Connect with us

Olahraga

70 Manfaat dan Khasiat Renang untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Renang, berenang, nglangi atau swimming merupakan jenis olahraga air yang sangat digemari anak-anak maupun orang dewasa. Meskipun tergolong salah satu olahraga yang cukup sulit dan menguji adrenalin, namun rupanya banyak orang suka sekali berenang. Saking populernya hobi olahraga ini, banyak berenang yang didesain khusus dengan sangat megah, seperti dilengkapi fasilitas arus buatan dan perosotan waterboom.

Renang, Berenang, Nglangi, Manfaat Renang, Khasiat Renang, swimming

Khasiat renang bagus untuk meningkatkan kebugaran tubuh. Selain itu, berenang juga membantu mencapai tinggi badan yang diharapkan. Orang dewasa yang rajin dan rutin berenang tiap harinya memiliki kemungkinan mengalami peningkatan tinggi badan antara 2-4 cm. Untuk itu, olahraga air ini sangat direkomendasikan untuk seluruh usia. Terutama untuk orang dewasa yang membutuhkan kenaikan tinggi badan sebagai prasyarat masuk dunia kerja sebagai flight attendant, polisi atau tentara misalnya.

Manfaat renang untuk kesehatan salah satunya adalah bisa membuat badan jadi tinggi. Banyak orang yang ingin menaikkan tinggi badannya di usia dewasa disarankan buat sering-sering berenang. Selain itu, berenang juga punya efek bagus untuk kecantikan kulit. Sebab sentuhan kulit dengan air akan membuat kulit jadi fresh dan lembab selalu. Daki-daki yang membandel juga bisa terangkat sehabis berenang.

Macam dan Jenis Gaya Renang :

Macam dan Jenis Gaya Renang

Meskipun kelihatannya sama saja, hanya bergerak-gerak di air dengan memusatkan gerakan pada kaki dan tangan. Namun sebenarnya renang memiliki beberapa ciri khas dan gerakan khusus, yaitu:

• Gaya Dada / Gaya Katak
• Gaya Punggung
• Gaya Bebas
• Gaya Kupu-Kupu

 

Manfaat Renang untuk Kesehatan :

1. Memacu Jantung Agar Kuat

Khasiat renang untuk kesehatan yang pertama adalah bisa memacu jantung jadi kuat. Ketika jantung kuat, maka seluruh organ tubuh biasanya pun jadi enak. Tidak gampang sakit, nyeri dan lemas. Oleh karena tugas vital jantung untuk memompa darah yang dibutuhkan seluruh tubuh.

2. Melatih Paru-Paru

Selain itu, manfaat renang juga efektif buat melatih paru-paru. Manusia memiliki 2 paru-paru, yang ada di kanan dan kiri. Keduanya butuh dilatih agar senantiasa kuat dan mampu menunjang sistem pernapasan. Berenang itu menenggelamkan badan ke dalam air. Di mana pernapasan akan terlatih untuk lebih teratur dan berirama.

3. Membuat Badan Segar Bugar

Kebugaran tubuh salah satunya bisa didapatkan dari olahraga yang rutin. Cabang olahraga yang amat baik dilakukan yaitu renang. Selain melibatkan gerakan yang powerful, berenang juga membutuhkan kepiawaan dalam menyatukan diri dengan air. Berenang melibatkan koordinasi mental dan fisik. Yang mana ini sebenarnya amat baik buat badan jadi segar bugar. Sebab, kebugaran itu didapatkan pula karena keseimbangan antara mental dan fisik.

4. Mencegah Gangguan Jiwa

Renang tidak sekadar berfungsi untuk jasmani, tetapi juga rohani. Gangguan jiwa bisa diatasi dan dicegah dengan jalan positif membuat diri senantiasa aktif bergerak melalui olahraga menyenangkan seperti berenang ini.

5. Melatih Koordinasi Gerak

Ketahuilah bahwa renang itu bagus buat latih koordinasi gerak. Sama seperti jenis olahraga lainnya, gerak adalah elemen utama dari berenang. Kalau tidak bergerak tentu saja seseorang akan tenggelam.

