Connect with us

66 Manfaat Membaca Untuk Anak, Pelajar, Masyarakat, Kesehatan dan Kehidupan

Pendidikan

66 Manfaat Membaca Untuk Anak, Pelajar, Masyarakat, Kesehatan dan Kehidupan

Membaca merupakan sebuah kegiatan dimana kita melafal kan dan mengeja isi sebuah tulisan kalimat demi kalimat. Kegiatan ini sudah dilakukan manusia selama beribu-ribu tahun lamanya. Hal tersebut dikarenakan membaca merupakan bagian dari alat komunikasi sosial dan banyak sekali manfaat membaca. Sekarang ini, aktivitas ini sudah menjadi tradisi common sense bagi setiap orang di seluruh dunia.

Membaca, Manfaat Membaca, Khasiat Membaca

Menurut sejumlah besar penelitian, rata-rata satu orang manusia yang sudah bisa membaca mampu melakukan kegiatan ini lebih dari 1000 kata perharinya. Bukan tidak mungkin hal tersebut terjadi karena di sekeliling kita terdapat banyak sekali tulisan entah tulisan pedoman, tulisan, aturan, merek barang, atau sekadar coretan yang mampu dibaca. Itu sebabnya aktivitas ini merupakan hal pokok yang wajib dikuasai manusia.

Manfaat Membaca untuk Anak-Anak :

1. Meningkatkan keterampilan komunikasi

Keterampilan komunikasi anak-anak masih sangat terbatas. Tidak tanpa sebab, mereka hanya menguasai beberapa kosakata saja. Itu sebabnya komuniaksi anak-anak cenderung terbatas juga. Membaca dapat meningkatkan keterampilan anak-anak dalam berkomunikasi. Pasalnya ketika mereka melakukannya, mereka tanda sadar berkomunikasi dengan diri mereka sendiri. Disamping itu pendidikan ini dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja.

2. Memperluas penguasaan kosakata

Tentu di usianya yang masih di bawah umur, anak-anak hanya mampu menguasai beberapa kosakata saja. Itupun kosakata yang hanya sering didengar melalui kominukasi dengan orang tua dan lingkungan saja. Ketika kegiatan membaca, anak-anak akan menemukan kosakata baru dan akan mempraktikan kosakata tersebut pada kehidupan sehari-hari setelah mereka memahami maksud kosakata tersebut.

Loading...

3. Melatih kemampuan berfikir logis

Buku bacaan kini mengandung bayak sekali content yang sangat bermanfaat dalam melatih kemampuan berfikir anak-anak. Biasanya buku tersebut berisikan pertanyaan dan teka-teki dasar yang bisa ditebak oleh anak-anak usia dini. Hal tersebut akan menarik perhatian anak-anak untuk mengetahui jawaban dan tanpa disadar mereka berfikir tentang logika dari jawaban tersebut.

4. Melatih konsentrasi

Anak-anak biasanya akan lebih kosentrasi ketika membaca dikarenakan mereka masih mengingat-ingat dan mencoba menyusun huruf-huruf yang membentuk sebuah kata. Dalam proses penyusunana huruf-huruf tersebut, mereka akan sangat berkonsentrasi pasalnya mereka ingin mengetahui kata apa sebenarnya yang terbentuk oleh susunan huruf tersebut.

5. Mengembangkan imajinasi

Buku anak biasanya berisi tentang dongeng fantasi yang sangat menarik untuk jiwa seorang anak. anak-anak memiliki dunia fantasi jauh lebih luas daripada orang dewasa. Membaca buku fantasi akan membawa anak pada imajinasi yang belum mereka pikirkan sebelumnya. Tingginya tingkat Imajinasi pada anak juga dijadikan indikasi tingkat kecerdasan anak.

Manfaat membaca bagi anak-anak :

6. Melatih susunan berbicara yang baik.
7. Membentuk pola perilaku di keluagar dan lingkungan sosial.
8. Mengenal konsep baru.
9. Mengenal variasi huruf.
10. Melatih daya ingat.
11. Memperluas pengetahuan dasar.
12. Meningkatkan kreativitas.

