Connect with us

33 Pengertian, Nilai, Bentuk dan Manfaat Gotong-Royong Bagi Kehidupan Manusia

Sosial

33 Pengertian, Nilai, Bentuk dan Manfaat Gotong-Royong Bagi Kehidupan Manusia

Manfaat Gotong Royong – Manfaat gotong royong yang dirasakan oleh kita sangatlah banyak, terutama bagi kehidupan manusia sehari-hari. Manfaat utama yang dirasakan tentu membuat segala permalahan lebih mudah terselesaikan dan memperoleh hasil yang bisa dirasakan bersama. Tak memandang status, kedudukan, maupun kekayaan seseorang. Ini yang memberikan kekuatan pada suatu masyarakat. Seperti pada ungkapan “Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh”.

Gotong Royong, Manfaat Gotong Royong, bentuk Gotong Royong, gambar Gotong Royong, Gotong Royong Picture

Gotong royong merupakan jati diri bangsa Indonesia. Ini sudah menjadi pandangan hidup bangsa Indonesia yang tak akan terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Inilah mengapa dijadikan landasan dasar bernegara oleh para bapak pendiri negara seperti Ir. Soekarno, Mohammad Hatta, dll. Berpijak dari sinilah, Indonesia bisa merdeka karena seluruh komponen bangsa bersama-sama saling bekerja sama.

Pengertian Gotong Royong

Gotong royong berasal dari bahasa Jawa. Gotong memiliki arti pikul atau angkat. Sedangkan kata royong memiliki arti bersama-sama. Bila digabungkan akan bermakna memikul secara bersama-sama atau mengerjakan sesuatu hal secara bersama-sama. Dari makna ini bisa dipahami oleh kita bahwa ada partisipasi aktif pada tiap individu untuk terlibat dan memberi kontribusi positif pada setiap obyek, suatu masalah, atau kebutuhan orang-orang di sekitarnya. Partisipasi aktif ini bisa berupa wujud materi, uang, tenaga fisik, rohani, mental, ketrampilan, gagasan, ide, nasihat konstruktif, dan doa.

Bentuk-bentuk Gotong Royong :

1. Kerja Bakti

Bentuk yang paling umum dikenali karena hampir setiap orang pernah melakukannya. Biasanya di tingkat RT selalu diadakan kerja bakti membersihkan jalan dan selokan. Bentuk ini biasanya hasil prakarsa dari warga itu sendiri.

Loading...

2. Pengerjaan saluran irigasi pertanian

Bentuk ini tercipta karena adanya kebutuhan bersama dalam pemakaian air untuk kegiatan pertanian mereka. Mereka yang bekerja sama biasanya satu profesi. Mulai dari pemilik sawah, buruh tani, dan aparat desa.

3. Pembangunan rumah

Bentuk tolong-menolong ini lazim dilakukan oleh orang-orang tua kita jaman dulu. Kalau sekarang, adanya program bedah rumah merupakan salah satu contohnya. Renovasi rumah yang tak layak atau kurang sehat menjadi prioritas untuk diperbaiki. Dengan catatan, pemilik rumah memang tergolong berpendapatan rendah.

4. Kegiatan pesta perkawinan

Tak memandang seberapa kaya yang punya hajatan, kebiasaan saling membantu kepada orang yang punya hajatan pernikahan biasanya sudah dengan kesadaran sendirinya. Bantuan yang diberikan bisa berupa tenaga, materi, keamanan, memberikan kemeriahan, dll.

5. Kegiatan perayaan syukuran

Banyak berkaitan dengan adat budaya setempat. Biasanya melibatkan semua komponen masyarakat yang ada di daerah tersebut. Para pemangku adat yang memprakarsai perayaan syukuran yang nantinya dibantu oleh segenap masyarakat. Bahkan anak-anak pun turut ikut membantu walau hanya hadir dan ikut memeriahkan saja. Contohnya, upacara gunungan, rosulan, sedekah laut, dll.

Bentuk-bentuk gotong royong lainnya:

6. Kegiatan berkabung atau kematian

7. Kegiatan membuat posko keamanan

8. Kegiatan membuat dapur umum pada saat terkena musibah

9. Kegiatan pengumpulan dana

10. Arisan

Nilai-nilai Gotong Royong :

1. Kebersamaan

Nilai kebersamaan yang ada di masyarakat tampak jelas dan kuat. Masyarakat bersedia saling bekerja sama untuk meringankan suatu pekerjaan. Entah itu pekerjaan berupa fasilitas umum maupun pekerjaan orang lain yang sedang dilanda kesulitan.

2. Persatuan

Adanya jalinan nilai kebersamaan akan melahirkan rasa persatuan di antara anggota masyarakat. Inilah yang menjadikan masyarakat tersebut lebih kuat dan siap menghadapi berbagai persoalan yan akan menimpa mereka.