Manfaat Renang untuk Kesehatan Lainnya :

6. Meningkatkan kecerdasan
7. Mengatasi stress
8. Menghilangkan rasa depresi
9. Menguatkan otot dada
10. Menguatkan otot kaki
11. Memperbaiki fungsi pernapasan
12. Melatih syaraf motorik
13. Mencegah stroke
14. Membakar lemak
15. Bagus untuk diet
16. Mengurangi rasa sakit saat melahirkan
17. Memberikan efek tenang
18. Mencegah pendarahan
19. Menghilangkan gangguan kecemasan
20. Memperbaiki peredaran darah

Cara Berenang untuk Kesehatan :

Ada beberapa langkah yang mesti dilakukan untuk olahraga renang ini. Jika memang berenang demi kesehatan, maka harus ada prosedur yang dijalani, yang secara garis besar terdiri dari:

  1. Waktu
  2. Tempat
  3. Teknik

Waktu maksudnya adalah terkait dengan jadwal berenang yang dilakukan. Alangkah baiknya cukup 2 kali seminggu. Tempat untuk berenang harus sesuai dengan standar internasional. Namun bisa pula coba di laut atau sungai yang jernih, asalkan memang menguasai tekniknya.

Teknik dalam berenang meliputi gaya dan ketepatan gerakannya. Banyak orang ternyata renang tanpa memperhatikan gaya apa yang dipakai. Padahal masing-masing gaya memiliki fungsi dan manfaat yang sama.

Manfaat Renang untuk Kecantikan :

1. Membuat Kulit Lembab

Berenang bagus untuk melembabkan kulit. Ketika tubuh menyentuh air, otomatis kulit jadi lembab karena terbasahi. Renang menjadi salah satu jalan untuk mengembalikan kulit kering jadi lembab. Apalagi kalau renangnya di perairan alami yang jernih dan bebas kaporit.

2. Membuang Daki Membandel

Saat kulit lama kontak dengan air, lama-lama jadi terbuka pori-porinya, mengembang dan kisut. Nah, saat inilah seorang perenang bisa memanfaatkannya untuk membuang dakinya. Tinggal digosok saja pakai ibu jari, nanti daki-daki yang menempel bandel di betis, paha, tangan dan lengan bisa hilang.

3. Mencegah Keriput Dini

Keriput dini bisa dialami siapa saja. Apalagi untuk mereka yang memiliki kehidupan dengan tingkat stress yang tinggi. Ditambah dengan gaya hidup buruk, seperti enggan olahraga dan kurang asupan makanan bergizi. Jika demikian, sudah tentu butuh penanganan, misalnya dengan rajin-rajin renang.

4. Membuat Kulit Hitam Eksotis

Manfaat renang untuk kecantikan bisa pula bikin kulit jadi hitam eksotis. Apalagi untuk perempuan, ketika kulit hitam justru terlihat manis. Namun hitamnya kulit ini biasanya cukup membuat resah pula. Sebab hitamnya kulit memang selera.

5. Membentuk Lekuk Tubuh

Rupanya dengan berenang, tubuh juga akan terangsang buat memiliki bentuk yang indah. Lekuk tubuh sintal dan seksi bisa didapatkan hanya dari gerakan-gerakan renang. Karena pada dasarnya renang itu kan menari di air.

Manfaat Renang untuk Kecantikan Lainnya :

6. Membuat badan seksi
7. Mengatasi gatal-gatal
8. Mencerahkan kulit
9. Melembutkan wajah
10. Membuat badan fresh
11. Menghilangkan bau badan
12. Mengentas rasa stress yang merusak fisik
13. Mengatasi bibir kering
14. Membantu regenerasi sel kulit
15. Mengangkat sel kulit mati
16. Membantu menurunkan berat badan
17. Mencapai tinggi badan proporsional
18. Meremajakan kulit
19. Membuat awet muda
20. Memancarkan inner beauty

Cara Berenang untuk Kecantikan :

Untuk kecantikan sama saja dengan untuk kesehatan. Manfaat renang untuk kecantikan bisa didapatkan asalkan memperhatikan soal waktu, tempat dan tekniknya. Jika ingin memiliki kulit yang hitam eksotis, maka laut bisa menjadi pilihan karena efeknya akan langsung terasa.

