Connect with us

40 Manfaat dan Khasiat Akar Manis untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Tanaman

40 Manfaat dan Khasiat Akar Manis untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Akar manis merupakan jenis tanaman keluarga polong-polongan yang tumbuh di Eropa Selatan dan beberapa wilayah di Asia. Akar manis memiliki nama yang berbeda di berbagai negara. Di negara China, tanaman ini disebut sebagai Gan Chao, dan di negara Philipina tanaman ini disebut sebagai Licorine.

Akar Manis, Manfaat Akar Manis, Khasiat Akar Manis

Tanaman akar manis memang sudah banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia. Namun sayangnya obat herbal ini hanya bisa didapatkan dari luar negeri karena belum ada yang membudidayakan akar wangi di negara kita. Tanaman ini biasanya tumbuh subur di area tanah yang mengandung cukup air, dalam dan cukup sinar matahari. Untuk penanaman hingga proses panennya berkisar antara 2 sampai 3 tahun.

Tanaman yang populer dengan nama akar manis ini sudah mulai dikenal di tanah air, namun belum banyak mengetahui manfaat dan khasiat yang tersimpan dari tanaman herbal ini. Akar wangi atau licorice memiliki kandungan gizi yang baik dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh maupun kecantikan kulit.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Akar Manis :

  • Glycyrrhizin
  • Saponin
  • Zat pahit
  • Asparagin
  • Glikosida likuiritin
  • Glabrolida
  • Asam Hidrosiglisirhritat
  • Glukosa
  • Sukrosa
  • Minyak atsiri
  • Asam Likuiritat
  • Umbeliferona
  • Zat Besi
  • Minerak
  • Vitamin B
  • Vitamin E
  • Lemak
  • Kolin
  • Protein
  • Phytoestrogen
  • Kalium
  • Fosfor
  • Amines
  • Minyak esensial

Manfaat Akar Manis untuk Kesehatan :

1. Menjaga sistem pencernaan

Manfaat akar manis sudah banyak terbukti untuk menyembuhkan berbagai gangguan pencernaan seperti sembelit, sakit maag, sakit perut, infeksi organ pencernaan, keracunan makanan dan juga ampuh mengobati peradangan. Akar herbal ini memiliki sifat anti bakteri dan anti inflammatory sehingga ampuh mencegah masuknya bakteri dan racun dalam tubuh. Selain itu, akar ini juga berkhasiat untuk mencegah terjadinya perdarahan atau inflamasi.

Loading...

2. Menyembuhkan nyeri ulu hati

Anda sering merasakan perih pada bagian ulu hati? Jika iya maka anda bisa mengatasinya dengan cara mengkonsumsi produk herbal dari licorice. Berdasarkan riset, kandungan akar manis beserta zat lain dapat membantu mengatasi gejala nyeri yang dirasakan pada ulu hati. Hal ini karena licorice mengandung senyawa asam glycyrrhizic acid yang bersifat anti inflamasi dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Senyawa penting ini dapat menekan penyebaran dan kerja bakteri H. pylori pada usus dan lambung yang menjadi pemicu gejala nyeri pada ulu hati. Ekstrak akar wangi juga bermanfaat untuk mempercepat perbaikan dinding saluran cerna sekaligus mengembalikan keseimbangan asam dan basa pada saluran pencernaan.

3. Mencegah terjadinya infeksi pada saluran pernafasan

Licorice juga bermanfaat untuk melawan gangguan pada sistem organ pernapasan akibat bakteri. Berbagai penyakit yang diakibatkan oleh infeksi seperti sakit tenggorokan dan batuk bisa diatasi dengan memanfaatkan khasiat dari akar manis ini. Anda bisamencampurkan licorice pada kopi atau teh dan bisa langsung diminum saat muncul gejala diatas.

4. Mengurangi permasalahan pada gigi

Ekstrak licorice mampu meredakan permasalah pada gigi, namun tidak seaktif pasta gigi yang diresepkan oleh dokter. Sebelum anda menggunakan bahan alami ini untuk mengatasi masalah gigi seperti gusi berdarah atau radang gusi, sebaiknya anda berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu.

5. Menjaga kesehatan mulut

Kandungan anti mikroba dan anti bacterial pada akar manis mampu menjadi zat senyawa penting dalam melawan bakteri yang terdapat pada sisa-sisa makanan sekaligus mencegah terjadinya gigi berlubang. Selain itu, ramuan licorice dapat dijadikan sebagai obat kumur untuk menghilangkan masalah bau mulut. Namun untuk memaksimalakan hasil, anda juga harus menyikat gigi sesudah sarapan dan sebelum tidur untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi anda.

