Connect with us
Kerjasama, Manfaat Kerjasama, Khasiat Kerjasama

Sosial

65 Manfaat, Tujuan, Jenis, Bentuk, dan Asas Kerjasama dalam Semua Bidang Serta Dampaknya

Kerjasama, kooperasi atau gotong royong adalah kegiatan sosial yang dilakukan beberapa orang, kelompok atau secara bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama. Dalam hal ini sebenarnya adalah suatu bentuk interaksi sosial yang penting dikalangan masyarakat. Dengan melakukannya setiap orang sadar bahwa sebagai makhluk sosial sudah sewajarnya saling membutuhkan dan saling membantu. Ada begitu banyak manfaat kerjasama yang bisa diperoleh para pelaku dan masyarakat.

Kerjasama, Manfaat Kerjasama, Khasiat Kerjasama

Biasanya kerjasama ini dilakukan para individu-individu yang memiliki kepentingan serta kesadaran yang sama dalam rangka mencapai tujuan untuk kepentingan bersama. Intinya terciptanya kerja sama adalah karena suatu kelompok memiliki pandangan yang sama dalam mewujudkan cita-cita atau tujuan kerjasama. Tujuan tersebut bisa dinikmati oleh kelompok itu sendiri dan bahkan lebih luas.

Tujuan Kerjasama :

Ada banyak tujuan kerjasama yang bisa dirasakan, baik itu kerja sama di kelompok masyarakat, dalam negeri maupun international. Tujuan utama dari kooperasi adalah dapat mewujudkan cita-cita bersama. Selain itu juga memperkuat hubungan antar kelompok yang melakukan kerja sama. Serta memberikan rasa damai diantara para kelompok dan menciptakan kerukunan. Tujuan ini sebenarnya tergantung ruang lingkup kooperasi. Semakin luas ruang lingkupnya, maka semakin banyak cakupan manfaat kerjasama, begitu sebaliknya.

Cara Membina Kerjasama :

Agar kooperasi berjalan dengan lancar sesuai apa yang diinginkan, anda perlu tahu cara membinanya. Dengan begitu, anda tidak akan sia-sia membentuk suatu guyub yang mau bekerja secara sama-sama. Inilah caranya :

  • Menentukan tujuan, harus jelas dan terarah.
  • Siapkan profil masing-masing orang yang bekerjasama.
  • Berikan kesan positif
  • Hargai dan hormati kebiasaan dan pendapat semua rekan.
  • Tunjukkan sikap antusiasme.
  • Tawarkan bantuan.
  • Fokus pada kualitas kerja dan tujuan bersama yang ditentukan.

Jenis-jenis Kerjasama :

1. Bargaining

Jenis kerjasama yang pertama adalah bargaining yaitu suatu kooperasi yang berkaitan dengan pertukaran barang atau jasa baik antar individu maupun kelompok. Hasilnya dibagi secara adil untuk kedua belah pihak.

2. Kooptasi

Bentuk yang kedua yakni kooptasi, merupakan kerjasama yang memperhatikan unsur-unsur dalam kepemimpinan atau politik pada suatu organisasi. Dilakukan karena sebagai langkah menghindari kekacauan atau kegoncangan stabilitas organisasi tersebut.

3. Koalisi

Koalisi adalah kombinasi atau gabungan dari beberapa kelompok yang mempunyai ide, pandangan dan tujuan yang sama serta sedang dalam usaha untuk mencapai tujuan tersebut. Misalnya, koalisi partai-partai di Indonesia, mereka menentukan calon kepala daerah atau presiden, lalu diusung bersama-sama.

4. Joint Venture

Selanjutnya adalah joint venture yang merupakan jenis kerjasama antara dua orang atau perusahaan dalam melaksanakan pekerjaan atau suatu proyek.

5. Atas Kerukunan

Bentuk yang terakhir adalah kerjasama yang dilandasi dengan kerukunan. Sehingga, tidak mengharapkan uang atau upah dalam pelaksanaannya. Niat dan tujuannya murni karena kesadaran masing-masing untuk kepentingan bersama-sama. Contohnya, gotong royong membangun jalan, membersihkan lingkungan atau membuat selokan.