Ada yang mesti diperhatikan sebelum memilih berenang demi kecantikan, yaitu jangan lupa gunakan sunblock dan sunscreen. Sunblock adalah krim tabir surya khusus untuk seluruh tubuh, kecuali wajah. Sebab wajah ini gunakannya produk sunscreen. Tujuan memakai keduanya agar kulit terlindungi, tidak kena panas matahari yang bahaya.

Manfaat Renang untuk Orang Tua :

1. Mencegah stroke

2. Mengatasi gangguan tulang

3. Mencegah kelumpuhan

4. Membuat awet muda

5. Menguatkan jantung

Manfaat Renang untuk Anak-Anak :

1. Meninggikan badan

2. Melatih keberanian

3. Membuat anak aktif bergerak

4. Melatih syaraf motorik

5. Menguatkan jantung dan paru-paru

Manfaat Renang untuk Ibu Hamil :

1. Mencegah nyeri saat melahirkan

2. Mengatasi morning sickness

3. Melepas stress

4. Merangsang pertumbuhan bayi

5. Mencegah penyakit

Manfaat Renang untuk Perempuan :

1. Menambah tinggi badan

2. Membuat badan langsing

3. Mengatasi nyeri vagina

4. Mengangkat sel kulit mati

5. Membuang stress berlebih

Manfaat Renang untuk Laki-Laki :

1. Melatih otot

2. Membuat badan macho

3. Mencegah obesitas

4. Menambah tinggi badan

5. Mencegah jantung koroner

Efek Samping Renang :

Efek Samping Renang, Dampak Buruk Berenang

Berikut adalah beberapa hal yang mungkin terjadi kalau olahraga berenang tanpa persiapan yang matang. Meskipun nampak sepele, sebenarnya olahrga ini tergolong jenis olahraga esktrim yang menguji adrenalin.

1. Kematian karena Tenggelam
2. Iritasi Kulit
3. Mata Memerah Perih
4. Penularan Penyakit Kulit
5. Membuat Badan Gosong

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Bersepeda untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Dari sekian banyak manfaat dan khasiat berenang, patutnya seseorang mulai mencoba olahraga air ini. Tak ada kata terlambat buat melakukan olahraga sejak sekarang. Oleh karena khasiat renang ini datangnya tidak langsung tiba-tiba, tetapi secara simultan dan pasti. Butuh waktu buat mencapai kebugaran dan kecantikan tubuh.

Continue Reading

Lainnya dari Olahraga

Terbaru

Masker Madu, Manfaat Masker Madu, Khasiat Masker Madu
Cream Temulawak, Manfaat Cream Temulawak, Khasiat Cream Temulawak
Gula Aren, Manfaat Gula Aren, Khasiat Gula Aren
Ampas Kopi, Manfaat Ampas Kopi, Khasiat Ampas Kopi
Masker Putih Telur, Manfaat Masker Putih Telur, Khasiat Masker Putih Telur
Ever E, Manfaat Ever E, Khasiat Ever E
Klorofil, Manfaat Klorofil, Khasiat Klorofil
Soman, Manfaat Soman, Khasiat Soman
Bawang Lanang, Manfaat Bawang Lanang, Khasiat Bawang Lanang
Kerjasama, Manfaat Kerjasama, Khasiat Kerjasama
BUncis, Manfaat Buncis, Khasiat Buncis
Pajak, Manfaat Pajak, Jenis Pajak
Intan, Manfaat Intan, Khasiat Intan, Permata
Milagros, Manfaat Milagros, Khasiat Milagros
Lari, Manfaat Lari, Khasiat Lari
Akar Manis, Manfaat Akar Manis, Khasiat Akar Manis
Akar Wangi, Manfaat Akar Wangi, Khasiat Akar Wangi, Tanaman Akar Wangi
Adem Ati, Manfaat Adem Ati, Khasiat Adem Ati
Buah Kesemek, Kesemek, Manfaat Kesemek, Efek Samping Kesemek, Tanaman Kesemek
Daun Wortel, Manfaat Daun Wortel, Khasiat Daun Wortel
To Top