Connect with us

28 Manfaat Dasar Negara, Pengertian, Tujuan dan Fungsi

Pendidikan

28 Manfaat Dasar Negara, Pengertian, Tujuan dan Fungsi

Manfaat Dasar Negara – Dasar negara adalah sebuah prinsip yang harus dimiliki oleh masing-masing negara. Selain itu, dasar negara merupakan pondasi besar bagi negara untuk lebih mengembangkan negara tersebut. Sebagai warga negara yang Indonesia sebaiknya kita mengetahui perihal landasan negara Indonesia dengan baik. Minimal kita harus mengetahui apa yang menjadi pedoman negara Republik Indonesia.

Dasar Negara, Pancasila, Simbol Negara, Manfaat Dasar Negara

Sebagaimana yang sudah kita pelajari bahwasanya dasar negara kita adalah Pancasila. Sudah sepantasnya sebagai warga negara yang baik kita memperlajari apa saja pengertian, fungsi serta tujuan dari landasan negara kita yaitu pancasila. Saat kita menginjak bangku sekolah misalnya di SD hal ini tentunya sudah dipelajari dalam mata pelajaran PPKN.

Pengertian Dasar Negara :

Secara garis besar dasar negara adalah pandangan hidup, sikap hidup maupun sesuatu yang tidak dapat dibuktikan kesalahannya maupun kebenarannya. Pada hakikatnya dasar negara adalah sebuah filsafat negara yang berkedudukan sebagai sumber dari segala macam sumber hukum.

Landasan negara ini merupakan sebuah prinsip dari kehidupan di dalam suatu negara yang mana masing-masing negara harus memiliki prinsip agar kehidupan bernegaranya berjalan lancar.

Loading...

Landasan negara sangatlah penting karena jika negara tidak memiliki dasar negara maka bisa dikatakan tidak memiliki pedoman atau pegangan. Hal tersebut tentunya akan menjadikan negara menhadi kehilangan arah tujuan dan menimbulkan kekacauan dengan mudah. Dasar negara yang digunakan di negara Indonesia adalah Pancasila yang sekaligus menjadi ideologi Nasional.

Tujuan Dasar Negara :

1. Sebagai pedoman penyelenggara negara

2. Membatasi kekuasaan penguasa

3. Melindungi rakyatnya

Fungsi Dasar Negara :

1. Dasar kegiatan penyelenggara negara

2. Dasar berdiri dan tegaknya negara

3. Dasar pergaulan antar warga negara

4. Dasar partisipasi warga negara

5. Dasar dan sumber hukum nasional

Manfaat Dasar Negara :

1. Melindungi proses perkembangan kebudayaan di dalam lingkup masyarakat

Di dalam landasan negara terdapat nilai kebudayaan yang dapat melindungi keragaman kebudayaan di masyarakat.  Tujuan perlindungan kebudayaan ini adalah agar masing-masing kebudayaan tidak diklaim oleh daerah lain atau bakhan oleh negara lain. Proses perlindungan nilai tersebut dilakukan secara ketat dengan demikian kebudayaan suatu daerah tetap menjadi bagian dalam lingkup masyarakat.

2. Dasar hukum suatu negara

Salah satu fungsi landasan negara adalah sebagai pandangan hidup masyarakat mengenai segala aspek bernegara. Masyarakat yang bertempat tinggal di dalam suatu negara diwajibkan untuk mematuhi dan menaati aspek pandangan hidup yang sudah ditetapkan tersebut. Hal inilah mengapa landasan negara merupakan dasar hukum bagi setiap negara. Pegangan hidup yang wajib digenggam oleh seluruh warga adalah agama, budaya dan kearifan lokal.

3. Melindungi para pelanggar hukum

Landasan negara didalam suatu negara memiliki fungsi untuk melindungi pelanggar hukum. Hal ini bermaksud agar tidak terjadi tindakan main hakim sendiri saat seseorang melakukan kesalahan. Dengan adanya landasan negara maka sudah dijelaskan secara terperinci sanksi atau hukuman sesuai dengan kesalahan yang diperbuat.

4. Menghadang paham terorisme dan radikalisme

Teroris yang mengganggu dengan menyerang suatu negara sangatlah tidak berperikemanusiaan. Teroris tersebut dengan mudahnya menghancurkan negara dengan perilaku negatif. Bahkan ada juga teroris yang tega meledakkan bom yang sangat merugikan seluruh kawasan disekitarnya. Adanya landasan negara berfungsi untuk menentang keras paham terorisme maupun radikalisme yang tumbuh dalam suatu negara.

5. Membentuk karakter penerus bangsa yang lebih baik

Pedoman negara juga bermanfaat untuk membentuk karakter pemuda penerus bangsa. Pembentukan karakter penerus bangsa yang dilakukan oleh pedoman negara ini sesuai dengan dasar hidup masyarakat. Dengan landasan negara ini maka pembentukan karakter akan menjadi lebih bagus dan terarah. Para penerus bangsa diharapkan mampu terhindar dari karakter negatif karena kepribadian yang dimiliki sudah dibentuk dengan baik.

