85 Tujuan, Jenis, Syarat dan Manfaat Organisasi untuk Semua Bidang Serta Dampak Negatifnya - Manfaat Dan Khasiat Terbaru
Connect with us
Organisasi, Manfaat Organisasi, Tujun Organisasi, Syarat Organisasi, Jenis Organisasi

Sosial

85 Tujuan, Jenis, Syarat dan Manfaat Organisasi untuk Semua Bidang Serta Dampak Negatifnya

Secara singkat, organisasi merupakan suatu pola hubungan atau aliansi yang terjadi di masyarakat dimana terdapat struktur di dalamnya dan anggota-anggotanya memiliki tujuan serta cita-cita bersama yang harus diraih dengan prinsip kebersamaan pula. Banyak manfaat organisasi yang didapat untuk anda semua jika ikut terlibat didalamnya.

Organisasi, Manfaat Organisasi, Tujun Organisasi, Syarat Organisasi, Jenis Organisasi

Banyak juga jenis organisasi di lingkungan ini, dari mulai ruang lingkup masyarakat, sekolah, perkantoran, kehidupan sosial hingga komunitas-komunitas online yang hanya ada dan bermodalkan internet saja. Tidak hanya itu saja, bergabung dalam suatu komunitas ini juga dapat menumbuhkan softskill dari suatu pribadi seseorang.

Daftar Isi Manfaat

Tujuan Organisasi :

Tujuan organisasi sebenarnya sangat beragam karena setiap jenis yang berbeda, beda pula tujuannya. Akan tetapi secara umum tujuannya yakni : merealisasikan atau mewujudkan suatu cita-cita, keinginan, tujuan dimasa depan, secara bersama-sama dan hasil akhir cita-cita atau tujuan tersebut berguna dalam jangka waktu panjang bagi semua anggota dan masyarakat.

Jenis-Jenis Organisasi Berdasarkan Bentuknya :

1. Organisasi garis

Merupakan jenis yang bentuknya paling umum dan sederhana dimana anggotanya sangat sedikit dan sangat akrab antara satu sama lain. Pembagian divisinya pun masih belum tepat karena biasanya mereka bekerja dengan sukarela tanpa dibagi-bagikan. Biasanya anggotanya terdiri dari teman yang sudah akrab atau keluarga.

Loading...

2. Organisasi garis dan staf

Jenis ini sedikit lebih luas daripada jenis garis karena adanya pembagian staf-staf atau divisi dan biasanya anggotanya juga cukup banyak. Tugas setiap divisinya pun cukup rumit dan sibuk. Biasanya organisasi garis dan staf dibentuk dalam ruang lingkup perkantoran.

3. Organisasi fungsional

Jenis fungsional biasanya diterapkan pada skala perusahaan dan pembagian tugasnya pun sudah jelas dan sulit dirubah. Tidak hanya pada skala perusahaan, jenis ini juga bisa diterapkan pada beberapa hal lain.

4. Organisasi panitia

Jenis ini bersifat temporary saja ketika dibutuhkan dan setelah tujuannya terlaksana maka akan dibubarkan. Biasanya dalam pembentukan jenis ini bisa dengan cara mendadak dan singkat.

Jenis-Jenis Organisasi Secara Umum :

1. Organisasi kemasyarakatan

Jenis kemasyarakatan adalah jenis yang terbentuk di kawasan masyarakat sosial tertentu, bersifat sukarela, dan anggota berasal dari semua kalangan asalkan satu tujuan.

2. Organisasi kemahasiswaan

Jenis ini hanya berlaku dalam lingkungan sekolah atau kampus dan anggotanya pun terbatas yakni mahasiswa atau siswa sekolah/kampus yang bersangkutan.

3. Organisasi politik

Jenis ini mempunyai ciri yaitu anggotanya berasal dari para birokrat dan memiliki pemahanam yang expert di bidang politik. Contohnya partai politik.