Manfaat Membaca untuk Siswa/Pelajar :

1. Meningkatkan pengetahuan yang belum pernah dijelaskan sebelumnya

Guru sering kali hanya memberikan informasi singkat tentang beberapa mata pelajaran. Membaca dapat meningkatkan pengetahuan yang belum pernah disinggung di kelas sebelumnya. Selain itu, mengetahui hal yang tidak dijelaskan oleh guru akan meningkatkan pengetahuan pribadi seorang siswa dan akan lebih unggul dalam bidang akademik daripada siswa yang jarang melakukannya.

2. Meningkatkan keterampilan komunikasi secara umum

Siswa sering kali tidak mampu menjelaskan kembali pelajaran yang sudah diterima. Hal tersebut karena keterampilan komunikasi yang masih tumpul. Padahal mereka sudah memahami apa saja yang sudah diterangkan di sekolah. Aktivitas ini adalah terapi terbaik bagi siswa dalam melatih kemampuan komunikasi sebab otak mereka akan lebih santai karena sudah banyak menerima asupan membaca.

3. Melatih dalam penyusunan kalimat

Ketika siswa dihadapi dengan sebuah ujian sekolah, mereka akan kesulitan dalam mengerjakan soal dikarenakan kurangnya keterampilan dalam menyusun kalimat. Banyak membaca dapat meningkatkan kemampuan pelajar dalam menyusun kalimat yang efektif sehingga mereka tidak akan mengalami kesulitan dalam mengerjakan ujian khususnya ujian sejarah yang membutuhkan banyak kalimat.

4. Melatih dalam mengelaborasi kalimat

Guru biasanya menginginkan siswa menjawab sebuah soal dengan kalimat mereka sendiri. kadang ada saja siswa yang memiliki banyak cadangan kosakata namun bingung bagaimana membolak-balik kata agar tercipta sebuah kata yang mudah dipahami. Banyak membaca dipercaya mampu melatih keterampilan elaborasi kalimat dimana hal tersebut juga menkadi point penting dalam berkomunikasi.

5. Melatih kemampuan berkomunikasi

Siswa yang jarang membaca biasanya tidak memiliki kemampuan berkomunikasi secara baik. Mereka seringkali gugup karena ketika menyampaikan sebuah ungkapan, mereka cenderung memikirkan kata-kata yang sesuai. Berbeda dengan siswa yang terbiasa melakukannya, mereka memiliki banyak cadangan kosakata yang siap di lafalkan ketika berkomunikasi.

Manfaat Membaca untuk Siswa/Pelajar Lainnya :

6. Memperluas pengetahuan umum.
7. Membentuk perilaku di lingkungan masyarakat.
8. Lebih unggul dalam akademik.
9. Siap menghadapi tugas dalam bentuk apapun.
10. Mampu mencerna pelajaran yang disampaikan guru dengan baik.
11. Tidak mengalami kesulitan kektika mengerjakan soal.
12. Meningkatkan fokus dan kosntrasi.

Manfaat Membaca untuk Masyarakat :

1. Membentuk pola perilaku/tingkah laku masyarakat

Penelitian membuktikan bahwa kelompok masyarakat yang melek huruf akan membentuk sebuah perilaku sosial yang lebih teladan, teratur dan sopan. Berbanding terbalik dengan kelompok masyarakat yang buta huruf, mereka berperilaku bar-baran dan melanggar beberapa aturan yang menurut mereka benar padahal menurut norma justru hal tersebut salah besar.

2. Membentuk masyarakat yang teratur

Masyarakat yang dibiasakan banyak melakukan aktivitas ini biasanya akan lebih mudah diatur karena mereka sudah memahami banyak aturan melalui kegiatan membaca. Mereka juga akan lebih teratur karena aktivitas tersebut juga merupakan kegiatan yang bersifat teratur dikarenakan kita melakukannya dari kata pertama secara teratur hingga kata terakhir.

3. Melatih kesabaran

Membaca mampu melatih kesabaran, dalam melakukan aktivitas ini kita akan sabar mengeja satu demi satu kata sehingga terciptanya sebuah kalimat yang akan dipahami. Kesabaran tersebut menular ke dalam pola perilaku dalam bermasyarakat. Masyarakat yang rutin melakukannya akan memiliki tingkat ksabarn yanglebih tinggi karena mereka sudah teriasa bersabar menyelesaikan kegiatan membaca.