Bentuk Kerjasama Antar Negara :

Setlah mengetahui jenis kerjasama secara umum, anda pun perlu tahu tentang  bentuk kerjasama antar negara. Kerja sama ini mencakup semua aspek yakni ideologi, ekonomi, politik, sosial budaya dan lain sebagainya. Berikut penjelasannya :

1. Kerjasama Bilateral

Merupakan kooperasi antara dua negara untuk mencapai tujuan bersama dan saling mendapatkan keuntungan atas hubungan baik keduanya. Misalnya, Indonesia bermitra dengan Jepang dan Singapura dalam hal perdagangan. Atau Indonesia bermitra dengan Arab Saudi terkain ibadah haji.

2. Kerjasama Regional

Yang dimaksud dengan kerjasama regional adalah kooperasi antara beberapa negara yang berada dalam satu wilayah atau kawasan tertentu. Dimana negara-negara tersebut mempunyai kepentingan bersama terkait politik, pertahanan maupun ekonomi. Misalnya di Asia Tenggara ada ASEAN, lalu di Timur Tengah ada Liga Arab.

3. Kerjasama Multilateral

Selanjutnya ada kerjasama multilateral yang merupakan kooperasi antara lebih dari dua negara tanpa memperhatikan wilayah atau kawasan tertentu. Anggotanya bisa satu atau beda kawasan dan biasanya terdiri atas dua macam anggota yakni anggota utama dan anggota aktif. Contohnya seperti PBB, OKI (Organisasi Konferensi islam) dan WTO.

4. Kerjasama Internasional

Jenis yang terakhir yaitu kerjasama internasional adalah kooperasi yang terjadi antara semua negara di dunia atau negara mayoritas yang mempunyai kepentingan skala dunia. Contohnya seperti IMF, WTO, Opec dan lain sebagainya.

Asas Kerjasama Internasional :

Dalam kooperasi internasional terdapat 3 asas yang diterapkan, sehingga tercapai hubungan yang harmonis dan damai diantara negara-negara yang bekerjasama. Berikut asas-asas kerjasama internasional :

1. Asas Teritorial : asas yang berdasar atas kekuasaan negara yang menerapakan hukum atau peraturan yang berlaku bagi warga negara serta barangnya di wilayahnya sendiri. Sedangkan jika berada di wilayah asing atau luar negeri, maka warganya harus menerapkan hukum di negara tersebut.

2. Asas Kebangsaan : asas berdasarkan pada kekuasaan negara menerapkan hukum dan peraturan yang berlaku bagi masyarakatnya walaupun berada di luar wilayahnya atau luar negeri.

3. Asas Kepentingan Umum : atas yang berdasarkan pada kekuasaan negara yang menerapkan hukum dan peraturan untuk melindungi serta mengatur kepentingan warganya.

Manfaat Kerjasama :

Negara-negara di seluruh dunia memang membutuhkan kerjasama untuk memenuhi setiap kebutuhan negara maupun warganya. Manfaat koorperasi di wilayah internasional adalah menciptakan kedamaian dan kesejahteraan hidup bagi semua umat manusia di dunia. Inilah manfaat kerjasama di sekolah, masyarakat, negara, hubungan internasional serta dalam kehidupan sehari hari :

Manfaat Kerjasama di Lingkungan Sekolah :

1. Mampu Bekerja dengan Tim

Siswa yang bekerjasama dengan sebuah kelompok atau tim, mereka akan bisa belajar saling memahami semua orang yang ada pada timnya. Mereka akan bisa menyadari bahwa keberhasilan suatu pekerjaan adalah tergantung pada penggabungan usaha mereka. Kemampuan untuk bekerja sebagai tim menuju tujuan bersama adalah salah satu kualitas utama yang harus dimiliki oleh siswa. Kegiatan belajar kooperatif membantu siswa berlatih bekerja dalam tim.