6. Mengontrol seluruh oknum pemerintah

Biasanya oknum pemerintah dapat melakukan tindak kecurangan misalnya dengan penyalahgunaan wewenang atau jabatan, korupsi dan tindak kejahatan lainnya. Dengan adanya pedoman negara yang menjadi dasar hukum dalam suatu negara menjadikan oknum pemerintah memiliki perasaan takut dalam berbuat kesalahan. Hal ini dapat membuat kinerja para petinggi negara menjadi baik, adil dan jujur tanpa adanya kecurangan.

7. Menyelesaikan konflik di dalam suatu negara

Di dalam negara tentunya pasti menemui sebuah konflik atau permasalahan. Semua konflik yang muncul tentunya tidak dapat diselesaikan dengan mudah. Diperlukan adanya dasar hukum negara sebagai suatu landasan untuk mengatasi masalah-masalah yang menimpa negara tersebut. Manfaat dasar hukum negara ini sangatlah penting untuk mempercepat penyelesaian suatu masalah.

8. Membawa kedamaian

Landasan negara merupakan dasar hukum di dalam suatu negara yang memiliki kedudukan tertinggi. Seluruh hukum, tata tertib, peraturan sudah diatur dan ditulis dengan jelas. Hal ini menjadikan setiap warga menganut dasar hukum yang sudah ditentukan. Dengan demikian, kedamaian warga negara akan terjamin dan tercipta dengan baik tanpa adanya permasalahan atau tindak keributan.

9. Membentuk tujuan, arahan dan cita-cita

Manfaat lain dari adanya landasan negara adalah sebagai pengarah cita-cita dan tujuan dalam suatu negara. Suatu negara pasti mempunyai tujuan di setiap tahunnya untuk dicapai. Proses untuk mencapai tujuan tersebut tidak dapat berjalan dengan baik karena rintangan yang menghadang. Dengan hadirnya landasan negara dapat membantu mendorong negara tersebut untuk tetap bertahan dan melanjutkan tujuan untuk mencapai apa yang diinginkan dengan maksimal.

10. Membentuk negara yang beradap

Di dalam pedoman negara terdapat norma nilai yag wajib dipatuhi bagi setiap masyarakat. Jika warga masyarakat tidak mematuhi nilai tersebut tentunya akan membuat kondisi negara menjadi hancur. Dengan pedoman negara maka warga masyarakat akan menjadi pribadi yang beradab.

Akibat Tidak Memiliki Dasar Negara :

1. Negara menjadi hancur karena tidak memiliki pedoman yang kuat

2. Tidak diakui oleh dunia karena tidak mempunyai identitas yang jelas

3. Negara akan rentan terhadap kehancuran

4. Tidak memiliki rasa kepercayaan dari negara tetangga

5. Tidak adanya tanggung jawab antara pemerintah dengan rakyatnya

6. Tidak memiliki landasan untuk menyelenggarakan kehidupan bernegara

7. Tidak mempunyai dasar acuan untuk kehidupan bernegara

8. Negara tidak dapat maju karena tidak memiliki cita-cita yang jelas

9. Rakyatnya akan mengalami kehancuran karena tidak memiliki pegangan norma dan nilai kehidupan

10. Negara akan menghadapi berbagai jenis permasalah, misalnya krisis ekonomi, krisis sosial dan lain-lain.

Baca Juga: Manfaat Sejarah untuk Semua Bidang dan Dapak Negatifnya

Menurut beberapa penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwasanya suatu negara wajib memiliki dasar negara untuk dijadikan pedoman hidup agar warga menjadi pribadi yang dapat diatur, beradab, unggul dan menjunjung tinggi negara tanah air. Suatu landasan negara akan menjadikan negara tersebut memiliki pengakuan dari negara lain sehingga memiliki potensi untuk menjadi negara yang lebih maju.

Dasar negara yang sudah ditentukan dibuat untuk dipatuhi. Oleh sebab itu, bagi masyarakat yang tidak mematuhi pedoman negara tersebut akan mendapatkan sanksi sesuai dengan apa yang sudah dituliskan dan ditetapkan dalam suatu negara. Dengan demikian negara akan menjadi aman, trentam, damai dan tujuan negara pun dapat terwujud sesuai dengan apa yang diharapkan.

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Pendidikan

Terbaru

Manfaat Kencur
Air Putih, Manfaat Air Putih
Manfaat Hewan
Manfaat Facial Wajah,
Manfaat Air Mani Pria
Manfaat Olahraga
Manfaat HaKI, Manfaat Hak Atas Kekayaan Inteltual
Manfaat Ubi Ungu
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh
Manfaat Minum Air Kelapa, Khasiat Manfaat Minum Air Kelapa
Air, Manfaat Air, Khasiat Air
Manfaat Minyak Kutus Kutus
Manfaat Cahaya Matahari
Air teh, manfaat air teh
Daging Kelapa Muda, manfaat Daging Kelapa Muda
Air Mani Wanita, Manfaat Air Mani Wanita
Kacang Tanah, manfaat Kacang Tanah
Minum Jahe, Manfaat Minum Jahe
Ukhuwah Islamiyah, Manfaat Ukhuwah Islamiyah
Minum Teh, Manfaat Minum Teh, Khasiat Minum Teh
To Top