Connect with us

21 Pengertian, Bentuk, Nilai dan Manfaat Hidup Rukun Bagi Manusia

Sosial

21 Pengertian, Bentuk, Nilai dan Manfaat Hidup Rukun Bagi Manusia

Manfaat Hidup Rukun – Terciptanya masyarakat yang harmonis, saling harga-menghargai, saling toleransi, saling memahami merupakan beberapa dari manfaat hidup rukun. Hal seperti inilah yang menjadi dambaan setiap orang dalam hidup bermasyarakat. Semua ini tak mungkin hanya dilakukan oleh satu individu saja, tapi juga melibatkan individu-individu lainnya serta sistem dan norma-norma yang ada di dalamnya. Perilaku ini dimulai dari ruang lingkup keluarga sebagai unit pemerintah kecil, berlanjut ke RT, RW, desa sampai dengan tingkat nasional dan internasional.

Hidup Rukun, Manfaat Hidup Rukun, Khasiat Hidup Rukun

Sebagai makhluk sosial, manusia tak bisa hidup sendiri. Manusia butuh manusia lainnya untuk saling berinteraksi dan saling berkomunikasi. Masing-masing individu harus siap dan bersedia menerima kondisi individu yang lain dan mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya. Dan pada dasarnya, setiap manusia memang bersaudara satu sama lain. Bila sampai terjadi perselisihan dan pertikaian yang akan terjadi adalah kerugian dan perpecahan yang membuat diri kita sendiri menjadi lemah.

Pengertian Hidup Rukun :

Hidup rukun adalah hidup yang saling hormat menghormati dan saling menyanyangi di antara sesama manusia. Hal ini dapat ditunjukan dari perilaku manusia itu sendiri terhadap manusia lainnya. Kondisi kehidupan yang rukun akan tampak saling bahu membahu, saling tolong menolong, menjauhi perselisihan, menjauhi pertikaian. Kehidupan mereka penuh kedamaian dan ketentraman.

Bentuk-Bentuk Hidup Rukun :

1. Rukun keluarga

Bentuk rukun dari unit yang paling kecil yakni keluarga. Terdiri dari ayah, ibu, anak. Rukun keluarga ini yang menjadi pondasi dasar untuk bentuk kerukunan-kerukunan lainnya yang lebih besar. Hubungan antara ayah dan ibu yang harmonis, saling menghargai, saling memahami, saling melengkapi merupakan bentuk rukun keluarga. Demikian pula hubungan dengan orang tua dan anak. Komunikasi yang lancar antara orang tua dengan anak merupakan salah satu bentuk kerukunan keluarga.

Loading...

2. Rukun tetangga

Bila rukun keluarga sudah terbentuk, akan meningkat ke interaksi dengan keluarga lainnya yang disebut rukun tetangga. Rukun tetangga ini juga sebagai dasar pembentukan kerukunan berskala besar selanjutnya. Kerukunan tetangga bisa dilihat dari hubungan saling menghormati antara tetangga satu dengan lainnya. Bisa juga dilihat dari perilaku saling tolong menolong, salaing bertamu, saling menyapa, saling menyelesaikan masalah, dll.

3. Rukun warga

Adanya kerukunan antar tetangga yang kuat akan membentuk kerukunan warga. Sifat kehomogenitas sudah mulai memudar. Terutama pada silsilah keluarga, tapi masih bisa dipersatukan dalam kedekatan geografis dan kedekatan kesamaan pandangan. Hubungan antar warga masih terjalin kuat sehingga kerukunan yang tercipta juga kuat. Kerukunan warga ini bisa dilihat dari adanya kegiatan keamanan  di poskamling masing-masing.

4. Rukun desa

Kerukunan yang terbentuk karena berdasarkan pembatasan geografis dan adanya persoalan administrative pemerintahan. Dalam hal hubungan kekerabatan sudah jauh. Dalam hal pandangan hidup sudah beraneka ragam. Ruang lingkup kerukunan yang luas dengan latar belakang orang yang berbeda-beda. Antar desa atau kampung bisa saling menghormati dan saling tenggang rasa. Dengan demikian, jauh dari kasus “diserang kampung sebelah” atau “tawuran antar kampung”.

