Connect with us
Skipping, Manfaat Skipping, Khasiat Skipping

Olahraga

35 Manfaat dan Khasiat Skipping untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Skipping atau yang lebih dikenal dengan istilah lompat tali merupakan salah satu keahlian olahraga yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Dahulu, permainan skipping ini sering dijadikan sebagai ajang permainan anak-anak saat masih kecil. Namun sekarang sudah jarang bahkan hampir tidak ada anak yang mau bermain lompat tali.

Skipping, Manfaat Skipping, Khasiat Skipping, Lompat Tali, Olahraga Lompat Tali

Hal ini mungkin terjadi karena semakin berkembangnya ilmu teknologi yang kian lama kian canggih. Anak-anak cenderung memilih permainan yang berteknologi canggih seperti game handphone dari pada melakukan permainan tradisional. Padahal jika kita cermati, permainan tradisional memiliki banyak manfaat baik secara edukatif maupun untuk menunjang kesehatan. Skipping atau lompat tali sendiri memberikan banyak manfaat yang tidak hanya untuk kesehatan namun juga bermanfaat untuk kecantikan.

Manfaat Skipping untuk Kesehatan :

1. Membantu mengencangkan otot

Olahraga skipping yang dilakukan secara rutin setiap hari terutama pada pagi hari akan membantu mengencangkan otot akibat lompatan yang diakukan untuk melewati tali tersebut. Pada saat melakukan olahraga ini, otot akan menjadi semakin kencang dan kuat terutama pada otot kaki.

2. Menjadikan berat badan lebih ideal

Skipping dapat menjadikan berat badan kita tetap ideal. Saat kita melakukan lompat tali, gerakan tersebut dapat membakar hingga 1000 kalori yang ada di dalam tubuh. Selain itu, lemak berlebih dalam tubuh juga akan ikut terbakar bersama dengan keluarnya keringat.

Loading...

3. Membuat tubuh menjadi proporsional

Skipping bukan hanya menjadikan otot menjadi lebih kencang saja, namun olahraga ini juga mampu membuat tubuh menjadi ideal dan indah. Hal ini dikarenakan otot-otot di dalam tubuh menjadi kuat dan kencang sehingga bentuk tubuh pun terbentuk dengan ideal. Dengan kata lain, olahraga ini bukan hanya bermanfaat untuk mengencangkan otot kaki saja namun juga otot lengan.

4. Menambah tinggi badan

Saat kita melakukan beberapa lompatan secara rutin maka hal ini akan membantu menambah tinggi badan kita. Kegiatan olahraga ini cukup dilakukan sekitar 200 kali lompatan saja setiap pagi untuk membentuk otot yang lentur dan kuat serta kaki yang panjang. Oleh sebab itu bagi anda yang ingin menambah tinggi badan anda, olahraga yang satu ini cocok untuk dicoba.

5. Mencegah resiko osteoporosis

Osteoporosis merupakan pengeroposan tulang yang tidak hanya terjadi bagi mereka yang sudah berumur saja, namun gejala osteoporosis juga mungkin dirasakan bagi usia berapapun. Melakukan skipping sangat disarankan untuk mencegah terjadinya osteoporosis. Olahraga lompat tali yang dilakukan secara rutin terutama di pagi hari dapat memberikan manfaat yang maksimal untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Manfaat Skipping untuk Kesehatan Lainnya :

6. Membantu meningkatkan fertilitas

7. Menjaga kesehatan jantung

8. Mampu mengoptimalkan energi

9. Menambah stamina dalan tubuh

10. Membantu meningkatkan fungsi otak

11. Mencegah terjadinya stress

12. Membantu menjaga keseimbangan tubuh

13. Mengencangkan otot betis

14. Memenuhi asupan oksigen

15. Menutrisi kulit

16. Membuat gerak kaki menjadi lebih lincah

17. Membuat hati menjadi gembira

18. Menjaga kelenturan tubuh

19. Mengatasi penyakit asma

20. Melatih kerjasama (saat skipping dilakukan oleh tiga orang)

21. Menjaga kesehatan

22. Meningkatkan kapabilitas

23. Menghilangkan toksin di dalam tubuh

24. Membantu mengencangkan otot lengan

25. Melancarkan sirkulasi darah

Manfaat Skipping untuk Kecantikan :

1. Mengencangkan kulit

Gerakan skipping yang dilakukan berulang-ulang dapat membuat kulit menjadi lebih kencang.

2. Mencerahkan kulit

Selain mengencangkan kulit, gerakan skipping juga bermanfaat untuk membuat kulit nampak lebih cerah. Hal ini dikarenakan asupan oksigen menuju ke jantung terpenuhi dengan baik sehingga kulit tubuh menjadi lebih bercahaya.

