Connect with us
Yoga, Olahraga Yoga, Senam Yoga, Manfaat Yoga, Khasiat Yoga

Olahraga

100 Manfaat dan Khasiat Yoga untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Yoga adalah olahraga untuk menyelaraskan pikiran dengan napas. Manfaat yoga membuat jiwa terhubung dengan alam semesta. Sehingga sel-sel tubuh pun mengalami aktivasi karena adanya aliran energi dari alam. Tujuan akhir dari olahraga ini adalah kesehatan, kebugaran dan kecantikan tubuh.

Yoga, Olahraga Yoga, Senam Yoga, Manfaat Yoga, Khasiat Yoga

Siapapun dan berapapun umurnya bisa mencoba yoga. Olahraga ini justru sangat dianjurkan dilakukan tiap hari secara rutin, di pagi atau malam hari. Meskipun beberapa orang menganggapnya sebagai ajaran Hindu karena melibatkan tahapan meditasi, namun sebenarnya anggapan tersebut kurang tepat. Sebab, meditasi hanya bagian terkecil dari tahapannya saja. Selebihnya adalah gerakan tubuh, latihan keseimbangan dan teknik pernafasan.

Macam dan Jenis Yoga :

Jenis Yoga, Macam Yoga

Jenis olahraga ini memiliki kegunaan dan penggemar tersendiri. Manfaat yoga sangat tergantung pada jenis yang dipilih ini. Berikut adalah beberapa macam jenisnya:

  • Asthanga
  • Antigravity
  • Bikram
  • Hatha
  • Kundalini
  • Kripalu
  • Anusara
  • Yin
  • Vinyasa
  • Restoratif
  • Power
  • Prenatal

Manfaat Yoga Untuk Kesehatan :

1. Membuat Pikiran Tenang

Mula-mula, manfaat yoga akan bisa membuat tenang pikiran. Sebab sebelum memulainya, biasanya akan dilakukan meditasi terlebih dahulu. Meditasi menjadi kunci masuk agar saat latihan oalah raga ini, sudah terjadi penyelarasan antara tubuh, pikiran dan jiwa.

2. Menghilangkan Stress

Ketika pikiran tenang, niscaya stress teratasi. Sebab pintu masuk dari stress adalah pikiran yang kalut dan berat. Melakukan gerakan olahraga ini bisa membuang stress hingga akar-akarnya.

3. Mengobati Depresi

Alunan latihan pernafasan yang dilakukan sambil meditasi. Kemudian untaian gerak teratur yang diajarkan para instruktur dan guru bisa membuat depresi pelan-pelan hilang. Hanya ada suasana hati ceria.

4. Mencegah Berbagai Jenis Gangguan Mental

Gangguan mental terkadang terjadi karena kurangnya sosialisasi. Menjadi pribadi yang tertutup dan kesulitan bergaul. Di tempat pelatihan yoga, bakalan banyak temannya. Sehingga ini bisa mencegah gangguan mental menggelayut terus.

5. Membuat Badan Bugar

Kebugaran tentu saja menjadi hasil akhir dari manfaat yoga. Latihan ini akan menjadi pintu masuk dari kesehatan secara holistik. Koordinasi gerak dan napas yang teratur menjadi kunci dari diraihnya kebugaran ini.

6. Mengatasi Meriang

Tidak semua meriang bisa diatasi dengan istirahat. Terkadang, meriang pun bisa diatasi dengan olahraga, terutama yoga. Apalagi jika sedang malakukan senam jenis ini dipandu oleh pelatih profesional. Mereka akan mengajari bagaimana menyembuhkan meriang yang dirasa.

7. Mengobati Pegal Linu

Begitu pun saat pegal linu melanda. Peregangan otot dan pernafasan selama latihan yoga justru akan membuat pegal lini perlahan-lahan hilang.

8. Melancarkan Peredaran Darah

Peredaran darah seseorang harusnya senantiasa lancar. Sebab darah berfungsi vital dalam mengangkut energi dan oksigen. Manfaat yoga pun bisa memperoleh edaran darah lancar ini asal dilakukan simultan.

