Connect with us
Adem Ati, Manfaat Adem Ati, Khasiat Adem Ati

Tanaman

20 Manfaat dan Khasiat Adem Ati untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Adem ati merupakan tanaman herbal dan rempah-rempah yang juga dikenal dengan nama ilmiah Litsea glutinosa (Lour.) C.D. Robins. Tanaman obat ini asli dari Indonesia dan masih satu keluarga dengan Lauraceae. Adem ati tumbuh dengan ketinggian pohon hingga 10 m. Tanaman herbal ini bisa dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari mulai dari bagian akar, batang, daun serta bijinya.

Adem Ati, Manfaat Adem Ati, Khasiat Adem Ati

Seperti pohon pada umumnya, tanaman herbal ini memiliki batang bercabang dan berkayu. Daun adem ati berbentuk elips tunggal yang berbulu halus dengan warna hijau. Bunga adem ati berbentuk malai dan mahkota bunganya berwarna putih kekuningan. Bentuk buah adem ati bulat dan berwarna hijau saat muda, sedangkan saat sudah matang akan berubah menjadi hitam. Dalam buah tanaman herbal ini terdapat satu biji kecil berwarna coklat. Tanaman obat ini berakar tunggang dan berwarna coklat muda.

Tanaman herbal ini sudah menyebar di berbagai negara seperti Indonesia, China Selatan, Filipina, India, Malaysia, Australia dan beberapa di Pasifik Barat. Tanaman ini biasanya dimanfaatkan masyarakat untuk pakan ternak dan juga kayu bakar. Namun sebenarnya tanaman adem ati ini memiliki banyak kandungan penting yang bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit di dalam tubuh.

Kandungan Nutrisi dan Gizi Adem Ati :

  • Alkoloid (aporfina dan fenantrena)
  • Tanin
  • Minyak atsiri
  • Polifenol
  • Flavonoid

Manfaat Adem Ati untuk Kesehatan :

1. Membantu menyembuhkan kencing manis

Kandungan dalam adem ati sangat berkhasiat untuk mengatasi penyakit kencing manis. Berbagai jenis penyakit yang terdapat pada saluran kemih dapat disembuhkan dengan ramuan herbal ini karena daun herbal ini mampu membuat saluran kemih senantiasa bersih dari bakteri dan kuman. Dengan mengkonsumsi ramuan yang terbuat dari adem ati maka berbagai penyakit dapat hilang seketika termasuk salah satunya penyakit kencing manis.

2. Membantu menyehatkan organ pencernaan

Sistem pencernaan akan menjadi lebih sehat dengan rutin mengkonsumsi ramuan adem ati. Tanaman yang juga dipercaya menjadikan mood seseorang lebih baik ini ternyata juga ampuh dalam menyehatkan pencernaan. Ramuan herbal ini akan menjadikan pencernaan berjalan dengan lancar sehingga anda terhindar dari berbagai masalah pencernaan seperti susah buang air besar.

3. Membantu mengatasi diare

Gejala diare merupakan salah satu jenis penyakit yang menyerang sistem pencernaan. Gejala ini ditandai dengan intensitas buang air besar yang banyak namun berbentuk cairan. Seseorang yang mengalami gejala ini biasanya merasakan perut mulas dan selalu ingin ke kamar mandi. Hal ini pun juga dapat membuat badan terasa lemas dan pusing. Ramuan yang terbuat dari adem ati ini memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit diare dengan meminumnya secara teratur sampai sembuh.

4. Menjadikan pikiran lebih tenang

Sama seperti namanya, adem ati ini memiliki khasiat luar biasa untuk membuat mood dan pikiran seseorang menjadi lebih tenang dan rilex. Ramuan dari daun herbal ini sangat disarankan bagi anda yang ingin terhindar dari yang namanya stress atau depresi. Dengan demikian mental dan fisik kita akan senantiasa sehat tanpa ada sedikitpun gangguan.

5. Membantu mengobati kulit bernanah

Manfaat tanaman herbal ini juga sangat populer untuk menyembuhkan gejala penyakit kulit bernanah dengan cara penyembuhan dari luar. Penyakit kulit yang mengeluarkan nanah menandakan bahwa terjadi infeksi yang lumayan parah pada kulit tersebut. Daun herbal ini dapat dicoba untuk membantu mengobati penyakit ini dengan menghentikan nanahnya.

6. Menyembuhkan luka berdarah

Adem ati berkhasiat dalam penyembuhan luka pada kulit, terutama luka terkena sayatan benda tajam atau akibat lain yang menjadikan kulit mengeluarkan darah. Daun herbal ini berfungsi secara aktif membantu mempercepat proses pembekuan darah sehingga darah dapat berhenti mengalir.

7. Sebagai obat untuk menyembuhkan radang usus

Manfaat dan khasiat lain yang dimiliki oleh adem ati ini adalah berperan penting dalam mengobati peradangan, terutama penyakit radang usus. Daun herbal ini bermanfaat untuk menyingkirkan radang serta menyehatkan usus secara alami. Rasa nyeri yang biasanya timbul akibat gangguan radang usus perlahan akan segera reda dan hilang sehingga usus dapat kembali berfungsi dengan semestinya.

8. Mengobati bisul

Tanaman herbal ini ternyata juga dapat dijadikan sebagai bahan penyembuh bisul. Munculnya masalah bisul ini biasanya ditandai dengan adanya benjolan kecil pada tubuh dan saat ditekan rasanya sangat sakit. Untuk membantu mempercepat pematangan bisul yang menyakitkan ini, kita bisa memanfaatkan khasiat dari adem ati.