4. Organisasi dunia/ kenegaraan

Organisasi jenis ini anatara lain NGO (Non-Government Organization), IGO (International Government Organization), INGO (International Non-Government Organization). Contohnya Perserikatan Bangsa-Bangsa (IGO), World Wildlife Fund (INGO).

Syarat-Syarat Organisasi :

1. Memiliki Visi dan Misi yang harus terlaksanakan.
2. Adanya struktur jabatan
3. Adanya tujuan yang jelas dan harmonis
4. Adanya anggota
5. Adanya pembagian kerja
6. Tidak menimbulkan kerugian bagi masyarakat sekitar.
7. Tidak adanya tindakkan kriminal maupun kejahatan di dalam organisasi.

Manfaat Organisasi Untuk Masyarakat :

1. Tercapainya tujuan bersama

Dalam kehidupan bermasyarakat tentu saja banyak tujuan atau cita-cita sosial yang hendak dicapai guna memperoleh kesejahteraan sosial. Namun tujuan tersebut hendaknya dapat terwujud apabila dalam proses merealisasikannya ada sebuah alat yang disebut organisasi dimana ‘alat’ tersebut juga berperan sebagai wadah untuk menampung aspirasi masyarakat.

2. Mencapai tujuan dengan lebih efisien

Dalam kehidupan bermasyarakat, ada saja tujuan yang hendak ingin dicapai. Akan tetapi jika di capai dengan seorang individu saja maka akan membutuhkan waktu yang cukup lama dan tenaga yang cukup banyak. Sikap saling tolong menolong dan sukarela dalam organisasi dapat meminimalisir waktu dan tenaga dari tujuan yang hendak dicapai seorang individu tadi.

3. Masalah sosial yang dapat diatasi dengan mudah

Karena banyaknya anggota  dan setiap anggota memiliki solusi dan pemikiran masing-masing, maka jika terjadi masalah dalam kehidupan bermasyarakat,  masalah tersebut akan memiliki banyak solusi yang siap di seleksi mana solusi bersama yang terbaik dan menguntungkan tidak hanya satu pihak saja, namun semua anggota organisasi.

4. Membangun semangat kerjasama

Dorongan semangat kerjasama didapatkan seseorang ketika ia memiliki masalah bersama yang sulit dituntaskan apabila dilakukan secara individu. Dalam berorganisasi, satu masalah merupakan masalah bagi semua anggota tanpa terkecuali. Maka dari itu, semangat kerjasam seringkali tumbuh tatkala ketika mereka bersama-sama mengejakana atau menyelesaikan suatu masalah.

5. Terciptanya masyarakat yang rukun

Karena sudah terikat dalam suatu organisasi, maka antara individu di dalamnya haruslah rukun. Karena jika tidak, maka organisasi tersebut akan mudah bubar. Bahkan organisasi yang dimana anggotanya saling tidak rukun sangat mudah terpengaruh oleh pihak asing di luar anggota sehingga menimbulkan perpecahan misalnya timbulnya beberapa kubu antar anggota.

Manfaat Organisasi Untuk Masyarakat Lainnya :

6. Membangun rasa kepercayaan dalam bermasyarakat.
7. Menjalin emosional sosial yang baik.
8. Terjalinnya masyarakat yang saling memahami satu sama lain.
9. Mengurangi konflik masyarakat.
10. Memperluas hubungan kemasyarakatan.
11. Mengubah pola hidup masyarakat.
12. Memperkuat ikatan masyarakat.
13. Menumbuhkan jiwa patriotisme.
14. Menumbuhkan sikap gotong-royong.
15. Terwujudnya cita-cita masyarakat bersama.

Manfaat Organisasi Untuk Kehidupan Sosial :

1. Terjalinnya kehidupan sosial yang rukun

Meskipun hidup dalam satu lingkaran sosial yang sama tidak membuat masyarakat yang tinggal di dalamnya memiliki ikatan yang selalu rukun. Selalu ada masalah dikarenakan perbedaan pendapat dan kepentingan pribadi. Organisasi dalam kehidupan sosial mampu menjalin kerukunan bersama dan mencapai suatu kesejahteraan sosial yang di cita-citakan.

