Connect with us
Penelitian, Manfaat Penelitian,

Pendidikan

100 Manfaat dan Khasiat Penelitian Dalam Semua Bidang Serta Dampaknya

Penelitian, Riset atau Research adalah proses mengumpulkan dan mengolah data untuk dianalisis dengan metodologi ilmiah, guna mendapatkan informasi tertentu yang dibutuhkan dalam khasanah ilmu. Bidang-bidang penelitian ada banyak, termasuk di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial, budaya, politik, hukum dan sebagainya. Manfaat penelitian untuk bidang itu adalah mengumpulkan, menyimpulkan dan memaparkan berbagai gejala sosial dalam suatu laporan.

Penelitian, Manfaat Penelitian, Manfaat penelitian untuk kesehatan, pendidikan, ekonomi, pemerintah, hukum, sosial budaya, agama, politik, kehidupan sehari-hari serta dampak positif dan negatif.

Manfaat penelitian di berbagai bidang penting diketahui, agar seorang peneliti paham betul urgensi tentang mengapa kegiatan macam ini dilakukan. Selain itu, seorang peneliti juga mesti menyadari bahwa kegiatan meneliti ini sifatnya ilmiah dan dipertanggungjawabkan di hadapan akal budi. Sekalipun bukan jenis meneliti ilmiah, namun tetap dibutuhkan skema pertangungjawaban atas kegiatan meneliti ini. Misalnya pertanggungjawaban kepada masyarakat.

Oleh karena riset adalah suatu prosedur dan runtut, logis, empiris dan sistematis. Maka dalam melaksanakannya pun ada metodenya. Di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial, budaya, hukum dan politik pun dikenal dua metode besar yang biasanya dipakai, seperti metode kuantitatif dan kualitatif.

Tujuan Penelitian :

Penelitian adalah kegiatan ilmiah untuk mengamati, menganalisis dan menyelesaikan suatu permasalahan. Namun wujud penyelesaikan ini tergantung pada paradigma yang digunakan, ketika suatu riset menggunakan paradigma kritis, maka penyelesaiannya adalah berupa program yang mesti diimplementasikan sebagai wujud dari kepedulian nyata. Sedangkan kalau hanya paradigma strukturalis atau pascastrukturalis, biasanya penyelesaian hanya berupa laporan yang menambah wacana ilmu pengetahuan.

Loading...

Tujuan penelitian yaitu untuk mengembangkan teori di suatu bidang atau menguji teori tersebut dengan relevansi masa kini. Tujuan riset sangat tergantung pada metode yang digunakan. Jika yang digunakan adalah metode kualitatif, maka tujuannya tentu saja untuk sekadar memaparkan fenonema dan mengaitkannya dengan teori yang cocok. Sedangkan kalau metode kuantitatif, biasanya justru menggunakan teori untuk menguji suatu fakta atau hipotesis. Singkatnya, metode kualitatif berangkat dari fakta di lapangan, sedangkan metode kuantitatif justru berangkat dari teori yang selama ini telah dibakukan.

Jenis-Jenis Penelitian :

Pada dasarnya macam-macam jenis penelitian itu banyak sekali. Namun secara umum terbagi ke dalam dua kelompok ilmu besar, yaitu: humaniora dan eksakta. Kelompok humaniora itu mengkaji bidang-bidang kemanusiaan yang aktual secara teoritis, sedangkan eksakta biasanya berusan dengan perhitungan matematis dan statistika atas suatu gejala alam dan sosial. Namun kedua kelompok bidang riset itu sama-sama memiliki eksperimen atau percobaan yang mengharuskan penelitinya melakukan kontak dan interaksi langsung dengan objek dan subjek risetnya.

Jenis penelitian juga terbagi menjadi dua jenis karena metodenya, yaitu:

1. Penelitian Kualitatif

Jenis riset kualitatif adalah sebuah riset yang bertujuan untuk mengamati dan menuliskan berbagai kejadian yang ada di lingkungan sosial. Peneliti mengambil sasaran penelitian berupa individu atau kelompok tertentu yang memiliki sistem sosial-budaya di dalamnya yang biasanya bersifat unik dan memiliki lokalitas tinggi.

