Connect with us
Push Up, Manfaat Push Up, Khasiat Push Up, Cara Melakukan Push Up, Gambar Contoh Gerakan Push Up

Olahraga

70 Manfaat Push Up untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Push up adalah olahraga dan jenis senam kekuatan untuk kebugaran tubuh yang disenangi banyak orang. Gerakannya push up yang simple membuat orang mudah melakukannya. Manfaat push up untuk kesehatan dan kecantikan sendiri sangat banyak, seperti membuat otot lengan menjadi kencang dan berbentuk macho. Selain itu, tempat yang digunakan juga relatif sedikit sehingga di mana pun kita berada, kita bisa melakukan, tanpa perlu instruktur atau menyewa peralatan gym.

Push Up, Manfaat Push Up, Khasiat Push Up, Cara Melakukan Push Up, Gambar Contoh Gerakan Push Up

Meskipun kelihatan sederhana, rupanya kebanyakan orang kewalahan melakukannya. Selain itu juga mayoritas orang gagal melakukannya dengan gerakan yang benar. Bukannya dada yang diturun-naikkan ke atas dengan gerakan lipatan siku dan lengan, namun justru hanya pantat yang naik-turun. Alhasil, khasiat olahraga ini tidak dicapai.

Melakukan push up juga mesti memperhatikan tempatnya. Kegiatan senam kekuatan ini harus dilakukan di tempat yang bidang atau datar. Sebaiknya juga tidak empuk. Sekalipun memakai matras, maka harus matras yang tipis dan tidak menyulitkan pergerakan. Selain itu, gerakan naik-turunnya juga harus berirama dalam aturan waktu dan kecepatan tertentu.

Banyak tes uji kesehatan fisik yang memasukkan keterampilan berpush-up dalam sesi ujiannya. Biasanya para peserta diberi waktu 60-90 detik untuk berpush-up dan nanti dihitung berapa kali dia bisa melakukannya. Semakin banyak melakukannya, maka nilainya akan semakin tinggi. Oleh karena kecepatan naik-turun saat push-up ini berbanding lurus dengan kekuatan dada, tangan, kaki, keseimbangan dan stamina seseorang.

Daftar Isi Manfaat

Loading...

Macam-Macam Jenis Gerakan Push Up :

Walaupun kelihatan sama semua, ternyata gerakan kebugaran tubuh dengan push up ini memiliki beberapa variasi gerak. Masing-masing gerak memiliki manfaat yang berbeda untuk tubuh. Misalnya gerakan knucle push-up, yaitu gerakan dengan mengepalkan kedua tangan seperti sedang meninju lantainya, fungsinya untuk menguatkan otot pergelangan tangan. Knucle push-up ini sangat digemari atlet beladiri, pencak silat dan tinju. Berikut adalah rincian mengenai variasi gerak push-up:

• Knucle Push-Up
• One Arm Push-Up
• Finger Push-Up
• Reverse Palm Push-Up
• Knock to Chest Push-Up
• Spiderman Push-Up
• Clap Push-Up
• Single Leg Raised Push-Up
• Triangle Push-Up
• Wide Grip Push-Up

Manfaat Push Up untuk Kesehatan :

1. Membuat Badan Bugar

Memiliki tubuh yang sehat dan bugar senang bukan? Kita jadi tidak takut melakukan apapun yang kita inginkan saat tubuh kita bugar. Bagaimana caranya? Caranya mudah sekali yaitu rutin berolahraga. Salah satunya adalah push up. Olahraga ini dapat membuat badan kita menjadi bugar.

2. Mencegah Lemah Jantung

Lemah jantung adalah salah satu penyakit yang sangat berbahaya, karena efeknya bisa sangat merugikan kita yaitu kematian. Perlu dilakukan latihan rutin untuk membuat jantung kita menjadi kuat. Yaitu dengan melakukan gerakan push up. Olahraga yang satu ini sangat mudah dilakukan dimanapun kita berada.

3. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Push up memang bertumpu pada lengan tetapi ada bagian tubuh kita yang ikut terkena manfaatnya yaitu perut. Karena itu kita akan terbebas dari masalah perut salah satunya gangguan pencernaan.

4. Menambah Massa Otot

Kaum laki-laki biasanya memiliki keinginan untuk membesarkan otot lengan mereka agar terlihat lebih seksi dan kuat. Salah satu cara untuk merealisasikan keinginan itu adalah dengan cara melakukan gerakan push up secara rutin setiap hari. Untuk waktunya bagaimana? untuk masalah waktu sangat fleksible, tetapi untuk hasil yang optimal sebisa mungkin semakin hari semakin lama kita melakukanya

5. Menguatkan Tulang

Bagaimana bisa menguatkan tulang dengan cara push up? Ya bisa, karena gerakan ini membuat kita menggerakkan tulang kita. Dengan begitu tulang kita semakin lama akan semakin kuat. Untuk mendapatkan hasil yang maksinal, lakukanlah secara rutin setiap hari.