3. Menjaga kesehatan rambut

Skipping juga bermanfaat untuk menjadikan rambut lebih sehat dan kuat. Aliran darah yang lancar akan membawa nutrisi yang penting untuk merangsang pertumbuhan folikel pada rambut agar selalu sehat dan kuat.

Manfaat Skipping untuk Kecantikan Lainnya :

4. Membuat tubuh ideal

5. Membuat tubuh langsing

6. Menghilangkan kerutan

Efek Samping Skipping :

Pada dasarnya jika kita melakukan skipping dengan benar maka olahraga ini tidak akan membayahakan diri kita. Namun jika kita olahraga skipping ini dilakukan secara berlebihan maka akan memberikan resiko yang besar seperti:

1. Keseleo

Skipping yang dilakukan secara berlebihan dapat mengakibatkan keseleo. Hal ini karena terjadi kesalahan saat melompat dan mengakibatkan penumpukan kaki. Mungkin sebagian orang masih menghiraukan permasalahan ini, namun keseleo yang dibiarkan secara berlarut-larut dan tidak segera ditangani dapat berakibat fatal. Ketika keseleo tidak segera diperikasakan maka kita tidak akan tahu mana urat maupun persendian yang mengalami cidera.

2. Kram otot

Kram otot pada bagian tulang kering dan betis juga dapat terjadi akibat melakukan lompat tali secara berlebihan. Biasanya seseorang terlalu berambisi untuk segera mencapai tujuannya tanpa tahu apa akibat yang akan terjadi. Misalnya, seseorang yang sedang menjalani proses penurunan berat badan memaksakan diri untuk melakukan lompat tali sebanyak 100 kali setiap hari. Padahal seharusnya hal ini disesuaikan dengan kondisi tubuh dan juga durasi waktu yang bertahap agar tidak mengalami kram otot.

3. Pendarahan

Olahraga lompat tali ternyata juga berakibat fatal yakni terjadi pendarahan. Biasanya wanita yang sedang haid dan melakukan olahraga ini sangat rentan terjadi pendarahan. Saat wanita dalam masa menstruasi, tubuh sangat rentan terhadap suatu benturan ataupun goncangan. Oleh karena itu, sangat tidak dianjurkan bagi wanita yang sedang melangalami masa haid untuk melakukan olahraga skipping.

4. Sesak nafas

Salah satu manfaat yang didapat dari olahraga skipping adalah meredakan sakit asma atau sesak nafas. Namun jika lompat tali dilakukan secara berlebihan bukannya akan menghilangkan asma tersebut namun malah menjadikan dada sesak nafas dan asma pun menjadi kambuh. Oleh sebab itu, lompat tali sebaiknya dilakukan secara tidak berlebihan agar oksigen dalam tubuh tidak terkuras habis. Saat asupan oksigen tidak tercukupi maka tubuh akan menjadi lemas dan sesak nafas. Anda bisa melakukan lompat tali secara bertahap agar hasil yang dicapai maksimal.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Saat Melakukan Skipping :

Berbagai efek samping di atas emmang sangat merugikan dan mengkhawatirkan. Namun jika kita melakukan olahraga lompat tali dengan porsi yang tepat dan bertahap maka olahraga ini akan sangat efektif untuk menjaga kesehatan dan kecantikan. Saat anda hendak melakukan olahraga lompat tali sebaiknya anda memperhatikan berbagai hal penting berikut:

  1. Tidak melakukan lompat tali yang memaksa badan demi mencapai tujuan dengan cepat agar tidak berakibat fatal.
  2. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, anda bisa menyesuaikan baju yang pas agar badan kita lebih mudah berkeringat.
  3. Saat anda merasa lelah di tengah-tengah olahraga lompat tali ini, jangan memaksakan badan anda. Beristirahatlah dan lakukan olahraga secara bertahap.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Yoga untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Olahraga skipping memang sering dilakukan saat masih anak-anak seusia SD dan SMP. Pada masa-masa tersebut merupakan waktu yang tepat untuk menunjang pertumbuhan serta menjadikan otot semakin kuat. Saat kekuatan otot terlatih sedari keci, hal ini juga memberikan banyak manfaat kelak saat mereka sudah dewasa.

Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lainnya dari Olahraga

RSS Khasiat terbaru

Terbaru

Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Menggunakan Jilbab, Manfaat Menggunakan Jilbab, Berjilbab, Berhijab
Pasar Modal
Puasa Arafah, Manfaat Puasa Arafah, Khasiat Puasa Arafah
Bunga Kamboja, Manfaat Bunga Kamboja, Pohon Kamboja, Khasiat Bunga Kamboja, Bunga Kamboja Kuning, Bunga Kamboja Putih
Puasa Mutih, Manfaat Puasa Mutih, Khasiat Puasa Mutih, Dalil Puasa Mutih
To Top