Jenis penelitian kualitatif ini biasanya dilakukan dalam tempo waktu relatif lama karena pengamatan atas gejala sosial membutuhkan waktu. Pengalaman intensif atas fenomena di lingkungan masyarakat ini diteliti dengan menggunakan paradigma dan pendekatan tertentu yang disesuaikan dengan keinginan penelitinya. Masing-masing pendekatan akan menghasilkan bentuk laporan akhir riset yang berbeda. Misalnya pendekatan etnografi akan menghasilkan laporan etnografis yang banyak memaparkan data sesuai dengan bahasa asli dari subjek atau objek risetnya.

2. Penelitian Kuantitatif

Berbeda dengan riset kualitatif, kalau riset kuantitatif ini justru berangkat dari teori untuk menjelaskan suatu fakta. Jenis riset ini akan menegakkan suatu hipotesis dulu untuk diuji dengan fakta di lapangan. Metode riset ini banyak menggunakan perhitungan matematika dan statistika. Teknik sampling juga akan digunakan untuk mengambil secara acak atau random suatu objek yang hendak diteliti, di mana sample ini mewakili populasi yang relevan.

Jenis penelitian kuantitatif sangat lekat dengan image “orang eksak”, dalam arti hanya mereka yang memiliki bidang keilmuan matematika, IPA dan teknik saja yang sering menggunakannya. Namun ini tidak benar, sebab metode kuantitatif juga banyak digunakan dalam riset di bidang sosial, budaya, hukum, politik dan ekonomi.  Bahkan dianggap sangat praktis, menghemat biaya dan memangkas waktu riset. Sebab ketika seluruh data telah terkumpul, di zaman sekarang peneliti tinggal menyerahkan datanya saja pada software komputer seperti SPSS untuk melakukan analisis datanya.

Metodologi Penelitian :

Ada perbedaan besar antara istilah metodologi dengan metode, bahwa metodologi ini lebih kompleks karena merupakan ilmu tentang metode-metode. Metodologi berasal dari dua kata “metodhos” dan “logos” yang kurang lebih artinya memang ilmu tentang metode, cara, teknik, atau jalan melakukan usaha secara ilmiah.

Artinya metodologi ini merupakan sekumpulan cara, teknik, perangkat, jalan untuk melakukan penelitian yang bisa dipertanggungjawabkan di hadapan akal budi dan panggung keilmuan. Ciri-ciri riset yang bisa dipertanggungjawabkan itu harus memiliki unsur dan sifat mendasar, yaitu:

• Logis
• Empiris
• Sistematis
• Objektif
• Berlaku universal
• Memuat hukum deterministik
• Kausalitas (hukum sebab-akibat)
• Memiliki dasar ontologis, epistemologis dan aksiologis
• Terbuka untuk pengujian dan verifikasi ulang

Manfaat Penelitian Bidang Pendidikan :

Anak-Anak :

1. Mengasah keberanian anak

2. Meningkatkan IQ

3. Meningkatkan EQ

4. Mengajarkan kedisiplinan

5. Menggali dan mengasah bakat

Guru :

1. Mengamati gejala sosial

2. Menganalisis fenomena

3. Memetakan bahan ajar

4. Meningkatkan keterampilan

5. Merumuskan metode mengajar

Pelajar / Mahasiswa :

1. Mengerjakan tugas

2. Mengadakan pengamatan gejala alam dan sosial

3. Menguji hipotesis

4. Menulis skripsi

5. Membuat laporan praktek lapangan

Orang Tua :

1. Menganalisis perilaku anak

2. Menentukan metode pembimbingan anak

3. Merumuskan cara dan model pengasuhan

4. Merancang masterplan masa depan pendidikan anak

5. Membuat perencanaan dana pendidikan

Skripsi :