5. Rukun sekolah

Kerukunan yang tercipta karena adanya kesamaan visi misi dalam hal pendidikan. Hubungan kekerabatan sudah berbeda antara satu sama lain. Tak ada kedekatan faktor geografis. Di sini, antar individu memiliki tujuan yang sama untuk belajar. Mulai dari tingkat sekolah dasar, sekolah menengah, sampai dengan di perguruan tinggi. Dengan adanya hubungan yang saling harmonis dan saling mendukung menjadikan visi dan misi institusi sekolah bisa tercipta.

6. Rukun tempat kerja

Bentuk rukun ini juga tercipta karena adanya kesamaan visi dan misi di tempat kerja. Individu yang terkumpul di dalamnya memiliki peran sesuai dengan keahlian dan kompetensi yang dimilikiny. Masing-masing individu memili tugas dan fungsi sesuai dengan posisinya. Diperlukan saling kerja sama yang baik supaya mencapai tujuan perusahaan. Salah satu cara untuk mencapai tujuannya yaitu dengan terciptanya kerukunan antar individu yang ada  di dalamnya.

7. Rukun alam

Bentuk kerukunan yang tercipta antara hubungan manusia dengan alam. Di sini ada hubungan sebab akibat dan timbal balik. Bila ada kerukunan yang baik antara manusia dengan alam akan tercipta lingkungan dan ekosistem yang sehat. Misalnya saja, manusia memelihara sungai dan merawatnya, sungai akan memberikan imbal balik air yang jernih, hidup beragam ikan, dan tidak mudah terjadi banjir.

8. Rukun beragama

Bentuk kerukunan hidup beragama tak hanya untuk yang seiman saja, tapi juga yang memiliki keyakinan lain. Di Indonesia, terdapat beragam agama dan kepercayaan. Supaya tetap bersatu butuh kerukunan antar individu dalam hal beragama. Tidak saling menjelek-jelekkan agama yang dianut orang lain. Saling memahami perbedaan agama dan keyakinan merupakan pondasi dasar hidup rukun beragama. Sikap toleransi dengan agama dan keyakinan lain juga menjadi pondasi dasar hidup yang rukun. Apalagi setiap agama dan keyakinan mengajarkan hal yang sama yaitu untuk selalu berbuat baik dengan diri sendiri maupun dengan orang lain.

Nilai-Nilai Hidup Rukun :

1. Kebersamaan

Nilai kebersemaan akan tampak jelas. Dapat dilihat dari kekompakan dalam bertindak antara satu individu dengan individu yang lain. Adanya rasa saling memiliki dan rasa saling senasib sepenanggunan.

2. Persatuan dan kesatuan

Mununjukkan nilai persatuan dan kesatuan yang kuat di antara komponen-komponen yang ada di dalamnya. Nilai yang sangat mahal harganya. Nilai persatuan dan kesatuan ini menjadikan jati diri suatu masyarakat dan bangsa.

3. Kekuatan

Hidup rukun memperlihatkan nilai kekuatan yang besar. Bersatunya dua atau lebih komponen akan menciptakan kekuatan yang besar. Inilah yang ditakuti oleh suatu bangsa atas bangsa lain. Kerukunan juga merupakan kekuatan suatu bangsa.

4. Toleransi tinggi

Menunjukkan nilai toleransi yang tinggi karena mampu mengerti dan memahami tiap-tiap individu memiliki potensi dan perbedaan kepribadian unik. Tidak memandang suatu perbedaan menjadi alasan dijauhi. Tidak merasa lebih dari yang lain.

5. Asah, asih, asuh

Nilai asah, asih, dan asuh akan tercipta dengan sendirinya karena masing-masing individu merasa saling membutuhkan. Saling bisa mengasah kemampuan masing-masing individu sesuai potensinya. Saling memberikan kasih sayang di antara individu. Saling mengasuh dan mengkoreksi di antara individu.

Manfaat Hidup Rukun :

1. Saling tolong menolong

Kerukunan antar individu akan menciptakan perilaku saling tolong-menolong dalam suatu permasalahan. Entah itu permasalahan pribadi maupun permasalahan bersama. Di sini sudah tak ada sekat-sekat yang membatasi di antara mereka untuk bersama-sama mencari solusi.

