Connect with us

40 Manfaat dan Fungsi Dasar Negara untuk Suatu Bangsa Serta Akibat Tidak Memilikinya

Pendidikan

40 Manfaat dan Fungsi Dasar Negara untuk Suatu Bangsa Serta Akibat Tidak Memilikinya

Dasar negara merupakan simbol tidak berwujud suatu negara dalam merepresentasikan tujuan dan keberadaannya di dunia internasional. Secara umum, simbol negara ini adalah sikap hidup, pandangan hidup, atau sesuatu yang tidak dapat dibuktikan kebenaran dan kesalahannya. Simbol tersebut juga dapat disebut sebagai filsafat negara (political philosophy). Selain itu juga terdapat manfaat dasar negara yang perlu kita ketahui.

Dasar Negara, Pancasila, Simbol Negara, Garuda, lambang Indonesia, Manfaat Dasar Negara, Fungsi Dsar Negara

Dasar negara juga diposisikan sebagai sumber hukum dari segala sumber hukum atau sumber tata tertib hukum dalam suatu negara. Intinya, simbol negara ini adalah landasan kehidupan suatu negara karena setiap negara berkewajiban melaksanakan dan menjalankan kehidupan suatu negara dimana simbol tersebut berperan dalam mengatur penyelenggaraan suatu negara.

Fungsi Dasar Negara :

1. Sebagai dasar penyelenggaraan kegiatan negara

Tujuan didirikannya negara adalah untuk mewujudkan cita-cita dan tujuan nasional suatu bangsa dengan semangat persatuan dan kesatuan. Oleh karena itu, sistem birokrasi atau pemerintah termasuk di dalamnya ada peraturan yang mengatur perilaku masyarakat harus didasarkan pada dasar negara.

2. Sebagai dasar berdiri dan tegaknya negara

Dasar negara dibuat sebagai sumber hukum dan identitas yang sah suatu negara selain adanya pemerintah, rakyat dan pengakuan negara lain. Dengan adanya dasar negara, suatu negara dapat berdiri tegak dan dapat dilihat kapabilitas serta eksistensinya di mata internasional sebagai negara berdaulat yang memiliki aturan dalam dasar negara.

Loading...

3. Sebagai pergaulan antar warga negara

Selanjutnya manfaat dasar negara bagi suatu negara adalah sebagai dasar pergaulan antar warga negara. Dalam dasar negara pasti tercantum adanya pasal mengenai larangan untuk membeda-bedakan suku, agama maupun ras sehingga dapat tercipta masyarakat yang rukun, adil dan sejahtera dalam aturan yang bersahaja.

4. Sebagai sumber hukum nasional

Simbol ini juga bermanfaat sebagai sumber hukum terutama dalam hukum yang diberlakukan secara nasional. Seluruh aktivitas pemerintahan dan masyarakat terletak dalam satu konstitusi dan hukum yang pasti yaitu dalam dasar negara. Simbol suatu negara ini dibuat dengan tujuan untuk mengatur perilaku pemerintah agar tidak sewenang-wenang serta untuk rakyat agar teratur.

5. Sebagai dasar partisipasi warga negara

Di dalam dasar negara terdapat aturan yang mengatur hak dan kewajiban warga negara termasuk peran mereka dalam mempertahankan negara serta partisipasi dalam upaya memajukan dan mencapai tujuan bangsa. Hak warga negara juga mencakup perlakuan yang adil dari negara.

Manfaat dasar negara untuk bangsa :

1. Mempersatukan warga negara

Dasar negara memiliki aturan yang melarang setiap warganya untuk membeda-bedakan ras, suku, budaya dan agama masing-masing. Hal ini sudah tercantum dan diberlakukan secara nasional sebagaimana semboyan Negara Republik Indonesia yaitu Bhineka Tunggal Ika yang berarti berbeda-beda tetap satu jua.

2. Identitas bangsa yang sah

Syarat beridirinya suatu negara mungkin hanya diperlukan wilayah, pemerintah, rakyat dan pengakuan dari negara lain. Namun, itu saja tidak cukup. Dasar negara dibuat sebagai identitas suatu negara yang sah atas bangsa yang menghuni di dalamnya dimana dalam simbol negara mencakup peraturan menjalankan pemerintahan beserta hak dan kewajiban pelaksana dan warga negara.

3. Sebagai pedoman hidup warga negara

Sebagaimana disebutkan bahwa fungsi dasar negara adalah untuk mengatur perilaku masyarakat dan negara, simbol tak berbentuk ini juga sebagai pedoman warga negara dalam berperilaku agar tidak menyimpang dari aturan yang dibuat bersama berdasarkan asas yang dimiliki. Konsekuensi akibat melanggaran aturan ini dapat menjurus pada tindak pidana.

4. Sebagai landasan dari idil suatu negara

Idil di sini merupakan artian yang sama dengan acuan. Dasar negara dibuat sebagai acuan untuk mengarahkan suatu negara dalam tujuan-tujuan yang tertulis di dalam konstitusi dan telah mencakup pengharapan masyarakat di dalam tujuan tersebut untuk membawa negara lebih makmur dan sejahtera.