Manfaat Push Up untuk Kesehatan Lainnya :

6. Mengatur pernapasan
7. Menghilangkan lemak di lengan
8. Meluruhkan lemak perut
9. Mencegah payudara pria membesar
10. Membuat badan sintal
11. Membuat napas lebih berirama
12. Meningkatkan stamina
13. Membuat badan jadi lebih sehat
14. Menghilangkan rasa letih
15. Mengencangkan dada
16. Mengencangkan perut
17. Menurunkan berat badan
18. Membuat tangan lebih kuat
19. Membuat punggung kuat
20. Melenturkan otot pinggang

Cara Melakukan Push Up untuk Kesehatan :

Untuk kesehatan, tidak ada grakan khusus push-up. Seluruh jenis gerakan yang telah disebutkan di atas berguna dan memicu tubuh jadi lebih sehat. Hanya saja yang perlu diperhatikan adalah ketepatan gerak. Alangkah baiknya meminta seorang instruktur atau mereka yang paham seputar sikap olahraga yang benar. Ini hanya dilakukan di awal-awal masa latihan saja.

Manfaat Push Up untuk Kecantikan :

1. Membuat Lengan Berisi

Badan terlalu gemuk atau badan terlalu kurus tidak baik untuk kecantikan kita. Seharusnya untuk terlihat cantik tubuh kita harus memiliki badan yang bagus dan berisi terutama di bagian lengan, berisi bukan berarti gemuk. Bagaimana caranya yaitu dengan cara push up rutin setiap pagi.

2. Membentuk Otot Lengan

Lengan memang menjadi tumpuan utama ketika kita melakukab gerakan push up. Jika kita rutin melakukannya maka lama kelamaan lengan kita menjadi berotot. Biasanya para lelaki yang menginginkan tubuh berotot agar terlihat lebih seksi.

3. Menguatkan Dada

Dada yang bidang dan kuat adalah harapan semua kaum adam. Karena biasanya mereka jauh lebih percaya diri jika memiliki dada yang bidang. Dan laki-laki yang memiliki dada yang bidang akan terlihat lebih kuat. Bagaimana caranya?caranya mudah yaitu dengan cara melakukan gerakan push up.

4. Membuat Badan Seksi

Seperti yang sudah dikatakan pada poin kedua bahwa seseorang terlihat seksi bika memiliki otot lengan yang besar. Untuk itu jika ingin memiliki otot lengan, segera perbanyak push up dan olahraga lainnya.

5. Mengeluarkan Minyak dan Keringat dari Tubuh

Kulit kita selalu memproduksi minyak dan keringat. Keringat yang berlebih dapat membuat kita menjadi komedoan atau bahkan jerawatan. Untuk itu di perlukan cara untuk menghilangkan keringat atau mengurangi minyak salah satunya adalah dengan push up.

Manfaat Push Up untuk Kecantikan Lainnya :

6. Mengencangkan payudara
7. Membuat pantat lebih berisi
8. Memicu pinggang jadi ramping
9. Mengecilkan perut
10. Membuat badan berbentuk sintal
11. Mencegah gelambir perut
12. Mengatasi payudara turun
13. Mengencangkan otot tangan
14. Membuat lengan berotot
15. Membuat badan lebih enak dipandang
16. Mengeluarkan minyak berlebih di wajah dan dahi
17. Menguatkan pinggul
18. Membuat paha kencang
19. Mengencangkan betis
20. Membuat kulit jadi terjaga lembabnya

Cara Melakukan Push Up untuk Kecantikan :

Untuk kecantikan, push-up benar-benar harus diperhatikan sikapnya dengan benar. Gerakan yang salah tidak akan menghasilkan reaksi bagus untuk kecantikan tubuh. Yang ada malah hanya adegan jungkat-jungkit paha dan pantat saja. Untuk itu, mintalah orang lain untuk menilai apakah sikap push-upnya sudah benar atau belum.

Manfaat Push Up untuk Pertumbuhan Tubuh :

1. Menguatkan pergelangan tangan
2. Membuat badan six pack
3. Memicu dada bidang
4. Membesarkan otot lengan
5. Menguatkan tulang punggung

Manfaat Push Up di Pagi Hari :

1. Menjaga kebugaran tubuh
2. Melemaskan otot
3. Menguatkan dada
4. Memperbaiki postur tubuh
5. Membuat badan macho

Manfaat Push Up di Malam Hari :

1. Membakar lemak
2. Menjaga berat badan tetap ideal
3. Membuat tidur nyenyak
4. Melatih otot dada
5. Mengeluarkan keringat

Efek Samping Push Up :

Efek Samping Push Up

Berikut adalah beberapa efek samping yang terjadi bila melakukan gerakan push up salah atau kurang tepat:

1. Cedera Tangan
2. Nyeri Dada
3. Tangan Terkilir
4. Mulut dan Dagu Menghantam Lantai
5. Sesak Napas

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Renang untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Dari sekian banyak manfaat dan khasiat push up untuk kesehatan dan kecantikan di atas, sudah selayaknya olahraga ini dijadikan rutinitas sehari-hari. Agar bisa mencapai pertumbuhan dan perkembangan tubuh yang maksimal. Namun bagi anda yang belum paham cara melakukannya, sebaiknya bertanya pada orang yang lebih paham. Hal ini dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan saat melakukan gerakan push-up tersebut.

Advertisements

Continue Reading
1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lainnya dari Olahraga

RSS Khasiat terbaru

Terbaru

Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Menggunakan Jilbab, Manfaat Menggunakan Jilbab, Berjilbab, Berhijab
Pasar Modal
Puasa Arafah, Manfaat Puasa Arafah, Khasiat Puasa Arafah
Bunga Kamboja, Manfaat Bunga Kamboja, Pohon Kamboja, Khasiat Bunga Kamboja, Bunga Kamboja Kuning, Bunga Kamboja Putih
Puasa Mutih, Manfaat Puasa Mutih, Khasiat Puasa Mutih, Dalil Puasa Mutih
To Top