Connect with us

40 Manfaat dan Khasiat Senam Aerobik untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Olahraga

40 Manfaat dan Khasiat Senam Aerobik untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Senam aerobik adalah salah satu jenis kegiatan senam yang dapat dilakukan oleh pria dan wanita karena tidak membutuhkan banyak tenaga. Jika kita melakukan senam aerobik secara rutin maka kita dapat merasakan manfaat luar biasa untuk kesehatan tubuh. Sudahkah anda mengetahui manfaat apa saja yang didapat dari aktifitas senam aerobik ini?

Senam Aerobik, Manfaat Senam Aerobik, Khasiat Senam Aerobik

Banyak sekali yang sudah mengenal senam aerobik, namun belum mengetahui manfaat apa saja yang akan di dapat dari aktivitas olahraga ini. Selain membuat tubuh menjadi sehat dan bugar, senam ini juga mampu menambah kecantikan kita.

Manfaat Senam Aerobik untuk Kesehatan :

1. Menjaga stamina tubuh

Manfaat pertama yang diperoleh dari aktivitas senam ini adalah membantu menjaga stamina tubuh. Melakukan senam aerobik secara rutin dapat membantu memperbaiki sitem pernafasan sehingga dapat bekerja secara optimal dan akhirnya kita menjadi sehat serta tidak mudah lelah.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat kedua dari senam ini adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini karena saat melakukan senam ini maka racun atau toksin yang menumpuk di dalam tubuh dapat dikeluarkan melalui keringat. Bukan hanya itu saja, dengan senam ini organ tubuh kita dapat bekerja dengan optimal dan tubuh akan terjaga dari berbagai macam serangan penyakit.

Loading...

3. Membantu mengurangi stress

Rutinitas atau pekerjaan sehari-hari yang terlalu padat dapat memicu stress dan membuat tubuh menjadi tegang dan kaku. Jika stress sudah melanda maka pekerjaan pun menjadi terbengkalai karena tubuh tidak dalam keadaan fit. Oleh karena itu dibutuhkan berbagai aktifivitas yang mampu membuat tubuh menjadi bugar dan rileks. Salah satu aktivitas ringan yang dapat menjadikan tubuh kita terasa lebih rileks adalah dengan melakukan aerobik.

4. Menurunkan berat badan

Aktivitas fisik salah satunya senam aerobik diyakini mampu membakar kalori secara efektif sehingga lemak dalam tubuh menjadi berkurang. Dengan pembakaran kalori tersebut maka berat badan kita akan turun. Bagi anda khususnya wanita yang mengharapkan berat badan ideal maka anda bisa mencoba melakukan aktivitas senam aerobik ini secara teratur.

5. Menjaga kesehatan jantung

Salah satu aktivitas olahraga yang efektif untuk menyehatkan jantung adalah senam aerobik. Dengan melakukan aerobik maka akan membuat jantung berdetak dengan lebih stabil. Hal ini juga lah yang menjadi alasan mengapa banyak kalangan dewasa, khususnya orang tua gemar melakukan aerobik demi mendapatkan jantung yang sehat.

6. Menjaga kesehatan otot

Bukan hanya kesehatan jantung saja yang akan terjaga setelah melakukan aktivitas aerobik, namun kesehatan otot juga turut terjaga. Dengan melakukan aktivitas menyehatkan ini maka pembuluh darah akan terdorong untuk menyediakan oksigen yang cukup bagi otot. Selain itu, aerobik ini juga mampu meredakan rasa tidak nyaman bagi penderita sakit punggung dan nyeri otot kronis.

7. Meningkatkan kemampuan pernafasan

Bagi anda yang mungkin memiliki keluhan mudah lelah saat melakukan aktivitas, maka anda bisa mencoba untuk rutin melakukan aerobik untuk mengatasinya. Saat anda merasa sangat kelelahan padahal anda belum melakukan banyak aktivitas bisa jadi itu disebabkan oleh aliran oksigen yang terganggu dalam tubuh anda. Salah satu manfaat dari aktivitas aerobik ini adalah membantu mengembalikan kinerja sistem pernafasan pada tubuh.

8. Mengatasi insomnia (susah tidur)

Insomnia adalah gejala susah tidur yang diakibatkan oleh berbagai faktor. Terlepas dari itu semua, ternyata aktivitas senam aerobik ini bermanfaat untuk mengatasi insomnia dan menjadikan anda tidur dengan nyenyak dimalam hari.

9. Membersihkan arteri

Aktivitas senam aerobik bermanfaat untuk meningkatkan kolesterol baik (HDL) sekaligus menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Kolesterol jahat dalam tubuh yang tidak dihilangkan dapat menyebabkan penupukan plak pada arteri sehingga memicu berbagai penyakit berbahaya seperti jantung.

