Connect with us
Musyawarah, Manfaat Musyawarah, Khasiat Musyawarah

Sosial

100 Ciri, Fungsi, Manfaat dan Contoh Musyawarah Dalam Semua Bidang Serta Kekurangan

Manfaat Musyawarah – Musyawarah adalah proses pengambilan keputusan yang dilakukan berdasarkan kehendak banyak orang. Kegiatan sosial ini dilakukan untuk memperoleh kata mufakat yang dilaksanakan dengan asas kekeluargaan. Di budaya bangsa Indonesia, kegiatan sosial ini lebih dikedepankan daripada proses voting.

Musyawarah, Manfaat Musyawarah, Khasiat Musyawarah

Musyawarah dinilai menjadi jalan paling adil ketika terdapat banyak pendapat atau perbedaan pendapat dalam sebuah forum. Terdapat banyak manfaat musyawarah bukan hanya ditingkat keluarga maupun manfaat yang di rasakan dalam kehidupan bermasyarakat. Dalam islam dianjurkan ketika mengambil sebuah keputusan harus dikerjakan secara bersama-sama agar mencapai kesepakatan “mufakat”.

Daftar Isi Manfaat

Ciri-Ciri Musyawarah :

1. Musyawarah dilakukan atas dasar kepentingan bersama

Musyawarah dilaksanakan karena ada kepentingan bersama yang didahulukan dibanding kepentingan pribadi. Kegiatan ini bertujuan mencari keputusan paling baik dan dinilai paling adil bagi semua pihak agar tidak ada yang merasa dirugikan.

2. Musyawarah dilakukan oleh banyak pihak

Musyawarah dilakukan dengan mempertemukan pihak yang memiliki pandangan atau pendapat yang berbeda. Kegiatan ini bukan dilakukan oleh satu atau dua orang yang tidak mewakili kepentingan golongan tertentu.

3. Menyatukan suara atau pendapat

Kegiatan tersebut adalah sarana untuk mengemukakan pendapat dengan baik dan sopan tanpa menggangu hak bicara orang lain.

4. Musyawarah bertujuan mencapai mufakat

Kegiatan sosial tersebut harus menghasilkan kata mufakat. Karena, tanpa adanya kata mufakat maka sebuah forum perkumpulan belum dapat dikatakan bermusyawarah. Hasil akhir berupa mufakat adalah salah satu manfaat kegiatan tersebut. Itulah pengertian dari musyawarah mufakat.

5. Berasaskan kekeluargaan

Musyawarah memiliki asa kekeluargaan yang harus dijunjung tinggi. Asas kekeluargaan yang ada dalam kegiatan sosial tersebut tidak boleh dihilangkan karena akan menghilangkan hakikat dalam bermusyawarah.

Dalam kehidupan sosial, semua orang pasti saling membutuhkan satu dengan yang lain. Namun, selama bergaul juga tidak selalu mulus karena ada yang namanya masalah. Setiap permasalahan biasanya diselesaikan dengan musyawarah. Lalu apa musyawarah itu? Musyawarah merupakan suatu usaha bersama yang bertujuan untuk mencari solusi dari setiap masalah yang dihadapi guna mencapai keputusan dan kesepakatan bersama. Yang paling penting keputusan hasil kesepakatan bersama itu dapat diterima semua peserta musyawarah.

Tujuan Musyawarah :

Kenapa musyawarah dilakukan? Apa saja tujuan musyawarah itu? Adapun tujuan dilakukannya kegiatan musyawarah dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut:

  1. Musyawarah dilakukan untuk memperoleh kesepakatan bersama dari setiap masalah atau persoalan yang ada. Sehingga semua anggota musyawarah harus dapat menerima dengan lapang dada dan dapat melaksanakan keputusan akhir tersebut dengan penuh rasa tanggung jawab
  2. Memberi kesempatan untuk melihat bagaimana setiap permasalahan dari berbagai sudut pandang dari para anggota musyawarah yang hadir. Sehingga putusan musyawarah sesuai dengan persepsi masing – masing anggota.

Musyawarah dalam kehidupan demokrasi sangatlah penting, khususnya di Indonesia. Untuk itu kewajiban kita untuk menyelesaikan setiap masalah adalah dengan melakukan musyawarah mufakat guna mendapatkan kesepakatan bersama yang adil. Dalam kegiatan musyawarah ada tata caranya, yaitu saat mulai berpendapat, tidak boleh memotong pembicaraan orang lain, dan sikap saling menhargai sangat perlu kita kembangkan di kehidupan masyarakat.