Manfaat Akar Manis untuk Kesehatan Lainnya :

6. Menyembuhkan asma

7. Mengatasi pilek

8. Mengobati penyakit batuk

9. Membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh

10. Menyembuhkan penyakit tukak lambung

11. Mengontrol tekanan darah tinggi

12. Menjaga tubuh selalu ideal

13. Sebagai obat sariawan

14. Melindungi organ dalam khususnya liver

15. Mencegah terjadinya depresi

16. Sebagai obat peradangan

17. Meringankan gangguan saat menstruasi

18. Mengobati hepatitis

19. Menyembuhkan kram otot

20. Mengatasi tukak saluran cerna

21. Sebagai obat arthritis

22. Mencegah resiko kanker prostat

23. Mencegah infertilitas (kemandulan)

24. Menjaga tubuh dari infeksi

25. Meredakan rasa nyeri akibat penyakit kanker

26. Menyembuhkan sindrom iritasi pada usus besar

27. Membantu menurunkan berat badan

28. Mengobati sakit Lupus

29. Mengatasi psosiaris

Cara Memanfaatkan Akar Manis untuk Kesehatan :

1. Sediakan 3 gr akar manis.

2. Tambahkan 150 ml air dan 3 gr kunyit.

3. Rebus semua bahan hingga mendidih.

4. Sari licorice dapat dikonsumsi secara rutin dua kali sehari.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Ginseng untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Akar Manis untuk Kecantikan :

1. Memutihkan wajah

Kandungan zat dalam licorice sering dijadikan sebagai ekstrak licorice yang ampuh sebagai produk perawatan wajah. Salah satu efek positif bagi kulit adalah memutihkan kulit wajah dan menjadikannya nampak bersinar sepanjang hari.

2. Mencegah terjadinya peradangan

Fakta telah membuktikan bahwa ekstrak licorice mampu mengatasi peradangan pada penderita eksim dan juga membantu menyembuhkan kulit gatal.

3. Mengembalikan warna kulit

Dalam study awal, dinyatakan bahwa pemakaian krim dengan kandungan licorice dan zat lain terbukti efektif mengembalikan kulit cerah pada penderita melasma (perubahan warna kulit). Namun demikian, ini masih dalam tahap penelitian awal dan masih dibutuhkan bukti lanjutan dari ranah medis lainnya.

4. Menyehatkan rambut

Kandungan akar manis yang dikombinasikan dengan tanaman herbal lain diyakini mampu membantu mengurangi jumlah minyak berlebih yang terdapat pada rambut.

5. Membasmi masalah jerawat

Masalah wajah yang paling dihindari wanita adalah jerawat. Gangguan ini bisa terjadi karena ketidakseimbangan hormon, terkena polusi, salah memakai make up dan lain-lain.Untuk mengatasi masalah jerawat yang mengganggu penampilan wajah, kita bisa mencoba khasiat dari akar manis untuk dijadikan serum alami.

Manfaat Akar Manis untuk Kecantikan Lainnya :

6. Mengatasi kulit kering

7. Menghilangkan masalah kulit berminyak

8. Mencegah iritasi dan kulit mengelupas

Cara Memanfaatkan Akar Manis untuk Kecantikan :

Akar manis untuk kecantikan dapat dijadikan sebagai nutrisi dari dalam dan juga dari luar. Untuk menutrisi kecantikan dari dalam anda bisa menyeduh ramuan akar manis dan diminum secara teratur untuk mendapatkan hasil maksimal. Sedangkan untuk menutrisi kulit dari luar, akar manis dapat dijadikan serum untuk wajah atau tretment masker rambut agar rambut tetap sehat dan terhindar dari minyak.

Efek Samping Akar Manis :

Akar manis biasanya dikonsumsi dengan dicampurkan pada minuman atau makanan sebagai penambah cita rasa. Penggunaan licorice untuk pengobatan harus dengan dosis yang wajar menurut anjuran dokter. Sedangkan untuk treatment kulit, licorice bisa dioleskan pada aera kulit dalam waktu singkat agar tidak merusak nutrisi kulit itu sendiri.

Penggunaan licorice dalam jumlah besar melebihi jangka waktu sebulan mungkin dapat memberikan efek samping berbahaya. Efek samping tersebut diantaranya kadar kalium tubuh menjadi rendah, detak jantung tidak teratur, kelumpuhan, hipertensi, badan lemas dan juga kerusakan otak.

Selain itu, mungkin juga dapat menyebabkan efek samping lain seperti gangguan menstruasi, sakit kepala, mudah lelah, penurunan gairah seksual khususnya pada pria, retensi air dan sodium.

Ibu hamil juga tidak disarankan untuk mengkonsumsi licorice karena dapat meningkatkan resiko keguguran atau persalinan lebih awal jika mengkonsumsi dalam dosis tinggi. Meskipun belum dijumpai efek sampingnya, namun ibu menyusui juga tidak disarankan untuk mengkonsumsi akar manis ini.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Kayu Cendana untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Akar manis merupakan tanaman herbal yang sudah banyak dikenal di Indonesia. Meskipun masih belum dibudidayakan di tanah air, namun sudah banyak yang mengimport tanaman herbal ini untuk mencoba manfaat dan khasiatnya sebagai pelindung kesehatan tubuh dan kesehatan kulit.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Tanaman

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top