiap hari setidaknya 30 menit akan memberikan hasil yang maksimal bagi penampilan anda. Jerawat membandel akan segera menghilang, tubuh terbentuk menjadi ideal dan kulit nampak bercahaya.

3. Melenturkan kulit

Jogging bukan hanya memberikan manfaat bagi kesehatan fisik semata, namun aktivitas olahraga ringan ini juga membantu kita terhindar dari gejala stress. Saat seseorang mengalami strees maka produksi minyak pada kulit juga ikut meningkat karena kadar kortisol yang tinggi. Dengan rajin melakukan olahraga ini, maka produksi kolagen menjadi bertambah sehingga kulit menjadi lentur dan elastis.

Efek Samping Jogging (Jangka Panjang) :

Efek samping dari olahraga ini mungkin akan dirasakan dalam jangka panjang karena penyakit yang diakibatkan oleh radikal bebas tidak bisa dirasakan secara langsung. Hal ini, misalnya pernah dialami oleh salah satu pasien berumur 39 tahun. Pasien Oetoro tersebut mengalami keluhan sakit pada bagian dada dan diduga mengalami kemungkinan organ jantung tersumbat. Selain itu, lututnya juga tidak bisa bergerak dengan nyaman seperti biasanya.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Bersepeda untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Jogging menjadi salah satu aktivitas olahraga ringan yang sangat menyehatkan. Dengan melakukan olahraga ini kita akan menjadi sehat, memiliki tubuh yang ideal dan juga lebih bersemangat. Namun yang jelas hal ini juga harus dibarengi dengan pola hidup sehat yang lain seperti mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Olahraga

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top