1. Studi kasus

2. Menguji teori

3. Melakukan falsifikasi

4. Menguji hipotesis

5. Menjawab perumusan masalah

Manfaat Penelitian Bidang Kesehatan :

1. Menganalisis Permasalahan Kesehatan

Kesehatan adalah term yang menunjukkan segala sesuatu yang berhubungan dengan fenomena dan gejala medis yang terjadi di tubuh manusia, mulai dari kiat-kiat menjadi sehat, tips sehat, berbagai gejala penyakit dan obat-obatan. Sedangkan kecantikan adalah term yang menunjukkan suatu kondisi tubuh yang indah dipandang sehingga memberikan kesan bahagia bagi yang memandangnya. Antara kesehatan dengan kecantikan saling mempengaruhi. Manfaat penelitian amat ampuh untuk menganalisis permasalahan kesehatan. Studi kasus mengenai kasus penyakit tertentu bagian dari analisis ini. Serta riset mengenai bagaimana mengatasinya.

2. Menggali Anamnesa

Anamnesa adalah komunikasi yang dilakukan untuk menggali informasi kesehatan dari sudut pandang pasien. Biasanya, sebelum melakukan pemeriksaan, dokter akan melakukan anamnesa dulu dengan cara bertanya jawab mengenai keluhan dan riwayat penyakit. Manfaat penelitian kesehatan ini bisa menjadi jalan anamnesa, di mana tahapan anamnesa ini sangat mempengaruhi prosedur dan tindakan yang hendak diambil dokter serta amat mempengaruhi diagnosa nantinya.

3. Menegakkan Diagnosa

Diagnosa adalah penegakkan kesimpulan atas suatu penyakit. Penegakkan diagnosa diperlukan agar pasien mendapatkan penanganan yang tepat. Salah diagnosa menjadi hal fatal yang mestinya dihindari para dokter. Kesalahan dalam memberikan diagnosa menjadi salah satu tindakan mal-praktek yang bisa dijerat hukum, apalagi kalau sampai pasien meninggal dan terbukti merupakan kelalaian dan kesalahan dari dokternya. Untuk itu, penelitian mendalam mengenai riwayat penyakit serta analisis mendetail mengenai kondisi pasien terkini amat penting dilakukan sebelum diagnosa benar-benar ditegakkan.

4. Membuat Jurnal Ilmiah

Manfaat penelitian juga bisa untuk membuat jurnal ilmiah. Jurnal yang berisi berbagai laporan penelitian yang sifatnya ilmiah sehingga kebenarannya terpercaya. Bisa dipertanggungjawabkan di hadapan forum kesehatan dan mastarakat. Jurnal imiah di bidang kesehatan ini sangat penting diterbitkan untuk referensi di bidang kesehatan.

5. Menulis Buku Kesehatan

Buku kesehatan tampaknya juga menjadi alasan kenap penelitian dilakukan. Biasanya para dokter atau ilmuwan di bidang kesehatan menulis buku mengenai informasi penyakit dan kiat-kiat sehat. Buku macam ini sangat penting ditulis dan diterbitkan agar masyarakat awam lebih tanggap dan peduli akan kesehatannya.

Manfaat Penelitian Bidang Ekonomi / Bisnis / Industri / Perdagangan / Pengusaha / Perusahaan :

Pengusaha / Perusahaan :

1. Melakukan koreksi atas jalannya usaha dan bisnis

2. Membuat masterplan di bidang ekonomi

3. Menemukan kelemahan dan kekuatan bisnis atau perdagangan

4. Menentukan program dan visi-misi industri

5. Menggali selera pasar

Karyawan :

1. Kontemplasi atas kegagalan dan keberhasilan

2. Meningkatkan ilmu dan keterampilan

3. Mengubah nasib

4. Menentukan arah gerak perjuangan bisnis dan usaha

5. Mengambil suatu keputusan tentang pekerjaan

Manfaat Penelitian Bidang Politik dan Pemerintahan :

