Connect with us
Sarang walet, Manfaat Sarang walet, Khasiat Sarang walet

Sarang

45 Manfaat dan Khasiat Sarang Walet untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Sarang walet, sarang burung walet atau bird Nest adalah sarang dari burung Collocalia vestita yang memiliki nilai ekonomis dan khasiat tinggi. Memang berbeda dari sarang burung kebanyakan, walet memiliki sarang yang unik dan penuh manfaat untuk manusia. Manfaat sarang walet untuk kesehatan dan kecantikan amat terkenal dalam pengobatan herbal ala cina.

Sarang walet, Manfaat Sarang walet, Khasiat Sarang walet

Traditional Chinese Medicine atau TCM memang banyak menggunakan bahan-bahan berbasis tumbuhan dan hewan. Maka tak heran bahwa salah satu negara pengimpor sarang walet terbesar di dunia adalah Tiongkok atau Cina ini. Mereka menggunakannya untuk membuat kosmetik, skincare atau obat-obatan herbal.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Sarang Walet :

Meskipun terbuat dari liur dari burung, bukan berarti sarang burung ini tidak ada gizinya. Justru gizinya sangat melimpah dan baik untuk tubuh. Apa sajakah kandungan gizi yang terdapat di dalam sarang walet? Rupanya sarang burung walet ini memiliki beberapa kadar vitamin dan mineral seperti yang tercantum di bawah ini:

• Karbohidrat
• Protein
• Air
• N-Acetyl Neuraminic Acid
• Abu
• Ovotransferrin Protein
• Glikoprotein
• Serine
• Leusine
• Isoleusine
• Thereorine
• Aspatic
• cell division inducing hormone
• epidermal growth factor (EGF)
• Natrium
• Kalium
• Fosfor
• Magnesium
• Zat Besi
• Aspartat
• Glutamat
• Tirosin
• Asam Amino

Loading...

Manfaat Sarang Walet untuk Kesehatan

1. Menambah Stamina

Manfaat sarang walet untuk kesehatan yang pertama adalah untuk menambah stamina. Mengapa bisa demikian? Karena sarang walet dapat meningkatkan nafsu makan, dengan itu asupan energi kita terpenuhi. Dengan asupan energi yang cukup,stamina kita menjadi meningkat.

2. Mengobati Kanker

Air liur burung walet atau yang biasa kita sebut dengan sarang walet mengandung antioksidan yang cukup besar. Anti oksidan tersebut dapat menangkal radikal bebas yang dapat menyrbabkan kanker. Cara pengolahannya yaitu bisa di campur dengan susu maupun dengan di jadikan sup dengan kaldu ayam.

3. Menaikkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sarang walet di percaya memiliki kandungan mineral yang tinggi. Dengan begitu sarang walet ini dapat kita manfaatkan untuk meningkatkan sistem pertahanan tubuh. Bagaimana cara memanfaatkannya? Caranya adalah dengan merebusnya dengan susu, atau air. minumlah secara rutin. Untuk harganya sendiri memang cukup menguras kantong.

4. Mencerdaskan Otak

Sarang walet mengandung asam amino yang cukup tinggi. Asam amino berfungsi untuk mencerdaskan otak anak-anak. Ini sama halnya dengan vitamin atau suplemen untuk mencerdaskan anak bahkan lebih baik. Cara penyajiannya bisa di campurkan dengan sup karena anak-anak biasanya menyukai sup daging.

5. Menguatkan Tulang

Manfaat sarang walet yang selanjutnya adalah menguatkan tulang. Mengapa air liur walet dapat di gunakan untuk menguatkan tulang? Air liur burung walet ini mengandung banyak mineral seperti kalsium, kalium, fosfor, dan lain sebagainya yang dimana mineral itu berfungsi membantu pembentukan tulang. Sehingga dengan demikian air liur burung walet ini dapat kita gunakan untuk menguatkan tulang.

Manfaat Sarang Walet untuk Kesehatan Lainnya :

6. Mencegah kanker
7. Mengobati kanker
8. Mengatasi gangguan jantung
9. Mencegah gangguan paru-paru
10. Mengatasi gangguan lambung
11. Menetralkan asam lambung
12. Menguatkan sistem kekebalan tubuh
13. Mengobati demam
14. Menurunkan panas
15. Melegakan tenggorokan
16. Menurunkan trigliserida
17. Mengobati nyeri sendi
18. Mengatasi aterosklerosis
19. Membuat pikiran tenang
20. Menghilangkan stress dan depresi

Cara Memanfaatkan Sarang Walet untuk Kesehatan :

Memanfaatkan sarang walet untuk kesehatan pada dasarnya hanyalah pabrik farmasi yang tahu. Industri obat-obatan, produk kosmetik dan skincare lah yang selama ini banyak memakai sarang burung walet. Masyarakat biasanya hanya membeli dalam bentuk sudah siap konsumsi. Namun ada informasi yang mengatakan bahwa sarang burung walet ini cara konsumsinya dengan langsung dimakan saja, tanpa perlu diolah lagi. Untuk menambah kelezatan barangkali lebih enak direbus.

