Connect with us
Plank, Manfaat Plank, Khasiat Plank

Olahraga

50 Manfaat dan Khasiat Plank untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Plank – Plank, Abdominal Bridge, Front Hold atau Hover adalah sebuah olahraga gerakan kebugaran tubuh yang mirip dengan push-up dengan cara mempertahankan posisi up pada durasi selama mungkin dan teratur. Manfaat plank diyakini lebih baik dari Sit Up dalam usaha membentuk perut agar sintal. Selain itu, olahraga ini bisa menjadi cara membakar lemak yang ampuh.

Plank, Manfaat Plank, Khasiat Plank

Pada latihan pertama plank, biasanya orang belum bisa memiliki durasi lama, hanya beberapa detik saja sudah lelah. Namun dengan rajin latihan tiap hari, nantinya durasi bisa mencapai 5 menit bahkan lebih. Untuk para pemula, disarankan buat melakukannya selama 20 detik up, baru kemudian melakukan gerakan down atau turun untuk melemaskan otot yang tegang.

Macam-Macam Gerakan Plank :

Ada beberapa variasi gerakan yang bisa dicoba sendiri di rumah, yaitu:

• Standar
• Elbow
• Knee Tuck
• Extended
• Side
• Reserve
• Single Arm
• Single Leg

Manfaat Plank untuk Kesehatan :

1. Melatih Sistem Pernafasan

Paru-paru adalah salah satu organ vital pada manusia. Paru-paru berfungsi sebagai alat pernapasan. Setiap orang menginginkan sistem pernapasan yang sehat. Agar napas kita baik, perlu dilakukan latihan pernapasan salah satu caranya adalah dengan melakukan gerakan plank. Gerakan ini memang cukup sulit jika tidak terbiasa, tetapi bisa dilatih.

2. Menguatkan Otot

Memiliki otot di perut, dada, dan lengan memiliki keindahan tersendiri bagi orang-orang, terutama pria. Pria berotot terlihat lebih kuat dan keren. Salah satu gerakan yang dapat menguatkan otot adalah plank. Gerakan ini dapat menguatkan otot lengan, perut, dan juga dada.

3. Menguatkan Tulang

Pada usia 40 tahun ke atas biasanya orang-orang memiliki masalah dengan tulang. Untuk mencegah timbulnya masalah tulang, kita bisa menjaga tulang kita dengan rutin berolahraga. Salah satu olahraga yang bisa dilakukan adalah plank. Sebenernya olahraga yang satu ini adalah salah satu gerakan. Biasanya orang-orang mengkombinasikan gerakan ini dengan gerkan lain.

4. Membakar Kalori Berlebih

Olahraga seharian dan diet adalah dua hal yang lazim dilakukan untuk membakar lemak. Apa itu tidak membuang waktu yang hanya ada 24 jam setiap harinya? Tentu saja sangat membuang waktu. Ada salah satu gerakan yang dapat membakar kalori didalam tubuh dan sangat simple untuk dilakukan, yaitu Plank. Gerakan ini dapat membakar kalori berlebih di dalam tubuh.

5. Membakar Lemak LDL

Lemak LDL adalah lemak jahat didalam tubuh. Jika terus menerus terjadi penimbunan lemak LDL dapat menyebabkan kita terkena kolesterol dan resiko penyakit jantung. Yang harus kita lakukan adalah membakar lemak itu di tubuh kita. Bagaimana cara mrmbakarnya? Caranya adalah dengan cara melakukan gerakan plank.

Manfaat Plank untuk Kesehatan Lainnya :

6. Menguat otot lengan
7. Membesarkan otot lengan
8. Membuat badan sixpack
9. Membentuk dada
10. Menguatkan tangan
11. Mencegah tulang keropos
12. Alternatif body building
13. Mencegah penimbunan lemak perut
14. Membuat badan macho
15. Menyehatkan jantung
16. Menguatkan jantung
17. Menyehatkan paru-paru
18. Menguatkan paru-paru
19. Mencegah hipertensi
20. Mencegah kelumpuhan

Cara Melakukan Plank untuk Kesehatan :

Banyak yang masih bingung membedakan gerakan push-up dengan plank. Keduanya memang mirip, hanya saja plank ini menjadikan tungai tangan seutuhya sebagai tumpuan, sedangkan push up hanyalah telapak tangan dan jari-jari saja. Selain itu, pertahanan tubuh di posisi up (di atas) juga menjadi ciri khasnya. Jadi tidak sebentar-bentar push (down ke bawah).

Bagaimana cara melakukan plank untuk kesehatan? Olahraga ini ternyata sangat mudah dilakukan, gerakannya mirip dengan push-up, hanya saja menggunakan tungkai tangan sebagai penyangga badannya. Gerakan ini bisa dilakukan dalam serangkaian latihan kebugaran tubuh.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Senam Aerobik untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Plank untuk Kecantikan :

1. Mengecilkan Perut Buncit

Perut buncit sangat mengganggu penampilan bukan? Kita terlihat tidak seksi jika perut kita buncit. Untuk terhindar dari masalah perut buncit yang dapat di lakukan adalah olahraga yang rutin. Salah satu olahraga yang dapat mengecilkan perut adalah plank. Gerakan ini dapat mengencangkan otot di perut sehingga perutkita bukan buncit melainkan kencang.

2. Mengencangkan Perut

Perut klemer dan tidak kencang kadang membuat kita kurang PD saat mengenakan pakaian yang sedikit ketat. Untuk membuat kulit kita kencang ada banyak cara. Salah satunya adalah plank. Plank sangat efektif untuk mengencangkan perut, waktu kita juga tidak akan terkuras banyak.