2. Memperluas pergaulan

Sudah pasti akan memperluas pergaulan antara satu sama lain. Interaksi di antara manusia akan terjalin dengan baik. Tak terbatas pada hubungan kekerabatan maupun geografis, tapi juga dalam pandangan dan prinsip.

3. Menciptakan keharmonisan

Tercipta kehidupan yang harmonis di antara anggota masyarakat. Bisa saling harga menghargai, menghormati perbedaan, dan saling memahami diri masing-masing pribadi. Tidak perlu memaksakan kehendak yang akan membuat perselisihan dan pertikaian.

4. Menciptakan perdamaian

Hidup rukun memang mendamaikan karena minim hiruk pikuk pertikaian dan perselisihan yang hanya akan membuat kerugian materiil maupun immaterial. Contoh kecil yaitu pertikaian antara ayah dan ibu saja sudah membuat suasana panas dan membuat kerugian materi di sekitar rumah.

5. Tercipta komunikasi yang baik

Kerukunan akan membuat interaksi yang baik. Di dalam interaksi yang baik itu sudah pasti terjalin komunikasi yang baik pula. Inilah yang membuat komunikasi antar individu lebih berkualitas. Komunikasi yang baik merupakan modal dasar untuk menyelesaikan berbagai persoalan.

6. Menghindari pertikaian

Interaksi yang baik, komunikasi yang baik tentu akan menjauhkan diri dari pertikaian maupun perselisihan yang merugikan semua pihak. Bil ada persoalan ada kemauan untuk duduk bersama mencari solusi untuk kebaikan bersama.

7. Menghindari konflik

Salah satu pemicu terciptanya konflik yaitu ketiadaan kerukunan di antara para individu. Sifat merasa lebih dan tinggi hati membuat tidak mau berinteraksi dengan lainnya sehingga jurang permasalahan semakin menganga dan siap mengobarkan permusuhan.

8. Menghindari perselisihan

Perselisihan terjadi karena adanya kesenjangan dalam suatu masalah. Perlu dijembatani dengan kerukunan untuk memulai cara menghadapi perselisihan dan saling mencari solusi yang terbaik dan bisa diterima oleh kedua belah pihak.

9. Menciptakan ketenangan hidup

Hidup akan merasa tenang bila kerukunan tercipta. Tak ada yang perlu dikhawatirkan atas kondisi yang ada di sekitarnya. Masing-masing individu mampu menjalankan perannya dengan baik dan tak perlu menerobos atau menabrak pihak lain yang akan merugikan orang lain.

10. Menciptakan kemakmuran

Dengan kerukunan akan tercipta kemakmuran. Baik kemakmuran untuk diri sendiri, orang lain, dan masyarakat. Hal ini karena mereka akan fokus pada pembenahan dan perbaikan-perbaikan yang terus menerus supaya kehidupan ini lebih baik dan sejahtera. Tidak terfokus pada kesalahan-kesalahan maupun kekurangan-kekurangan tanpa memberikan solusi yang berarti.

Manfaat Hidup Rukun Lainnya :

11. Menambah kemajuan bangsa

12. Saling menghargai perbedaan

13. Mendukun pencapaian cita-cita bersama

14. Memacu potensi masing-masing individu

15. Menciptakan suasana nyaman

16. Menciptakan suasana kondusif

17. Mempererat tali persaudaraan

18. Menghilangkan sifat egois

19. Menjauhkan sifat chauvinism

20. Meningkatkan kesejahteraan

21. Menjauhkan diri dari sifat rasis

Baca Juga: Ciri, Fungsi, Manfaat dan Contoh Musyawarah Dalam Semua Bidang Serta Kekurangan

Manfaat hidup rukun sangat banyak untuk diri sendiri, orang lain, masyarakat, bahkan sampai level internasional. Dengan adanya kerukunan, perang dan pertikaian bisa dihindari. Lebih fokus ke kemajuan, kemakmuran, dan kesejahteraan. Apapun latar belakang seseorang, kerukunan merupakan milik semua orang. Kerukunan juga kekuatan karena masyarakat yang kerukunannya kuat tak mudah dipecah belah oleh pihak luar. Kerukunan juga menjadi landasan dasar dan pedoman hidup negara Indonesia seperti yang termaktub di dalam Pancasila.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Sosial

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top