2. Ikatan sosial yang tinggi

Penelitian membuktikan bahwa masyarakat yang tidak terorganisir cenderung acuh terhadap anggota masyarakat yang lainnya hal tersebut dikarenakan tidak adanya organisasi sosial yang dapatmengaitkan ikatan-ikatan sosial yang merupakan salah satu naluri manusia. Itu sebabnya komunitas sosial mampu menumbuhkan rasa solidaritas dan kepedulian bersama.

3. Menjalin lebih banyak relasi

Masyarakat tentunya merupakan kumpulan individu yang tersusun atas dasar sosial dan naluri manusia yang tidak bisa hidup sendiri. manusia selalu ingin memiliki banyak relasi, maka dari itu, organisasi dapat meningkatkan relasi antar individu. Karena telah disatukan dalam satu wadah dan tujuan, mau tidak mau setiap individu juga harus memiliki relasi dengan anggota lainnya.

4. Kepekaan sosial

Masalah sosial memang sering kali muncul tanpa tanda-tanda dan biasanat secara spontan. Masyarakat yang sudah terorganisir dalam suatu organisasi kerapkali memiliki kepekaan terhadap masalah sosial. Kondisi tersebut karena masyarakat yang sudah terbiasa mempelajari berbagai masalah sosial dan cara-cara menanggulangi secara bersama.

5. Solidaritas yang tinggi

Dalam organisasi sosial, sangat dibutuhkan untuk membangun yang namanya “team work”, hal tersebut tentu dapat terlaksana apabila setiap individu memiliki solidaritas masing-masing. Solidaritas tumbuh karena setiap individu merasa bahwa masalah didalamnya merupakan beban bersama yang harus diselesaikan secara bersama pula.

Manfaat Organisasi Untuk Kehidupan Sosial Lainnya :

6. Meningkatkan Kepedulian sosial.
7. Belajar memimpin dan menaati aturan.
8. Meningkatkan kedisiplinan.
9. Menjadi masyarakat sosial yang beretika.
10. Menumbuhkan rasa tanggung jawab.
11. Memahami karaketer masyarakat sosial.
12. Memahami permasalahan sosial.
13. Peka terhadap kebutuhan sosial.
14. Tidak mudah terpengaruh pada lingkungan sosial yang salah.
15. Memperkuat jiwa sosial.

Manfaat Organisasi Untuk Mahasiswa :

1. Lebih kritis

Mahasiswa dituntut untuk selalu kritis terhadap sesuatu. Dalam berorganisasi, tanpa sadari penyelesaian masalah-masalah yang dihadapi dalam mencapai tujuan seringkali menumbuhkan sikap kritis pada setiap anggotanya. Hal ini memengaruhi pola pikir mahasiswa tentang sesuatu sehingga mereka sering tidak puas dengan jawaban atau solusi yang sampai disitu saja artinya tidak dikritisi.

2. Menumbuhkan jiwa intelektual

Organisasi dalam mahasiswa seringkali berperan sebagai representasi kehidupan paksa kuliah. Para anggota menjadikan organisasi tersebut sebagai media dalam mempersiapkan kehidupan yang sebenarnya. Jiwa intelektual dibangun didalamnya ketika adanya rapat atau program kerja yang hendak dibangun, sama halnya dengan kehidupan setelah kuliah.

3. Melatih kemandirian

Tidak hanya kebersamaan saja yang dibangun oleh organisasi namun juga kemandirian. Mahasiswa yang terbiasa bergabung dengan komunitas ini memiliki tingkat kemandirian yang tinggi. Pasalnya mereka terbiasa menyelesaikan pembagian kerja secara mandiri dan para anggota haruslah berfikir selayaknya orang dewasa yang sudah hidup mandiri.