Masyarakat dengan berbagai karakteristik yang berbeda harus selalu berupaya menjaga keutuhan kehidupan bersama. Dengan menumbuhkan rasa saling menghargai, rasa tenggang rasa atau toleransi dan mengupayakan kegiatan musyawarah dalam mencapai suatu solusi dalam setiap permasalahan yang dihadapi. Kebiasaan ini akan mulai mempengaruhi pola kehidupan kita sebagai makhluk individu yang memiliki sifat unik masing – masing. Tentu saja dalam cara seseorang berpikir dan bertindak.

Fungsi Musyawarah :

1. Mengumpulkan aspirasi dari banyak pihak

Kegiatan ini diadakan untuk mendengarkan aspirasi dari banyak pihak. Bukan hanya pihak-pihak yang sependapat tetapi juga pihak yang bertentangan.

2. Mempertemukan pihak yang berbeda pendapat atau pandangan

Dalam suatu pengambilan keputusan yang didahului dengan tatap muka atau pertemuan, akan memungkinkan terjalinnya kesepahaman. Kesepahaman inilah yang nantinya memudahkan proses menuju mufakat.

3. Menghasilkan keputusan demi kebaikan bersama

Kegiatan positif tersebut dilakukan demi kepentingan banyak orang. Dalam kegiatan tersebut, mencari jalan keluar dimaksudkan agar semua pihak bisa mendapatkan hak mereka tanpa merasa perlu disudutkan.

4. Menjaga kedamaian banyak orang

Musyawarah adalah jalan damai untuk emmeperoleh kesepakatan bersama. dengan melakukan musyawarah, maka kepentingan banyak orang akan terhindarkan dari kesalahpahaman yang dapat berujung konflik.

5. Mengutamakan kepentingan banyak orang di atas kepentingan pribadi

Karena dilakukan bersama dengan banyak orang, kegiatan tersebut memiliki fungsi untuk menjunjung kepentingan yang lebih luas bukan hanya kepentingan diri sendiri.

Seringkali kita menemukan kegiatan musyawarah yang dilakukan di kehidupan sehari  hari. Misal saja, musyawarah yang dilakukan di lingkungan keluarga seperti, musyawarah pembagian tugas kerja bakti di rumah, kemana liburan tahun ini akan dilakukan hingga berbagai masalah komplek lainnya. Contoh sederhana tersebut sering kita abaikan. Karena sejatinya musyawarah memiliki makna yang lebih kepada menyampaikan pendapat dari masing – masing anggota keluarga, sikap saling menghargai dan yang terpenting sikap menerima keputusan akhir dari kesepakatan bersama yang sudah dihasilkan sebelumnya.

Tata Cara Musyawarah :

Agar musyawarah bisa berjalan dengan baik dan sesuai harapan, ada beberapa tata cara melakukan musyawarah yang tidak bisa dilupakan begitu saja. Dengan menerapkan tata cara musyawarah ini, hasil yang didapat juga sesuai kesepakatan bersama. Lalu, apa saja tata cara musyawarah tersebut? Untuk lebih lanjutnya, berikut ulasannya:

  1. Musyawarah diharapkan dipimpin oleh seseorang yang dihormati ataupun dianggap mampu memimpin jalannya musyawarah
  2. Semua anggota musyawarah turut berkumpul
  3. Pemimpin musyawarah mengawali jalannya musyawawah dengan menyampaikan permasalahan yang tengah dihadapi. Selanjutnya, meminta para anggota memberikan pendapatnya
  4. Anggota musyawarah bisa bergantian menyampaikan pendapat untuk menyelesaikan permasalahan
  5. Anggota lainnya harus mendengarkan dan menghargai setiap pendapat yang disampaikan dengan tidak memotong pembicaraan anggota musyawarah yang berbicara
  6. Keputusan akhir berada di tangan pemimpin dengan bantuan kesimpulan dari para anggota musyawarah yang hadir
  7. Kesepakatan bersama yang telah didapat harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab oleh semua pihak

Itu kira-kira tata cara musyawarah yang baik dan benar yang sering dilakukan di Indonesia. Meskipun sangat mudah dan sederhana, tanpa tata cara musyawarah ini, musyawarah yang akan dilakukan tidak akan sesuai dengan apa yang diharapkan oleh semua pihak.