10. Menurunkan tekanan darah tinggi

Senam aerobik diyakini mampu membantu menurunkan tekanan darah secara signifikan sehingga peredaran darah dapat berjalan dengan lancar. Selain itu, asupan oksigen yang dibutuhkan pun juga akan terpenuhi dengan baik.

Manfaat Senam Aerobik Lainnya :

11. Mencegah penyakit diabetes

12. Memperkuat tulang dan sendi

13. Menjadikan awet muda

14. Baik untuk ibu hamil

15. Pereda nyeri

16. Memperpanjang umur

17. Menjaga kesehatan mental

18. Memaksimalkan konsumsi oksigen pada tubuh

19. Meningkatkan fungsi kardiovaskular

20. Membantu menurunkan akumulasi asam laktat

21. Membantu meningkatkan kualitas tidur

22. Mengurangi tingkat trigliserida di dalam darah

Manfaat Senam Aerobik untuk Kecantikan :

1. Menjadikan kita nampak awet muda

Selain ampuh untuk meningkatkan kesehatan tubuh, senam ini juga bermanfaat untuk membuat kita terlihat awet muda. Ini dikarenakan oleh lancarnya aliran darah yang mengalir pada tubuh sehingga kulit tetap sehat dan kenyal.

2. Mampu menutrisi kulit

Aktivitas senam ini mampu meningkatkan denyut jantung sehingga sirkulasi darah menjadi lancar dan membantu menutrisi kulit.

3. Menghaluskan kulit

Aktivitas senam aerobik menjadikan kita berkeringat sehingga racun dan kotoran dalam tubuh dapat keluar melalui pori-pori kulit dan membuatnya nampak halus. Dari rutin melakukan olahraga ini maka kulit akan menjadi halus.

4. Mengencangkan kulit

Selain menjadi halus, kulit kita akan semakin kencang apabila rutin melakukan senam aerobik. Hal ini karena otot selalu terlatih dan tidak kendor.

5. Membuat kulit lebih merona

Aktivitas senam ini mampu mengganti sel kulit mati menjadi sel-sel baru yang akhirnya menjadikan kulit kita nampak lebih merona. Maka agar kulit anda lebih tampak merona, lakukanlah senam aerobik secara rutin dalam 1 minggu.

Manfaat Senam Aerobik untuk Kecantikan Lainnya :

6. Melangsingkan tubuh

7. Membentuk badan ideal

8. Menurunkan berat badan

9. Mengeluarkan minyak berlebih di wajah dan dahi

10. Menguatkan pinggul

11. Membuat paha kencang

12. Mengencangkan betis

Efek Samping Senam Aerobik :

Meskipun aktivitas senam aerobik memberikan manfaat yang besar untuk kesehatan tubuh, namun jika kita melakukan senam ini secara berlebihan dapat memberika dampak yang negatif. Melakukan senam aerobik dalam frekuensi dan intensitas tinggi dapat mengakibatkan:

1. Kelelahan

2. Cedera

3. Gangguan tidur

4. Membuat otot tidak terbentuk dengan sempurna

Oleh sebab itu, agar kita terhindar dari berbagai dampak negatif yang muncul karena senam aerobik, sebaiknya kita memperhatikan dengan cermat cara melakukan beserta frekuensi durasi yang tepat agar manfaat yang kita dapatkan lebih maksimal. Berikut beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk melakukan aktivitas senam aerobik yang baik dan benar.

Tips dan Cara Melakukan Senam Aerobik :

1. Pastikan anda bergabung pada pusat kebugaran. Selain dapat memiliki banyak teman dan termotivasi untuk melakukan senam aerobik, latihan senam yang anda lakukan juga akan terarah oleh bantuan instruktur. Namun jika anda tidak memiliki banyak waktu luang maka anda juga bisa melakukannya sendiri di rumah.

2. Lakukan pemanasan untuk meregangkan otot sekitar 6 menit sebelum memulai senam aerobik. Selain itu, pendinginan setelah senam ini juga sama pentingnya. Hal ini karena aktifvitas pemanasan dan juga pendinginan sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya cedera.

3. Bagi anda yang sudah lama tidak berolahraga dan ingin melakukan senam aerobik, maka disarankan untuk memulai dengan intensitas ringan, misalnya dengan memulai senam selama 5 menit terlebih dahulu baru besoknya menambah durasi yang lebih lama.

4. Bagi anda yang menderita penyakit kronis maka sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum melakukan aktivitas senam ini. Misalnya, bagi penderita artritis maka anda bisa bertanya mengenai cara melakukan senam aerobik yang tepat dengan gerakan yang tidak menekan sendi.

Baca Juga: Manfaat Push Up untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Benar kan? Ternyata banyak sekali manfaat senam aerobik untuk kesehatan dan juga kecantikan. Jika kita melakukan senam ini secara rutin dengan intensitas yang pas maka kita bisa merasakan manfaatnya yang luar biasa pada tubuh kita.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Olahraga

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top