4. Mengasah softskill

Setiap mahasiswa memiliki softskill masing-masing yang sangat perlu dikembangkan untuk mempersiapkan masa depan mereka. Dalam dunia kampus, ada banyak organisasi yang menyediakan wadah bagi mahasiswa yang memiliki softskill lain yang mungkin berberbeda dengan jurusan yang dijalaninya. Itu sebabnya suatu wadah ini mampu mengasah bahkan menampilkan softskill anggotanya.

5. Melatih public speaking

Public speaking merupakan aspek yang harus dimiliki setiap mahasiswa karena merupakan bekal satu-satunya dalam menempuh kehidupan yang sebenarnya. Public speaking sangat dibutuhkan di masyarakat karena seseorang yang memiliki skill speaking yang baik dapat memengaruhi dan membuat orang merasa simpati dengan mudah.

Manfaat Organisasi Untuk Mahasiswa Lainnya :

6. Memperluas jaringan.
7. Menambah banyak kenalan.
8. Memperbanyak pengalaman.
9. Mudah dalam bergaul.
10. Menambah point dalam CV
11. Menumbuhkan sikap peduli dan kebersamaan.
12. Dapat menyalurkan waktu luang denganhal yang bermanfaat.
13. Melatih sikat disiplin dan terorganisir.
14. Terwadahinya minat dan bakat.
15. Menumbuhkan jiwa kepemimpinan.

Manfaat Organisasi Untuk Perusahaan :

1. Target perusahaan tercapai

Target income dari sebuah perusahaan biasanya akan tercapai apabila para pekerjanya memiliki solidaritas bersama. Solidaritas tersebut tumbuh apabila mereka diwadahi dalam suatu struktur yang teratur dan harmoni. Tidak hanya itu, para pekerja juga akan merasa posisinya terarah dan jelas karena wadah tersebut.

2. Analisis beban kerja

Dalam struktur organisasi perusahaan, terdapat jabatan-jabatan yang sudah tersusun disertai tugasmasing-masing. Hal tersebut dapat menghindari seseorang yang memiliki beban kerja dikarenakan beban kerja yang mereka tanggung akan mudah terdeteksi dan segera dianalisis. Selain itu analisis beban kerja juga dapat mengurangi perlakuan ketidak adilan dalam perusahaan.

3. Analisis kegiatan kerja

Struktur organisasi dapat menganalisis setiap pekerja apakah sudah sesuai dengan pekerjaan dan jabatannya. Biasanya pegawai perusahaan yang tidak memiliki struktur tersebut akan selalu iri dengan pekerjaan temannya karena selalu merasa pekerjaan yang dibebani kepadanya lebih berat daripada temannya. Sikap iri tersebut tentunya akan menimbulkan efek negatif bagi perusahaan.

4. Membantu perhitungan sistematis gaji karyawan

Upah atau gaji akan selalu disesuaikan dengan jabatan dan beban kerja. Tidak menutup kemungkinan bila struktur organisasi tidak diterapkan di dalam sebuah perusahaan, maka sistem upah atau gaji bisa saja tidak adil. Ketidakadilan tersebut akan memengaruhi citra perusaahn sehingga rekan bisnis mungkin saja tidak ingin menjalin relasi dengan perusahaan yang dianggap tidak adil.

5. Mematangkan perencanaan perusahaan

Adanya struktur organisasi perusaahn memudahkan perencanaan perusahaan ke depannya. Pemilik usaha tentu saja menginginkan kemajuan dalam usahanya. Kemajuan tidak akan terwujud tanpa adanya perencanaan yang matang, perencaanpun akan sulit terwujud tanpa adanya para pekerja yang sudah terorganisir. Begitu seterusnya sehingga membentuk pola ketergantungan.