Contoh Musyawarah :

1. Musyawarah di balai desa untuk menentukan jadwal ronda di komplek
2. Musyawarah di dalam kelas untuk menentukan jumlah iuran uang kas
3. Musyawarah di dalam keluarga untuk memutuskan waktu liburan
4. Muyswarah di sebuah organisasi dalam memutuskan tempat rapat rutin
5. Musyawarah di sebuah komunitas untuk menetapkan jadwal berkumpul, dll.

Ayat-Ayat Al-Quran Tentang Musyawarah :

1. Surat al-Baqoroh ayat 233

وَالْوَالِدَاتُ يُرْضِعْنَ أَوْلاَدَهُنَّ حَوْلَيْنِ كَامِلَيْنِ لِمَنْ أَرَادَ أَن يُتِمَّ الرَّضَاعَةَ وَعلَى الْمَوْلُودِ لَهُ رِزْقُهُنَّ وَكِسْوَتُهُنَّ بِالْمَعْرُوفِ لاَ تُكَلَّفُ نَفْسٌ إِلاَّ وُسْعَهَا لاَ تُضَآرَّ وَالِدَةٌ بِوَلَدِهَا وَلاَ مَوْلُودٌ لَّهُ بِوَلَدِهِ وَعَلَى الْوَارِثِ مِثْلُ ذَلِكَ فَإِنْ أَرَادَا فِصَالاً عَن تَرَاضٍ مِّنْهُمَا وَتَشَاوُرٍ فَلاَ جُنَاحَ عَلَيْهِمَا وَإِنْ أَرَدتُّمْ أَن تَسْتَرْضِعُواْ أَوْلاَدَكُمْ فَلاَ جُنَاحَ عَلَيْكُمْ إِذَا سَلَّمْتُم مَّا آتَيْتُم بِالْمَعْرُوفِ وَاتَّقُواْ اللّهَ وَاعْلَمُواْ أَنَّ اللّهَ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ ﴿٢٣٣﴾

 

Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan. Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara ma’ruf. Seseorang tidak dibebani melainkan menurut kadar kesanggupannya. Janganlah seorang ibu menderita kesengsaraan karena anaknya dan seorang ayah karena anaknya, dan warispun berkewajiban demikian. Apabila keduanya ingin menyapih (sebelum dua tahun) dengan kerelaan keduanya dan permusyawarahan, maka tidak ada dosa atas keduanya. Dan jika kamu ingin anakmu disusukan oleh orang lain, maka tidak ada dosa bagimu apabila kamu memberikan pembayaran menurut yang patut. Bertakwalah kamu kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.

2. Surat Ali-’Imraan ayat 159

فَبِمَا رَحْمَةٍ مِّنَ اللّهِ لِنتَ لَهُمْ وَلَوْ كُنتَ فَظّاً غَلِيظَ الْقَلْبِ لاَنفَضُّواْ مِنْ حَوْلِكَ فَاعْفُ عَنْهُمْ وَاسْتَغْفِرْ لَهُمْ وَشَاوِرْهُمْ فِي الأَمْرِ فَإِذَا عَزَمْتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى اللّهِ إِنَّ اللّهَ يُحِبُّ الْمُتَوَكِّلِينَ ﴿١٥٩﴾

Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu ma’afkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya.

3. Surat an-Nisa ayat 59

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ أَطِيعُواْ اللّهَ وَأَطِيعُواْ الرَّسُولَ وَأُوْلِي الأَمْرِ مِنكُمْ فَإِن تَنَازَعْتُمْ فِي شَيْءٍ فَرُدُّوهُ إِلَى اللّهِ وَالرَّسُولِ إِن كُنتُمْ تُؤْمِنُونَ بِاللّهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ ذَلِكَ خَيْرٌ وَأَحْسَنُ تَأْوِيلاً ﴿٥٩﴾

Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Quran) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.

4. Surat Asy-Syura ayat 38

وَالَّذِينَ اسْتَجَابُوا لِرَبِّهِمْ وَأَقَامُوا الصَّلَاةَ وَأَمْرُهُمْ شُورَى بَيْنَهُمْ وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ يُنفِقُونَ ﴿٣٨﴾

Dan (bagi) orang-orang yang menerima (mematuhi) seruan Tuhannya dan mendirikan shalat, sedang urusan mereka (diputuskan) dengan musyawarah antara mereka; dan mereka menafkahkan sebagian dari rezki yang Kami berikan kepada mereka.