2. Melatih Kepemimpinan

Agar kelompok benar-benar berhasil, individu dalam kelompok perlu menunjukkan kemampuan kepemimpinan. Keterampilan seperti membagi tugas dalam bekerja sama, memberikan dukungan dan memastikan bahwa setiap individu memenuhi tujuan mereka. Itulah manfaat kerjasama dalam hal keterampilan kepemimpinan.

3. Kemampuan berkomunikasi

Ketika bekerja dengan tim semua anggota harus berkomunikasi dengan cara yang positif. Jika ini dilakukan oleh para siswa, maka mereka akan belajar bagaimana cara berkomunikasi dengan baik. Dari pengalaman bekerjasama ini, mereka akan tahu berbicara yang baik dan mau mendengarkan orang lain. Ketika siswa belajar untuk berbicara dengan dan secara aktif mendengarkan rekan tim mereka, kualitas pekerjaan mereka menjadi jauh lebih baik dan efektif.

4. Keterampilan Manajemen Konflik

Konflik muncul saat bekerjasama, membuat para siswa harus belajar cara menangani konflik tersebut. Mereka akan berusaha memecahkan masalah yang ada secara bersama-sama. Mereka juga berusaha terus mengontrol situasi agar konflik tidak melebar.

5. Keterampilan Pengambilan Keputusan

Banyak keputusan akan membutuhkan perhatian saat bekerja di lingkungan yang kooperatif. Cara yang baik untuk membuat siswa mulai berpikir sebagai tim dan membuat keputusan bersama. Selain itu, meskipun siswa bekerja dalam kelompok, mereka juga memiliki tanggung jawab mereka sendiri. Ini akan mengharuskan mereka membuat banyak keputusan yang dapat memengaruhi seluruh tim mereka.

Manfaat Kerjasama di Lingkungan Masyarakat :

1. Menumbuhkan Rasa Saling Mengasihi

Gotong royong bisa membuat pekerjaan yang berat menjadi ringan. Jika dalam lingkungan masyarakat menerapkannya, maka seseorang bisa mengasihi satu sama lain. Mereka tidak akan tega membiarkan tetangga atau temannya mengerjakan pekerjaan berat sendirian.

2. Mengembangkan Rasa Sosial

Dengan mempunyai jiwa bekerjasama, setiap orang dalam masyarakat akan tergerak hatinya untuk selalu membantu yang lain saat ada masalah atau musibah. Manfaat kerjasama akan tumbuh dengan sendirinya bila melihat orang lain yang mempunyai beban berat.

3. Memupuk Rasa Persatuan di Masyarakat

Semangat gotong royong membuat masyarakat memiliki rasa persatuan yang tinggi. Meraka akan bersatu saat ada pekerjaan berat. Mereka seperti mempunyai tanggung jawab yang sama dan merasa saling membutuhkan. Persatuan dan Kesatuan pada masyarakat ini tentu berguna bagi bangsa.

Manfaat Kerjasama Internasional :

1. Meningkatkan Perdamaian

Dari kooperasi, setiap negara bisa memenuhi semua kebutuhan warga masyarakatnya. Sehingga, memberikan rasa damai bagi seluruh rakyat. Jika damai maka, tercipta kemakmuran hidup di setiap kalangan rakyat.

2. Mempertahankan Kemerdekaan Suatu Negara

Manfaat kerjasama berikutnya adalah bisa mempertahankan kemerdekaan suatu negara. Karena dapat menjaga keslamatan dan ketahanan dari negara tersebut. Misalnya jika membutuhkan alat perang, suatu negara bisa impor dari negara lainnya. Dengan begitu, negara bisa tetap merdeka dan menjaga setiap warganya.

3. Mencukupi Kebutuhan

Jika ada gotong-royong antar orang dan negara-negara, tentu kebutuhan masing-masing dapat terpenuhi dengan mudah. Kalau tidak ada barang atau produk di negara satu, bisa mengambilnya dari negara lain.

4. Memperluas Jaringan

Dengan memiliki koorperasi, setiap orang atau negara bisa memperluas jaringan. Entah itu pertemanan maupun bisnis. Jaringan yang luas ini akan memberikan keuntungan tersendiri bagi para pelakunya.