9. Membantu mengatasi radang payudara

Perempuan yang mungkin memiliki keluhan sakit pada bagian payudaranya kemungkinan terjadi peradangan payudara. Kondisi ini sering terjadi terlebih saat wanita sedang dalam masa haid yang menjadikan hormone mereka naik. Untuk mengatasi masalah tersebut, anda bisa mencoba ramuan adem ati. Khasiat dari daun ini mampu menyembuhkan berbagai jenis peradangan termasuk salah satunya radang payudara.

10. Membantu menyehatkan lambung

Lambung merupakan organ yang penting bagi tubuh. Untuk menjaga kesehatan lambung sebenarnya tidak terlalu sulit. Kita hanya perlu memperhatikan pola makan yang teratur dan hindari berbagai makanan yang menyebabkan sakit maag. Cara lain yang dapat kita lakukan untuk membuat lambung selalu sehat adalah memium ramuan yang bagus untuk lambung. Ramuan adem ati dipercaya mampu menyehatkan lambung dengan kandungan nutrisi penting yang ada di dalamnya.

Manfaat Adem Ati untuk Kesehatan Lainnya :

11. Mencegah terjadinya sembelit

12. Sebagai anti inflamasi

13. Sebagai obat penenang

14. Anti bakteri

15. Membantu menghilangkan sakit analgesik

16. Mengobati bisul

17. Mengobati radang usus

18. Menyembuhkan pendarahan

Cara Memanfaatkan Adem Ati untuk Kesehatan :

Ramuan untuk menyembuhkan penyakit kencing manis

Bahan :

  • Akar adem ati 5 gr
  • Daun salam segar 4 lmbr
  • Air 140 ml

Cara membuat :

Rebus semua bahan dan minum ramuan tersebut 2 kali sehari setiap pagi dan sore dengan takaran 100 ml.

Untuk mengobati diare dan radang usus

Bahan :

  • Akar adem ati 6 gr
  • Rimpang kunyit 6 gr
  • Air 110 ml

Cara membuat :

Seduh semua bahan lalu minum ramuan tersebut sekali sehari dengan takaran 100 ml.

Menyembuhkan kulit bernanah, radang payudara, kulit terluka dan bisul

Bahan :

Cara membuat :

Haluskan semua bahan hingga berbentuk pasta. Setelah itu oleskan pada bagian kulit yang terluka. Sebelum mengaplikasikan pasta ini sebaiknya kulit dibersihkan terlebih dahulu dengan menggunakan air hangat. Ganti ramuan herbal ini setiap 3 jam agar penyakit segera sembuh.

Sebagai obat penenang

Bahan :

  • Adem ati segar 15 gr
  • Cara membuat :

Cuci tanaman herbal tersebut sampai bersih lalu dilumatkan hingga halus. Ramuan herbal ini bisa diaplikasikan pada dahi untuk mendapatkan efek relaksasi.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Pegagan untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Adem Ati untuk Kecantikan :

1. Menyehatkan dan Mengobati Penyakit Kulit

Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, ramuan adem ati juga bermanfaat untuk membuat kulit kita nampak lebih sehat, halus dan bercahaya. Nutrisi penting dalam daun herbal ini dapat mencukupi kebutuhan nutrisi bagi kulit kita sehingga anda tidak akan lagi memiliki masalah kulit yang dapat mengganggu penampilan.

Cara Memanfaatkan Adem Ati untuk Kecantikan :

Sama halnya seperti membuat ramuan herbal adem ati untuk kesehatan, tanaman herbal ini juga bisa dijadikan ramuan untuk memaksmalkan kecantikan. Caranya dengan menyeduh tanaman herbal ini ditambah sedikit kunyit dan perasan jeruk nipis.

Efek Samping Adem Ati :

Sampai sekarang belum ada sumber yang mengatakan bahwa tanaman herbal ini memiliki efek samping atau pun berbahaya.

Baca Juga: Khasiat dan Manfaat Rumput Fatimah untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Kandungan nutrisi dan gizi yang terdapat pada tanaman adem ati selain bermanfaat untuk menyehatkan tubuh juga berkhasiat untuk memaksimalkan kecantikan. Namun disamping itu kita juga harus menjalani pola hidup sehat agar tubuh kita senantiasa terjaga kesehatannya sampai hari tua.

Continue Reading

Lainnya dari Tanaman

Terbaru

Kapur Sirih, Manfaat kapur Sirih, Khasiat Kapur Sirih
Tidur tanpa celana dalam, Manfaat Tidur tanpa celana dalam, Khasiat Tidur tanpa celana dalam
Plank, Manfaat Plank, Khasiat Plank
Angkak, Manfaat Angkak, Khasiat Angkak
Daun Cempaka Putih
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh, Khasiat Sholat Subuh
Baking Powder, Manfaat Baking Powder, Khasiat Baking Powder
ASI, Manfaat ASI, Khasiat ASI
Surat Al Iklas, Manfaat Surat Al Iklas, Khasiat Surat Al Iklas
Melia Biyang, Manfaat Melia Biyang, Khasiat Melia Biyang
BB Cream, Manfaat BB Cream, Khasiat BB Cream
Brotowali, Manfaat Brotowali, Khasiat Brotowali
Asmaul Husna, Manfaat Asmaul Husna, Khasiat Asmaul Husna
Bunga Melati, Manfaat Bunga Melati, Khasiat Bunga Melati
Daun Sisik Naga, Manfaat Daun Sisik Naga, Khasiat Daun Sisik Naga
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Klorofil K Link, Manfaat Klorofil K Link, Khasiat Klorofil K Link
Daun Keji Beling, Manfaat Daun Keji Beling, Khasiat Daun Keji Beling
To Top