43 Manfaat dan Khasiat Lari untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping - Manfaat Dan Khasiat Terbaru
Connect with us
Lari, Manfaat Lari, Khasiat Lari

Olahraga

43 Manfaat dan Khasiat Lari untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Lari merupakan salah satu kegiatan olahraga yang biasa dilakukan oleh orang-orang untuk tetap menjaga performa kesehatan dari tubuhnya. Olahraga ini dapat anda lakukan ketika pagi, siang, sore dan malam hari, bahkan bisa anda lakukan dimana pun. Tidak hanya bisa dilakukan di mana saja dan kapan pun, lari juga menjadi salah satu cabang olahraga tingkat internasional yang diadakan secara berskala. Manfaat lari untuk kesehatan sangat banyak dan pada umumnya, lari merupakan bagian dari olahraga yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

Lari, Manfaat Lari, Khasiat Lari

Tidak hanya itu, lari juga bisa membantu dalam memelihara kecantikan tubuh. Lari biasanya memiliki banyak jenis dengan panggilannya masing-masing. Seperti misalnya rutinitas harian masyarakat yang berlari pada pagi dan sore, rutinitas tersebut dinamakan jogging.

Manfaat Lari Untuk Kesehatan :

1. Membuat Umur Lebih Panjang

Lari secara rutin bisa membantu dalam membuat umur pelari bisa lebih panjang. Hal ini sudah terbukit dengan dilakukan oleh salah satu hasil penelitian yang membuktikan bahwa lari dengan jarak 56 kilometer dalam seminggu bisa menekan resiko kematian sampai dengan 54%. Hal ini menandakan bahwa olahraga lari bisa membantu untuk meningkatkan atau menambah umur pada seseorang. Tentu saja disertai dengan pola hidup sehat lainnya agar lebih maksimal.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung menjadi salah satu organ tubuh yang sangat penting. Karena itulah jantung harus benar-benar dijaga kesehatannya. Tidak hanya dibantu dengan pola makanan yang sehat, Anda juga harus rutin dalam olahraga agar kesehatan jantung bisa tetap terjaga. Olahraga lari akan meningkatkan kinerja jantung dan membuat jantung berdebar lebih cepat. Tapi proses ini akan membantu dalam melatih performa jantung.

Loading...

3. Mengatasi Impotensi

Khususnya untuk laki-laki, berlari pada pagi hari akan membantu dalam menjaga organ tubuh tetap bugar. Seperti yang telah para peneliti lakukan bawha 3000 kalori bisa dibakar dalam waktu satu minggu jika melakukan aktivitas lari setiap pagi. Karena itulah salah satu masalah reproduksi seperti impotensi bisa di atasi dengan cara rutin lari setiap hari.

4. Meningkatkan Kekuatan Tulang

Bergerak atau lari pada dasarnya memerlukan otot dan tulang. Saat anda melakukan kegiatan olahraga lari, baik itu otot atau tulang, semuanya terpacu dan membuat tulang semakin kuat. Hal ini juga pernah diteliti oleh para peneliti bahwa tulang orang yang berlari setiap hari lebih kuat dan sehat daripada orang yang sering olahraga sepeda pada pagi hari. Hal ini membuktikan kalau lari adalah olahraga yang memiliki banyak manfaat.

5. Mengatasi Masalah Dimensia

Dimensia atau pikun di usia senja sering dialami oleh orang-orang yang sudah memasuk fase lansia, biasanya terkena pada perempuan. Salah satu jurnal yang di buat oleh American Geriatrics Society membuktikan bahwa wanita yang punya kebiasaan lari setiap hari bahkan sejak remaja, cenderung memiliki ingatan yang kuat dan mengurangi tingkat kepikunan pada usia senja atau tua.

Manfaat Lari Untuk Kesehatan Lainnya :

6. Meningkatkan kualitas tidur

7. Membakar kalori

8. Tidak mudah terkena sakit

9. Sehat untuk pernapasan

10. Meningkatkan daya tahan tubuh

11. Membantu memperkuat otot

12. Mengatasi tingkat depresi tinggi

13. Sehat untuk paru-paru

14. Menjaga stamina

15. Atasi nyeri otot

16. Memperkuat tulang kaki

17. Atasi diabetes

18. Atasi masalah rematik

19. Atasi hipertensi

20. Membantu atasi kanker usus

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Skipping untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Lari Untuk Kecantikan :

1. Menurunkan Berat Badan

Lari merupakan salah satu jenis olahraga yang bisa membakar banyak lemak pada tubuh. Karena itulah, lari juga sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan bagi Anda yang mengalami masalah pada berat badan Anda yang terlalu tinggi. Lemka pada tubuh akan terbakar seiring dengan bergeraknya tubuh Anda karena tidak hanya kaki yang bergerak, semua otot juga akan berkontaksi sehingga membantu dalam membakar lemak.