Manfaat Organisasi Untuk Perusahaan Lainnya :

6. Membantu alokasi sumber daya perusahaan.
7. Membantu dalam pembuatan job description.
8. Memberikan kejelasan tentang jabatan dan wewenang.
9. Menghindari rasa iri dan kecemburuan antar pegawai.
10. Membentuk suatu tim kerja yang solid.
11. Membentuk moral dan etika para pegawai.
12. Menumbuhkan motivasi kerja para pegawai.
13. Meminimalisir konflik internal dalam perusahaan.
14. Menciptakan perusahaan yang mampu bersaing sehat dengan perusahaan lainnya.
15. Mencerminkan citra positif perusahaan.

Manfaat Organisasi Untuk Sekolah :

1. Mencegah penyalah gunaan sumber dana sekolah

Dunia sekolah sangat rentan dengan penyalah gunaan sumber dana dikarenakan kurangnya pengawasan. Meskipun materi yang disalah gunakan tidak terlalu banyak namun apabila hal tersebut terus-terusan terjadi maka akan merugikan orang-orang yang berada di lingkungan sekolah tersebut. Pengawasan dapat terlaksana dengan adanya organisasi sekolah yang terstruktur.

2. Mencapai visi dan misi sekolah

Sekolah tentunya memiliki visi misi yang terus didengungkan kepada para staf, siswa dan orang tua siswa. Visi misi menjadi tolak ukur sejauh mana tingkat sekolah mampu menghasilkan anak didik yang berdaya saing tinggi dan siap menghadapi kehidupan. Struktur organisasi mampu mencapai visi misi seolah yakni menciptakan tatanan jabatan dan fungsi anatar guru, staf dan siswa yang teratur.

3. Membentuk citra positif sekolah

Sekolah yang memiliki struktur organisasi yang jelas seringkali dijadikan patokan para orang tua ketika memilih sekolah untuk putra-putri mereka. Semakin banyak orang tua yang menyekolahkan anak-anak mereka di sekolah tersebut, maka rating sekolah akan meningkat dan membentuk sebuah citra positif dimana hal tersebut berguna dalam proposal pengajuan dana pengembangan atau beasiswa.

4. Sebagai wadah dalam pengembangan skill staf dan pengajar sekolah

Tentunya setiap staf dan tenaga pengajar dalam sekolah memiliki sebuah skill yang berbeda dengan jabatan serta posisi mereka sebagai staf pengajar. Oleh sebab itu, organisasi dalam sekolah sebagai media dalam menampung skill terpendam para staf sehingga kemampuan mereka dapat digunakan pula untuk kepentingan sekolah dan siswa-siswi.

5. Menumbuhkan skill siswa

Kendati dalam organisasi sekolah tidak sekomplit dalam ruang lingkup kampus, namun mereka dapat menumbuhkan skill terpendam yang selama ini dimiliki melalui sebuah organisasi tingkat sekolahan. Selain itu, siswa yang bergabung  juga memiliki kegiatan lain di waktu senjang sehingga terbebas dari pergaulan yang tidak bermanfaat.

Manfaat Organisasi Untuk Sekolah Lainnya :

6. Membentuk siswa yang terorganisisr.
7. Membentuk perilaku disiplin siswa maupun staf pengajar.
8. Memperbanyak teman bagi siswa.
9. Melatih kerja dalam tim.
10. Sebagai sarana siswa untuk menyampaikan pendapat.
11. Mengisi waktu luang dengan hal positif dan bermanfaat.
12. Menumbuhkan kerjasama.
13. Membentuk pola perilaku siswa yang teladan.
14. Mengharmonisasikan hubungan antara karyawan, guru, dan siswa.
15. Fungsi alat-alat sekolah dapat dianalisis dengan tepat.

Manfaat Organisasi Untuk Diri Sendiri :

1. Menumbuhkan jiwa kepemimpinan

Dalam diri kita tersembunyi jiwa pemimpin yang perlu di buka dan diasah secara lebar-lebar. Tentunya melalui sebuah organisasilah hal tersebut bisa terwujud. Dalam struktur suatu komunitas ini tentunya dibutuhkan seorang ketua. Ketua haruslah memiliki jiwa pemimpin untuk memimpin dan mengarahkan para anggotanya.