Manfaat Musyawarah dalam Keluarga :

1. Menghidupkan nilai-nilai kehidupan berbangsa dan bernegara dalam keluarga

Nilai-nilai berbangsa dan bernegara harus dimulai dari lingkup terkecil yaitu keluarga. Maka, dalam melakukan kegiatan musyawarah di keluarga mampu memberikan teladan atau contoh dan sekaligus menjadi gambaran hidup berbangsa dan bernegara.

2. Memberikan teladan atau contoh kepada anak di dalam keluarga

Anak-anak di dalam keluarga tentu akan mengamati pola perilaku orang dewasa di sekitar lingkungannya. Dengan melakukan kegiatan tersebut di lingkup keluarga, anak-anak akan mampu menjadikan orang tuanya sebagai teladan. Manfaat kegiatan yang satu ini juga sekaligus mengajari anak bagaimana cara melakukannya untuk mencapai mufakat.

3. Mendidik anak untuk menghargai orang lain

Dalam kegiatan tersebut, semua orang yang terlibat harus mampu menghargai kepentingan dan hak orang lain. Hal inilah yang akan dipelajari oleh anak-anak di dalam keluarga ketika terjadi sebuah musyawarah di lingkup keluarga.

4. Melatih jiwa kepemimpinan anak-anak dalam keluarga

Dalam pelaksanaannya, tentu perlu adanya pemimpin sebagai penengah. Memimpin jalannya kegiatan tersebut agar berjalan baik dan lancar tentu bukan hal yang mudah. Dengan membiasakannya di lingkup keluarga akan memberikan contoh pada anak bagaimana menjadi pemimpin yang baik dan adil.

5. Memepererat ikatan antaranggota keluarga

Dengan melakukan kegiatan ini di dalam keluarga, anggota keluarga akan saling memahami satu sama lain dan terbangun komunikasi yang baik dan kesepaham akan suatu masalah.

Manfaat Musyawarah dalam Keluarga Lainnya :

6. Mendidik anak untuk tidak egois
7. Sebagai sarana memahami pemikiran anggota keluarga lainnya
8. Melatih anak-anak dalam keluarga untuk mengemukakan pendapat
9. Memberikan teladan bagi anak untuk mengedepankan kepentingan bersama
10. Sebagai sarana bertukar pikiran
11. Sebagai sarana menemukan jalan keluar suatu persoalan
12. Memberikan contoh atau teladan kepada anak-anak keluarga
13. Melatih ketrampilan anak di dalam keluarga untuk berdiskusi
14. Mengurangi konflik dalam keluarga
15. Melatih anak untuk menghargai kepentingan orang lain
16. Melatih anak-anak berfikir logis dan runtut
17. Melatih anak-anak di dalam keluarga untuk belajar sopan santun dalam berbicara
18. Memberikan kesempatan kepada anak untuk berpendapat secara independen

Baca Juga: Manfaat, Tujuan, Jenis, Bentuk, dan Asas Kerjasama dalam Semua Bidang Serta Dampaknya

Manfaat Musyawarah dalam Organisasi :

1. Mengenal anggota organisasi lebih dekat

Musyawarah selain sebagai sarana mengemukakan pendapat dapat dimaknai juga sebagai sarana bagi setiap anggota organisasi untuk mengenal lebih dekat. Lewat musyawarah, tiap anggota organisasi mampu mengenali dan membaca karakter orang dengan mendengarkan pendapat tiap anggota organisasi.

2. Dapat membangkitkan budaya diskusi dalam organisasi

Diskusi dianggap penting dalam kehidupan organisasi. Dengan adanya diskusi maka setiap anggota organisasi dapat membuka pikiran sehingga dapat memperluas pengetahuan.

3. Sebagai sarana menyatukan pendapat

Kegiatan tersebut digelar untuk mencapai kata mufakat. Tentunya untuk mencapai tujuan tersebut perlu adanya menyamakan persepsi dari berbagai macam pendapat yang muncul di dalam forum diskusi.

4. Untuk merumuskan keputusan demi kepentingan bersama

Menghasilkan kata mufakat yang merupakan salah satu dari manfaatnya ditujukan untuk mengedepankan kepentingan bersama dibanding kepentingan perseorangan. Itulah mengapa keputusan yang baik dan adil demi kepentingan bersama harus terus diupayakan untuk terwujud.