3. Rela berkorban

Setiap orang akan belajar sendiri apa itu rela berkorban dan mampu memahaminya. Pada setiap anggota telah mengorbankan sebagian dirinya untuk kepentingan bersama. Entah bentuknya pengorbanan waktu, tenaga, pemikiran, materi, uang, dll. Mereka menanggalkan rasa egois yang ada pada diri mereka sendiri demi kpentingan bersama.

4. Tolong-menolong

Nilai tolong-menolong di antara anggota masyarakat dapat terbentuk. Masyarakat akan saling bahu-membahu dalam memberikan pertolongan. Tidak memandang seberapa besar pertolongan yang diberikan, yang penting mampu bermanfaat untuk orang lain dan kepentingan umum.

5. Sosialisasi

Melunturkan rasa individualis yang pada era sekarang begitu menguat. Padahal, manusia adalah makhluk sosial yang butuh orang lain dalam kehidupannya. Dengan saling bekerja sama akan bisa mengenal individu yang lain sehingga memudahkan sosialisasi di antara warga.

Nilai-nilai gotong royong lainnya:

6. Keakraban

7. Asah, asih, asuh

8. Tenggang rasa

9. Kepedulian

10. Senasib sepenanggungan

Manfaat Gotong Royong :

1. Beban pekerjaan menjadi ringan

Seberat apapun pekerjaan itu akan menjadi ringan bila dikerjakan bersama-sama. Semakin banyak orang yang turut serta akan semakin ringan pekerjaan tersebut dikerjakan. Masing-masing individu bisa mengambil peran sesuai dengan kemampuan, keahlian, dan ketrampilan. Hal ini tentu berdampak pada penyelesaian pekerjaan yang lebih cepat, lebih efektif, dan lebih efisien.

2. Memudahkan pekerjaan

Sesulit apapun suatu pekerjaan, bila dikerjakan bersama-sama akan lebih mudah terselesaikan dan lebih mudah dicari solusi dari permasalahan yang sedang dihadapi. Setiap individu bisa mengambil peran sesuai dengan keahlian yang dimiliki. Entah dalam bentuk materi, uang, ide, gagasan, manajerial, kepemimpinan, dll.

3. Memupuk rasa kebersamaan

Rasa kebersamaan akan semakin kuat dan terbentuk sehingga ada siakap saling tolong-menolong dan rasa peduli antara satu individu dengan individu yang lain. Bahkan, lebih dalam lagi bisa saling mengerti kebutuhan tiap-tiap individu. Rasa peduli inilah yang membuat mereka tak segan untuk sukarela memberi pertolongan pada individu yang lain tanpa mengenal status, kedudukan, dan kekayaannya.

4. Menguatkan keharmonisan antar warga

Adanya rasa saling peduli, guyub, tolong-menolong akan menguatkan keharmonisan antar warga. Setiap ada individu yang mengalami kesulitan, anggota masyarakat yang lain bisa langsung sigap bertindak untuk memberikan pertolongan sesuai kemampuan dan kapasitasnya. Hal ini tentu membuat antar warga saling terjaga kerukunannya dan tidak mudah terjadi perselisihan. Seandainya terjadi perselisihan akan lebih mudah dicari solusinya.

5. Menguatkan rasa persatuan dan kesatuan nasional

Dampak yang lebih luas, akan menciptakan rasa  persatuan dan kesatuan di tingkat nasional. Mulai dari ruang lingkup keluarga, RT, RW, sampai dengan nasional akan membentuk masyarakat yang solid yang tak mudah dicerai beraikan. Inilah yang menjadi jati diri dan pedoman hidup bangsa Indonesia. Apalagi bangsa Indonesia memiliki keanekargaman agama, budaya, suku, dan adat yang tinggi.

Manfaat Gotong Royong Lainnya :

6. Menumbuhkan sifat sukrela dan ikhlas

7. Menumbuhkan sikap saling tolong-menolong

8. Terjalin dan terbina hubungan sosial yang baik di antara warga

9. Mempercepat penyelesaian pekerjaan

10. Menumbuhkan toleransi

11. Saling menghargai

12. Meningkatkan kemajuan bangsa

13. Menghemat biaya

Baca Juga: Pengertian, Bentuk, Nilai dan Manfaat Hidup Rukun Bagi Manusia

Begitu banyak manfaat gotong royong yang bisa kita rasakan. Sebagai individu, akan menumbuhkan banyak nilai-nilai positif yang nanti akan berkembang ke individu-individu lainnya, lalu ke masyarakat, hingga ke skala yang besar “negara”. Bagi masyarakat akan terjalin persatuan dan kesatuan yang kuat sehingga tak mudah dipatahkan atau goyah dari gempuran pihak lain. Inilah yang menjadikan cikal bakal dari pandangan hidup bangsa Indonesia yang termaktub dalam Pancasila.

Tanpa melihat latar belakang seseorang, agama, suku, maupun rasnya. Sejatinya, bangsa Indonesia adalah bangsa yang bergotong royong. Bukan bangsa yang hanya mendasarkan pada kepentingan sekelompok atau golongan orang tertentu saja.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Sosial

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top