4. Membentuk masyarakat yang taat aturan dan norma sosial.

Kini aturan tidak hanya disampaikan melalui norma atau nilai saja namun berupa tulisan peraturan perundangan yang wajib ditaati oleh masyarakat sosial. Membaca aturan bukan perkara sekadar melakukannya saja namun memahami isi aturan dan menerapkan dalam kehidupan sosial bermasyarakat. Hal tersebut yang menyebabkan masyarakat yang rutin melakukan aktivitas ini akan lebih faham akan aturan sosial.

5. Terhindar dari kriminalitas berupa penipuan.

Masyarakat yang rutin membaca akan terhindar dari kriminalitas berupa penipuan karena masyarakat lebih cenderung berfikir logis dan kritis. Hal tersebut dikarenakan pengetahuan dan informasi yang didapatkan ketika melakukannya. Aktivitas ini juga dapat menghindari seseorang dalam berbuat kriminal karena mereka memahami hukum yang berlaku melalui kegiatan tersebut.

Manfaat Membaca bagi Masyarakat Lainnya :

6. Mengurangi stres.
7. Memperluas wawasan dan pengetahuan.
8. Meningkatkan hubungan sosial antar individu dikalangan masyarakat.
9. Meningkatkan empati.
10. Terkoneksi dengan dunia luar.
11. Mematangkan tujuan hidup seseorang.
12. Sumber inspirasi.

Manfaat Membaca untuk Otak :

1. Menstimulasi mental

Orang yang membaca dengan teratur minimal satu paragraph setiap harinya mampu meningkatkan mentalitas seseorang. Mental terbentuk karena kegiatan rutin yang biasa dilakukan terutama kegiatan yang bersifat positif seperti membaca. Seseorang yang menderita lemah mental dapat menjadikan kegiatan tersebut sebagai alternatif terapi stimulasi mental tanpa harus mengeluarkan biaya terapi.

2. Menyehatkan otak

Ketika melakukan aktivitas ini, otak manusia akan sangat aktif. Otak yang aktif menghasilkan senyawa yang akan membantu menyehatkan otak serta mempertahankan fungsi otak. Otak yang rutin digunakan untuk melakukan aktivitas tersebut juga dapat meningkatkan konsentrasi dan hormon endorpin yang berpengaruh dalam meningingkat kadar kebahagiaan seseorang sehingga orang yang rutin membaca akan lebih bahagia.

3. Meningkatkan kemampuan berfikir

Kemampuan berfikir seseorang memiliki batas dan kadar masing-masing, akan tetapi kemampuan tersebut dapat ditingkatkan dengan cara rutin melakukannya. Hal tersebut bukan tanpa bukti, ilmuwan dari Haskins Laboratories yang bernama Ken Pugh, PhD mengatakan bahwa kebiasaan membaca buku dapat memacu otak dalam kemampuan berfikir dan berkonsentrasi.

4. Meningkatkan kemampuan mengingat.

Mengingat adalah perkara yang mudah bagi seseorang yang rutin membaca dikarenakan kalimat dalam bacaan sering diulang-ulang. Melakukannya berulang kali dan rutin dapat merekatkan daya ingat seseorang terlebih ketika mereka mengalami kondisi penyakit ingatan jangka pendek. Rutin melakukan kegiatan ini dapat membantu seseorang dalam menghafal sebuah kata kunci sehingga mudah mengingat.

5. Mencegah penurunan fungsi kognitif

Membaca buku dapat menjadikan otak manusia bekerja lebih efisien dengan cara mengubah struktur neuropathologies. Berdasarkan beberapa hasil studi menyatakan bahwa Seseorang yang menghabiskan waktu untuk mengerjakan kegiatan kreatif atau intelektual seperti kegiatan ini mengalami penurunan kognitif hanya 32% saja di usia tua.

Manfaat Membaca untuk Otak Lainnya :

6. Menjaga fungsi otak.
7. Meningkatkan fokus dan konsentrasi.
8. Meremajakan otak.
9. Menjernihkan pikiran.
10. Mengurangi tekanan pikiran.
11. Memperkuat sel saraf otak.
12. Mencegah penyakit ingatan jangka pendek.

Manfaat Membaca bagi Kesehatan :

1. Mengurangi stres

Stres dapat memicu penyakit berbahaya lainnya bagi tubuh. Penyebab utama stres adalah beban pikiran dan kemampuan otak yang lemah dalam me-manage masalah. Kegiatan membaca sangat berpengaruh dalam kemampuan kognitif otak sehingga apabila dihadapkan dengan suatu masalah, maka otak akan dengan cepat menemukan solusi penyelesaian masalah tersebut.