2. Mengatasi Jerawat

Salah satu dari penyebab jerawat adalah tingkat depresi atau stress yang terlalu tinggi. Hal ini bisa menyebabkan jerawat yang umumnya terdapat pada wajah. Olahraga jogging pada pagi hari atau sore hari bisa mengatasi tingkat stres yang terlalu tinggi. Untuk memaksimalkan dalam mengatasi depresi dan stres, Anda bisa mencoba jooging sambil mendengarkan lagu atau berbicara dengan lawan berlari Anda. Apalagi dengan disugukan pemandangan indah, karena itulah jooging di jalanan pinggiran laut bisa sangat membantu dalam menurunkan tingkat stres pemicu jerawat.

3. Membantu Dalam Memenuhi Asupan Nutrisi Kulit

Nutrisi pada tubuh dialirkan melalu darah. Darah selalu berkaitan dengan jantung dan organ jantung dijaga kesehatannya dengan cara jooging setiap hari. Dari pernyataan tersebut bisa disimpulkan kalau lari bisa membantu dalam menutrisi kulit agar tetap cantik dan sehat. Tidak hanya itu, dengan lari setiap hari bisa membantu dalam melancarkan aliran darah dalam tubuh sehingga mencegah berbagai penyakit kulit yang umum disebabkan karena masalah aliran darah dalam tubuh.

4. Membuat Awet Muda

Tidak hanya lari saja, semua cabang olahraga bisa membantu dalam membuat seseorang tampak awet muda. Beberapa masalah yang bisa menyebabkan penuaan dini bisa diatasi dengan cara rutin lari seperti masalah uban, jerawat, keriput, dan masalah kulit lainnya. Untuk memaksimalkan, rutinlah mengkonsumsi vitamin yang sehat untuk kulit seperti vitamin C, K, dan E namun dengan dosis yang pas.

5. Membantu Dalam Menghaluskan Kulit

Meski persentasinya sedikit, tapi lari bisa membantu dalam menghaluskan kulit dan membuat kulit Anda tanpak lebih cantik dan halus. Hal ini karena saat Anda sedang jogging, tanpa sadar seluru kotoran dan racun yang ada pada kulit akan terangkat sehingga keluar mengalir bersama keringat. Akibatnya, pori-pori akan mengecil dan membuat kulit tampak lebih halus dari sebelumnya.

Manfaat Lari Untuk Kecantikan Lainnya :

6. Mengencangkan kulit

7. Meronakan kulit

8. Mengencangkan betis

9. Membuat paha menjadi seksi dan kencang

10. Memperbagus bentuk pinggul

11. Mengeluarkan minyak pada kulit

12. Membantu membentuk badan ideal

13. Membantu melangsingkan tubuh

Efek Samping Lari :

Jika dilakukan dengan jarak dan waktu yang terlalu tinggi, lari bisa menyebabkan efek samping berbahaya untuk kesehatan. Masalah dampak buruk ini biasanya tidak terasa saat lari, tapi dirasakan setelahnya. Beberapa dapak buruk yang ditimbulkan setelah melakukan olahraga ini yaitu :

1. Cedera (Permanen atau sementara)

2. Gangguan tidur

3. Membuat otot robek dan tidak berbentuk

4. Kelelahan

5. Dehidrasi berat

Tips dan Cara Melakukan Lari :

  1. Olahraga lari yang sehat dilakukan 45 menit saja dalam sehari. Lebih dari itu bisa saja menyebabkan efek samping seperti yang disebutkan di atas.
  2. Lakukan hanya 3 sampai 4 kali dalam seminggu. Bisa setiap hari, tapi kurangi waktu lari demi melindungi otot agar tidak cedera karena dilakukan setiap hari dengan waktu lama.
  3. Santailah saat berlari, jangan melakukan di saat suasana hati sedang buruk karena bisa menyebabkan masalah otot dan otak yang tidak baik untuk kesehatan. Jangan memaksakan juga jika sedang dalam keadaat tidak sehat.
  4. Untuk membantu dalam membiasakan diri untuk berlari, carilah rekan lari yang bisa menemani Anda setiap kali Anda ingin jooging. Hal ini sangat bermanfaat untuk kesehatan sosial.
  5. Jadikan lari sebagai rutinitas karena pada dasarnya, jogging memerlukan waktu agar bisa dirasakan hasilnya dan hal itu perlu yang namanya kebiasaan serta kemauan.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Jalan Kaki untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Cara Melakukannya

Lari memang menjadi olahraga yang penting dan sampai sekarang masih banyak dilakukan oleh orang-orang sebagai rutinitas modern yang sehat. Untuk mencapai manfaat lari yang maksimal, Anda harus bijak dalam mengatur waktu, jarak, dan beberapa aspek pendukung lain seperti makanan.

Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lainnya dari Olahraga

RSS Download Apk

Terbaru

Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Menggunakan Jilbab, Manfaat Menggunakan Jilbab, Berjilbab, Berhijab
Pasar Modal
Puasa Arafah, Manfaat Puasa Arafah, Khasiat Puasa Arafah
Bunga Kamboja, Manfaat Bunga Kamboja, Pohon Kamboja, Khasiat Bunga Kamboja, Bunga Kamboja Kuning, Bunga Kamboja Putih
Puasa Mutih, Manfaat Puasa Mutih, Khasiat Puasa Mutih, Dalil Puasa Mutih
DMCA.com Protection Status
To Top