2. Meningkatkan mentalitas

Mental setiap individu memang memiliki ukuran masing-masing. Namun mental tersebut bisa saja diasah, mental yang rendah sangat mengganggu individu itu sendiri pasalnya ia selalu takut akan orang banyak dan takut dipermalukan. Melalui sebuah wadah ini, kita dilatih secara perlahan untuk mengembangkan mental dan selalu siap sedia tampil di hadapan seorang tanpa merasa gugup dan malu.

3. Memiliki banyak teman

Manfaat tergabung dalam sebuah organisasi lainnya yaitu memiliki banyak teman. Teman yang banyak akan membentuk sebuah ikatan dimana rasa peduli dapat ditumbuhkan sehingga kita tidak akan kesulitan apabila dihadapkan dengan berbagai masalah karena dengan berorganisasi, kita sudah memiliki banyak teman yang peduli dan siap membantu.

4. Terbiasa dengan aturan

Hidup bernegara dipenuhi dengan aturan yang harus di patuhi. Untuk mematuhi aturan yang berat tersebut sebaiknya berlatih dengan mematuhi aturan yang ada dalam organisasi. Sebagai anggota, biasanya kita mau tidak mau akan mengikuti aturan dan peraturan yang ada apabila tidak ingin dikeluarkan. Hal tersebut juga melatih kita untuk lebih disiplin.

5. Menumbuhkan jiwa kritis

Seseorang yang terbiasa mengikuti sebuah organisasi dan aktif di dalamnya tentunya memiliki kecenderungan jiwa yang sangat kritis. Pasalnya dalam komunitas itupun mereka harus terbiasa dengan pertanyaan-pertanyaan dan jawaban-jawaban kritis terkait tujuan dan masalah. Mereka juga sudah terbiasa menerima tantangan dan beban.

Manfaat Organisasi Untuk Diri Sendiri Lainnya :

6. Melatih untuk lebih berdisiplin.
7. Terbiasa dengan kerjasama.
8. Menumbuhkan kemandirian.
9. Terbiasa dengan masalah dan mampu menyelesaikannya.
10. Menumbuhkan rasa menghargai pendapat orang lain.
11. Pola hidup lebih terorganisir.
12. Memiliki waktu senjang yang bermanfaat.
13. Menambah wawasan dan pengetahuan.
14. Menyalurkan hobby dan kemampuan.
15. Menumbuhkan rasa tanggung jawab.

Dampak Negatif Organisasi

1. Melupakan pekerjaan lain yang seharusnya dikerjakan.
2. Melewatkan quality time dengan keluarga karena terlalu sibuk.
3. Bagi pelajar sangat mengganggu proses belajar karena sibuk berorganisasi.
4. Selalu tegang karena takut terlambat ketika dimintai rapat.
5. Mengabaikan kewajiban lain.

Berbagai manfaat dari organisasi diatas tentunya dapat anda rasakan jika dalam melakukan aktivitas, disertai dengan manajemen waktu yang baik. Jangan sampai bergabung didalamnya malah membuat anda mendapatkan berbagai efek negatif seperti melupakan pekerjaan, mengganggu proses belajar, dan lain-lain.

Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lainnya dari Sosial

RSS Download Apk

Terbaru

Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Menggunakan Jilbab, Manfaat Menggunakan Jilbab, Berjilbab, Berhijab
Pasar Modal
Puasa Arafah, Manfaat Puasa Arafah, Khasiat Puasa Arafah
Bunga Kamboja, Manfaat Bunga Kamboja, Pohon Kamboja, Khasiat Bunga Kamboja, Bunga Kamboja Kuning, Bunga Kamboja Putih
Puasa Mutih, Manfaat Puasa Mutih, Khasiat Puasa Mutih, Dalil Puasa Mutih
DMCA.com Protection Status
To Top