2. Menghasilkan hormon endorpin

Kebahagiann tidak hanya didapatkan ketika kita mendengar kabar bahagia atau mendapatkan materi yang berharga saja. Kebahagiaan bisa didapatkan ketika kita membaca. Proses melakukan kegiatan tersebut akan menghasilkan hormon endorphin dimana hormon tersebut akan merangsang rasa senang atau bahagia pada seseorang. Hal tersebut dikarenakan setelahnya akan timbul rasa puas.

3. Menurunkan risiko terserang Alzheimer

Alzheimer merupakan penyakit otak berupa penurunan fungsi memori otak. Biasanya Alzheimer menyerang usia tua. Risiko orang dewasa terserang Alzheimer cukup tinggi, maka dari itu perlunya kesadaran untukmenerapkan pola hidup yang mampu menurunkan risiko terserang penyakit tersebut salah yakni banyak berolahraga, makan makanan bergizi dan rutin membaca.

4. Meningkatkan keaktifan otak

Otak manusia merupakan organ vital yang berperan paling andil dalam memberikan perintah ke seluruh saraf dan organ tubuh lainnya. Jika otak manusia sudah tidak berfungsi lagi, maka seorang manusia bisa dikatakan meninggal meskipun ia masih bisa bernaas, itu sebabnya menajaga kesehatan dan keaktifan otak sangat penting. Salah satu cara menjaga otak tetap aktif adalah kegiatan membaca.

5. Meningkatkan kualitas tidur

Jika anda mengalami insomnia, cobalah membaca sebuah buku. Kegiatan itu dapat merelaksasi otak sehingga ketika melakukannya terutama di malam hari akan mempercepat rasa ngantuk. Bagi penderita insomnia tidak perlu lagi meminum obat tidur yang mengandung bahan kimia. Aktivitas tersebut merupakan obat alami tanpa efek samping.

Manfaat Membaca bagi Kesehatan Tubuh Lainnya :

6. Meningkatkan aktivitas otak.
7. Menjaga kesehatan batin.
8. Menciptakan pengaruh positif bagi tubuh.
9. Meningkatkan sistem kekebalan otak.
10. Menjaga fungsi otak maupun tubuh.
11. Melindungi dari risiko penyakit otak.
12. Mencegah nafsu makan berlebihan.

Tips dan Cara Membaca Yang Efektif :

  1. Sebaiknya melakukannya mulai dari bacaan sederhana terlebih dahulu seperti Wikipedia yang sarat akan gambar dan warna sehingga disela-sela membaca kita tidak cepat merasa bosan.
  2. Membaca tema atau topik yang paling menarik dapat menambah minat baca seseorang. Misalkan seseorang yang tertarik dengan kendaraan akan membaca buku tentang otomotif.
  3. Melakukannya di waktu senjang sangat berguna untuk mengisi waktu kosong sehingga waktu anda tidak terbuang sia-sia dan lebih produktif.
  4. Sebaiknya melakukannya di tempat yang tenang agar konsentrasi optimal atau bisa juga di tempat terbuka seperti taman atau kebun.
  5. Melakukannya di pagi hari sangat efektif karena performa otak lebih optimal sehabis beristirat semalaman.
  6. Melakukannya sebaiknya menggunakan buku (tulisan yang sudah dicetak) dan hindari membaca menggunakan gadget secara berlebihan agar mata lebih sehat dan terhindar dari rasa mual, sakit kepala dan rabun jauh yang disebabkan efek cahaya gadget.
  7. Jangat lakukan kegiatan ini dalam keadaan tiduran, karena sangat tidak bagus untuk kesehatan mata anda,

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Penelitian Dalam Semua Bidang Serta Dampaknya

Setelah mengetahui uraian tentang manfaat membaca pastinya diharapkan kita dapat menanam minat yang kuat untuk melakukan kegiatan tersebut. Ungkapan membaca merupakan jendela dunia memang sangat tepat sekali. Kegiatan positif tersebut merupakan kegiatan yang tidak ada ruginya justru akan sangat bermanfaat karena ilmu yang didapatkan ketika melakukannya akan berguna baik bagi diri sendiri maupun orang lain.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
2 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Pendidikan

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top