5. Meningkatkan Investasi

Dalam bidang ekonomi manfaat kerjasama internasional dapat meningkatkan investasi pada sebuah negara. Jika negara yang diajak bekerjasama berminat, maka akan menanamkan modalnya ke negara lain yang membutuhkan investor. Itu akhirnya menambah lapangan pekerjaan bagi warga negara di negara tujuan investor, tentu mengurangi pengangguran.

Manfaat Kerjasama Lainnya :

6. Meringankan pekerjaan

7. Melatih menghormati dan menghargai orang atau negara lain

8. Menciptakan koordinasi terarah

9. Mewujudkan tujuan pembangunan

10. Mengatasi kekacauan di dunia

11. Mengatasi penyelundupan manusia

12. Mengubah pandangan ideologi suatu negara menjadi lebih baik

13. Meningkatkan keuangan suatu negara

14. Menambah devisa negara

15. Memperkuat posisi perdagangan

16. Menyelesaikan pertikaian politik

17. Menjaga keamanan antarnegara

18. Menciptakan organisasi untuk mencapai tujuan bersama

19. Mengurangi tingkat kejahatan di dunia

20. Bisa belajar pengalaman dari orang atau negara-negara lain

21. Dapat memantau perkembangan dunia

22. Terjalin hubungan persahabatan antar negara

23. Memotivasi untuk lebih maju dengan melihat perkembangan negara lainnya.

Dampak Negatif Kerjasama :

Memang manfaat kerjasama bagus untuk semua orang, bangsa dan negara bahkan untuk masyarakat internasional. Namun, ternyata juga ada efek negatif yang ditimbulkannya. Nah, berikut adalah dampak negatif kerjasama yang perlu anda ketahui :

1. Melalaikan tugas pribadi

2. Sulit menyaring budaya asing yang masuk ke negara

3. Saling ketergantungan

4. Pasar dalam negeri bisa dikuasai oleh negara asing

5. Kemunduran perkembangan perusahaan dalam negeri

6. Meningkatnya pengangguran

7. Banyak TKI

8. Rakyat tidak sejahtera karena gaji WNA lebih besar dari WNI

9. Sulit menentukan kebijakan di negeri sendiri

Baca Juga: Tujuan, Jenis, Syarat dan Manfaat Organisasi untuk Semua Bidang Serta Dampak Negatifnya

Manfaat, tujuan, jenis-jenis serta efek samping kerjasama yang harus anda pelajari. Pasti anda merasakannya dalam kehidupan sehari-hari. Ambil dampak positifnya dan jauhi efek negatifnya. Sebagai orang tua harus mengajarkan kehidupan sosial sejak dini kepada anak.

Continue Reading

Lainnya dari Sosial

Terbaru

Kapur Sirih, Manfaat kapur Sirih, Khasiat Kapur Sirih
Tidur tanpa celana dalam, Manfaat Tidur tanpa celana dalam, Khasiat Tidur tanpa celana dalam
Plank, Manfaat Plank, Khasiat Plank
Angkak, Manfaat Angkak, Khasiat Angkak
Daun Cempaka Putih
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh, Khasiat Sholat Subuh
Baking Powder, Manfaat Baking Powder, Khasiat Baking Powder
ASI, Manfaat ASI, Khasiat ASI
Surat Al Iklas, Manfaat Surat Al Iklas, Khasiat Surat Al Iklas
Melia Biyang, Manfaat Melia Biyang, Khasiat Melia Biyang
BB Cream, Manfaat BB Cream, Khasiat BB Cream
Brotowali, Manfaat Brotowali, Khasiat Brotowali
Asmaul Husna, Manfaat Asmaul Husna, Khasiat Asmaul Husna
Bunga Melati, Manfaat Bunga Melati, Khasiat Bunga Melati
Daun Sisik Naga, Manfaat Daun Sisik Naga, Khasiat Daun Sisik Naga
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Klorofil K Link, Manfaat Klorofil K Link, Khasiat Klorofil K Link
Daun Keji Beling, Manfaat Daun Keji Beling, Khasiat Daun Keji Beling
To Top