3. Membuat Badan Seksi

Memiliki otot di perut, dada, dan juga lengan membuat kita seksi bukan? Bagaimana cara menciptakan itu semua? Caranya mudah yaitu dengan cara melakukan gerakan plank. Gerakan ini bisa di lakukan dimana saja karena tidak membutuhkan space yang banyak.

4. Menguatkan Otot Pinggul

Otot pinggul merupakan salah satu otot yang sudah semestinya kuat. Karena banyak hal yang membutuhkan otot pinggul. Rutin olahraga dapat dilakukan untuk menguatkan otot pinggul. Olahraga yang seperti apa? Salah satunya adalah plank.

5. Menurunkan Berat Badan

Berat badan ideal adalah idaman semua orang, baik laki-laki maupun perempuan. bagaimana cara menurunkan berat badan yang efektif? Salah satu caranya adalah plank. Gerakan ini bisa menurunkan berat badan secara efektif. Selain itu kita tidak perlu mengeluarkan uang.

Manfaat Plank untuk Kecantikan Lainnya :

6. Menghilangkan daki
7. Membentuk panggul
8. Membuat badan ramping
9. Membuka pori-pori kulit
10. Membuang minyak yang tertimbun
11. Membuat kelihatan macho
12. Memperbaiki postur tubuh
13. Mencegah punggung bungkuk
14. Memperbaiki sikap berdiri
15. Membuka aura jiwa
16. Membuat badan lebih fresh
17. Meningkatkan karisma
18. Mencegah kulit pucat
19. Mencerahkan kulit
20. Mencegah selulit muncul

Cara Melakukan Plank untuk Kecantikan :

Kunci sukses melakukan olahraga ini ada pada durasi. Gerakan ini sebenarnya adalah gerakan mempertahankan posisi up sebagaimana dalam gerakan push-up, selama mungkin. Pada awal latihan, orang bisa saja hanya kuat 10 detik. Namun disarankan latihan kebugaran ini dilakukan hingga bisa mencapai durasi 5 menit. Agar nantinya manfaatnya untuk otot segera terlihat.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari olahraga plank ini, lakukanlah secara rutin setiap hari. Bisa dibagi dalam 2 periode, di pagi hari dan malam hari. Selain itu, gerakan kebugaran ini juga sebaiknya disertai dengan gerakan lain seperti push up, sit up, pull up atau berbagai gerakan senam lantai. Fungsinya agar seluruh bagian tubuh benar-benar terlatih.

Efek Samping Plank :

Di bawah ini adalah beberapa efek samping melakukan olahraga ini. Meskipun aman, tidak berarti sama sekali tidak memiliki resiko seperti cedera dan kecelakaan. Untuk itu, sebelum melakukan gerakan yang mirip push-up ini alangkah baiknya pemanasan dan peregangan otot dulu. Membentangkan matras juga membuat latihan fisik ini lebih safety.

1. Cedera Otot
2. Pegal-Pegal
3. Kelelahan Akut
4. Kehabisan Napas
5. Jantungan Mendadak
6. Pusing
7. Pingsan
8. Terpeleset
9. Terbentur
10. Nyeri Sendi

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Renang untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Setelah tahu berbagai manfaat dan khasiat seperti di atas, serta efek sampingnya. Maka kini saatnya buat mencoba olahraga kebugaran tubuh ini. Sebaiknya saat melakukan tidak hanya gerakan plank saja, tapi harus disertai gerakan yang lainnya, seperti push up dan si up. Tujuannya agar seluruh otot bekerja dengan baik dan hasilnya, tubuh pun mengalami peningkatan massa otot dan perbaikan bentuk secara maksimal.

Continue Reading

Lainnya dari Olahraga

Terbaru

Daging Sapi, Manfaat Daging Sapi, Khasiat Daging Sapi
Daging Kuda, Manfaat Daging Kuda, Khasiat Daging Kuda
Ikan Cakalang, Manfaat Ikan Cakalang, Khasiat Ikan Cakalang
Mandi Susu, Manfaat Mandi Susu Khasiat Mandi Susu
Daging Katak, Manfaat Daging Katak, Khasiat Daging Katak
Telur Ikan, Manfaat Telur Ikan, Khasiat Telur Ikan
Kulit Buaya, Manfaat Kulit Buaya, Khasiat Kulit Buaya
Daging Buaya, Manfaat Daging Buaya, Khasiat Daging Buaya
Daging Bulus, Manfaat Daging Bulus, Khasiat Daging Bulus
Thaharah, Manfaat Thaharah, Khasiat Thaharah
Daging Belibis, Manfaat Daging Belibis, Khasiat Daging Belibis
Omega 9, Manfaat Omega 9, Khasiat Omega 9
Kulit Sapi, Manfaat Kulit Sapi, Khasiat Kulit Sapi , Jaket Kulit Sapi , Kulit Sapi Basah, Kulit Sapi Kering
kulit kambing, Jaket kulit kambing, Kaligrafi kulit kambing, manfaat kulit kambing, Khasiat kulit kambing, Motif Macan kulit kambing
Ikan Hiu, Manfaat Ikan Hiu, Khasiat Ikan Hiu
Tidur Siang, Manfaat Tidur Siang, Khasiat Tidur Siang
Desloratadine, Manfaat Desloratadine, Kegunaan Desloratadine, Khasiat Desloratadine
Lemak, Manfaat Lemak, Khasiat Lemak
Omega 3, Manfaat Omega 3, Khasiat Omega 3
Omega 6, Manfaat Omega 6, Khasiat Omega 6, Kandungan Omega 6
To Top