9. Mengobat Sakit Kepala

Saat melakukan meditasi dan pernafasan. Sesungguhnya para yogi sedang menyerap energi penyembuhan. Jika pada saat itu sedang sakit kepala, usai latihan pasti sembuh.

10. Mencegah Migrain

Apalagi salah satu jenis sakit kepala, migrain. Yang mana biasanya ini susah sembuh, rupanya juga bisa disembuhkan dengan latihan meditasi yoga, beserta pernafasan dan pergerakkannya.

Manfaat Yoga Untuk Kesehatan Lainnya:

  1. Mengatasi hipertensi
  2. Mengatasi hipotensi
  3. Mencegah gangguan jantung
  4. Melancarkan jalur pernafasan
  5. Mencegah gangguan paru-paru
  6. Mengobati penyakit jantung
  7. Mengatasi penyakit paru-paru
  8. Mencegah kanker
  9. Mencegah gangguan hati
  10. Mengobati penyakit liver
  11. Mengatasi asam lambung
  12. Meringankan nyeri dada
  13. Melancarkan saluran cerna
  14. Mencegah gangguan ginjal
  15. Mengobati gagal ginjal
  16. Menyeimbangkan hormon
  17. Memicu aktifnya hormon
  18. Membantu penyerapan gizi tubuh
  19. Mencegah kerusakan sel
  20. Menguatkan otot
  21. Membuat tulang kuat
  22. Mencegah stroke
  23. Mengatasi psikosomatis
  24. Membuat tidur nyenyak
  25. Meningkatkan kebugaran tubuh
  26. Mengatasi nyeri sendi
  27. Meringakan sakit GERD
  28. Membuat badan jadi berisi (gemukan)
  29. Meningkatkan kelenturan tubuh
  30. Mempercepat regenerasi sel mati
  31. Meningkatkan imun
  32. Mengatasi anemia
  33. Melejitkan kemampuan berpikir
  34. Mencegah demensia
  35. Meningkatkan angka harapan hidup
  36. Membantu penyembuhan berbagai penyakit kronis
  37. Mengatasi bipolar disorder
  38. Melegakan napas
  39. Memperbaiki keseimbangan tubuh
  40. Mengatasi mual pada ibu hamil

Cara Melakukan Yoga Untuk Kesehatan :

Ada kunci tahapan yang mesti dilakukan dalam olahraga ini. Langkah-langkah dasarnya adalah persiapan, sikap duduk, sikap berdiri, meditasi, pernafasan, dan gerakan-gerakan.

Beberapa gerakan mendasar antara lain: cobra, triangle pose, bridge pose, tree pose, warrior, downward facing dog dan mountain pose. Salah satu atau semua gerakan-gerakan itu pasti dimasukkan dalam tiap jenis yoga.

Manfaat Yoga Untuk Kecantikan :

1. Membuat Awet Muda

Manfaat yoga untuk kecantikan yang paling banyak dirasakan orang adalah awet muda. Lihat saja para yogi, meskipun mereka sudah banyak umurnya, namun masih terkesan muda dan gesit.

2. Mengencangkan Kulit

Efek awet muda itu biasanya disebabkan karena ada perubahan pada kulit yang kencang. Mulanya sebelum ikut olahraga ini kulitnya kendur, setelah mengikuti beberapa kali kelasnya, langsung berubah kencang.

3. Membuat Wajah Berbinar

Perlu diketahui bahwa pernafasan dan konsentrasi menenangkan pikiran melalui meditasi bisa membuat wajah jadi berbinar. Oleh karena pancaran energi tubuh bisa keluar maksimal.

4. Mengatasi Garis-Garis Penuaan Wajah

Selain cahaya pada wajah, manfaat yoga pun bisa untuk menipiskan garis-garis penuaan pada wajah. Biasanya jenis aerial yoga, seperti yang menggunakan hammock dan teknik anti gravitasi menjadi pilihan untuk memperbaiki wajah ini.

5. Membuka Aura Diri

Sesungguhnya seluruh kegiatan yang berdampak positif bagi pikiran, tubuh dan jiwa akan mempu membuka aura diri. Termasuk yoga jika dilakukan dengan benar, maka akan memancarkan aura tubuh.