5. Belajar menghargai orang lain

Musyawarah mempertemukan banyak orang dengan banyak pola pikir. Untuk itu, perlu adanya kontrol diri untuk tetap menghargai kepentingan dan hak orang lain ketika mengemukakan pendapat dalam kegiatan tersebut.

Manfaat Musyawarah dalam Organisasi Lainnya :

6. Sebagai sarana mengemukakan pendapat
7. Menghidupkan suasana kekeluargaan dalam organisasi
8. Merumuskan keputusan atas dasar kepentingan bersama
9. Untuk melatih anggota organisasi mengemukakan pendapat
10. Dapat melatih mengesampingkan kepentingan diri sendiri
11. Menghindari konflik dalam organisasi
12. Membantu melatih jiwa besar tiap anggotanya
13. Mengurangi kemungkinan perselisihan antaranggota organisasi
14. Memberikan ruang berdiskusi bagi setiap anggota organisasi
15. Mewujudkan keputusan yang adil bagi seluruh anggota organisasi

Manfaat Musyawarah dalam Negara :

1. Mengutamakan kepentingan rakyat

Rakyat di dalam suatu negara memiliki kedudukan tertinggi. Untuk itu, musyawarah yang diadakan harus mengedepankan kepentunan rakyat.

2. Mencari solusi terbaik bagi seluruh warga negara

Musyawarah dimaksudkan untuk mencari solusi terbaik bagi seluruh warga negara, karena salah satu manfaat kegiatan ini adalah untuk mewujudkan kata mufakat demi kebaikan bersama dan kepentingan orang banyak.

3. Tidak tebang pilih dalam pengambilan keputusan

Karena mengedepankan asas kekeluargaan, tentu kegiatan tersebut dilakukan dengan damai dan adil. Semua pihak dianggap sama rata atas hak berbicara, sehingga mufakat yang dicapai bukan atas keinginan atau kepentingan satu pihak saja.

4. Memberikan peluang bagi minoritas untuk bersuara

Di dalam musyawarah, nilai-nilai demokrasi di utamakan. Dan di dalam demokrasi semua orang memiliki hak yang sama untuk berbicara dan mengemukakan pendapat. Dan dalam demokrasi pancasila setiap musyawarah harus mendapatkan persetujuan dengan suara terbanyak.

5. Menghasilkan keputusan yang bermanfaat bagi seluruh warga negara

Keputusan yang dicapai lewat musyawarah untuk mufakat akan menghasilkan keputusan yang bermanfaat bagi semua kalangan.

Manfaat Musyawarah dalam Negara Lainnya :

6. Mengurangi kemungkinan demonstrasi dari rakyat
7. Memberi sarana aspirasi bagi warga
8. Menghasilkan keputusan demi kebaikan bersama
9. Mengurangi kemungkinan konflik antar pihak yang tak sependapat
10. Memberikan sarana diskusi bagi warga negara
11. Mewujudkan asas kekeluargaan dalam kehidupan bernegara
12. Memberikan ruang bagi banyak pihak untuk mendiskusikan kepentingan negara
13. Mendengar aspirasi rakyat secara langsung
14. Meningkatkan kepercayaan warga negara kepada pemerintah
15. Meningkatkan apresiasi warga kepada pemerintah
16. Menghasilkan keputusan yang adil
17. Melaksanakan nilai-nilai demokrasi
18. Mengaplikasikan sila-sila dalam pancasila
19. Mengedepankan kepentingan negara
20. Membuat keputusan yang sejalan dengan tujuan negara

Manfaat Musyawarah dalam Kehidupan Bermasyarakat :

1. Memberikan sarana bagi warga untuk berdiskusi

Kegiatan ini yang diadakan dalam lingkungan masyarakat dapat dijadikan sebagai sarana untuk bertukar pendapat dan menghasilkan keputusan yang adil. Oleh karena itu, di dalam kegiatan tersebut nantinya akan dihasilkan suatu kesimpulan atau solusi dari permasalahan yang sedang dibahas secara adil.

2. Mengurangi kemungkinan kesalahapahaman antar warga

Tidak terjalinnya komunikasi di era digital ini menjadikan timbulnya kesalahpahaman dalam kehidupan bermasyarakat. Adanya tatap muka dengan cara menyelenggarakan musyawarah menjadikan kesalahpahaman semakin berkurang. Manfaat kegiatan ini lainnya yaitu mewujudkan kesepahaman dan pengertian antar anggota masyarakat.