1. Mengamati gejala dan fenomena politik

2. Menganalisis perilaku politik

3. Membuat perencanaan marketing politik

4. Menentukan kelemahan dan kekuatan seorang kandidat politisi

5.  Menulis jurnal ilmiah di bidang politik dan pemerintahan

Manfaat Penelitian Bidang Agama :

1. Melaksanakan perintah Tuhan agar menggunakan akal

2. Merumuskan suatu kesepakatan kebijakan publik berbasis nilai-nilai agama

3. Langkah sebelum mengeluarkan fatwa

4. Menyelesaikan suatu permasalahan dengan menggunakan hukum-hukum agama

5. Meningkatkan keimanan dan ketakwaan

Manfaat Penelitian Bidang Hukum :

1. Menganalisis permasalahan hukum

2. Merencanakan metode-metode untuk menyelesaikan masalah hukum

3. Membuat berita acara pidana atau perdata

4. Melakukan rincian biaya proses kasus hukum

5. Menentukan narasumber untuk menggali dan mencari barang bukti

Manfaat Penelitian Bidang Sosial-Budaya :

1. Membuat analisis gejala dan fenomena sosial-budaya

2. Membuat program pemberdayaan masyarakat

3. Mengerjakan suatu program pemerintah di bidang sosial-budaya

4. Memetakan ruang sosial-budaya

5. Membuat survei tentang kondisi nyata di ruang sosial-budaya

Manfaat Penelitian untuk Kehidupan Sehari-Hari :

1. Meningkatkan kepekaan terhadap fenomena alam dan sosial

2. Membuat program pemberdayaan masyarakat

3. Meningkatkan kepedulian dan empati

4. Menggagas program kemanusiaan

5. Memetakan langkah-langkah sebelum melaksanakan proyek

Dampak Penelitian :

Dampak Penelitian, Dampak Positif Penelitian, Dampak Negatif Penelitian

Perlu diketahui bahwa dampak penelitian ini sudah pasti terjadi dan harus dihadapi oleh seorang peneliti. Tidak semua dampak sifatnya positif, ada pula yang negatif. Sisi positif maupun negatif mesti dipahami baik-baik. Berikut adalah rinciannya:

Dampak Positif Penelitian :

1. Ditemukan masalah baru

2. Meningkatkan mutu pelayanan

3. Mengubah selera pasar

4. Menciptakan teori baru

5. Meningkatkan harga produk

6. Meningkatkan kepercayaan konsumen

Dampak Negatif Penelitian :

1. Menjerat seseorang dalam planning tanpa aksi

2. Membuang-buang waktu jika hanya terperangkap teori

3. Mengubah perspektif seseorang jadi idealis dan oputurnis

4. Meningkatkan kemungkinan kekecewaan karena harapan yang tidak sesuai kenyataan

5. Membuat bangkrut jika tidak dibatasi biaya

6. Memakan waktu jika tidak dibatasi deadline

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Internet untuk Segala Bidang Serta Dampak Negatif

Dari sekian banyak manfaat penelitian serta beberapa dampaknya di atas, pada dasarnya kegiatan meneliti ini sangat bagus dilakukan, agar profesionalitas dan kredibilitas mereka meningkat. Kompetensi dan tingkat kepercayaan masyarakat pun jadi lebih meningkat pula. Selain itu, riset juga dilakukan untuk meningkatkan ilmu dan keterampilan dalam menganalisis masalah di tubuh institusi, kelompok kepentingan atau individu perseorangan.

Advertisements

Continue Reading
1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lainnya dari Pendidikan

RSS Khasiat terbaru

Terbaru

Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Menggunakan Jilbab, Manfaat Menggunakan Jilbab, Berjilbab, Berhijab
Pasar Modal
Puasa Arafah, Manfaat Puasa Arafah, Khasiat Puasa Arafah
Bunga Kamboja, Manfaat Bunga Kamboja, Pohon Kamboja, Khasiat Bunga Kamboja, Bunga Kamboja Kuning, Bunga Kamboja Putih
Puasa Mutih, Manfaat Puasa Mutih, Khasiat Puasa Mutih, Dalil Puasa Mutih
To Top