6. Memancarkan Kharisma

Saat aura tubuh seseorang terbuka, maka kharisma akan memancar. Makanya latihan yoga ini juga identik dengan hasil yang menunjukkan perkembangan kepribadian. Para guru yoga adalah orang-orang yang tercerahkan dengan kharisma memancar.

7. Membuat Badan Tampak Lebih Putih

Manfaat yoga jika dilakukan secara rutin tiap bulannya akan memberikan efek pada pigmen kulit pula. Membuat kulit terkesan lebih putih.

8. Membuat Berat Badan Ideal

Berat badan juga bisa ideal jika yoganya dilakukan dengan baik. Gerakan yoga yang seimbang, teratur dan indah bagaikan senam yang membuat tubuh jadi sintal.

9. Menghaluskan Kulit

Kulit terkesan jadi lebih halus karena stress sudah hilang. Di mana stress ternyata adalah penyebab  terbesar dari kulit kasar. Manfaat yoga untuk kulit akan dirasakan setelah 3-4 bulan latihan rutin.

10. Membuat Lebih Rupawan

Pada akhirnya, manfaat yoga untuk kesehatan bakal membuat lebih rupawan. Meskipun tubuh sudah termakan usia, tetap tampil good looking dan bersahaja.

Manfaat Yoga Untuk Kecantikan yang Lainnya:

  1. Menghilangkan kerutan dahi
  2. Mencegah jerawat
  3. Membuat pori-pori mengecil
  4. Mengatasi produksi minyak berlebih
  5. Mencegah flek hitam
  6. Menyembuhkan jerawat
  7. Membuka pancaran aura wanita
  8. Membuat badan lebih fresh

Cara Melakukan Yoga Untuk Kecantikan:

Sama dengan cara melakukan untuk kesehatan. Gerakan-gerakan mendasar pun dilakukan. Hanya saja, kunci untuk  kecantikan ini ada pada penyertaan asupan gizi makanan dan manajemen pikiran dan stress. Dalam arti, semua praktisi yoga mesti menjaga pola makannya dan membuang stess dan pikiran berat. Yang tentu saja ini akan berdampak pada kecantikan tubuh.

Efek Samping Yoga Untuk Tubuh

Efek Samping Yoga

Berbagai latihan yoga secara langsung memberikan dampak yang positif bagi tubuh manusia. Baik jasmani maupun rohaninya bakalan seimbang dan senantiasa melimpah energi positif. Selain itu, olahraga ini pun memberikan dampak baik bagi jiwa seseorang sehingga lebih tahan dalam menghadapi masalah hidup.

Banyaknya manfaat seperti yang sudah dijelaskan di atas sudah saatnya dirasakan oleh semua orang. Jangan ragu untuk melakukan olahraga ini karena khasiatnya memang begitu baik untuk meningkatkan kesehatan dan kecantikan tubuh.

Continue Reading

Lainnya dari Olahraga

Terbaru

Kapur Sirih, Manfaat kapur Sirih, Khasiat Kapur Sirih
Tidur tanpa celana dalam, Manfaat Tidur tanpa celana dalam, Khasiat Tidur tanpa celana dalam
Plank, Manfaat Plank, Khasiat Plank
Angkak, Manfaat Angkak, Khasiat Angkak
Daun Cempaka Putih
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh, Khasiat Sholat Subuh
Baking Powder, Manfaat Baking Powder, Khasiat Baking Powder
ASI, Manfaat ASI, Khasiat ASI
Surat Al Iklas, Manfaat Surat Al Iklas, Khasiat Surat Al Iklas
Melia Biyang, Manfaat Melia Biyang, Khasiat Melia Biyang
BB Cream, Manfaat BB Cream, Khasiat BB Cream
Brotowali, Manfaat Brotowali, Khasiat Brotowali
Asmaul Husna, Manfaat Asmaul Husna, Khasiat Asmaul Husna
Bunga Melati, Manfaat Bunga Melati, Khasiat Bunga Melati
Daun Sisik Naga, Manfaat Daun Sisik Naga, Khasiat Daun Sisik Naga
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Klorofil K Link, Manfaat Klorofil K Link, Khasiat Klorofil K Link
Daun Keji Beling, Manfaat Daun Keji Beling, Khasiat Daun Keji Beling
To Top