5. Memberikan tujuan, arahan dan cita-cita

Dasar negara ini dibuat tidak dengan tanpa tujuan. Sebagaimana simbol negara Indonesia yang tercantum dalam Pancasila adalah untuk mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia (alenia ke-5). Setiap simbol negara dalam suatu negara pasti mencakup arahan, tujuan, dan cita-cita dengan mengutamakan kepentingan warga negaranya.

6. Cerminan kepribadian suatu negara

Sebagai cerminan maksudnya adalah lambang bagaimana suatu negara dipandang melalui aturan yang tertera di dalam dasar negara sehingga kepribadian negara tersebut dapat dikagumi oleh negara lain. Dunia internasional akan menghormati suatu negara yang dalam simbol negara nya mencakup nilai-nilai HAM dan perdamaian.

7. Sebagai pembentuk norma-norma dalam masyarakat

Selain manfaat yang telah dipaparkan di atas, manfaat Dasar Negara adalah pembentuk norma di masyarakat. Masyarakat hidup dalam norma-norma atau aturan yang berlaku sebagaimana di Indonesia norma yang dikonstruksi oleh masyarakat adalah ramah tamah yang sudah sejak lama diajarkan dan dilestarikan secara turun temurun.

8. Sebagai bentuk cerminan negara yang beradab

Dasar negara penting tidak hanya untuk menjalankan suatu negara namun bagaimana agar negara tersebut dapat dipandang baik dan bermanfaat bagi negara lain. Dengan bentuk aturan yang mengutamakan nilai-nilai perdamaian, maka suatu negara akan dipandang sebagai negara yang beradab.

9. Membentuk pola kekeluargaan

Simbol negara menjadi penting apabila aturan yang ditaati tersebut mampu mempersatukan warga negara tanpa adanya batasan perbedaan layaknya sebuah keluarga. Sikap dan semboyan kekeluargaan juga termasuk dalam komponen penting dalam mempertahankan kedaulatan suatu negara.

10. Sebagai asas kesatuan

Adanya hal yang dapat mempersatukan sekumpulan golongan masyarakat dari berbagai ras, suku dan agama adalah menghilangkan identitas perbedaan tersebut. Dasar negara Indonesia dapat dijadikan contoh sebagai dasar yang memuat persatuan dengan mengindahkan perbedaan. Maka sebagai wujud dari cinta dasar negara kita, maka harus menjunjung tinggi asas kesatuan. Janganlah membeda bedakan antara ras, suku, agama dan budaya.

Manfaat Dasar Negara untuk Bangsa Lainnya :

11. Memakmurkan rakyat
12. Mengesampingkan perbedaan
13. Membuat masyarakat tertib
14. Sebagai representasi negara di dunia internasional
15. Menyejahterakan rakyat
16. Membatasi wewenang pemerintah
17. Mengelola sumber daya alam suatu negara
18. Mencegah negara menjadi anarki
19. Mempromosikan nilai-nilai perdamaian
20. Sebagai sarana untuk memperoleh citra
21. Membatasi perilaku masyarakat
22. Mengurangi kesenjangan
23. Menjalankan sistem demokrasi
24. Membatasi eksploitasi berlebihan
25. Menjadikan rakyat lebih mudah bersosialisasi
26. Sebagai alat politik luar negeri
27. Sarana untuk membangun kerja sama
28. Sebagai tujuan utama dalam pembuatan kebijakan
29. Memperoleh pengakuan lebih di mata internasional
30. Mengatur undang-undang
31. Mengadili yang bersalah
32. Melindungi bangsa dan warga negara
33. Sebagai pedoman dan konstitusi yang sah
34. Sarana untuk memperoleh dukungan rakyat
35. Mencegah ancaman dari luar
36. Sarana untuk memperoleh dukungan internasional
37. Sebagai alat untuk menyelesaikan konflik dalam negeri
38. Sebagai sarana untuk turut membantu negara lain
39. Mempromosikan negara dalam sektor sosial budaya
40. Mendapat keuntungan dari promosi dasar negara

Akibat Dari Bangsa Tidak Memiliki Dasar Negara :

Suatu negara yang landasan hukumnya tidak didasarkan pada suatu simbol negara seperti negara yang tidak memiliki prioritas dan tujuan. Simbol negara menjadi sangat penting karena merupakan simbol tak berwujud dari suatu negara yang di dalamnya tercantum aturan, hak dan kewajiban penyelenggara dan warga negara yang sah untuk mencapai tujuan dan cita-cita bersama.

Dasar negara adalah sikap hidup, pandangan hidup, atau sesuatu yang tidak dapat dibuktikan kebenaran dan kesalahannya. Dimana setiap orang yang berada di dalam wilayah cakupan simbol negara tersebut wajib mematuhi dan melaksanakannya untuk kepentingan dan kesejahteraan bersama.

Baca Juga: Manfaat Membaca Untuk Anak, Pelajar, Masyarakat, Kesehatan dan Kehidupan

Jadi, berdasarkan informasi diatas, sudah sepatutnya anda kini lebih paham dan mengerti mengenai hal yang berhubungan dengan dasar negara. Akan sangat fatal jika suatu negara sendiri tidak mempunyai hal tersebut karena nantinya sekumpulan bangsa tidak memiliki tujuan/arah untuk mencapai cita-cita bersama.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Pendidikan

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top