3. Menghidupkan nilai-nilai demokrasi

Dalam kehidupan bermasyarakat, nilai-nilai demokrasi perlu dijunjung tinggi dan diwujudkan lewat demokrasi. Nilai-nilai demokrasi dapat diaplikasikan dalam kegiatan tersebut dan menjadi salah satu manfaat musyawarah.

4. Memberikan ruang bicara bagi setiap warga

Kegiatan ini dapat dianggap sebagai salah satu fasilitas yang diberikan kepada setiap warga untuk berbicara dengan bebas dan merdeka. Sehingga sering kali dijadikan sebagai solusi dalam suatu permasalahan yang melibatkan dua pihak yang berlawanan.

5. Menghasilkan keputusan yang tidak berat sebelah

Kegiatan ini adalah suatu proses pengambilan keputusan yang dilakukan dengan cara mempertemukan semua pihak yang berbeda pendapat dengan tujuan untuk mencapai kata mufakat. Sehingga keputusan yang dihasilkan tidak akan berat sebelah.

Manfaat Musyawarah dalam Kehidupan Bermasyarakat Lainnya :

6. Mewujudkan masyarakat yang berdaulat
7. Menghargai hak warga negara
8. Menyediakan ruang bagi setiap warga untuk menyuarakan aspirasi
9. Mempererat tali persaudaraan
10. Menjadi sarana bertukar pikiran
11. Menyediakan ruang publik untuk berpendapat
12. Mengaplikasikan nilai-nilai berbangsa dan bernegara di dalam masyarakat
13. Memudahkan pengambilan keputusan
14. Melatih warga untuk menerima hasil keputusan dengan lapang dada
15. Menghidupkan komunikasi antar warga

Kekurangan Melakukan Musyawarah :

Musyawarah dapat dikatakan dianggap sebagai salah satu sarana berdiskusi yang paling ideal karena mengedepankan cara dalam kegiatan ini untuk mufakat dan dilandasi dengan asas kekeluargaan. Tetapi,  memiliki beberapa kelemahan diantaranya membutuhkan waktu yang lebih lama daripada voting.

Baca Juga : Tujuan, Jenis, Syarat dan Manfaat Organisasi untuk Semua Bidang Serta Dampak Negatifnya

Musyawarah adalah ajang menyatukan berbagai pemikiran dan beragam pendapat mengenai suatu hal atau persoalan. Itulah mengapa butuh waktu yang cukup lama untuk mencapai kata mufakat. Apalagi, jika kegiatan tersebut dilakukan dalam lingkup yang luas seperti negara.

Continue Reading

Lainnya dari Sosial

Terbaru

Daging Sapi, Manfaat Daging Sapi, Khasiat Daging Sapi
Daging Kuda, Manfaat Daging Kuda, Khasiat Daging Kuda
Ikan Cakalang, Manfaat Ikan Cakalang, Khasiat Ikan Cakalang
Mandi Susu, Manfaat Mandi Susu Khasiat Mandi Susu
Daging Katak, Manfaat Daging Katak, Khasiat Daging Katak
Telur Ikan, Manfaat Telur Ikan, Khasiat Telur Ikan
Kulit Buaya, Manfaat Kulit Buaya, Khasiat Kulit Buaya
Daging Buaya, Manfaat Daging Buaya, Khasiat Daging Buaya
Daging Bulus, Manfaat Daging Bulus, Khasiat Daging Bulus
Thaharah, Manfaat Thaharah, Khasiat Thaharah
Daging Belibis, Manfaat Daging Belibis, Khasiat Daging Belibis
Omega 9, Manfaat Omega 9, Khasiat Omega 9
Kulit Sapi, Manfaat Kulit Sapi, Khasiat Kulit Sapi , Jaket Kulit Sapi , Kulit Sapi Basah, Kulit Sapi Kering
kulit kambing, Jaket kulit kambing, Kaligrafi kulit kambing, manfaat kulit kambing, Khasiat kulit kambing, Motif Macan kulit kambing
Ikan Hiu, Manfaat Ikan Hiu, Khasiat Ikan Hiu
Tidur Siang, Manfaat Tidur Siang, Khasiat Tidur Siang
Desloratadine, Manfaat Desloratadine, Kegunaan Desloratadine, Khasiat Desloratadine
Lemak, Manfaat Lemak, Khasiat Lemak
Omega 3, Manfaat Omega 3, Khasiat Omega 3
Omega 6, Manfaat Omega 6, Khasiat Omega 6, Kandungan Omega 6
To Top