Manfaat Sarang Walet untuk Kecantikan

1. Memutihkan Kulit

Manfaat sarang walet untuk kecantikan yang pertama adalah untuk memitihkan kulit. Ait liur burung walet ini dapat membantu kita untuk melakukan regenerasi kulit. Dengan kulit kita mengalami regenerasi maka lambat laun kulit kita menjadi putih bersih. Untuk itu bagi yang ingin putih bisa mengonsumsi ini. Untuk harganya memang cukup mahal.

2. Mengangkat Sel Kulit Mati

Ada beberapa makanan yang membantu kita mengangkat sel kulit mati. Salah satu makanannya adalah sarang walet. Sarang burung walet atau sebenarnya adalah air liur burung walet ini dapat membantu kita dalan proses regenerasi kulit sehingga kulit mati kita akan tersngkat. Untuk itu bagi yang memiliki kulit kusam bisa mengonsumsi makanan dari sarang burung walet

3. Menghilangkan Jerawat

Jerawat adalah masalah yang paling sering dialami remaja. Untuk menghilangkan jerawat bisa kita gunakan masker sarang walet. Cara pembuatannya adalah dengan merendam sarang burung walet ini dengan air hangat. Setelah menjadi bubur gunakan sebagai masker, jika ingin campurkan dengan madu. Sarang burung walet ini mengandung kolagen alami yang dapat menbantu menyembuhkan jerawat.

4. Menghilangkan Flek Hitam

Flek hitam di wajah sangat mengganggu penampilan kita. Untuk itu kita perlu tau bagaimana cara menghilangkannya. Caranya adalah dengan mengonsumsi sarang walet. Sarang burung walet ini dapat memntu regenerasi sel kukit sehingga lama kelamaan pasti flek hitam di wajah juga terngkat.

5. Membuat Awet Muda

Manfaat sarang burung walet untuk kecantikan yang selanjutnya adalah membuat awet muda. Bagaimana bisa? Ya, sarang burung walet ini mengandung serat yang cukup tinggi sehingga bisa mengencangkan kulit kita. Saat kulit kita kencang dan terhindar dari keriput kita terlihat awet muda bukan?

Manfaat Sarang Walet untuk Kecantikan Lainnya :

6. Mengecilkan pori-pori
7. Mengangkat minyak yang terpendam dalam kulit
8. Mengeluarkan komedo
9. Mengatasi komedo putih
10. Mengatasi komedo hitam
11. Mencegah pertumbuhan bulu di wajah
12. Mengencangkan kulit yang kendur
13. Menghilangkan selulit
14. Memberikan kesan awet muda
15. Mengatasi kulit yang gosong terbakar matahari
16. Memutihkan gigi
17. Memerahkan bibir
18. Membuat badan seksi
19. Menghilangkan kerutan wajah
20. Membuat tampil awet muda

Cara Memanfaatkan Sarang Walet untuk Kecantikan :

Tahukah tentang bagaimana memanfaatkan sarang walet untuk kecantikan? Ternyata sarang ini setelah dipanen harus diolah sedemikian rupa hingga menghasilkan produk kosmetik dan skincare. Sarang burung walet biasanya dihancurkan untuk dijadikan bahan campuran kosmetik yang bertujuan untuk memutihkan kulit dengan cara mengangkat sel kulit matinya. Produk kosmetik dan skincare berbahan sarang burung walet sangat terkenal di negara-negara Asia Timur, Eropa dan Amerika Serikat.

Efek Samping Sarang Walet :

Sarang burung walet memang tidak dikenal luas oleh masyarakat. Namun di pasaran internasional, khususnya pabrik farmasi dan mereka kalangan yang gemar konsumsi suplemen, tentu saja mengenal bird nest ini sebagai obat herbal yang memiliki banyak sekali manfaat dan khasiat untuk tubuh. Namun perlu pula memperhatikan beberapa efek samping yang akan dialami oleh sebagian orang, yaitu:

1. Pemborosan Uang
2. Alergi
3. Muntah
4. Keracunan Zat Kimia
5. Ketergantungan

Begitu banyaknya manfaat sarang walet untuk kesehatan serta khasiatnya untuk kecantikan. Memang seharusnya sarang ini mulai diperkenalkan secara luas kepada masyarakat sebagai salah satu produk obat tradisional yang terkesan sederhana namun luar biasa. Pemanfaatannya harus benar-benar dirasakan secara nyata oleh masyarakat. Jadi masyarakat tidak hanya mengenal sarang burung walet sebagai komoditas dagang dan bisnis ternak semata. Jadi harus ada sosialiasasi teknologi farmasi atau pangan yang nyata.

Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lainnya dari Sarang

    RSS Khasiat terbaru

    Terbaru

    Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
    Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
    Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
    Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
    Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
    Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
    Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
    Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
    Keanekaragaman Hayati
    Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
    Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
    Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
    Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
    Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
    Menggunakan Jilbab, Manfaat Menggunakan Jilbab, Berjilbab, Berhijab
    Pasar Modal
    Puasa Arafah, Manfaat Puasa Arafah, Khasiat Puasa Arafah
    Bunga Kamboja, Manfaat Bunga Kamboja, Pohon Kamboja, Khasiat Bunga Kamboja, Bunga Kamboja Kuning, Bunga Kamboja Putih
    Puasa Mutih, Manfaat Puasa Mutih, Khasiat Puasa Mutih, Dalil Puasa Mutih
    To Top